15 Anime Shounen yang Diremehkan, Wajib Kamu Tonton!

15 Anime Shounen yang Diremehkan, Wajib Kamu Tonton!

Sh┼Źnen (Shounen) adalah sebuah genre anime yang diperuntukan bagi remaja laki-laki, biasanya anime shounen ini memiliki tema kepahlawanan atau aksi, atau juga bertamakan komedi romantis yang dimana sang tokoh utama sering dikelilingi gadis-gadis. Contoh anime shounen seperti Naruto Shippuden, Dragon Ball, One Piece, Shokugeki no Souma, Nisekoi, Kuroko no Basket dan masih banyak lagi.

Anime Shounen sendiri memiliki penggemar cukup banyak, ini bisa dilihat dari betapa banyaknya anime bergenre ini telah hadir dan banyak juga diantaranya yang telah menjadi anime terbaik dan populer. Namun, tidak semua anime shounen dapat populer dikalangan penggemarnya, sekalipun anime tersebut layak ditonton dan memiliki plot cerita yang cukup menarik.

Oleh karena itu, disini saya akan merekomendasikan beberapa anime shounen yang diremehkan yang harus coba kamu tonton.

#1. D.Gray-man


Genre: Action, Adventure, Comedy, Super Power, Demons, Shounen
Sinopsis: Disuatu tempat di wilayah Eropa fiktif abad ke-19, tepatnya pada tahun 1891 di mana ada Exorcist dan Akuma.Exorcist adalah membasmi Akuma yang diciptakan oleh Earl of Milennium dari kesedihan umat manusia. Allen Walker adalah pemuda berusia 15 tahun yang sedang menuju Markas Besar Black Order di mana semua exorcist bekerja. Setelah masuk Black Order, Allen menjumpai banyak kawan dan lawan yang harus dihadapi, seperti Klan Noah dan juga Earl of Milennium.

#2. Katekyo Hitman Reborn!


Genre: Action, Comedy, Shounen, Super Power
Sinopsis: Para Mafia diperintah oleh keluarga dari Italia Vongola, yaitu orang-orang yang kuat dalam bisnis. Ketua Vongola saat itu merupakan Ketua yang sudah tua dan siap untuk Pensiun. Tetapi sebelum ia Pensiun ia harus memutuskan siapa yang akan menjadi Kepala Keluarga. Sawada Tsunayosi adalah siswa SMP biasa yang tidak populer dan bisa saja. Namun hidupnya mulai berubah ketika ia bertemu seorang Hitman terkenal yang dikirim Bos Vongola untuk menjadikannya Bos Mafia selanjutnya.

#3. Shaman King


Genre: Action, Adventure, Comedy, Super Power, Supernatural, Shounen
Sinopsis: Did dunia ini siapa pun yang bernama Shaman King mempunyai kekuatan untuk membentuk kembali alam semesta sesuai keinginan mereka, Yoh Asakura adalah salah satunya. Shaman dapat mengendalikan roh, tetapi hanya Shaman King yang dapat mengendalikan Roh Agung. Yoh berharap dengan kekuatan tersebut dapat membuat hidupnya lebih mudah, terutama untuk tunangannya Anna. Namun, banyak yang harus mereka hadapi antara kekuatan Anna dan saudara kembar kejam Yoh, Hao.

#4. Ushio & Tora


Genre: Action, Adventure, Comedy, Demons, Shounen, Supernatural
Sinopsis: Meskipun Ushio Aotsuki adalah putra seorang pendeta kuil, Ushio yang masih SMP tidak terlalu tertarik terhadap masalah spiritual. Ketika dia menemukan youkai bernama Tora disegel di ruang bawah tanahnya yang menuntut untuk dibebaskan, mau tidak mau dia harus peduli. Meskipun pada awalnya dia menolak untuk melepaskan tombak yang menyegel Tora, tetapi setelah ada yokai yang menyerang kotanya, dia membutuhkan bantuan Tora. Maka dimulailah petualangan antara Yokai dan Manusia yang tampaknya tidak akur.

#5. Nabari no Ou


Genre: Action, Fantasy, Supernatural, Comedy, Drama, Shounen
Sinopsis: Ninja tidak hanya ada di masa lalu atau di alam semesta alternatif, mereka ada di dunia nyata. Miharu Rokujou adalah seorang anak laki-laki berusia empat belas tahun yang dapat menggunakan teknik terlarang yang disebut Shinrabanshou. Teknik ini sangat dicari, karena penggunannya dapat menjadi Raja Nabari. Teman sekelasnya Kouichi dan gurunya Kumohira adalah anggota dari sebuah klan bernama Banten, dan mereka berjanji untuk melindunginya dari orang yang mengancamnya. Disisi lain, Miharu menjadi semakin tertarik dengan pria misterius berjuluk Yoite.

#6. Gin no Saji


Genre: Comedy, School, Shounen, Slice of Life
Sinopsis: Yuugo Hachiken adalah siswa yang rajin belajar yang gagal memenuhi keinginannya. Menjelang tahun ajaran baru, ia memutuskan untuk mendaftar di SMA Pertanian Ooezo, sebuah sekolah berasrama yang terletak di pedesaan Hokkaido. Dia memilih sekolah tersebut untuk melepaskan diri dari stres karena tekanan orang tuanya akibat gagal masuk SMA favoritnya.

Awalnya dia yakin akan berhasil di SMA ini, tetapi ia salah besar. Mereka yang sekolah disini mempunyai bakat luar biasa dan pengalaman, entah itu tentang peternakan atupun pertanian. Berbanding terbalik dengan Hachiken yang selama ini hidup di kota, di sini ia harus bangun jam lima pagi untuk merawat ternak, dan hal tersebut membuatnya harus menjadi pria yang bekerja keras.

#7. Hikaru no Go


Genre: Comedy, Game, Shounen, Supernatural
Sinopsis: Ketika Hikaru Shindou menemukan Go board tua di loteng kakeknya, dia tiba-tiba dirasuki oleh hantu bernama Sai. Sai pernah menjadi pemain Go board profesional, dan sekarang dia ingin menggunakan Hikaru untuk melanjutkan pencariannya untuk menemukan permainan yang sempurna.

#8. Ueki no Housoku


Genre: Action, Adventure, Comedy, Super Power, Supernatural, Drama, Shounen
Sinopsis: Tanpa sepengetahuan kebanyakan manusia, turnamen aneh diadakan untuk menentukan penguasa Dunia Surgawi berikutnya. Dalam turnamen ini, 100 Makhluk Surgawi yang dikenal sebagai "Calon Dewa" diminta untuk mencari siswa SMP di Bumi, dan mentransfer kekuatan mereka kepada siswa pilihan mereka. Yang terpilih kemudian akan bertarung satu sama lain, mewakili Calon Dewa mereka. Pemenang turnamen ini akan dianugerahi "Bakat Kosong" yang memungkinkan mereka untuk memilih satu kemampuan unik yang mereka inginkan, sedangkan Calon Dewa yang mereka wakili akan mendapatkan posisi "Dewa" dan menjadi raja Dunia Surgawi.

Berpartisipasi dalam turnamen akbar ini adalah Kousuke Ueki, seorang siswa SMP yang diberi kekuatan untuk mengubah sampah menjadi pohon oleh Kobayashi. Khawatiran dengan teman sekelasnya, Ai Mori, Ueki memulai perjalanan setelah ia menyaksikan banyak orang di sekitarnya menyalahgunakan kekuatan mereka untuk tujuan egois. Tapi saat dia bertemu dengan pengguna berbakat seperti Seiichirou Sano, Rinko Jerrard, Robert Haydn, dan Hideyoshi Soya, dia mulai menyadari bahwa untuk mencapai tujuannya mungkin lebih sulit daripada yang dia lihat.

#9. Karakuri Circus


Genre: Action, Adventure, Mystery, Drama, Shounen
Sinopsis: Narumi Katou adalah seorang pria paruh baya yang menjalani kehidupan yang cukup biasa. Suatu hari ketika sedang bekerja, dia melihat seorang anak dikejar oleh sesuatu yang tampak seperti manusia dewasa, tetapi ternyata itu adalah boneka humanoid dengan kekuatan super. Anak laki-laki itu, bernama Masaru Saiga, menjadi sasaran pembunuhan setelah mengambil alih Perusahaan Saiga dari ayahnya. Penjaganya adalah seorang wanita berambut putih bernama Shirogane yang juga dapat menggunakan boneka untuk bertarung melindungi Masaru.

Setelah itu, Narumi, Shirogane, dan Masaru bekerja sama untuk mengatasi masalah tersebut, sekaligus menguak misteri dari kejadian di masa lalu.

#10. Beck: Mongolian Chop Squad


Genre: Comedy, Drama, Music, Shounen, Slice of Life
Sinopsis: Yukio “Koyuki” Tanaka adalah anak muda yang putus asa tanpa tujuan hidup. Suatu hari Koyuki menyelamatkan seekor anjing bernama Beck dari sekelompok anak-anak setempat yang menyikasanya. Pemilik anjing tersebut adalah Ryuusuke “Ray” Minami yang merupakan gitaris yang baru muncul dan seorang mantan anggota band rock populer.

Suatu hari, Ray menunjukan permainan gitar kepada Koyuki yang membuatnya tertarik dengan budaya rock barat. Koyuki mulai belajar gitar dan membantu Ray mencapai tujuannya untuk memimpin sebuah grup band rock, dibantu dengan beberapa orang lainnya mereka memulai grup band mereka yang diberi nama BECK.

#11. Yozakura Quartet


Genre: Action, Magic, Comedy, Super Power, Supernatural, Shounen
Sinopsis: Setan dan Manusia hidup berdampingan, sehingga anggota kepolisian harus memperkuat pertahan mereka. Demi mewujudkan perdamaian antara kedua belah pihak, kepolisian akhirnya merekrut mereka, yaitu orang-orang yang berbakat untuk menjadi bagian dari anggota kepolisian. Karena, terkadang banyak setan yang mempunyai kemampuan diatas manusia, sehingga butuh kekuatan setan untuk melawan setan. Hiizumi masuk ke dalam Konseling Office yang beranggotakan empat remaja dengan kekuatan super. Tiga kuartal tim pertama tidak seperti manusia, yaitu Ao; seorang telepatis bertelinga kucing, Kotoha; seorang yokai setengah manusia dan Hime; keturunan naga besar.


#12. Bouken Ou Beet


Genre: Adventure, Fantasy, Shounen, Supernatural
Sinopsis: Umat manusia menderita di bawah kekuasaan iblis bernama Vandel, yang bisa memanipulasi monster untuk menurutinya. Vandel Busters adalah kelompok yang mencoba menjatuhkan Vandel dan memulihkan perdamaian dan keadilan. Di antara yang paling kuat dari kelompok ini adalah Pasukan Zenon, dan seorang anak laki-laki bernama Beet yang sangat ingin bergabung dengan mereka.

Beet akhirnya bergabung dengan Pasukan Zenon, tetapi hal mengerikan terjadi ketika dia secara tidak sengaja menyebabkan Pasukan Zenon kalah melawan Vandel dan menyisakan Beet sendirian.

#13. Yakitate!! Japan


Genre: Comedy, Shounen
Sinopsis: Meskipun berasal dari keluarga yang lebih menyukai makanan tradisional Jepang seperti nasi dan miso, Kazuma Azuma telah terobsesi dengan roti sejak dia masih kecil. Saat remaja, ia pindah ke Tokyo untuk bersaing memperebutkan tempat di Pantasia, toko roti paling bergengsi di tempat itu. Di sana, ia berharap untuk menggunakan kreativitasnya dan kemampuan "tangan surya" istimewanya untuk membuat roti yang menggambarkan Jepang.

#14. Muhyo to Rouji no Mahouritsu Soudan Jimusho


Genre: Action, Mystery, Comedy, Supernatural, Drama, Shounen
Sinopsis: Muhyo adalah ahli hukum spiritual yang membantu menghadirkan keadilan bagi hantu, roh, dan makhluk gaib lainnya. Roji adalah asistennya yang tidak terlalu berguna. Bersama-sama, keduanya menyelesaikan kasus yang ada. Serial ini dimulai dengan ceria, namun seiring berjalannya cerita, kisah dark dan komplek mulai terjadi.

#15. Gegege no Kitarou


Genre: Comedy, Demons, Supernatural, Shounen
Sinopsis: Hampir dua puluh tahun memasuki abad ke-21, orang-orang telah melupakan keberadaan youkai. Ketika sejumlah fenomena yang tidak dapat dijelaskan menghantui orang-orang di dunia manusia dengan kebingungan dan kekacauan, Mana seorang gadis yang berusia tiga belas tahun menulis surat kepada Youkai Post untuk mencari jawaban. Disisi lain ada seorang bocah yokai bernama Kitarou yang mencari perdamaian antara manusia dan yokai. Situasi tersebut membangun hubungan diantara mereka dan Kitarou dibantu oleh ayahnya seorang yokai bermata bola satu untuk mencari perdamaian tersebut.

Terima kasih sudah membaca!
Baca Juga