Skip to main content

21 Anime dengan Plot Twist Terbaik

Jika Anda menyukai film penuh misteri yang membuat otak mikir keras, maka Anda akan menyukai serial anime di bawah ini. Bosan nonton anime yang gampang ditebak? Cobalah dengan salah satu dari anime di bawah ini dan coba tebak jalan cerita seperti apa yang akan Anda temukan. Berikut beberapa anime dengan plot twist terbaik yang akan membuat Anda menonton sambil berpikir.

#1. Mirai Nikki


Genre: Action, Mystery, Psychological, Shounen, Supernatural, Thriller
Sinopsis: Amano Yukiteru adalah seorang remaja penyendiri yang suka menulis diary di ponselnya.

Suatu hari terjadi hal aneh dengan diary-nya, dimana ia dapat membaca masa depan dengan diary-nya tersebut.

Kemudian ia sering menggunakan diary-nya tersebut untuk kegiatan sehari-hari. Namun, dari diary tersebut pula ia dapat mengetahui bahwa ada seseorang yang mengejarnya.

Setelah diketahui ternyata ada 12 orang yang mempunyai diary berbeda dengan fungsinya masing-masing.

Ke 12 orang tersebut ditempatkan di dalam sebuah game survial dimana aturannya sangat mudah, yaitu mereka harus membunuh satu sama lain sampai pemenangnya akan menjadi dewa.

#2. Shingeki no Kyojin


Genre: Action, Military, Mystery, Super Power, Drama, Fantasy, Shounen
Sinopsis: Umat manusia hampir dalam kepunahan, mereka hidup di tempat yang dikelilingi benteng yang sangat tinggi untuk melindungi mereka dari Raksasa. Raksasa tersebut bernama Titan, mereka yang memakan manusia dengan wujud demi-human yang tidak memiliki akal. 100 tahun kemudian semenjak manusia berada dalam kedamaian di dalam benteng, tiba-tiba muncul makhkuk raksasa yang melebihi tinggi benteng dan menghancurkan benteng tersebut. Alhasil makhluk raksasa lainnya masuk dan memakan manusia, Eren dan Mikasa mencoba untuk menyelamatkan diri. Sayangnya ibu Eren dimakan oleh makhluk tersebut, Dia pun bersumpah akan membunuh raksasa tersebut demi melindungi manusia dan orang-orang yang ia cintai.

#3. Death Note


Genre: Mystery, Police, Psychological, Supernatural, Thriller, Shounen
Sinopsis: Seorang shinigami, dewa kematian, dapat membunuh siapa saja dengan syarat  melihat wajah korban dan menuliskan nama korban mereka di buku catatan yang disebut Death Note. Suatu hari, Ryuk, bosan dengan gaya hidup shinigami dan tertarik melihat bagaimana manusia akan menggunakan Death Note, kemudian ia menjatuhkan Buku Death Note ke dunia manusia.

Siswa SMA, Light Yagami menemukan Death Note. Karena dia menyesalkan keadaan dunia, akhirnya ia menguji buku catatan yang mematikan itu dengan menuliskan nama seorang penjahat di dalamnya. Ketika penjahat meninggal, segera setelah eksperimennya dengan Death Note, Light sangat terkejut dan dengan cepat menyadari betapa dahsyatnya kekuatan yang telah jatuh ke tangannya.

Dengan kemampuan ilahi ini, Light memutuskan untuk membunuh semua penjahat dan membangun dunia baru di mana kejahatan tidak ada serta orang-orang menyembahnya sebagai dewa. Namun, polisi dengan cepat menemukan bahwa seorang pembunuh berantai menargetkan para penjahat dan, akibatnya, mencoba untuk menangkap pelakunya. Untuk melakukan hal ini, para penyelidik Jepang mengandalkan bantuan detektif terbaik di dunia, yaitu seorang pria muda  yang dikenal dengan nama L.

#4. Neon Genesis Evangelion


Genre: Action, Dementia, Drama, Mecha, Psychological, Sci-Fi
Sinopsis: Pada tahun 2015, dunia berada di ambang kehancuran. Harapan terakhir umat manusia  hanyalah Nerv, sebuah agen khusus di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan Evangelion (EVA) mecha raksasa yang mampu mengalahkan para Malaikat yang menandai kehancuran Bumi. Kehidupan Shinji Ikari yang berusia 14 tahun berubah secara drastis  ketika dia dibawa pergi ke ke dalaman Nerv, dan dimanfaatkan ayahnya sendiri untuk menjadi pilot EVA.

Pada awalnya ia menolak, namun hatinya mulai luluh setelah ia melihat  Rei Ayanami yang berjuang menjadi pilot EVA meskipun memiliki luka yang cukup parah.

Disisi lain dia mengetahui kengerian dari EVA, jika lepas kendali ia akan menghabisi musuhnya dengan sadis.

#5. Steins;Gate


Genre: Thriller, Sci-Fi
Sinopsis: Rintarou Okabe adalah ilmuwan gila yang menyatakan dirinya sendiri sebagai ilmuan, tinggal di sebuah bangunan tua yang reyot di Akihabara, ia menciptakan "gadget masa depan" yang prospektif.  Tidak hanya sendiri, ia juga dibantu rekannya yaitu, teman masa kecilnya, Mayuri Shiina dan Hashida Itaru, seorang hacker sesat yang dijuluki "Daru." Mereka menghabiskan waktu dengan mengutak-atik alat yang dijuluki "Telepon Microwave", yang dapat melakukan fungsi aneh yaitu mengubah  pisang menjadi tumpukan gel hijau. Namun Microwave Telepon tersebut juga dapat mengirim email ke masa lalu dan  mengubah aliran sejarah.

#6. Code Geass


Genre: Action, Military, Sci-Fi, Super Power, Drama, Mecha, School
Sinopsis: Pada tahun 2010, Kerajaan Suci Britania Raya merupakan negara militer dominan yang menaklukan Jepang. Jepang berganti nama menjadi Area 11 setelah kekalahannya yang cepat oleh Britania, Jepang melakukan perlawanan terhadap Britania dalam upaya untuk mendapatkan kembali kemerdekaannya. Lelouch adalah pangeran terbuang dari Britania yang ingin membalas dendam kepada kerajaanya dengan kekuatan Geass yang dimilikinya bersama pasukan Area 11.

#7. Shigatsu wa Kimi no Uso


Genre: Drama, Music, Romance, School, Shounen
Sinopsis: Arima Kousei adalah seorang anak berbakat dalam bermain piano. Namun setelah ibunya meninggal, Kousei tidak dapat mendengar suara dentingan piano lagi. Akibatnya Ia tidak dapat bermain piano lagi, sehingga membuatnya mengalami penurunan mental. Hanya Sawabe Tsubaki dan Watari Ryota yang menjadi teman Kousei karena semenjak saat itu Ia seakan menutup dengan dunia luar. Hingga suatu saat Ia bertemu dengan Miyazono Kaori seorang pemain biola yang memaksanya bermain piano lagi dan mengubah kehidupannya.

#8. Mahou Shoujo Madoka Magica


Genre: Psychological, Drama, Magic, Thriller
Sinopsis: Madoka Kaname dan Sayaka Miki adalah gadis SMP biasa dengan kehidupan biasa, tetapi semua itu berubah ketika mereka bertemu Kyuubey, familiar sihir seperti kucing, dan Homura Akemi, murid pindahan baru.

Kyuubey dapat mengabulkan salah satu keinginan mereka dan sebagai gantinya, mereka harus mau menjadi gadis penyihir. Namun, Homura Akemi, yang merupakan seorang gadis penyihir, mendesak mereka untuk tidak menerima tawaran tersebut, dengan menyatakan bahwa semuanya tidak seperti yang terlihat.

#9. Ansatsu Kyoushitsu



Genre
: Action, Comedy, School, Shounen
Sinopsis: Ketika makhluk misterius memotong bulan jadi berbentuk bulan sabit, siswa kelas 3-E dari SMP Kunugigaoka dihadapkan dalam tugas besar. Yaitu, mereka diperintahkan untuk membunuh makhluk yang bertanggung jawab yang telah memotong bulan sebelum Bumi mengalami nasib sama. Namun, makhluk itu yang dijuluki Koro-sensei (guru yang tidak bisa dihancurkan), ia dapat terbang dengan kecepatan hingga Mach 20. Lebih jauh lagi, kelas 3-E  mengetahui bahwa dia adalah guru terbaik yang pernah mereka miliki!

#10. Blood C


Genre: Action, Mystery, Horror, Supernatural, Vampire, School
Sinopsis: Kisah dimulai dengan wanita bernama Saya Kisaragi seorang anak dari ayah penjaga kuil, Saya ditugaskan ayahnya untuk membunuh monster. Namun, identitasnya sebagai pemburu monster ia rahasiakan dari teman-temannya demi keselamatan mereka. Tetapi, lambat laun ia mulai menyadari seoalah tidak ada yang beres dengan lingkungan sekitarnya..

Menurut Anda bagaimana tentang rekomendasi di atas? masih kurang? atau kebanyakan sudah ditonton? Tenang saja, saya sudah mempersiapkan rekomendasi anime dengan plot twist terbaik lainnya yang mungkin belum Anda tonton. Berikut!

#11. Psycho-Pass


Genre: Action, Sci-Fi, Police, Psychological
Sinopsis: Berlatar di masa depan distopia di mana Jepang telah memberlakukan sistem baru untuk mengendalikan warga yang disebut Sybil. Tujuannya adalah untuk mengetahui tingkat ancaman warga dengan mengevaluasi kondisi mentalnya sebelum benar-benar melakukan kejahatan. Akane Tsunemori adalah inspektur rookie yang harus bekerja sama dengan Shinya Kougami yang merupakan seorang mantan penjahat. Akane sangat percaya pada Sistem Sybil, tetapi keyakinannya mulai terguncang saat dia mulai mengungkap kebenaran yang mengerikan di balik sistem kendali totaliter Jepang ini.

#12. Serial Experiments Lain


Genre: Dementia, Drama, Mystery, Psychological, Sci-Fi, Supernatural
Sinopsis: Menceritakan pengalaman Lain Iwakura yang berusia 14 tahun dengan tempat yang disebut Wired, yaitu sebuah jaringan komunikasi virtual yang aneh. Lain diberikan akses ke Wired setelah dia membuka email dari Chisa Yomoda, teman sekelasnya yang bunuh diri. Semenjak itu kehidupan Lain mulai berubah aneh dan saat peristiwa misterius itu terjadi, ia pun mulaimengungkap misteri lain dari kasus bunuh diri Chisa Yomoda.

#13. Ergo Proxy


Genre: Psychological, Mystery, Sci-Fi
Sinopsis: Menceritakan kisah umat manusia ribuan tahun setelah bencana ekologis. Peradaban manusia terakhir sekarang berada di sebuah kota berkubah bernama Romdo. Untuk membantu umat manusia dalam pemulihan akibat bencana ini, maka dibuatlah robot yang disebut Autoreivs. Autoreivs memiliki kecerdasan yang sempurna untuk membantu kegiatan manusia sehari-hari, meskipun begitu robot ini masih ada dalam kendali manusia. Namun maslah besar mulai muncul, para Autoreiv itu tertular penyakit misterius bernama Virus Cogito yang membuat mereka dapat sadar diri dan mengendalikan diri tanpa dikendalikan manusia.

Untuk menyelesaikan masalah ini, Mayer Re-l dikirim untuk menyelidiki kasus ini bersama parner Autoreiv-nya Iggy. Saat menjalankan misinya, ia bertemu seorang imigran bernama Vincent Law dan partner Autoreiv-nya yang terkena virus bernama Pino.

#14. Mousou Dairinin


Genre: Mystery, Dementia, Police, Psychological, Supernatural, Drama, Thriller
Sinopsis: Shounen Bat (atau Lil 'Slugger) mendatangkan malapetaka di Kota Musashino. Dipersenjatai dengan tongkat baseball emas dan selalu menggunakan sepatu roda, Shounen Bat menyerang orang-orang secara acak dengan tongkay baseball-nya. Dua orang detektif ditugaskan untuk menangani kasus ini. Namun, mereka tidak tahu bahwa ada sesuatu yang mengerikan yang akan segera nereka hadapi.

#15. Akira


Genre: Action, Military, Sci-Fi, Adventure, Horror, Supernatural, Seinen
Sinopsis: Pada tahun 1988, ledakan yang disebabkan oleh seorang anak laki-laki dengan kekuatan psikis menyebabkan PD II, yang menyapu kota Tokyo. Sekarang tahun 2019. Ceritanya berlatarkan di Neo Tokyo, kota hingar-bingar yang penuh dengan ekstremisme, kekerasan, dan kekacauan di sekelilingnya. Shoutarou Kaneda adalah pemimpin dari sebuah sekelompok berandalan yang mempunyai konflik dengan kru sepeda motor yang dikenal sebagai "The Clowns". Kehidupan Kaneda terbalik ketika temannya, Tetsuo, terjebak dalam kecelakaan dengan seorang bocah lelaki misterius yang membuatnya membangunkan kekuatan psikisnya sendiri.

#16. Subete ga F ni Naru


Genre: Sci-Fi, Mystery, Psychological
Sinopsis: Di sebuah fasilitas penelitian yang tersembunyi di pulau terpencil, programmer jenius Shiki Magata telah hidup mengisolasi diri selama bertahun-tahun di sana. Dia sangat jarang menerima tamu, tetapi profesor Souhei Saikawa dan seorang mahasiswa bernama Moe Nishinosono akan mengunjungi kediaman Magata tersebut. Namun, pertemuan mereka terputus ketika mereka terjebak dalam misteri pembunuhan di ruang terkunci.

Saikawa dan Moe harus mengungkap kebenaran di balik kasus pembunuhan ini, di dalam ruang terisolasi ini banyak rahasia dan misteri yang harus diungkap serta mereka harus menyelidiki masa lalu Magata yang terselubung.

#17. Texhnolyze


Genre: Action, Sci-Fi, Psychological, Drama
Sinopsis: Lux, kota bawah tanah buatan manusia yang telah runtuh bertahun-tahun dan telah lama diabaikan. Tiga organisasi besar berperang untuk mengontrol Lux: Organo, sekelompok "profesional" yang bekerja sama dengan kriminal bawah yang mengontrol Texhnolyze (prostetik); the Salvation Union, kelompok populis yang berusaha mengganggu bisnis Organo; dan Racan, sekumpulan individu muda dengan Texhnolyze yang menggunakan kemampuan mereka untuk keuntungan pribadi.

Ichise, seorang yatim piatu, tinggal di Lux sebagai petarung hadiah. Suatu hari, promotor pertarungan marah padanya dan ha itu mengakibatkan konflik yang membuat Ichise kehilangan lengan dan kakinya. Sebelum kematian membawanya, Ichise ditemukan oleh ilmuwan Eriko Kamata dan menggunakannya sebagai subjek uji coba untuk Texhnolyze yang baru dirancang. Dengan anggota tubuh baru yang kuat yang dimilikinya, Ichise mulai bekerja untuk Oonishi, pemimpin Organo.

#18. Monster


Genre: Drama, Horror, Mystery, Police, Psychological, Seinen, Thriller
Sinopsis: Dr. Kenzou Tenma adalah ahli bedah otak brilian yang bekerja di rumah sakit Jerman. Suatu malam, dia dihadapkan pada pilihan krusial, yaitu ia harus memilih antara menyelamatkan nyawa walikota atau anak kecil yang benar-benar dirawat di rumah sakit sebelum walikota. Melawan keinginan bosnya, Tenma memilih untuk menyelamatkan bocah kecil itu.

Tidak lama kemudian, serangkaian pembunuhan mulai terjadi, dan bukti menunjukkan bocah yang dia selamatkan sebagai tersangka. Namun, Tenma juga dicurigai oleh seorang detektif ternama. Tenma memulai perjalanan untuk memecahkan misteri dan menghadapi "monster" yang dia bantu selamatkan malam itu.

#19. Paprika


Genre: Dementia, Fantasy, Horror, Mystery, Psychological, Sci-Fi, Thriller
Sinopsis: Atsuko Chiba, yang memimpin sebuah tim untuk menciptakan sebuah perangkat yang memungkinkan orang untuk memasuki mimpi orang lain. Tak lama kemudian, Atsuko mulai menggunakan mesin tersebut untuk beberapa tujuan ekstrakurikuler.

Dia menggunakan teknologi itu untuk mengunjungi impian pasien psikiatri sehingga dia bisa mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang apa yang terjadi di dalam kepala mereka. Namun, hal tersebut memberi efek aneh, dimana pada akhirnya kehidupan nyata akan bertabrakan dengan dunia mimpi, dan kemudian segalanya menjadi sangat aneh.

Sayangnya alat tersebut telah dicuri dan disalah gunakan seserorang untuk memasuki pikiran orang lain. Akhirnya Atsuko bersama rekan dan seorang detektif bernama Toshimi Konakawa serta seorang wanita misterius bernama Paprika mulai mengidentifikasi keberadaan alat tersebut.

#20. Gunnm (Battle Angel Alita)


Genre: Drama, Mecha, Sci-Fi, Shounen
Sinopsis: Doc Ido, seorang dokter dan mekanik yang tinggal dan bekerja di "Scrapyard" yang mengerikan postapocalyptic. Dia menemukan sisa-sisa cyborg perempuan di tumpukan sampah. Akhirnya ia berhasil memperbaiki dan menghidupkan kembali  cyborg bernama Gally tersebut. Namun, Gally mengalami amnesia, tetapi secara alami ia semakin kuat dan terus berjuang sebagai cyborg. Meskipun karena hal tersebut pula mereka sering mendapat masalah.

#21. The Animatrix


Genre: Action, Drama, Sci-Fi
Sinopsis: Mengisahkan manusia yang hidup di sebuah program komputer bernama Matrix, dibagi menjadi 9 episode berbeda dengan masing-masing sinopsis:

1. Final Flight of the Osiris
Awak Osiris menemukan pasukan yang bersiap untuk menyerang Sion. Sementara satu anggota kru berlomba di dalam Matrix untuk menyampaikan pesan ke Zion, yang lain berusaha mati-matian untuk memberinya cukup waktu sambil melawan serangan Sentinel yang tidak mungkin mereka kalahkan.

2-3. The Second Renaissance Part 1 and 2
Manusia telah menciptakan AI terbaik, yang sama cerdasnya dengan mereka. Tetapi komplikasi muncul ketika robot-robot ini dan manusia mencoba untuk hidup dengan damai, dan akhirnya perang habis-habisan. Manusia akhirnya kalah perang, dan terjebak di Matrix seperti di film live-action-nya.

4. Kid's Story
Seorang pria muda menemukan bahwa dunianya tidak nyata, bahwa itu adalah tanah fantasi yang dibuat oleh komputer yang dibuat oleh robot yang menggunakan manusia untuk energi. Dia kabur dengan bantuan hacker Neo. Berdasarkan trilogi Matrix.

5. Program
Cis dan Duo terlibat dalam pertempuran dalam rekreasi virtual Feodal Jepang.

6. World Record
Saat menjalankan balapan tercepat dalam hidupnya, bintang trek juara melepaskan diri dari dunianya yang dihasilkan komputer untuk jangka waktu yang singkat. Ketika dia kembali ke dunia nyata, dia tidak memiliki ingatan dan ditempatkan di panti jompo. Berdasarkan trilogi Matrix.

7. Beyond
Saat mencari hewan peliharaannya yang hilang, seorang wanita muda bertemu dengan beberapa anak di Tokyo untuk bermain di "rumah berhantu", yang sebenarnya merupakan kesalahan besar di dunia komputer mereka. Berdasarkan trilogi Matrix.

8. Detective Story
Seorang detektif bernama Ash dipanggil oleh organisasi misterius untuk memburu peretas terkenal Trinity.

9. Matriculated
Sekelompok ilmuwan menangkap robot dan menempatkannya di dunia fantasi surealis. Saat teman robot masuk dan membunuh sebagian besar ilmuwan; Namun, robot dan ilmuwan terakhir yang tersisa menghadapi isolasi di dunia yang dihasilkan komputer. Berdasarkan trilogi Matrix.

Terima kasih sudah membaca!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar