Skip to main content

#StayHome: Urutan Nonton Anime Kuroko no Basket

Kuroko no Basket atau Kuroko's Basketball adalah anime yang diadaptasi dari manga yang ditulis dan diilustrasikan oleh Tadatoshi Fujimaki. Menceritakan tentang tim bola basket SMA yang bersaing untuk bermain pada turnamen tingkat nasional.

Kuroko no Basket, pertama kali mengudara disaluran MBS, Tokyo MX, BS11 pada April 2012 lalu sebagai animasi TV dengan total 75 episode yang dibagi menjadi tiga musim. Selain animasi TV, Kuroko no Basket juga diadaptasi jadi anime special dan tentunya beberapa film layar lebar.

Bagi kamu yang bingung dengan daftar judul dari Kuroko no Basket ini, kamu bisa lihat urutan judul anime Kuroko no Basket lengkap di bawah ini.

Daftar Anime Kuroko no Basket Berdasarkan Tanggal Rilis

Bagi anda yang pertama kali ingin menonton anime ini ataupun yang sudah menonton anime ini, mungkin ada beberapa judul sudah anda lewatkan, khusunya untuk anime dengan tipe episode spesial. Meskipun anime ini berjalan tiga musim untuk versi TV nya, namun karena beberapa anime tambahan membuat anime ini memiliki lebih dari 10 judul.

#1. Kuroko no Basket

Rilis: April 8, 2012 - September 22, 2012
Sinopsis: Tim Basket Teikou Junior High School mendapatkan juara tiga tahun berturut-turut berkat lima pemain yang luar biasa. Dengan keterampilan mereka yang luar biasa dan unik, hingga dapat membuat lawan putus asa dan juga dapat membuat penggemar mereka kagum. Namun setelah lulus, rekan satu tim mereka yang dikenal sebagai “The Generation of Miracles,” berpisah dan sekarang mereka menganggap satu sama lain sebagai saingan.

Di Seirin High School, ada dua siswa baru yang direkrut dan membuktikan diri bahwa mereka bukan pemain basket biasa.

  1. Taiga Kagami, seorang pemain yang menjanjikan yang sudah kembali dari AS.
  2. Tetsuya Kuroko, seorang siswa biasa yang memiliki kemampuan untuk bergerak tanpa diketahui.


Meskipun Kuroko tidak atletis atau tidak mampu mencetak poin, tetapi ia adalah anggota tim bola basket Teikou, di mana ia bermain sebagai “Orang Keenam Phantom,” yang dapat mudah mengoper bola dan membantu rekan timnya.

#2. Kuroko no Basket: Oshaberi Shiyokka

Rilis: Desember 21, 2012
Sinopsis: Spesial episode dalam Kuroko no Basket Fan Disc 1: Owara nai Natsu.

#3. Kuroko no Basket NG-shuu

Rilis: Juli 27, 2012 - Maret 22, 2013
Sinopsis: Bloopers animasi yang berdasarkan bagian ekstra dari seri manga asli, disertakan juga di seri BD / DVD untuk Kuroko no Basket musim pertama.

#4. Kuroko no Basket: Tip off

Rilis: Februari 22, 2013
Sinopsis: Episode 22.5 yang dibundel dengan BD / DVD volume 8. Episode ini menceritakan masa lalu Kuroko, ketika ia menjadi bagian dari "Generation of Miracles."

#5. Kuroko no Basket: Baka ja Katenai no yo!

Rilis: Desember 4, 2013
Sinopsis: Dibundel dengan volume 25 manga Kuroko no Basket. Anime yang didasarkan pada cerita Baka Ja Katenai no yo (バ カ じ ゃ 勝 て い の の) yang ditampilkan dalam volume kelima manga.

#6. Kuroko no Basket: Mou Ikkai Yarimasen ka

Rilis: Juni 20, 2014
Sinopsis: Dibundel dengan 6 Blu-ray / DVD. Mengadaptasi bab ke-124 dari manga, yang menceritakan ketika Kuroko dan Aomine pertama kali bertemu.

#7. Kuroko no Basket 2nd season

Rilis: Oktober  6, 2013 - Maret 30, 2014
Sinopsis: Dengan berakhirnya Kejuaraan Interhigh, tim Seirin kembali fokus berlatih untuk mengikuti kejuaraan musim dingin. Ketika strategi baru dikembangkan dan aliansi baru diciptakan, mereka kedatangan musuh dari berbagai tim yang menghalangi upaya keras Seirin untuk mencapai puncak. 

Musuh baru mereka yang paling kuat, "Uncrowned Kings" berkeinginan untuk mengalahkan para calon atlet baru, Termasuk atlet-atlet dari Seirin.

#8. Kuroko no Basket 2nd season NG-shuu

Rilis: Januari 29, 2014 - September 24, 2014
Sinopsis: Bloopers animasi, berdasarkan bagian dari seri manga asli dan terdapat dalam seri BD / DVD Kuroko no Basket musim kedua.

#9. Kuroko no Basket: Oshaberi Demo Shimasen ka

Rilis: Desember 25, 2014
Sinopsis: Episode spesial pada Kuroko no Basket Fan Disc 2: Hikari Sasu Basho e.

#10. Kuroko no Basket 3rd season

Rilis: Januari 11, 2015 - Juni 30, 2015
Sinopsis: Kemenangan melawan Yousen High, membuat Seirin mencapai semifinal Piala Musim Dingin bersama dengan Kaijou, Rakuzan, dan Shuutoku. Masing-masing tim memiliki anggota Generation of Miracles.

Sekali lagi, Kuroko bertengkar dengan rekan setimnya saat ia menjukan bahwa keterampilan individu bukanlah satu-satunya untuk bermain bola basket. Ia berpendapat kerjasama tim merupakan kunci dari bermain basket yang sebenarnya.

Disamping Kuroko yang mencoba menunjukan cara bermain basket yang benar, Seirin mempunyai tujuan yang sama untuk memenangkan piala musim dingin dan mengatasi Generation of Miracle yang telah mendominasi kompetisi.

#11. Kuroko no Basket 3rd season NG-shuu

Rilis: April 24, 2015 - Desember 24, 2015
Sinopsis: Bloopers animasi yang terdapat pada Blu-ray / DVD dari Kuroko no Basket Season 3.

#12. Kuroko no Basket: Saikou no Present Desu

Rilis: Desember 24, 2015
Sinopsis: Beberapa minggu setelah Piala Musim Dingin, lima pemain Generation of Miracles serta Kuroko telah kembali ke kehidupan sehari-hari. Namun tiba-tiba datang undangan dari Momoi yang mengusulkan agar para mantan pemain SMP Teikou berkumpul sekali lagi dan memainkan permainan. Kuroko dengan senang hati menerima undangan yang tak terduga itu. Tetapi Kagami merasa terganggu ketika dia mengetahui tentang permainan itu, karena pada hari itu, tim Seirin High sedang merencanakan pesta ulang tahun untuk Kuroko!

#13. Kuroko no Basket Movie 1: Winter Cup - Kage to Hikari

Rilis: September 3, 2016
Sinopsis: Film pertama dari Seri Kuroko no Basket.

Pertandingan perdana antara Seirin vs Touou Gakuen di kejuaraan Musim Dingin. Seirin berjanji kalau mereka akan membalas dendam dari Inter-High. Namun sepertinya ini tidak akan mudah, dilihat dari bakat Aomine yang jauh lebih hebat.

#14. Kuroko no Basket Movie 2: Winter Cup - Namida no Saki e

Rilis: Oktober 8, 2016
Sinopsis: Film kedua dari seri kuroko no basket.

Seirin akan melawan Yosen pada perempat final kejuaraan Musim Dingin. Berhadapan dengan pertahanan Yosen yang sulit untuk ditembus dengan pemain tengahnya Murasakibara, Kuroko berhasil meluncurkan poin pertamanya. Sementara itu, pertarungan kartu as antara Kagami dan Himuro juga semakin memanas.

#15. Kuroko no Basket Movie 3: Winter Cup - Tobira no Mukou

Rilis: Desember 3, 2016
Sinopsis: Film ketiga dari seri kuroko no basket.

Rakuzan dan Shutoku berhadapan di semi final Piala Musim Dingin. Meskipun berjuang dengan Akashi’s Emperor Eye yang bisa melihat semuanya, Midorima dan Takao melawan balik dengan permainan berturut-turut mereka, dan seluruh tim Shutoku membalas Rakuzan. Namun, tidak butuh waktu lama sebelum Akashi menghancurkan semua harapan mereka. Hingga akhirnya menyisakan Seirin dan Rakuzan untuk pertarungan final. Kagami segera memasuki Zone setelah pertandingan dimulai. Menghadapi perbedaan jauh dalam kemampuan melawan Rakuzan, Seirin kehilangan sempat kehilangan harapan. Namun, Kuroko tidak menyerah, dan terus berjuang keras melawan Akashi.

#16. Kuroko no Basket: Oshaberi Shiyou ka

Rilis: Januari 27, 2017
Sinopsis: Episode spesial pada Kuroko no Basket Fan Disc 3: Korekara Nandodemo.

#17. Kuroko no Basket Movie 4: Last Game

Rilis: Maret 18, 2017
Sinopsis: Jabberwock adalah sebuah tim bola basket jalanan dengan keterampilan yang sebanding dengan NBA yang berasal dari Amerika datang ke Jepang untuk memainkan pertandingan melawan Strky, sebuah tim yang terdiri dari siswa-siswa tahun ketiga yang pernah bermain di Piala Interhigh dan Musim Dingin. Namun, karena perbedaan keterampilan yang sangat besar, Jabberwock mudah menang. Kapten mereka, Nash Gold Jr., mengolok-olok gaya bola basket semua pemain di Jepang dengan membandingkan mereka dengan monyet.

Marah dengan olok-olok tersebut, Kagetora Aida menantang mereka untuk pertandingan balas dendam. Karena kesombongan dan keyakinan bahwa hasilnya tidak akan berbeda, Nash menerima tantangan itu. Kagetora kemudian membentuk tim baru bernama Vorpal Swords, sebuah tim yang terdiri dari Generation of Miracles, termasuk Kuroko Tetsuya dan Kagami Taiga, karena merekalah satu-satunya yang memiliki peluang melawan musuh yang tampaknya tak terkalahkan dari setiap sudut.

#18. Kuroko no Basket: Last Game NG-shuu

Rilis: September 27, 2017
Sinopsis: Bloopers animasi, berdasarkan pada bagian ekstra dari manga asli, terdapat juga pada  BD / DVD dari Kuroko no Basket: Last Game.

Daftar anime diatas merupakan judul-judul anime Kuroko no Basket yang bisa kamu gunakan sebagai panduan untuk menontonnya.

Terima kasih sudah membaca!


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar