15 Anime tentang Perjodohan Terbaik

15 Anime tentang Perjodohan Terbaik

Anime romance masih menjadi salah satu genre terfavorit dan setiap musimnya anime dengan genre ini setidaknya masuk dalam 10 besar anime populer. Tentu saja, meskipun memiliki tema maupun plot yang bisa dikatakan mainstream, tetapi tetap saja masih banyak penggemar tersendiri yang menyukainya.

Selain menyinggung tema cinta segitiga maupun harem, salah satu tema yang tidak boleh Anda lewatkan adalah anime tentang perjodohan. Kedengarannya seperti tema sinetron lokal saja, tapi ini memang sudah umum untuk sebuah cerita hiburan yang bertemakan romantika.

Untuk itu, beberapa anime romance yang akan saya tulis di bawah ini bisa menjadi rekomendasi buat Anda yang mencari Anime dengan Tema Perjodohan.

1. Nisekoi


Genre: Harem, Comedy, Romance, School, Shounen
Sinopsis: Ichijou Raku adalah seorang anak dari ketua geng Yakuza, Raku mempunyai janji 10 tahun lalu kepada seorang gadis bahwa Ia akan menikahinya dimasa yang akan datang. Sebagai bukti janji, Raku memakai Liontin yang hanya dapat dibuka oleh kunci yang dipegang oleh si gadis tersebut. Namun karena geng Yakuza dan geng Mafia sering berperang Raku di jodohkan dengan anak dari ketua geng Mafia yaitu Kirisaki Chitoge, siswi yang baru pindah ke kelas Raku. Tetapi Raku dan Chitoge menolak untuk di jodohkan, sehingga mereka membuat hubungan cinta palsu demi perdamaian antara dua kubu yang saling berperang.

2. Mikakunin de Shinkoukei


Genre: Slice of Life, Comedy, Romance, School
Sinopsis: Kobeni Yonomori seorang gadis remaja biasa,  mendapat kejutan pada hari ulang tahunnya yang ke-16, yaitu tunangan dan saudara ipar yang bahkan tidak pernah dia ketahui sebelumnya datang dan tinggal di rumahnya. Perjodohan ini sendiri telah diatur oleh almarhum kakeknya, Hakuya Mitsumine dan adik perempuannya Mashiro telah pindah dari rumah pedesaan ke rumah tangga Yonomori untuk memperdalam hubungan mereka dengan anggota keluarga baru mereka.

Kisah "kehidupan cinta" Kobeni dengan Hakuya saat dia mencoba yang terbaik untuk menyesuaikan diri dengan perubahan mendadak yang dipaksakan padanya. Namun, ketika beberapa rahasia luar biasa Hakuya terungkap, itu membuat hidup Kobeni berubah drastis.

3. Boku wa Tomodachi ga Sukunai


Genre: Ecchi, Slice of Life, Comedy, Harem, Romance, School
Sinopsis: Kodaka Hasegawa kesukitan mencari teman karena Ia dikira berandalan dengan rambut pirang dan mata premannya. Di hari pertama masuk sekolah Ia tidak sengaja melihat Yozora Mizuki sedang berbicara dengan temannya didalam kelas, tetapi setelah diselidiki ternyata Mizuki sedang berbicara sendiri atau berbicara dengan teman khayalannya. Singkatnya mereka membuat grup yang dikhususkan bagi orang yang kesulitan mencari teman, kemudian beberapa orang yang mempunyai kesulitan sama masuk ke grup tersebut yang membuat situasi menjadi harem. 

4. Koi to Uso


Genre: Drama, Romance, School
Sinopsis: Di masa depan, Jepang telah menerapkan sistem kompleks yang disebut sebagai "Benang Merah Ilmu Pengetahuan" untuk mendorong pernikahan yang sukses dan memerangi angka kelahiran yang semakin rendah. Berdasarkan kalkulasi kesesuaian, anak muda di usia 16 tahun ditetapkan sebagai pasangan nikah oleh pemerintah, karena hukuman berat jika menolak sistem ini, akhirnya tidak ada yang berani melanggar ketentuan pemerintah ini. Yukari Nejima, seorang remaja yang menganggap dirinya rata-rata dalam segala hal, sistem ini mungkin merupakan cara terbaiknya untuk menjalani kehidupan yang memuaskan.

Namun, karena dia menyukai Misaki Takasaki, Yukari menentang sistem ini dan mengakui cintanya. Awalnya dia ditolak, beberapa waktu kemudian Misaki membalas perasaannya. Sayangnya, sebelum keduanya dapat melanjutkan hubungan mereka, Yukari menerima pemberitahuan perjodohannya dengan Ririna Sanada. Tentu saja, hal ini menjadi tekanan tersendiri bagi Yukari yang menyukai Misaki, sedangkan pasangan yang ditentukan pemerintah adalah orang lain yang tidak ia cintai.

5. Sousei No Omyouji


Genre: Action, Supernatural, Romance, Fantasy, Shounen
Sinopsis: Magano, dunia paralel yang dipenuhi monster yang dikenal sebagai "Kegare," adalah tempat di mana pengusir setan menangani semua kejahatan. Benio Adashino adalah pengusir setan ajaib yang diakui kekuatannya dan dipanggil ke Tokyo oleh Serikat Pengusir setan. Dalam perjalanannya, dia jatuh ke pelukan Rokuro Enmadou, seorang pengusir setan muda dengan masa lalu yang bermasalah.

Tapi Magano tidak berhenti. Ketika kedua pengusir setan ini menyaksikan beberapa anak yang diculik ke Kegare, Benio bergegas menyelamatkan mereka, menyeret Rokuro bersamanya ke Magano. Terlibat dalam pertarungan yang hampir dikalahkan, Benio diselamatkan oleh Rokuro, mengungkapkan dirinya mampu menjadi saingannya dalam bakat.

6. Ai Yori Aoshi


Genre: Harem, Slice of Life, Comedy, Drama, Romance, Seinen
Sinopsis: Kaoru Hanabishi, seorang mahasiswa yang tinggal sendirian, bertemu dengan seorang gadis cantik yang kebingungan mencari alamat di sebuah stasiun kereta. Dia menawarkan diri untuk membantunya mencari alamat yang dia cari, yang kebetulan berada di lingkungannya, tetapi ternyata itu adalah tempat kosong. Tidak tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya, Kaoru mengundang gadis yang sedang bersedih itu ke apartemennya dan meminta petunjuk tambahan untuk tujuannya. Dia memberinya foto dua anak yang langsung diidentifikasi oleh Kauru sebagai dirinya dan Aoi Sakuraba, teman masa kecilnya. Ternyata gadis di depannya adalah Aoi Sakuraba sendiri, tunangannya yang datang jauh-jauh ke Tokyo untuk menikah dengannya. Pengungkapannya tidak hanya mengejutkan tetapi juga mengingatkan bagian terdalam dari ingatan Kaoru mengapa dia meninggalkan keluarga Hanabishi sejak awal.

7. Saiunkoku Monogatari


Genre: Adventure, Fantasy, Comedy, Romance, Historical, Drama
Sinopsis: Kebanyakan orang berharap dilahirkan dikeluarga bangsawan agar dapat memiliki kehidupan yang nyaman dan kaya. Namun berbeda jauh dengan Shuurei Kou. Meskipun keluarga Kou merupakan garis keturunan tua dan penting, mereka telah jatuh dalam masa-masa sulit. Ayah Shuurei bekerja sebagai arsiparis di perpustakaan Kekaisaran, yang merupakan posisi prestisius, tetapi sayangnya tidak banyak yang membayar. Untuk meletakkan makanan di atas meja, Shuurei melakukan pekerjaan sambilan seperti mengajar anak-anak kecil atau bermain musik di restoran dan itupun hampir tidak cukup.

Kemudian, suatu hari, seorang penasehat pengadilan membuat Shuurei tawaran. Jika dia menjadi istri kaisar yang baru dan mengajarinya cara menjadi penguasa yang baik, maka dia akan menerima 500 keping emas. Shuurei menerima tawaran itu. Lagipula, kaisar baru lebih memilih pria sehingga keputusannya aman ... atau begitulah menurutnya.

Semakin banyak waktu yang dihabiskannya di istana, semakin lama impiannya menjadi pejabat pengadilan dikabulkan. Hanya ada satu masalah, dia perempuan dan perempuan tidak dapat menjadi pejabat pemerintah. Shuurei mungkin dapat mengubah kaisar menjadi penguasa yang baik, tetapi apakah itu akan mengorbankan aspirasinya sendiri?

8. Seto no Hanayome


Genre: Comedy, Parody, Romance, School, Shounen
Sinopsis: Selama liburan musim panasnya, Nagasumi Michishio melakukan perjalanan ke Laut Pedalaman Seto. Suatu hari, saat berenang di Pantai Mio Sun, kakinya tiba-tiba kram. Tidak ada yang mendengarnya minta tolong dan dia tenggelam ke laut. Namun, saat dia kehilangan kesadaran, putri duyung muncul dan menyelamatkan hidupnya.

Malam itu, Nagasumi dikunjungi oleh penyelamatnya, seorang gadis yang memperkenalkan dirinya sebagai Sun Seto, putri duyung dari keluarga yakuza. Ternyata, di bawah hukum putri duyung, putri duyung yang identitasnya diungkapkan kepada manusia harus dihukum dengan eksekusi. Untuk menghindari hal mengerikan ini, keluarga Seto mengajukan solusi: Nagasumi harus menikahi Sun atau mati di tangan Gouzaburou, ayah Sun dan bos klan Seto. Nagasumi menggengam tangannya untuk menikah.

Sekarang, pengantin baru menghadapi tugas sulit untuk merahasiakan hubungan mereka. Gangguan dari Gouzaburou pada kehidupan Nagasumi dan hal konyol lainnya, cinta yang tulus dan polos bermekaran di antara pasangan saat mereka beradaptasi dengan kehidupan baru mereka.

9. Citrus


Genre: Drama, Romance, School, Shoujo Ai
Sinopsis: Selama musim panas di tahun pertamanya di SMA, ibu Yuzu Aihara menikah lagi dan pindah ke sekolah baru. Bagi sosialita yang modis seperti Yuzu, acara yang tidak menyenangkan ini hanyalah kesempatan untuk mencari teman baru, jatuh cinta, dan akhirnya merasakan ciuman pertama. Sayangnya, impian dan gaya Yuzu tidak sesuai dengan gambaran barunya, sekolah khusus perempuan, yang dipenuhi dengan aturan yang tegas dan Ketua kelas yang terlalu berprestasi. Penampilannya yang mencolok berhasil menarik perhatian Mei Aihara, ketua OSIS yang cantik dan gagah, yang langsung membelai tubuh Yuzu secara sensual dalam upaya menyita ponselnya.

Benar-benar kelelahan sejak hari pertamanya, Yuzu tiba di rumah dan menemukan kebenaran yang mengejutkan, Mei sebenarnya adalah saudara tiri barunya. Meskipun Yuzu awalnya mencoba untuk bersahabat dengannya, sikap dingin Mei memaksa Yuzu untuk mulai menggodanya. Tetapi sebelum Yuzu dapat menyelesaikan kalimatnya, Mei menjatuhkannya ke tanah dan menciumnya dan Yuzu berusaha keras untuk membebaskan diri. Setelah selesai, Mei keluar dari ruangan, meninggalkan Yuzu untuk merenungkan sifat asli ciuman pertamanya, dan rahasia di balik ekspresi tersiksa di mata adik barunya.

10. Soredemo Sekai Wa Utsukushii


Genre: Adventure, Romance, Fantasy, Shoujo
Sinopsis: Di Kerajaan Matahari, sinar matahari adalah bagian dari kehidupan sehari-hari warganya, dan hujan adalah sesuatu yang belum pernah mereka dengar. Namun, di negeri yang jauh bernama Rain Dukedom, cuacanya terbalik, dan setiap orang memiliki kekuatan untuk menciptakan hujan dengan suara mereka.

Livius Ifrikia telah menaklukkan seluruh dunia dan memperluas pengaruh Kerajaan Matahari dalam tiga tahun yang singkat sejak ia dinobatkan sebagai raja. Setelah mengetahui tentang kekuatan untuk menciptakan hujan, Livius memutuskan untuk menikahi Nike Remercier, salah satu putri dari Dukedom Hujan. Namun, orang-orang di luar Kerajaan Matahari telah menyebarkan desas-desus bahwa Livius adalah penguasa yang kejam, dan tirani, dan ketika kabar mencapai sang putri, dia mulai mempersiapkan dirinya untuk yang terburuk. Tetapi ketika dia akhirnya bertemu tunangannya, Nike menemukan bahwa dia adalah orang yang sama sekali berbeda dari apa yang dia harapkan.

11. Akagami No Shirayuki Hime


Genre: Fantasy, Romance, Drama, Shoujo
Sinopsis: Meskipun namanya yang berarti "salju putih," Shirayuki adalah seorang gadis ceria, berambut merah yang tinggal di negara Tanbarun dan bekerja dengan rajin sebagai apoteker di toko herbal-nya. Hidupnya berubah drastis ketika dia diperhatikan oleh pangeran konyol Tanbarun, Pangeran Raji, yang kemudian mencoba memaksanya untuk menjadi istrinya. Tidak mau melepaskan kebebasannya, Shirayuki memotong rambut merah panjangnya dan melarikan diri ke hutan, di mana ia diselamatkan dari Raji oleh Zen Wistalia, pangeran kedua dari negara tetangga, dan dua pembantunya. Berharap untuk membayar utangnya kepada trio suatu hari nanti, Shirayuki menetapkan pandangannya untuk mengejar karir sebagai ahli tanaman obat di negara Zen, Clarines.

12. Akatsuki No Yona


Genre: Action, Adventure, Comedy, Fantasy, Romance, Shoujo
Sinopsis: Putri Yona adalah anak tunggal dari kerajaan Kouka yang memiliki rambut merah. Dia hidup dengan damai di istana bersama ayahnya dan pengawalnya yang merupakan teman masa kecilnnya, Son Hak dari klan angin. Yona meyukai sepupunya sendiri  yang ramah dan ceria, Su Won. Namun di malam ulang tahunnya yang keenam belas, kehidupan Yona berubah total setelah ia menyaksikan Su Won membunuh Ayahnya dan merebut kekuasaannya. Dengan ditemani oleh Hak, Yona kabur dari istana dan bertualang mencari tempat aman. Setelah mendapat petunjuk dari seorang pendeta, Yona mencari keturunan dari empat ksatria naga legendaris yang dahulu bersumpah setia mengabdi dan melindungi raja pertama Kouka untuk membantunya.

13. Ranma ½


Genre: Slice of Life, Comedy, Martial Arts, Fantasy, Shounen
Sinopsis: Ranma Saotome adalah seniman bela diri kelas atas dan bintang di sekolah seni bela diri "Anything-Goes" Saotome. Saat berlatih di Tiongkok, dia dan ayahnya mengalami nasib buruk ketika mereka secara tidak sengaja jatuh ke mata air terkutuk. Sekarang, Ranma dikutuk menjadi perempuan ketika disiram dengan air dingin, dan hanya air panas yang bisa mengubahnya kembali menjadi laki-laki.

Keadaan menjadi semakin rumit ketika Ranma mengetahui bahwa ayahnya telah mengatur agar dia menikahi salah satu dari tiga putri Soun Tendo untuk mengamankan masa depan dojo Tendo. Meskipun Soun mengetahui kesulitan Ranma, dia masih bertekad untuk melanjutkan pertunangan, dan memilih putri bungsunya Akane, yang kebetulan juga seorang seniman bela diri yang terampil dan terkenal karena membenci pria.

14. Haikara-san ga Tooru Movie 1: Benio, Hana no 17-sai


Genre: Comedy, Historical, Romance, Shoujo
Sinopsis: Mengikuti kisah Benio "Haikara-san" Hanamura, yang kehilangan ibunya ketika dia masih kecil dan dibesarkan oleh ayahnya, seorang pejabat tinggi di tentara Jepang. Akibatnya, dia tumbuh menjadi seseorang tomboi, berlawanan dengan pandangan tradisional Jepang tentang feminitas, dia belajar kendo, minum sake, berpakaian dalam mode Barat yang seringkali terlihat aneh daripada kimono tradisional, dan tidak begitu tertarik dengan pekerjaan rumah tangga. Dia juga menolak gagasan perjodohan dan percaya pada hak wanita untuk berkarir dan menikah karena cinta.

15. Koi Kaze


Genre: Drama, Psychological, Romance, Seinen, Slice of Life
Sinopsis: Saeki Koushirou bekerja sebagai wedding planner, tapi kehidupan cintanya sendiri begitu berantakan. Latar belakangnya membuat ia kesulitan untuk mencintai sesuatu sepenuh hati. Ayahnya menikah lagi, dan membawa seorang anak perempuan yang akan menjadi adiknya. Setelah dibuang oleh pacarnya, ia penasaran dengan gadis yang akan menjadi adiknya, namun ia sadar bahwa gadis itu akan menjadi adiknya.

Terimakasih sudah membaca!
Related Posts

Koreksi Anda sangat berharga bagi perkembengan Blog ini.

Centang "✓ Notify me" untuk mendapatkan pemberitahuan jika ada yang membalas komentar Anda.

Terima kasih telah berkomentar!