20 Anime yang Menceritakan Tentang Bullying

20 Anime yang Menceritakan Tentang Bullying

Bullying adalah sebuah tindakan yang sering kita temui atau raskan di dunia remaja khususnya di lingkungan sekolah. Dikutip dari Wikipedia "Penindasan, perundungan, perisakan, atau pengintimidasian (bahasa Inggris: bullying) adalah penggunaan kekerasan, ancaman, atau paksaan untuk menyalahgunakan atau mengintimidasi orang lain."

Banyak anime yang menyajikan tema Bullying, tapi ini akan menyakitkan untuk ditonton jika Anda mempunyai pengalaman serupa. Kisah protagonis yang menghadapi tekanan bullying yang begitu menyakitkan, namun beberapa protagonis menemukan solusi mereka masing-masing untuk menghadapi tekanan tersebut.  Meskipun beberapa solusi begitu terlihat buruk dan tak patut ditiru.

Sebenarnya tidak semua anime yang saya rekomendasikan di bawah ini pernah saya tonton, sebelumnya saya sendiri mencari anime bullying yang mirip-mirip dengan Koe no Katachi atau Mahou Shoujo Site. Sayang tidak banyak yang saya temukan, jadi saya menambahkan beberapa anime lainnya yang saya temukan saat mencari referensi untuk tulisan ini, yang tentu saja masih terkait dengan tema kali ini.

1. Koe no Katachi


Genre: Drama, School, Shounen
Sinopsis: Ishida Shouya adalah anak SD bermasalah dan Nishimiya Shouko adalah anak perempuan baru yang sekelas dengan Shouya. Shouko memiliki sebuah kekuarangan yaitu tidak dapat mendengar sehingga menyebabkan Ia tidak dapat berbicara. Shouya sering membuli Shouko, sampai pada akhirnya Shouko pindah sekolah. Saat menginjak SMA Shouya mencoba untuk bunuh diri dikarenakan tindakan bullying yang Ia lakukan di masa lalu berbalik kepadanya. Namun sebelum bunuh diri, Shouya ingin mengembalikan buku Shouko yang terbawa olehnya. Tetapi setelah pertemuan tersebut kehidupan mereka menjadi berubah.

2. Aku no Hana


Genre: Psychological, Drama, Romance, School, Shounen
Sinopsis: Kasuga Takao adalah anak laki-laki yang suka membaca buku, terutama Les Fleurs du Mal dari Baudelaire. Seorang gadis di sekolahnya, Saeki Nanako, adalah inspirasi dan Venus-nya, dan dia mengaguminya dari kejauhan. Suatu hari, dia lupa buku Les Fleurs du Mal miliknya di kelas dan berlari kembali sendirian untuk mengambilnya. Di ruang kelas, dia tidak hanya menemukan bukunya, tapi juga seragam olahraga Saeki. Dengan dorongan gila, dia mencurinya.

Sekarang semua orang tahu "seberapa cabul" orang yang mencuri seragam Saeki, dan Kasuga tertekan karena malu dan bersalah. Selanjutnya, seorang gadis di kelasnya yang aneh, menyeramkan, dan tidak bersahabat bernama Nakamura, melihatnya mengambil seragam itu. Nakamura kemudian memanfaatkan Kasuga sesuka hatinya dengan imbalan rahasia cabulnya terjaga. Mungkinkah Kasuga bisa lebih dekat dengan Saeki, meskipun Nakamura ikut campur dengan rahasia kelamnya? Apa sebenarnya yang ingin dilakukan Nakamura dengannya?

3. Mahou Shoujo Site


Genre: Drama, Horror, Psychological, Supernatural
Sinopsis: Setiap hari, Aya Asagiri berpikir untuk bunuh diri. Dia di bully tanpa henti di sekolah, dan di rumah, kakak laki-lakinya Kaname secara fisik melecehkannya untuk menghilangkan tekanan akademis yang ditimpakan kepadanya oleh ayah mereka.

Suatu malam, saat dia terbangun berharap mati, sebuah situs misterius bernama Situs Gadis Ajaib muncul di laptopnya, menjanjikan untuk memberikan kekuatan magisnya. Pada awalnya, dia menganggapnya sebagai lelucon yang menyeramkan, tetapi ketika dia menemukan senjata ajaib di loker sepatunya keesokan harinya, dia tidak tahu harus percaya apa. Memutuskan untuk membawanya, dia segera bertemu dengan para pembully sekali lagi. Tapi kali ini, karena putus asa, dia menggunakan pistol dan menembak para pembully, kemudian mereka berpindah tempat ke rel kereta api dan tewas tertabrak.

Hati nurani Aya tidak dapat menangani fakta bahwa dia membunuh dua teman sekelasnya dengan sihir, dan dia mati-matian mencoba untuk memahami situasinya. Namun, ketika dia menemukan dirinya dalam masalah lagi, dia diselamatkan oleh Tsuyuno Yatsumura, seorang teman sekelas yang dapat menggunakan sihir untuk menghentikan waktu. Duo ini memiliki banyak hal yang harus dilakukan. Bukan hanya harus bertarung bersama melawan gadis penyihir lainnya, tetapi mereka juga perlu mengungkap kebenaran di balik situs web dan peristiwa apokaliptik yang dikenal sebagai "The Tempest" yang akan segera terjadi.

4. ViVid Strike!


Genre: Action, Drama, Magic, Martial Arts
Sinopsis: Dibesarkan di panti asuhan yang sama, Fuuka dan Rinne dulunya adalah teman dekat tetapi berpisah setelah pertengkaran berakhir dengan Rinne membuat Fuuka kewalahan dengan keterampilan seni bela dirinya. Fuuka hidup dalam kemiskinan setelah meninggalkan panti asuhan. Pertemuan tak disengaja dengan juara seni bela diri terkenal Einhald Stratos menemukan bakat terpendam Fuuka dalam pertempuran. Einhald menawari Fuuka pekerjaan dan pelatihan, mendorongnya untuk bertemu dengan Rinne lagi di atas ring.

5. Masamune-kun no Revenge


Genre: Comedy, Harem, Romance, School, Shounen
Sinopsis: Setelah sekian lama Makabe Masamune akhirnya berhasil membentuk tubuhnya yang asalnya buncit menjadi sixpack, kini Makabe siap balas dendam kepada gadis yang menolak cintanya dimasa lalu. Dengan penampilan yang baru Makabe mulai masuk ke SMA yang sama dengan si gadis tersebut yaitu Adagaki Aki, tak di sangka berkat penampilannya yang baru dia malah jadi populer disekolah tersebut.

6. 3-gatsu no Lion


Genre: Drama, Game, Seinen, Slice of Life
Sinopsis: Setelah mencapai status profesional di SMP, Rei Kiriyama salah satu dari elit di dunia shogi. Dia menghadapi tekanan yang sangat besar, baik dari komunitas shogi maupun keluarga angkatnya. Mencari kebebasan dari kehidupan rumah tangganya yang tegang, dia pindah ke sebuah apartemen di Tokyo. Sebagai seorang anak berusia 17 tahun yang hidup sendiri, Rei cenderung kurang memperhatikan dirinya sendiri, dan kepribadiannya yang tertutup mengucilkannya dari teman-temannya di sekolah dan di aula shogi.

Namun, tidak lama setelah kedatangannya di Tokyo, Rei bertemu dengan Akari, Hinata, dan Momo Kawamoto, trio bersaudara yang tinggal bersama kakek mereka yang memiliki toko wagashi tradisional. Akari, yang tertua dari tiga gadis itu, bertekad untuk memperbaiki gaya hidup Rei yang buruk dengan sifat keibuan. Disamping tragedi yang pernah mereka alami dimasa lalu, Kakak beradik Kawamoto berbagi ikatan kekeluargaan unik yang selama ini Rei tidak dapat. Saat berjuang untuk mempertahankan diri secara fisik dan mental melalui karir shoginya, Rei harus belajar bagaimana berinteraksi dengan orang lain dan memahami emosi kompleksnya sendiri.

7. Great Teacher Onizuka


Genre: Slice of Life, Comedy, Drama, School, Shounen
Sinospsis: Seseorang dengan latar belakang masa lalunya sebagai ketua anggota geng motor memiliki cita-cita menjadi guru terbaik di Jepang. Ialah Eikichi Onizuka, karena latar belakangnya tersebut itu membuat dia memiliki watak keras dan cuek pada tatak krama. Meskipun begitu, Onizuka memiliki hati bersih dan peduli pada murid-muridnya. Onizuka juga cukup dapat diandalkan untuk menyelaseikan permasalahan dengan caranya sendiri yang tidak biasa.

8. Peach Girl


Genre: Drama, Romance, School, Shoujo, Slice of Life
Sinopsis: Dengan kulitnya yang cantik dan cokelat serta rambut panjang yang diputihkan, mantan anggota tim renang SMA, Momo Adachi tampak seperti tipe gadis yang bisa mendapatkan pria mana pun yang diinginkannya. Pada kenyataannya, dia hanya jatuh cinta dengan Kazuya "Toji" Toujigamori, seorang pemain baseball yang dia cintai di SMP dan yang kabarnya hanya menyukai gadis-gadis berkulit pucat. Terlepas dari upayanya untuk mengubah penampilannya, banyak teman sekelasnya yang cemburu dan mulai menyebarkan desas-desus tentang kepribadiannya yang bebas dan "mudah bergaul". Teman Momo, Sae Kashiwagi, selalu ada untuk menghiburnya, tetapi diam-diam menjadi sumber rumor tentang Momo sebagai bagian dari rencananya sendiri untuk mencuri Toji. Hal-hal rumit lebih lanjut adalah Kairi Okayasu, seorang siswa pria populer di SMA Momo yang secara terbuka menyatakan cintanya dan bertekad untuk berkencan dengannya.

Berharap untuk menemukan cinta dalam keadaan yang hampir mustahil, Momo harus menavigasi cinta segitiga yang rumit, teman-teman yang menusuk dari belakang, dan rasa tidak amannya tentang penampilannya untuk menemukan siapa dia sebenarnya.

9. Another


Genre: Mystery, Horror, Supernatural, Thriller, School
Sinopsis: Koichi Sakakibara mulai pindah ke SMP Yomiyama dan masuk ke kelas 3-3. Ia tidak mengetahui bahwa didalam kelas tersebut terdapat kutukan yang cukup mengerikan sejak tahun 1972, dimana para siswa disana dibayang-bayangi dengan kematian yang mengenaskan. Seperti ada siswa yang mati tertusuk dengan payung atau mati dengan pecahan kaca.

Kutukan ini bermula ketika 26 tahun yang lalu saat seorang siswi cantik, populer dan pintar bernama Mei Misaki mati secara misterius. Namun salah satu orang berkata Ia masih ada disini bersama mereka, sekolah pun menganggap Misaki masih hidup sampai-sampai menyediakan bangku untuk kelulusannya.

10. Tate no Yuusha no Nariagari


Genre: Action, Adventure, Drama, Fantasy
Sinopsis: Iwatani Naofumi dipanggil ke dunia lain bersama dengan 3 orang lainnya. Masing-masing dari mereka diberi senjata legendaris, yaitu Tombak, Pedang, Panah dan Perisai. Naofumi mendapatkan perisai dan ia mendapat julukan pahlawan perisai, namun karena perisai merupakan senjata lemah tidak ada seorangpun yang mau menjadi pengikutnya, kecuali ad seorang wanita. Tak disangka ia dikhianati oleh satu-satunya pengikutnya, ia dirampok dan dihina. Akhirnya Naofumi marah dan dendam.

11. 3D Kanojo Real Girl


Genre: Romance, School, Shoujo
Sinopsis: Bagi Hikari Tsutsui, kehidupan dalam dunia dua dimensi jauh lebih sederhana. Dalam dunia sosial ia tidak terlalu pandai dan canggung. Karena ia hanya bermain game dan nonton anime, hal itu menyebabkan ia diejek dan diasingkan oleh teman-teman sekelasnya. Hanya Yuuto Itou, satu-satunya temannya dan sama-sama terobsesi dengan dunia 2D.

Suatu hari ia membersihkan kolam sebagai hukuman karena datang terlambat bersama seorang gadis populer, Iroha Igarashi, dan hal tersebut membuat ia menjaga jarak dengannya. Tsutsui percaya bahwa terlibat dengan Iroha akan menyebabkan masalah.

Namun, Tsutsui tidak menyadari hal tersebut akan merubah drastis kehidupannya dari dunia yang ia sukai, 2D.

12. Mayoiga


Genre: Mystery, Comedy, Horror, Psychological, Drama
Sinopsis: Sebuah bus yang penuh dengan orang-orang ceria menuju ke legenda urban yang dikenal sebagai Desa Nanaki, tempat di mana seseorang dapat memulai kembali dan menjalani kehidupan yang sempurna. Meskipun banyak yang memiliki pendapat berbeda tentang mengapa desa tidak dapat ditemukan di peta mana pun, atau mengapa bahkan polisi tidak dapat menentukan lokasinya, mereka masing-masing menantikan kehidupan baru mereka dan apa yang menanti mereka begitu mereka mencapai tujuan.

Setelah beberapa halangan, mereka berhasil tiba di Desa Nanaki yang sudah benar-benar ditinggalkan. Dilihat dari keadaanny rusak, Desa itu telah kosong setidaknya selama satu tahun. Namun, sebuah rahasia segera terungkap ketika beberapa orang mulai menghilang saat menjelajahi desa dan di tengah kebingungan, mereka menemukan bekas cakar berdarah di hutan. Ketidakpercayaan dan pertengkaran pecah, akankah mereka bisa menemukan kebenaran di balik desa yang hilang ini?

13. Narutaru: Mukuro Naru Hoshi Tama Taru Ko


Genre: Drama, Seinen, Thriller
Sinopsis: Selama liburan musim panas di rumah kakek-neneknya, Tamai Shiina, seorang siswi muda dan ceria, bertemu dengan makhluk yang aneh. Mereka berteman satu sama lain dan Shiina menamainya "Hoshimaru: The Round Star." Ketika Shiina kembali ke rumah setelah musim panas untuk kembali ke sekolah, dia mulai bertemu dengan anak-anak lain yang juga berteman dengan makhluk aneh seperti Hoshimaru. Tapi dia segera mengetahui bahwa tidak semua makhluk ini dan tuannya ramah seperti Hoshimaru.

14. Jigoku Shoujo


Genre: Mystery, Horror, Psychological, Supernatural
Sinopsis: Pernahkah Kamu mendengar tentang Korespondensi Neraka? Mereka yang memiliki dendam yang kuat hanya dapat mengakses situs web misterius ini pada tengah malam, memungkinkan mereka untuk memasukkan nama siapa pun dan meminta orang itu langsung dibawa ke neraka. Ai Enma, Gadis Neraka, tidak akan menilai apakah target yang dipilih pantas dihukum atau tidak, dia hanya akan membalas dendam pada mereka untukmu. Tidak banyak yang diketahui tentang gadis muda ini selain dia dengan sigap menjalankan tugasnya dengan bantuan tiga boneka jerami. Namun, sebagai bayaran untuk melaksanakan permintaan itu, pengguna harus mengutuk diri mereka sendiri di neraka.

15. Accel World


Genre: Action, Game, Sci-Fi, Romance, School
Sinopsis: Haruyuki Arita adalah siswa SMP yang kelebihan berat badan dan kecanduan bermain game online. Tapi suatu hari hidupnya berubah drastis, ketika dia menemukan bahwa semua nilai tertingginya telah dikalahkan oleh Kuroyukihime, wakil ketua OSIS yang populer. Dia kemudian mengundangnya ke ruang siswa dan mengenalkannya pada "Brain Burst," sebuah program yang memungkinkan pengguna untuk mempercepat gelombang otak mereka ke titik di mana waktu sepertinya berhenti. Brain Burst juga berfungsi sebagai game pertarungan augmented reality, dan untuk mendapatkan lebih banyak poin untuk dipercepat, pengguna harus memenangkan duel melawan pemain lain. Namun, jika pengguna kehilangan semua poinnya, mereka juga akan kehilangan akses ke Brain Burst selamanya.

Kuroyukihime menjelaskan bahwa dia memilih untuk menunjukkan program pada Haruyuki karena dia membutuhkan bantuannya. Dia ingin bertemu dengan pencipta Brain Burst dan mengungkap alasan mengapa itu dibuat, tapi itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Untuk melakukannya, dia harus mengalahkan "Enam Raja Warna Murni", pemimpin faksi yang kuat di dalam game, dan mencapai level 10, level tertinggi yang bisa dicapai. Setelah gadis itu membantu Haruyuki mengatasi pengganggu yang menyiksanya, dia bersumpah untuk membantunya mewujudkan tujuannya, dan memulai pertarungan keduanya untuk mencapai puncak.

16. Munou na Nana


Genre: Psychological, Shounen, Super Power, Supernatural, Thriller
Sinopsis: Lima puluh tahun yang lalu, makhluk mengerikan yang dijuluki sebagai "musuh umat manusia" tiba-tiba muncul di seluruh dunia. Untuk mengatasi ancaman ini, para remaja berbakat dengan kemampuan supernatural yang disebut "Talents", mengasah kekuatan mereka di akademi di pulau terpencil.

Nanao Nakajima, sangat berbeda dari yang lain di pulau itu, dia tidak memiliki Talents. Dengan banyaknya remaja Talents di sekitarnya, Nanao sering menjadi sasaran bullying, namun meski begitu, ia tetap berusaha untuk menyelesaikan pelatihannya. Segera setelah itu, dua siswa pindahan, Kyouya Onodera yang misterius dan Nana Hiiragi yang bisa membaca pikiran, bergabung dengan kelas. Tapi saat semua orang mulai berbaur sebagai rekan seperjuangan, ancaman misterius mulai datang ke seluruh kelas.

17. Hana yori Dango


Genre: Drama, Romance, School, Shoujo
Sinopsis: Makino Tsukushi, seorang gadis yang berasal dari keluarga miskin, hanya ingin menjalani dua tahun terakhirnya di Eitoku Gakuen dengan tenang. Tapi begitu dia membuat dirinya dikenal dengan membela temannya di F4, empat anak laki-laki paling populer, berkuasa, dan kaya di sekolah, dia mendapat kartu merah: cara F4 untuk "Deklarasi Perang." Tetapi ketika dia tidak membiarkan dirinya dirundung oleh mereka dan dia malah mulai jatuh cinta pada salah satu F4, Hanazawa Rui, dia mulai melihat bahwa ada lebih dari yang terlihat.

18. Girls Bravo: First Season


Genre: Harem, Comedy, Romance, Ecchi, Fantasy, School, Shounen
Sinopsis: Saat masih kecil, Yukinari di bully dan dianiaya oleh gadis-gadis sepanjang hidupnya. Sekarang di SMA, dia telah mengembangkan kondisi langka: setiap kali gadis-gadis menyentuhnya, atau bahkan mendekat, dia mengalami gatal-gatal. Dia terkejut, ketika tiba-tiba dipindahkan ke kota Seiren di dunia mistik yang mengorbit Bumi tanpa terlihat, dan dihuni oleh sejumlah besar wanita dan sangat sedikit pria. Untungnya, dia punya teman baru, Miharu-chan, yang sentuhannya entah kenapa tidak memengaruhinya.

19. Ookiku Furikabutte


Genre: Comedy, Seinen, Sports
Sinopsis: Ren Mihashi adalah ace tim bisbol SMP, tetapi karena lemparan bolanya yang buruk, mereka tidak pernah bisa menang. Kerugian akhirnya menyebabkan rekan satu timnya menyalahkannya dan mencapai titik di mana rekan satu timnya tidak lagi mencoba untuk menang, menyebabkan Mihashi lulus dengan sedikit harga diri. Akibatnya, Mihashi memutuskan untuk pergi ke sekolah SMA di prefektur yang berbeda di mana dia tidak berniat bermain bisbol. Sayangnya, setibanya di SMA Nishiura, dia terseret untuk bergabung dengan tim baru mereka sebagai pelempar awal.

Meskipun pada awalnya tidak mau, Mihashi menyadari bahwa ini adalah tempat di mana dia akan diterima apa adanya. Dengan bantuan penangkap Takaya Abe, ia mulai lebih percaya diri dengan kemampuannya sendiri. Melihat potensi yang dimiliki Mihashi, Abe bercita-cita untuk membantunya menjadi seorang pitcher yang pantas disebut sebagai ace.

20. Oniisama e...


Genre: Psychological, Drama, School, Shoujo, Shoujo Ai
Sinopsis: Ketika Nanako Misonoo yang berusia 16 tahun memasuki Akademi Seiran khusus perempuan yang bergengsi, dia yakin masa depan cerah menunggunya. Sebaliknya, gadis malang itu mendapati dirinya terseret ke dalam jaring penipuan, kesengsaraan, dan kecemburuan. Selain itu, dia terpilih sebagai calon terbaru dari Sorority, sebuah kelompok elit yang anggotanya membuat iri seluruh sekolah. Karena tidak memiliki keanggunan, kekayaan, atau bakat dari anggota lain, Nanako dengan cepat memancing kemarahan teman-teman sekelasnya yang cemburu, terutama Aya Misaki.

Untuk mengatasi kehidupan sekolahnya yang semakin sulit, Nanako mengenang hari-harinya melalui surat kepada mantan gurunya, Takehiko Henmi, yang dengan penuh kasih dia panggil "onii-sama" (kakak laki-laki). Dia juga menemukan kenyamanan dengan empat teman terdekatnya: teman masa kecilnya Tomoko Arikura, Mariko Shinobu yang ramah, musisi bermasalah Rei Asaka, dan si tomboi atletis Kaoru Orihara.

Sebuah drama berapi-api tentang kesulitan penindasan, Oniisama e ... mengisahkan kehidupan keras seorang gadis muda di sekolah barunya, saat ia menanggung rumor kejam, teman sekelas yang tidak berperasaan, dan cobaan sosial yang tak terhitung jumlahnya.

Terima kasih sudah membaca!
Related Posts

Koreksi Anda sangat berharga bagi perkembengan Blog ini.

Centang "✓ Notify me" untuk mendapatkan pemberitahuan jika ada yang membalas komentar Anda.

Terima kasih telah berkomentar!