15 Rekomendasi Lagu Anime yang Menyedihkan

15 Rekomendasi Lagu Anime yang Menyedihkan

Dalam upayanya untuk membawa penonton lebih menikmati anime yang ditonton, biasanya grafik, penokohan, plot yang disajikan dalam sebuah anime akan dikemas sedemikian rupa sehingga para penonton akan lebih terbawa emosi, terlepas dari itu emosi bahagia ataupun kesedihan. Selain itu, setiap anime memiliki ciri khas lainnya, seperti tema lagu maupun musik.

Lagu opening, ending maupun original sound track lainnya dapat menjadi faktor besar untuk memainkan emosi para penonton. Selain itu beberapa lagu bisa menjadi ikonik untuk menjelaskan keberadaan suatu anime. 

Lagu bertemakan sedih adalah salah satu tema lagu terfavorit di kalangan animers, saya sendiri sering memutar lagu anime sedih ketika saat mau tidur maupun ketika menulis artikel seperti ini. Menurut saya, lagu semacam ini bisa membuat saya menjadi lebih rileks.


Oke, dalam artikel kali ini saya akan merekomendasikan kepada kalian beberapa lagu anime sedih/Sad Anime Song yang bisa memainkan emosi Anda.

1. Sadness and Sorrow | Naruto


Ah, saya tidak akan pernah melupakan salah satu soundtrack terbaik dari anime Naruto ini. Secara pribadi saya mengakui soundtrack ini sebagai sebagai soundtrack paling sedih di Naruto. Ya, meskipun saya lebih suka versi violin cover-nya oleh Taylor Davis yang diunggah di kanal Youtube-nya 2013 lalu.

2. Lisa - Ichiban no Takaramono | Angel Beats!


Apa kalian mengingat adegan terakhir Angel Beats! ketika mendengar lagu ini? Ya, lagu ending ini sangat ikonik untuk anime Angel Beats!, selain itu lagu ini dinyanyikan oleh penyanyi soundtrack anime yang berpengalaman dan memiliki suara indah, yaitu LiSA. Tentu saja, semakin akan lebih enak di dengar, apalagi jika emosi anda benar-benar sedang sedih.

3. Kumiko Noma - Lilium | Elfen Lied


Saya tidak tahu apa arti secara harfiah dari lagu ini, yang jelas saya bisa merasakan kesedihan, trauma dan sesuatu yang menyeramkan dari lagu ini. Saya kira lagu ini sangat cocok dengan tokoh utama dari anime ini.

Begitu menyedihkan, namun begitu indah, setiap mendengar lagu ini jantung saya terasa berdetak kencang, seolah ada sebuah depresi kesedihan yang ada di dalam lirik lagu ini.

4. Megumi Hayashibara - Kudasai | Evangelion 2.0


Awalnya agu ini dibuat untuk Festival Populer Nemu '70 (合 歓 ポ ピ ュ ラ ー フ ェ ス テ ィ バ ル '70 , nemu popyurâ fesutibaru '70 ) yang berlangsung di Shima, Mie pada tahun 1970.  Megumi Hayashibara kemudian menyanyikan lagu ini untuk menjadi bagian dari soundtrack anime Evangelion.

Jika Anda menyukai lagu-lagu klasik yang menenangkan Anda bisa mendengarkan lagu ini, Mungkin Anda tidak akan secara langsung merasakan kesedihan dari lagu ini sebelum menonton animenya secara langsung.

5. Lia - Aozora | Air


Sama seperti lagu Lilium yang dibawakan Kumiko Noma diatas, lagu ini juga terdengar agak menyeramkan di awal-awal. Namun, suara indah dari Lia yang selanjutnya diiringi musik begitu indah, lagu ini terdengar klasik, meskipun tidak terdengar seklasik  Megumi Hayashibara - Kudasai.

6. Kayano Ai, Tomatsu Haruka & Hayami Saori - Secret base ~Kimi ga Kureta Mono~ (10 years after Ver.) | Anohana


AnoHana sukses menjadi anime tersedih salah satunya karena lagu Secret Base ~Kimi Ga Kureta Mono~. Entah kenapa, saya belum benar-benar menonton anime ini, tetapi saya bisa merasakan emosi kesedihan yang ada dalam anime ini berkat lagu ini.

7. Yuduki - You | Higurashi no Naku Koro ni


Selain ada perasaan sedih ketika mendengarkan lagu ini, ada juga rileksasi tersendiri tiap lagu ini saya dengarkan. Entah lah, seperti ada sebuah tangis, rasa sakit dan kematian ketika mengingat lagu ini dari anime Higurashi no Naku Koro ni.

8. RADWIMPS - Sparkle | Kimi no Na Wa


Lagu ikonik lainnya adalah Sparkle yang dibawakan oleh RADWIMPS, lagu ini cocok bagi kalian yang LDR-an dengan pasangan kalian. Sedikit info bagi kalian yang belum tahu, RADWIMPS ini sering menyanyikan berbagai soundtrack anime karya Makoto Shinkai.

9. (K)NoW_NAME - Seeds | Hai to Gensou no Grimgar


Selanjutnya adalah lagu yang berjudul Seeds yang dibawakan oleh (K)NoW_NAME, lagu ini muncul dalam episode ke-2 Hai to Gensou no Grimgar.

10.  7!! - Orange | Shigatsu wa kimi no uso


Anime dengan ending menyedihkan, tentu saja soundtrack yang ada didalam anime ini pun memiliki tema yang menyedihkan. Salah satunya adalah lagu yang berjudul Orange yang di bawakan oleh 7!!.

11. Egoist - Departures Blessing (Anata Ni Okuru Ai No Uta) | Guilty Crown


Salah satu lagu Egoist yang saya suka adalah Departures yang menjadi salah satu soundtrack anime Guilty Crown, dibandingkan didengar saat tidur, saya lebih suka mendengarkan lagu ini ketika di pagi hari atau ketika sedang mengetik di komputer.

12. Shion Miyawaki - Moonlight | Assassination Classroom


Pertama kali mendengarkan lagu ini saya kira anime yang diisi lagu ini merupakan anime menyedihkan seperti AnoHana, tetapi itu tidak seperti yang saya pikirkan. Namun saya akui, lagu ini masuk salah satu playlist saya untuk lagu anime yang menyedihkan.

13. supercell - My Dearest | Guilty Crown


Guilty Crown lagi? entah lah kawan saya menyukai lagu ini, maka dari itu Opening Guilty Crown ini bisa menjadi rekomendasi lagu anime menyedihkan untuk Anda.

14. Clémentine & Ainhoa - étoile et toi [édition le blanc] | Kizumonogatari III: Reiketsu-hen


Saya akui saya adalah salah satu penggemar anime monogatari series dan movie trilogi Kizumonogatari menjadi favorit saya. Dalam movie ketiga yang berjudul Kizumonogatari III: Reiketsu-hen terdapat ending song yang menjadi favorit saya yaitu étoile et toi [édition le blanc] oleh Clémentine & Ainhoa. Lagu ini sendiri, berbahasa Perancis, jujur saja saya tidak paham tetapi saya menikmati lagu ini.

15. Takumi Sakagami - Tamago no Naka ni wa Nani ga Aru | Kokoro ga Sakebitagatterunda


Terakhir adalah lagu dari anime Kokoro ga Sakebitagatterunda, lagu ini bagi saya terdengar klasik (entah lah), dibanding "lagu yang menyedihkan" saya lebih suka menyebutnya "lagu yang enak didengarkan saat sedang sedih" dan juga saat ber santai.

Manakah lagu yang menjadi favorit Anda, atau lagu favorit Anda tidak masuk dalam daftar rekomendasi di atas? Sebenarnya masih banyak lagi soundtrack anime menyedihkan yang sering saya dengar, namun untuk kali ini saya hanya merekomendasikan 15 saja. 

Anda juga dapat menuliskan lagu anime menyedihkan versi Anda di kolom komentar.

Terima kasih sudah membaca!
Related Posts

Koreksi Anda sangat berharga bagi perkembengan Blog ini.

Centang "✓ Notify me" untuk mendapatkan pemberitahuan jika ada yang membalas komentar Anda.

Terima kasih telah berkomentar!