15 Anime yang Menceritakan Kehidupan Normal Sehari-hari

15 Anime yang Menceritakan Kehidupan Normal Sehari-hari

Jika Anda merasa berat menonton anime dengan genre physiological atau thriller, mungkin Anda bisa rehat sejenak untuk menonton anime ringan dengan genre slice of life yang menceritakan kehidupan sehari-hari. Tentu saja, anime yang akan saya rekomendasikan kali ini memiliki alur cerita yang bisa dikatakan normal tanpa genre fantasy, sci-fi maupun horror, dan beberapa anime ada yang memiliki genre drama tanpa jalan cerita yang berat sehingga cocok ditonton kala sedang bersantai.

Berikut rekomendasi anime yang menceritakan kehidupan normal sehari-hari:

#1. Shokugeki no Souma



Genre: Ecchi, School, Shounen
Sinopsis: Yukihira Souma adalah anak dari koki berbakat pemilik kedai makan sederhana bernama Yukihira Joichihiro. Souma bermimpi ingin menjadi koki utama di kedai ayahnya tersebut. Namun, bersamaan dengan lulusnya ia dari SMP, Ayah Souma menutup kedai tersebut dan memilih menjadi koki di Amerika atas permintaan temannya. Tetapi, sebelum itu, Souma diberikan tantangan oleh ayahnya untuk bersekolah di sekolah masak elit yang dimana hanya 10% dari siswanya yang akan lulus. Souma menerima tantangan ayahnya, tetapi ia juga meremehkan tantangan itu, ternyata sekolah masak elit yang dimaksud memanglah benar-benar elit, mulai dari fasilitas serta latar belakang para siswa di sana benar-benar bukan orang sembarangan. Tentu saja, hal ini menjadi tantangan dan motivasi semangat bagi Souma untuk terus mengembangkat bakatnya yang hebat tersebut.

#2. Barakamon



Genre: Comedy, Slice of Life
Sinopsis: Seishuu Handa adalah penulis kaligrafi yang sedang naik daun: muda, tampan, berbakat. Namun ketika seorang kepala kurator melabeli karya pemenang penghargaannya sebagai "tidak orisinal", Seishuu dengan cepat kehilangan ketenangannya dan memukul kurator tersebut.

Sebagai hukuman, dan juga untuk membantunya menenangkan diri, ayah Seishuu mengasingkannya ke Kepulauan Goto, jauh dari gaya hidup Tokyo yang nyaman seperti yang biasa ia dapatkan. Di lingkungan pedesaan, Seishuu harus berusaha menemukan inspirasi baru dan mengembangkan gaya seninya yang unik. Namun, hal itu sepertinya tidak akan mudah, sebab banyak penggangu di sekitarnya, tetapi hal itu sendiri yang mengembangkan bakat dan memberikan banyak pelajaran padanya.

#3. Free!



Genre: Slice of Life, Comedy, Sports, Drama, School
Sinopsis: Tepat sebelum kelulusan SD Haruka Nanase bersama ketiga temannya; Rin Matsuoka, Nagisa Hazuki dan Makoto Tachibana memenangkan lomba renang estafet. Setelah itu mereka berpisah dan selang beberapa waktu mereka mulai bersama lagi di SMA Iwatobi. Namun Rin berada di sekolah yang berbeda dan dia tidak begitu peduli kepada kenangan masa lalunya, malah Rin ingin jadi perenang terbaik diatas Nanase. Setelah reuni pahit tersebut Nanase, Nagisa dan Makoto membuat klub renang di SMA Iwatobi. Tetapi mereka membutuhkan satu anggota baru, lalu masuklah Rei Ryuugazaki mantan anggota klub trek yang Nagisa rekrut.

#4. Tonari no Seki-kun



Genre: Comedy, School, Seinen
Sinopsis: Rumi Yokoi hanya ingin fokus selama pelajaran, tapi perhatiannya terus menerus diganggu oleh Toshinari Seki, teman sekelasnya. Seki selalu berbuat aneh di mejanya saat pelajaran berlangsung, seperti bermain domino, bermain shogi dan hal-hal aneh lainnya yang membuat Yokoi malah lebih tertarik memperhatikan Seki dari pada gurunya yang sedang mengajar. Yokoi mati-matian untuk terus memperhatikan pelajaran, meskipun pada akhirnya ia malah memperhatikan Seki dan ketika tidak sengaja membuat keributan, Yokoi malah yang kena marah.

#5. K-On!



Genre: Music, Slice of Life, Comedy, School
Sinopsis: Hirasawa Yui mengalami kebimbangan ketika ia harus masuk klub mana saat ia berada di tahun pertama SMA-nya. Namun, saat ia melihat "Klub Musik Ringan", ia tertarik masuk klub tersebut karena ia pikir ia hanya akan bermain alat-alat musik sederhana. Ternyata, ini tidak seperti yang ia pikirkan. Untuk hal tersebut Yui memutuskan keluar dari klub karena tidak ada satupun alat yang dapat ia mainkan, tetapi anggota klub lainnya Akiyama Miyo dan Tainaka Ritsu terus memaksa Yui untuk bergabung karena pada saat itu mereka terancam dibubarkan karena kekurangan anggota. Meskipun dipaksa dengan cara dimanjakan di klub, Yui tetap memutuskan untuk keluar. Sampai ketika mereka berdua menunjukan sebuah permaian Band yang membuka mata Yui dan membuatnya teratarik bergabung dengan klub dan mempelajari alat musik gitar.

#6. Gin no Saji


Genre: Comedy, School, Shounen, Slice of Life
Sinopsis: Yuugo Hachiken adalah siswa yang rajin belajar yang gagal memenuhi keinginannya. Menjelang tahun ajaran baru, ia memutuskan untuk mendaftar di SMA Pertanian Ooezo, sebuah sekolah berasrama yang terletak di pedesaan Hokkaido. Dia memilih sekolah tersebut untuk melepaskan diri dari stres karena tekanan orang tuanya akibat gagal masuk SMA favoritnya.

Awalnya dia yakin akan berhasil di SMA ini, tetapi ia salah besar. Mereka yang sekolah disini mempunyai bakat luar biasa dan pengalaman, entah itu tentang peternakan atupun pertanian. Berbanding terbalik dengan Hachiken yang selama ini hidup di kota, di sini ia harus bangun jam lima pagi untuk merawat ternak, dan hal tersebut membuatnya harus menjadi pria yang bekerja keras.

#7. Bakuman


Genre: Comedy, Drama, Romance, Shounen
Sinopsis: Bakuman berkisah tentang sepasang pemuda yang menggeluti dunia manga, Akio Takagi (a.k.a Shuujin) sejak kelas 3 SMP mempunyai cita-cita sebagai Mangaka. Karena tidak bisa menggambar Shuujin mengajak Mashiro Moritaka (a.k.a Saiko)  untuk menuangkan ide-idenya ke dalam bentuk manga, tetapi karena Saiko mempunyai kenangan buruk saat pamannya yang seorang mangaka kawakan meninggal dunia karena bekerja terlalu keras. Sehingga Saiko tidak dapat menerima tawaran Shuujin begitu saja.

#8. Servant x Service



Genre: Comedy, Seinen, Slice of Life
Sinopsis: Bercerita tentang tiga pegawai sipil baru di kota Mitsuba, yaitu Yamagami Lucy, Hasebe Yukata dan Miyoshi Saya.

Lucy bekerja di sana dengan tujuan untuk mencari orang yang menyetujui nama depannya "Lucy", karena nama depan tersebut sangat memalukan baginya. Hasebe adalah orang yang suka menggoda wanita serta bermalas-malasan, meskipun ia cukup sigap dan profesional dalam bekerja. Sedangkan Saya adalah wanita biasa yang bekerja keras untuk pekerjaan pertamanya. Disinilah kisah pekerjaan PNS dimulai, mereka mulai meyani dan menerima berbagai keluhan dari masayarkat. Dibantu oleh senior mereka Ichimiya Taishi dan Chihaya Megumi.

#9. Yuru Camp△



Genre: Slice of Life, Comedy
Sinopsis: Rin menyukai kegiatan berkemah sendirian di pinggir sungai sambil menikmati indahnya pemandangan gunung fuji. Sedangkan Nadeshiko senang bersepeda sendirian kemanapun sambil melihat indahnya gunung fuji. Setelah mereka berdua bertemu, mereka mulai kegiatan bersama seperti melakukan perjalanan, berkemah dan makan ramen sambil menikmati indahnya pemandangan.

#10. Beck


Genre: Comedy, Drama, Music, Shounen, Slice of Life
Sinopsis: Yukio “Koyuki” Tanaka adalah anak muda yang putus asa tanpa tujuan hidup. Suatu hari Koyuki menyelamatkan seekor anjing bernama Beck dari sekelompok anak-anak setempat yang menyikasanya. Pemilik anjing tersebut adalah Ryuusuke “Ray” Minami yang merupakan gitaris yang baru muncul dan seorang mantan anggota band rock populer.

Suatu hari, Ray menunjukan permainan gitar kepada Koyuki yang membuatnya tertarik dengan budaya rock barat. Koyuki mulai belajar gitar dan membantu Ray mencapai tujuannya untuk memimpin sebuah grup band rock, dibantu dengan beberapa orang lainnya mereka memulai grup band mereka yang diberi nama BECK.

#11. Tamako Market



Genre: Slice of Life, Comedy
Sinopsis: Di sebuah distrik perbelanjaan Usagiyama terdapat persaingan antar toko mochi yang mempertahankan budaya tradisional dan toko mochi modern. Tamako Kitashirakawa adalah gadis remaja dari anak pemilik mochi tradisional, suatu hari ia menemukan sebuah burung aneh yang dapat berbicara, karena suatu alasan burung tersebut akhirnya dibawa.

Ooji Mochizou adalah anak dari pemilik toko mochi modern, ia sendiri memendam perasaan terhadap Tamako. Namun, melihat situasi antara kedua ayah mereka, apakah bisa Mochizou mengungkapkan persaannya tersebut?

#12. Bartender



Genre: Drama, Seinen, Slice of Life
Sinopsis: Eden Hall adalah sebuah bar yang tersembunyi di jalan belakang distrik Ginza, di sana terdapat seorang bartender bernama Ryuu Sasakura yang hebat dalam meracik koktail serta memiliki rasa yang luar biasa.  Namun, tidak sembarang orang dapat menemukan Eden Hall melainkan, Aula Eden Hall  yang akan menemukanmu. Pelanggan dengan berbagai latar belakang masalah berkenjung ke bartender tersebut. Meski begitu, Ryuu selalu tahu koktail yang ideal untuk menghibur mereka yang putus asa.

#13. Tennis no Ouji-sama



Genre: Action, Comedy, Sports, School, Shounen
Sinopsis: SMP Seishun Gakuen, dikenal sebagai Seigaku, adalah sekolah yang memiliki banyak petenis berbakat. Mempunyai susunan tim yang kuat, ditambah dengan kedatangan mendadak anak muda berbakat dari Barat, Ryouma Echizen, yang bertekad untuk membuktikan dirinya dan melarikan diri dari bayang-bayang ayahnya yang legendaris. Kedatangan yang bagus ini mengubah tim selamanya.

#14. Mitsudomoe



Genre: Comedy, School, Slice of Life
Sinopsis: Kisah tentang kembar tiga Marui yang berusia 11 tahun. Mitsuba, anak tertua yang agak sedikit dewasa dan sadis. Futaba, atletis dan mesum. Dan Hitoha, anak pendiam, namun jika ada sebuah dorongan ia akan bersifat lebih sadis dan mesum.

Ketiganya berada di kelas yang sama dan dibimbing oleh guru yang baru lulus bernama Yabe Satoshi. Ketiga anak kembar ini berusaha menjodohkan Satoshi bersama seorang perawat baru yang kikuk bernama Kuriyama Aiko. Sayangnya, Satoshi tidak bermitak untuk berkencan dengan Aiko meskipun ketiga anak ini sering memaksanya.

#15. Wake Up, Girls!



Genre: Drama, Music
Sinopsis: Di Sendai terdapat sebuah perusahaan kecil bernama Green Leaves Entertainment. Perusahaan agensi ini mengelola bisnis hiburan. Sayangnya mereka kini berada dalam ambang kebangkrutan semenjak di tinggalkan klien terakhirnya. Matsuda di utus oleh direktur perusahaan tersebut untuk mencari talenta-talenta baru berbakat untuk direkrut dalam sebuah grub idol yang akan dibuat perusahaan tersebut.

Terima kasih sudah membaca!
Baca Juga