Skip to main content

15 Anime Mirip Sword Art Online

Sword Art Online adalah sebuah karya yang tidak asing lagi kita dengar. Sword Art Online, singkat saja SAO merupakan sebuah franchise yang mendulang kesuksesannya hampir dalam semua bentuk, mulai dari Light novel, Anime, Game, dan Merchandise lainnnya. Adaptasi anime merupakan yang paling populer diantaranya, maka tak heran banyak anime yang mirip dengan SAO menjadi ikut mendapat popularitasnya dan anime semacam ini jadi sedikit banyak bermunculan, meskipun konsep cerita seperti anime SAO sudah ada jauh sebelumnya. Namun, yang paling populer adalah SAO ini.

Untuk itu saya akan merekomendasikan beberapa anime yang mirip SAO, untuk bagian yang miripnya adalah dunia isekai game atau dunia isekai mirip game. Ya walaupun beberapa tidak secara gamblang menggambarkan isekai mirip game. Namun, tidak ada salahnya bagi anda untuk menonton beberapa rekomendasi anime mirip SAO dibawah ini.

#15. Shinchou Yuusha: Kono Yuusha ga Ore Tueee Kuse ni Shinchou Sugiru


Genre: Action, Adventure, Comedy, Fantasy
Sinopsis: Dewi Listarte memanggil pahlawan untuk membantunya dalam game Gairbrunde dengan tingkat kesulitan hard-mode. Sang Pahalawan Seiya Ryuuguuin, memegang status cheat-rank, tapi dia sangat berhati-hati. Bahkan dia membeli tiga set baju besi: satu untuk dipakai, satu cadangan, dan satu cadangan untuk cadangan. Selain menyimpan stok barang dalam jumlah yang tidak masuk akal, ia tetap berada di kamarnya untuk latihan otot sampai ia mencapai level maksimal dan bahkan bertarung melawan slime dengan kekuatan penuh demi  sebuah keamanan.

#16. Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu


Genre: Drama, Fantasy, Psychological, Thriller
Sinopsis: Natsuki Subaru tiba-tiba di pindahkan ke dunia lain sesaat setelah ia keluar dari mini market. Ia tidak tahu siapa yang memindahkan dirinya dan kenapa dia ada disini, kemudian ia bertemu dengan gadis berambut perak. Namun satu hal yang di ketahui Subaru, ia mempunyai kemampuan yang dapat menghidupkan dirinya setelah mati “Return by Death”, ketempat dan situasi sebelumnya. Jika di sederhanakan kemampuannya semacam check point setelah mati.

#13. Dungeon ni Deai wo Motomeru no wa Machigatteiru Darou ka


Genre: Action, Adventure, Comedy, Romance, Fantasy
Sinopsis: Bell masuk ke dunia Isekai yang layaknya seperti game, didalam dunia tersebut terdapat Dangeon, ia juga dapat menaikan level serta membunuh monster. Ia ingin menjadi yang terhebat dalam dangeon tersebut, saat akan melawan monster yang tangguh. Bell hampir saja kalah dan untungnya ada seorang gadis yang menyelamatkannya, sejak saat itu Bell dan Ais (gadis yang menyelamatkannya ) selalu bersama berpetualang didalam dangeon.

#12. Hai to Gensou no Grimgar


Genre: Action, Adventure, Drama, Fantasy
Sinopsis: Sekelompok anak muda tiba-tiba terbangun di dunia mirip MMORPG yang bernama Grimrar, meskipin kenyataannya ini bukanlah game. Hanya nama mereka sendiri yang masih mereka ingat, tanpa mengingat alasan mengapa mereka berakhir disini. Di dunia yang penuh monster ini, mereka harus mempertaruhkan nyawa untuk bertahan hidup, mengumpulkan barang-barang yang bisa dijual dan bekerjasama sebagai tim.

#11. Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo!


Genre: Adventure, Comedy, Fantasy, Magic, Parody, Supernatural
Sinopsis: Konosuba atau Kono Subarahii Sekai ni Shukufuku wo! adalah anime isekai paling kocak, diceritakan seorang NEET bernama Kazuma yang terlempar ke dunia lain karena mati saat mencoba menyelamatkan seorang gadis yang hendak tertabrak truk. Faktanya Kazuma mati dengan cara yang konyol, kemudian ia dibangkitkan kembali ke dunia lain oleh dewi yang bernama Aqua. Bersama sang dewi itulah petualangan kocak Kazuma dimulai.

#10. Accel World


Genre: Action, Game, Sci-Fi, Romance, School
Sinopsis: Haruyuki "Haru" Arita adalah seorang pemuda bertubuh pendek dan gemuk yang sering diejek oleh berandalan di SMP Umesato. Akibatnya ia menjadi sangat rendah diri. Ia melarikan diri dari siksaan di kehidupan nyata dengan log in ke jaringan lokal sekolah di mana ia selalu memainkan permainan dan menunjukkan keterampilannya. Hal ini menarik perhatian Kuroyukihime (secara harfiah berarti "Putri Salju Hitam"), seorang gadis populer dan menarik yang menjabat sebagai Wakil Ketua OSIS.

Setelah membantunya melawan beberapa berandalan, Kuroyukihime memperkenalkan Haruyuki dengan Brain Burst, sebuah program rahasia yang mampu mempercepat proses kognitif manusia ke titik di mana waktu tampak berhenti. Haruyuki segera mengetahui bahwa Brain Burst adalah lebih dari sekadar program biasa, melainkan sebuah Augmented Reality Massively Multiplayer Online (ARMMO) di mana orang saling bertarung dalam duel sengit untuk mendapatkan Burst Point yang dapat digunakan untuk melakukan akselerasi di dunia nyata.

Kuroyukihime kemudian meminta bantuan Haruyuki agar dapat mencapai Level 10 dalam Brain Burst dengan cara mengalahkan "Six Kings of Pure Colour" sehingga dapat bertemu pencipta Brain Burst dan mengetahui tujuan sebenarnya dari pembuatan program ini. Dengan setiap tantangan yang mereka hadapi di Accelerated World, Haru dan Kuroyukihime, di bawah alias mereka yaitu "Silver Crow" dan "Black Lotus", mengumpulkan sekutu tepercaya, menghadapi musuh berbahaya, dan ikatan mereka tumbuh kuat saat berusaha untuk mencapai tujuan akhir mereka: untuk mencapai level tertinggi dan bertemu dengan pencipta permainan. (Sumber: id.wikipedia.org)

#9. Shichisei no Subaru


Genre: Action, Fantasy, Game, Sci-Fi
Sinopsis: Sebuah game MMORPG bernama Union terpaksa ditutup karena terjadi insiden yang membuat pemainnya tewas. Hal itu membuat party disana harus bubar, termasuk party subaru yang dimana Amou Haruto sebagai salah satu anggotanya. 6 Tahun kemudian Haruto log in ke dalam sebuah game baru bernama ReUnion, sesuatu mengejutkan terjadi. Haruto bertemu teman satu party-nya dulu yang harusnya sudah meninggal saat insiden Union, Kuga Asahi.

#8. Maou-sama, Retry!


Genre: Action, Adventure, Fantasy
Sinopsis: Oono Akira adalah seorang  pria dewasa yang bekerja secara normal seperti orang pada umumnya. Tiba-tiba ia dipindahkan ke dunia lain saat mencoba karakter yang dikenal sebagai "Raja Iblis" dalam permainan yang ia kelola. Di sana, dia bertemu dengan seorang gadis yang mempunyai kaki cacat, akhirnya mereka pun melakukan perjalanan bersama, tetapi karena Akira sudah menjadi raja iblis maka hal itu tidak lah mudah. Ia menjadi incaran oleh beberapa negara dan orang-orang yang ingin menaklukannya. Meskipun ia sebenarnya adalah Raja Iblis di luar tetapi normal didalam.

#7. Log Horizon


Genre: Action, Game, Adventure, Magic, Fantasy
Sinopsis: Log Horizon bercerita mengenai kajadian orang-orang yang masuk kedalam dunia game dan berusaha keluar dari sana. Tokoh utama dari Log Horizon adalah Shiroe yang memiliki nama asli Kei Shirogane, kemampuan Dari Shiroe adalah dibidang strategi bahkan is dikenal sebagai Villain in Glasses (Haraguro Megane). Shiroe sendiri sebenarnya adalah seorang guild master Dari Log Horizon, meskipun awalnya ia enggan bergabung dengan Guild.

#6. Quanzhi Gaoshou (The King's Avatar)


Genre: Action, Game
Sinopsis: Ye Xiu adalah pemain profesional game Glory. Namun, karena permasalahan tertentu membuat ia dipaksa keluar dari tim. Selanjutnya ia bekerja sebagai manajer shift malam di Happy Internet Cafe. Sang pemilik cafe ternyata tertarik untuk membuat tim baru bersana Ye Xiu, sambil bekerja ia terus mengasah kemampuannya bermain game dan disana ia menemukan pemain yang layak menjadi anggota timnya.

#5. .hack//Sign


Genre: Game, Sci-Fi, Adventure, Mystery, Magic, Fantasy
Sinopsis: Seorang wavemaster muda yang memiliki nama alias Tsukasa terbangun didalam sebuah game MMORPG bernama The World, dengan sedikit kehilangan ingatannya. Tsukasa tidak tahu apa yang ia lakukan sebelumnya sebelum dia terbangun di The World. Disana dia dicurigai sebagai seorang hacker oleh para Crimson Knight, alasanya adalah karena ia terlihat memiliki karakter tweak dalam bentuk kucing. Tsukasa berkeliaran mencari alasan kenapa ia ada disana.

Ketika Tsukasa menjelajahi tempat tersebut, ia menemukan benda ajaib yang berbentuk "wali," benda tersebut  menjanjikan perlindungan dari segala bahaya. Kemudian Subaru sang pemimpin Crimson Knights, bersama dengan beberapa pemain lain yang kenal dengan Tsukasa, mulai menyelidiki mengapa Tsukasa tidak dapat keluar dari game tersebut, sebelum mereka kehabisan waktu.

#4. BTOOOM!


Genre: Action, Psychological, Sci-Fi, Seinen
Sinospsis: Sakamoto Ryouta adalah seorang pengangguran berusia 22 tahun yang tinggal berdua bersama ibunya. Dia juga merupakan salah satu pemain terbaik dari sebuah game berjudul BTOOOM! Namun, entah mengapa ia tiba-tiba terbangun disebuah pulau tropis, dan tiba-tiba saja seseorang menyerang ia dengan sebuah bom. Sadar ia bahwa terjebak di dunia versi sali dari BTOOOM! ia pun berjuang untuk terus bertahan hidup.

#3. Death March kara Hajimaru Isekai Kyousoukyoku


Genre: Adventure, Fantasy, Harem
Sinopsis: Suzuki Ichiro adalah seorang programer berusia 29 tahun yang sibuk memperbaiki berbagai bug dalam sebuah game yang dikembangkan oleh perusahaannya, Suzuki memiliki nickname bernama Satou dalam beberapa game yang dites olehnya. Saat sedang tertidur dikantornya tiba-tiba ia mendapati dirinya berada didalam game yang sedang dikembangkannya dan fisiknya berubah menjadi seperti usia 15 tahun. Namun Satou (nickname-nya dalam game tersebut) menganggap semua itu hanyalah mimpi, hingga kemunculan Lizardman menyerangnya dan membuatnya terluka. Satou-pun mengeluarkan skill hujan meteornya dan memusnahkan pasukan Lizardman sehingga levelnya menjadi naik ke level 310.

#2. Overlord


Genre: Action, Adventure, Fantasy, Game, Magic, Supernatural
Sinopsis: Seorang pemain game DMMORPG (Dive Massively Multyplayer Online Role Playing Game) bernama Momonga memutuskan untuk tetap tinggal didalam game yang sedang populer saat itu yang bernama Yggdrasil sebelum game tersebut benar-benar ditutup dan server dimatikan. Namun, saat server dimatikan ia tertidur dan mendapati dirinya sudah terjebak dan tidak dapat keluar dari game tersebut. Bukan hanya itu, seluruh karakter NPC dalam game tersebut memiliki tingkah layaknya manusia. Karena sudah terlanjur terjebak akhirnya ia tetap menjalani kehidupan disana dengan kekuatan yang dimilikinya dan seluruh NPC yang miliknya serta mengubah namanya menjadi Ainz Oowl Gown dan mulai menyebarkan namanya ke seluruh dunia.

#1. No Game No Life


Genre: Game, Adventure, Comedy, Supernatural, Ecchi, Fantasy
Sinopsis: Anime ini menceritakan dua adik kakak yang cerdas dan jenius, ceritanya sendiri berawal dari mereka yaitu sang kakak yang bernama Sora dan sang adik yang bernama Shiro yang terlempar ke dunia isekai yang dimana terdapat 10 aturan mutlak untuk menyelesaikan seluruh permasalahan yang diselesaikan dengan sebuah game. Sora sangat ahli dalam menyusun strategi sedangkan Shiro ahli dalam kalkulasi dan logika,  mereka berdua dikenal dengan Blank sebuah kelompok pemain yang tak terkalahkan.


Itulah rekomendasi anime mirip SAO, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar