Boku no Hero Academia Season 4 (My Hero Academia 4) Rilis Fall 2019

Boku no Hero Academia Season 4 (My Hero Academia 4) Rilis Fall 2019

Boku no Hero Academia akan segera mendapatkan musim ke empatnya, studio Bones akan bertanggung jawab untuk season keempat ini serta diproduseri oleh TOHO animation dan Sueisha. Rencananya sendiri anime ini akan rilis Fall 2019.

Animator Yoshihiko Umakoshi menggambar ilustrasi untuk musim keempat Boku no Hero Academia. Jika tidak ada perubahan anime ini akan ditayangkan pada 12 Oktober 2019. Berikut teaser dari Boku no hero Academia season 4.

Boku no Hero Academia adalah seri manga pahlawan super yang ditulis dan diilustrasikan oleh Kouhei Horikoshi dan dimuat pertama kali pada tahun 2014 dimajalah Weekly Shonen Jump, serta telah dibundel dalam 20+ volume tankobon.

Boku no Hero Academia menceritakan seorang anak bernama Izuku Midoriya yang merupakan siswa SMP yang tidak mempunyai Quirk seperti kebanyakan orang, Quirk adalah sesuatu yang normal bagi setiap orang dan Quirk merupakan kekuatan khusus yang dimiliki setiap orang. Tetapi Midoriya tetap tidak menyerah meskipun sering dibully, suatu waktu ia diselamatkan oleh pahlawan idolanya dan ia mengetahui sesuatu yang mengejutkan terjadi pada dirinya.

Sumber: MAL News
6 Anime dengan Karakter Utama Gue Banget

6 Anime dengan Karakter Utama Gue Banget

Menurut kalian karakter anime “Gue Banget” itu seperti apa? Apakah yang pemalas, pintar, bersifat dingin, overpower atau biasa saja? Dalam beberapa forum, grup, maupun tempat diskusi lainnya, banyak para penggemar anime yang sering membahas karakter gue banget ini. Kebanyakan dari yang saya lihat dari mereka membahas itu-itu saja, maksudnya agak mainstream.

Bukan ketinggalan, namun karakter gue banget pada umumnya memiliki ciri seperti; terdapat pada anime slice of life, comedy atau school, biasanya karakter utamanya agak apatis dan ada yang bilang anti sosial (semacam nolep, tapi masih subjektif), tidak mudah jatuh cinta dan ada juga yang menyatakan anti pacaran. Beberapa ciri itu sering saya lihat maupun dengar dari mereka para penggemar mc gue banget.

Mungkin kalian sudah tidak aneh lagi dengan MC gue banget ini dikarenakan jika dilihat dari tiga ciri tadi hanya ada beberapa karakter yang sering dibahas, dan jujur saja saat saya coba mencari referensi lain, banyak kandidat karakter yang kurang cocok untuk ditambahkan dalam daftar dibawah nanti. Oke, karena dari itu, saya putuskan untuk membuat 6 daftar karakter anime "gue banget", mungkin dilain waktu saya akan coba cari referensi anime gue banget lain dan coba mempertimbangkannya di part kedua nanti (jika ada).

Berikut urutan daftar anime dengan karakter utama "gue banget".

#1. Sakuta Azusagawa (Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume wo Minai)

Gambar: twipu.com

Rilis: Oktober 4, 2018 - Desember 27, 2018
Sinopsis: Azusagawa Sakuta adalah seorang siswa kelas 2 SMA , suatu hari ia bertemu dengan gadis SMA yang berkeliaran di perpustakaan dengan kostum kelinci. Namun, anehnya orang-orang disana tidak dapat melihat keberadaan gadis tersebut. Setelah di selidiki ternyata gadis itu adalah kakak kelasanya di SMA dan ia memiliki sindrom aneh yang dinamakan Sindrom Pubertas, Sindrom sama yang pernah Sakuta alami sebelumnya. Sejak saat itu ia mulai membantu gadis tersebut untuk sembuh dari sindromnya tersebut.

#2. Houtarou Oreki (Hyouka)

Gambar: hyouka.wikia.com

Rilis: April 23, 2012 - September 17, 2012
Sinopsis: Tokoh utama Dari anime Hyouka adalah Oreki Houtarou, seorang siswa yang memiliki kepribadian malas dan lebih suka menghemat tenaga. Namun karena dipaksa kakaknya ia bergabung dengan Klub Sastra, Houtarou sebenarnya memiliki kemampuan yang cerdas terbukti dari beberapa misteri yang berhasil ia pecahkan.  Namun sayangnya untuk memecahkan misteri Houtarou harus sedikit dipaksa oleh temannya yang bernama Chitanda Eru.

#3. Hachiman Hikigaya (Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru)

Gambar: maximono.com

Rilis: April 5, 2013 - Juni 28, 2013
Sinopsis: Mencerikatakan tokoh utama yang bernama Hikigaya Hachiman, Hikigaya bisa dibilang cerdas dan mampu menyelesaikan beberapa masalah. Namun cara penyelesaian masalah yang ia lakukan banyak orang yang tidak menyukaikanya. Hikigaya bergabung dengan klub relawan bersama dua teman perempuannya yaitu Yui dan Yukinoshita bersama-sama mereka menyelesaikan berbagai masalah yang diterima oleh klub tersebut. Hikigaya sendiri sebenarnya merupakan seorang jomblo abadi karena trauma yang ia dapat setelah ditolak cewek di masa SMP.

#4. Youkoso Jitsuryoku Shijou Shugi no Kyoushitsu e  (Kiyotaka Ayanokouji)

Gambar: less-real.com

Rilis: Juli 12, 2017 - September 27, 2017
Sinopsis: Menceritakan seorang tokoh utama yang bernama Kiyotaka Ayanokouji yang bersekolah disekolah elite yang bernama SMA Koudo Ikusei. Ayanokouji merupakan siswa berbakat dan cerdas namun karena beberapa alasan ia tinggal dikelas E, kelas dengan tingakatan terendah.  Namun kemampuan Ayanokouji benar-benar hebat terbukti dengan beberapa masalah yang berhasil ia selesaikan dengan mudah meskipun ia bergerak dibelakang layar.

#5. Tanaka (Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge)

Gambar: thechuunicorner.com

Rilis: April 9, 2016 - Juni 25, 2016
Sinopsis: Tanaka kegiatan kesehariannya hanya bermalas-malasan, seperti tidur, tidur dan tidur. Bahkan untuk berjalanpun Tanaka tak jarang harus digendong oleh temannya bernama Oota. Meskipun sangat pemalas, Tanaka selalu berjuang untuk mencapai tujuannya. Yaitu berjuang agar dipermudah saat sedang bermalas-malasan, seperti olahraga agar tidak keseleo saat bermalas-malasan, melatih skill bermalas-malasan, berdoa kepada Dewa agar dimudahkan saat bermalas-malasan, bahkan ia rela melempar banyak uang kepada dewa yang ada dikuil agar doa-nya tersebut dikabulkan tak jarang juga ia mengancam Dewa kuil agar permohonannya tersebut dapat dikabulkan.

#6. Seishuu Handa (Handa-kun/Barakamon)

Gambar: amazon.in

Rilis: Juli 8, 2016 - September 23, 2016/Juli 6, 2014 - September 28, 2014
Penjelasan: Seishuu Handa adalah tokoh utama yang ada pada anime Handa-kun dan Barakamon. Barakamon rilis pada tahun 2014 dan Handa-kun rilis pada tahun 2016, namun jika ditonton menggunakan urutan cerita, maka Handa-kun ditonton pertama dan terakhir Barakamon. Inti cerita dari kedua anime ini adalah menceritakan keseharian Handa saat dia masih SMA (Handa-kun) dan setelah dia lulus (Barakamon).


Mungkin kalian kurang puas dengan daftar karakter diatas, jika Anda mau koreksi atau sekedar menambahkan, silakan tulis dikolom komentar.

Terima kasih sudah membaca!
9 Anime Movie Terbaik Sepanjang Masa

9 Anime Movie Terbaik Sepanjang Masa

Anime memiliki banyak jenis, mulai dari TV, OVA, ONA, Movie dan Episode Spesial. Banyak dari anime tersebut yang mencapai kepopulerannya hingga menjadi anime terbaik sepang masa, termasuk anime movie. Anime Movie sendiri merupakan anime yang pada umumnya tayang dibioskop, anime movie ada yang memiliki keterkaitan dengan anime seriesnya dan ada juga yang pure movie.

Banyak anime movie dari berbagai genre yang menjadi anime terbaik, dan pada artikel kali ini saya akan merekomendasikan Anda 9 anime movie terbaik sepanjang masa dari berbagai genre dan jenis. Berikut daftar anime terbaik paling populer sepanjang masa.

#9. Howl no Ugoku Shiro (Howl's Moving Castle)

Gambar: blog.livedoor.jp

Rilis: November 20, 2004
Genre: Adventure, Drama, Fantasy, Romance
Sinopsis: Sophie adalah seorang pembuat topi yang dikutuk oleh seorang penyihir jahat yang mengubahnya menjadi seorang nenek tua. Dalam tubuhnya dan wajahnya yang baru, Sophie menjelajah untuk mencari istana Howl yang bergerak. Saat ia menemukan istana tersebut, Sophie bertemu dengan para penghuni istana dan diantaranya ada Calcifer, Markl dan Howl sendiri.

#8. Ookami Kodomo no Ame to Yuki (Wolf Children)

Gambar: cnread.news

Rilis: Juli 21, 2012
Genre: Fantasy, Slice of Life
Sinopsis: Hana adalah seorang mahasiswi pekerja keras, ia jatuh cinta kepda seorang pria misterius yang menghadiri salah satu kelasnya meskipun dia bukan seorang siswa biasa. Pada malam bulan purnama ia berubah, dan mengakui bahwa ia adalah manusia serigala terakhir yang masih hidup. Meskipun demikian, cinta Hana tetap kuat, dan keduanya akhirnya memutuskan untuk berkeluarga.

Hana melahirkan dua anak, yaitu Ame yang lahir saat hujan dan Yuki yang lahir saat salju, keduanya memiliki kemampuan untuk berubah menjadi serigala, seperti ayah mereka. Namun kematian mendadak ayah mereka menghancurkan hidup Hana, meninggalkan kedua anaknya dan harus membesarkan mereka sendirian. Stres dalam membesarkan anak-anaknya yang liar di kota padat penduduk, dan harus menjaga identitas mereka agar tetap rahasia, akhirnya Hana memutuskan untuk pindah ke pedesaan. Disana dia berharap Ame dan Yuki dapat hidup bebas dari gangguan masyarakat.

#7. Mononoke Hime (Princess Mononoke)

Gambar: blog.goo.ne.jp

Rilis: Juli 12, 1997
Genre: Action, Adventure, Fantasy
Sinopsis: Desa Emishi diserang oleh babi hutan yang ganas, pangeran muda Ashitaka mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan sukunya. Dengan nafasnya yang sekarat, binatang itu mengutuk lengan sang pangeran, memberinya kekuatan iblis dan secara bertahap menguras masa hidupnya. Kemudian dia diperintahkan oleh para tetua desa untuk melakukan perjalanan ke barat untuk mencabut kutukannya tersebut. Akhirnya Ashitaka tiba di Tatara, Kota Besi, di mana dia menemukan konflik yang sengit. Lady Eboshi dari Tatara, menebang hutan secara terus-menerus, menentang Putri San dan roh-roh suci dari hutan. Ketika kekuatan dari alam dan umat manusia mulai berkonflik dalam pertarungan untuk bertahan hidup, Ashitakapun berusaha untuk mencari perdamaian diantara keduanya, sambil melawan iblis laten yang ada di dalam dirinya.

#6. Kizumonogatari III: Reiketsu-hen (Koyomi Vamp, Kizumonogatari Part 3)

Gambar: ameblo.jp

Rilis: Januari 6, 2017
Genre: Action, Mystery, Supernatural, Vampire
Sinopsis: Perbedaan pendapat antara Kiss-Shot dan Araragi menyebebabkan mereka harus bertarung satu sama lain, pertarungan antara vampirpun terjadi. Namun tanpa diketahui Araragi, Kiss-shot mempunyai tujuan sendiri mengapa ia mau bertarung dengan penyelamatnya tersebut

#5. Tenki no Ko (Weathering With You)

Gambar: news.nicovideo.jp

Rilis: Juli 19, 2019
Genre: Drama, Fantasy, Romance, Slice of Life
Sinopsis: Bercerita tentang seorang anak laki-laki dan seorang anak perempuan yang mengalami kejadian yang membingungkan selama era di mana keseimbangan cuaca menjadi berantakan. Hotaka Morisaki yang merupakan seorang siswa SMA berlari keluar dari rumah di sebuah pulau yang jauh dari Jepang, ia bertemu dengan Hina Amano, yang merupakan seorang gadis dengan kekuatan misterius yang mampu membuat cuaca cerah hanya dengan “berdoa”

#4. Sen to Chihiro no Kamikakushi (Spirited Away)

Gambar: ameblo.jp

Rilis: Juli 20, 2001
Genre: Adventure, Supernatural, Drama
Sinopsis: Chihiro Ogino adalah gadis berusia 10 tahun yang keras kepala, manja, dan naif, kurang senang ketika dia dan orangtuanya menemukan taman hiburan saat tersesat dalam perjalanan ke rumah baru mereka. Mereka mencoba berkeliling disana, dia menyadari bahwa ada hal aneh ditempat tersebut. Karena orangtuanya memakan makanan disana tanpa izin, akhirnya mereka berubah jadi babi dan setelah itu ia mengetahui bahwa mereka berada didunia roh. Sekarang mereka terperangkap, Chihiro harus bertahan hidup disana dan membiasakan diri di antara roh-roh, dengan bantuan Haku yang misterius dan makhluk-makhluk unik yang dia temui di sepanjang jalan.

Petualangan Chihiro dimulai untuk menyelamatkan orangtuanya dan mencari jalan keluar dari sana.

#3. Gintama Movie 2: Kanketsu-hen - Yorozuya yo Eien Nare

Gambar: twisoku.ldblog.jp

Rilis: Juli 6, 2013
Genre:  Action, Sci-Fi, Comedy, Historical, Parody, Samurai, Shounen
Sinopsis: Ketika Gintoki menangkap seorang bajak laut film di sebuah pemutaran perdana, ia memeriksa rekaman kamera dan menemukan dirinya dibawa ke Edo versi post-apokaliptik yang suram, di mana ada penyakit misterius yang disebut "Wabah Putih" telah menyebar ke populasi dunia. Dan ternyata bajak laut film itu bukan bajak laut, melainkan mesin waktu android. Gintoki telah dilemparkan lima tahun ke depan! Shinpachi dan Kagura telah bangkrut dan sekarang menjadi penjaga dan dia sendiri telah hilang selama bertahun-tahun, menghilang tanpa jejak setelah menulis pesan aneh di jurnalnya.

Berangkat dalam penyamaran yang diberikan kepadanya oleh mesin waktu android, Gintoki secara sembunyi-sembunyi menyatukan kembali tim Yorozuya untuk menyelidiki Wabah Putih, dan segera menemukan bahwa kunci untuk menyelamatkan masa depan terletak pada kegelapan masa lalunya sendiri. Bertekad untuk menghadapi musuh yang kuat, ia membuat penemuan penting. Dengan sekelompok teman dan sekutu sampah di sisinya, ia tidak perlu lagi bertarung sendirian.

#2. Koe no Katachi (A Silent Voice)

Gambar: newslounge.net

Rilis: September 17, 2016
Genre: Drama, School, Shounen
Sinopsis: Ishida Shouya adalah anak SD bermasalah dan Nishimiya Shouko adalah anak perempuan baru yang sekelas dengan Shouya. Shouko memiliki sebuah kekuarangan yaitu tidak dapat mendengar sehingga menyebabkan Ia tidak dapat berbicara. Shouya sering membuli Shouko, sampai pada akhirnya Shouko pindah sekolah. Saat menginjak SMA Shouya mencoba untuk bunuh diri dikarenakan tindakan bullying yang Ia lakukan di masa lalu berbalik kepadanya. Namun sebelum bunuh diri, Shouya ingin mengembalikan buku Shouko yang terbawa olehnya. Tetapi setelah pertemuan tersebut kehidupan mereka menjadi berubah.

#1. Kimi no Na wa. (Your Name.)

Gambar: redbubble.com

Rilis: Agustus 26, 2016
Genre: Romance, Supernatural, School, Drama
Sinopsis: Mitsuha mengalami kejadian aneh, tiba-tiba di saat ia bangun tubuhnya berubah menjadi seorang laki-laki. Taki pun juga mengalami hal yang sama ketika bangun tubuhnya berubah menjadi seorang perempuan. Setelah di selidiki ternyata mereka berdua bertukar tubuh ketika bangun tidur dan kembali normal ketika bangun kembali. Lantas apakah yang akan terjadi ketika mereka menggunakan tubuh yang bukan miliki mereka?, apakah mereka bisa hidup dengan menyesuaikan lingkungan sekitar mereka? Di tambah lagi Taki yang hidup di perkotaan sedangkan Mitsuha hidup di sebuah desa yang bernama Itomori.


Bagaimana apakah anime favorit Anda masuk dalam urutan diatas? Jangan lupa berikan masukan Anda dikolom komentar.

Terima kasih sudah membaca!
Urutan Monogatari Series Berdasarkan Alur Cerita

Urutan Monogatari Series Berdasarkan Alur Cerita

Monogatari series adalah anime Anime dari Novel karangan Nisio Isin, anime ini memiliki alur cerita yang unik dimana setiap judul rilis animenya tidak berhubungan, sehingga membingungkan bagi Anda yang baru pertama kali nonton Anime ini. Mulai dari manakah saya harus menonton Anime ini? Saya sendiri mulai menonton anime ini berdasarkan tanggal rilis, akibatnya pertama kali nonton malah bingung ditambah pembawaan anime monogatari banyak dialog dan monolog serta tampilan slide yang membingungkan.
Cover Bakemonogatari Blu ray
Cover Bakemonogatari Blu ray dari Amazon.com

Namun hal tersebut tidak membuat saya tidak tertarik, malah membuat saya semakin penasaran dan terus menontonnya sampai seri terakhir dan tentunya berdasarkan tanggal rilis. Disini saya menemukan hal menarik, yaitu cara untuk menonton anime ini dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu berdasarkan tanggal rilis dan alur cerita. Ada yang menyebutkan jika menonton anime ini berdasarkan alur atau jalan cerita akan menyebabkan spoiler, benarkah? setelah saya coba "ia sih", dan yang paling terasa itu kesan misterinya agak menghilang.

Bagaimana jika menonton dengan berdasarkan tanggal rilis? Yang saya dapat pertama kali menonton berdasarkan tanggal rilis malah disitu saya menemukan banyak spoiler, terutama setelah nonton seri Hanamonogatari. Namun kedua cara atau metode tersebut tidaklah buruk, semuanya tergantung selera Anda.

Setelah sebelumya saya membuat artikel berjudul Urutan Monogatari Series dan Arc yang ada didalamnya (berdasarkan tanggal rilis), kini saya mencoba membuat versi keduanya, yaitu urutan nonton Anime Monogatari Series berdasarkan jalan cerita. Karena cara pengurutan penulisan kedua artikel berbeda, Anda dapat membaca artikel sebelumnya, yaitu urutan berdasarkan tanggal rilis. Dalam urutan berdasarkan jalan cerita saya tidak memasukan jumlah episode, tanggal rilis dan arc yang ada didalamnya. Hanya judul dan sedikit sinopsis, menurut saya itu cukup.


Oke, berikut urutan anime monogatari series berdasarkan jalan cerita.

#1. Kizumonogatari I: Tekketsu-hen

Kisah Monogatari dimulai dengan pertenuan Araragi Koyomi dengan seorang Vampir bernama Kiss-Shot Acerola-Orion Heart-Under-Blade (Oshino Shinobu), ketika itu Kiss-shot terluka dan Arargi menolongnya. Namun, sebagai akibatnya ia malah berubah menjadi vampir.

#2. Kizumonogatari II: Nekketsu-hen

Arargi mencoba mengambil kembali bagian tubuh Kiss-Shot yang dicuri, tetapi ia harus melawan orang-orang yang mencuri bagian tubuh Kiss-Shot dengan tidak mudah. Namun, dengan kekuatan vampirnya serta bantuan dari Oshino Meme ia mulai mencari cara untuk mengalahkan para pencuri tersebut.

#3. Kizumonogatari III: Reiketsu-hen

Perbedaan pendapat antara Kiss-Shot dan Araragi menyebebabkan mereka harus bertarung satu sama lain, pertarungan antara vampirpun terjadi. Namun tanpa diketahui Araragi, Kiss-shot mempunyai tujuan sendiri mengapa ia mau bertarung dengan penyelamatnya tersebut.

#4. Nekomonogatari: Kuro

Hanekawa Tsubasa telah dirasuki sebuah keganjilan bernama kucing pengusik, akibatnya Hanekawa menjadi liar dan suka menyakiti orang lain. Atas hal inilah Araragi harus menemukan cara untuk menyembuhkan Hanekawa.

#5. Bakemonogatari

Setelah Araragi menjadi manusia setengah vampir, kini ia dipertemukan dengan berbagai macam keganjilan yang sangat komplek disekitarnya, mulai dari teman sekelas, adik kelas, teman adik perempuannya, hantu anak kecil dan Hanekawa.

#6. Nisemonogatari

Setelah keganjilan muncul disekitar temannya, kini berbagi keganjilan mulai muncul kembali. Sekarang keganjilan ini mulai menyasar kepada dua adik perempuannya, yaitu Araragi Karen dan Araragi Tsukihi.

#7. Monogatari Series: Second Season

Dalam series ini dibagi menjadi 5 bagian yaitu:

#7.1. Nekomonogatari: Shiro

Saat dalam perjalanan ke sekolah Hanekawa bertemu dengan harimau putih dan setelah itu rumahnya terbakar, dengan terpaksa ia harus mengungsi dan memutuskan untuk tinggal digedung sekolah kosong bekas markas Oshino Meme. Senjougahara mengetahui keadaan Hanekawa dan berusaha menolongnya, namun saat mencoba memanggil bantuan dari Araragi, tiba-tiba Araragi tidak dapat dihubungi (menghilang). Kini mereka berdua harus dapat menyelesaikan masalah ini dan memecahkan misteri hubungan antara harimau putih dan kejadian aneh (kebakaran) yang terjadi baru-baru ini.

#7.2. Kabukimonogatari

Araragi dan Shinobu kembali ke masa lalu dimana saat itu Hachikuji Mayoi masih hidup, dimasa depan Hachikuji telah mati dan menjadi hantu. Saat itu Araragi mencoba untuk mencegah kematian Hachikuji dan berhasil. Namun setelah kembali ke masa depan dunia telah hancur, tetapi ia bertemu dengan Hachikuji dewasa yang berhasil ia selamatkan dan sekarang Araragi harus menemukan cara untuk menyelamatkan dunia serta mencari tahu mengapa dunia bisa hancur?

#7.3. Otorimonogatari

Senguko Nadeko teman dari Araragi Tsukihi menyukai Araragi Koyomi, sayangnya Araragi Koyomi telah berpacaran dengan Senjougara dan menyebabkan cintanya bertepuk sebelah tangan. Perasaan Nadeko terhadap Araragi tidak berubah, saat itu ia bertemu dengan seekor roh ular putih yang akan mengabulkan segala permintaanya dengan syarat ia mau mencari jasadnya yang hilang.

#7.4. Onimonogatari

Sebuah keganjilan berwujud kegelapan mengejar Hachikuji dan Araragi, namun mereka berhasil lolos, dan tiba-tiba Hachikuji pinsan. Mereka mulai membahas tentang kejadian tersebut bersama Shinobu yang sebelumnya pernah bertemu dengan keganjilan kegelapan dimasa lalunya. Atas saran Yotsugi, akhirnya Araragi mencoba mencari tahu dan meminta bantuan kepada Gaen Izuko.

#7.5. Koimonogatari

Sengoku Nadeko telah menjadi Dewa Ular, kini ia ingin membunuh Araragi. Namun, berkat negosiasi Senjougahara ia akan menunda eksekusi terhadap Araragi sampai hari kelulusan SMA. Untuk mencegah hal tersebut, Senjougahara meminta bantuan Kaiki, yaitu orang yang pernah menipunya dulu. Ia terpaksa meminta bantuannya dan meminta Kaiki menipu sang Dewa Ular, Sengoku Nadeko.

#8. Tsukimonogatari

Bayangan Araragi tiba-tiba menghilang dari cermin, ia bertanya kepada Shinobu tetapi ia tidak tahu terlalu banyak  hingga ia memutuskan untuk bertanya kepada Gaen Izuko. Namun Gaen menyuruh Araragi untuk pergi ke kuil Shirahebi utara untuk bertemu seseorang disana. Disana ada gadis boneka Oonoki Yotsugi, akhirnya setelah itu petualangan mereka dimulai untuk memecahkan misteri keganjilan yang menimpa Araragi.

#9. Owarimonogatari

Oshino Ougi ia adalah perempuan yang mengaku sebagai keponakan dari Oshino Meme, gadis misterius ini bersama dengan Araragi Koyomi mulai menguak masa lalu Araragi Koyomi pada saat masih SMP.

#10. Koyomimonogatari

Ini merupakan anime ONA singkat yang merupakan cerita sampingan dari Bakemonogatari, Nisemonogatari, Nekomonogatari: Kuro, Monogatari Series: Second Season, Tsukimonogatari dan Owarimonogatari. Namun dalam dua Arc terakhir yaitu Koyomi Nothing (episode 11) dan Koyomi Dead (episode 12) merupakan prequel dari cerita selanjutnya dan memiliki keterkaitan cerita yang sangat dekat.

#11. Owarimonogatari 2nd Season

Kini Araragi terbangun dan bertemu dengan Hachikuji yang telah lama tidak terlihat, namun setelah diketahui ternyata ia berada dineraka dan kini ia harus mencari tahu alasan kenapa ia ada disini serta mencari cara untuk keluar dari tempat tersebut.

#12. Zoku Owarimonogatari

Ketika sedang bercermin tiba-tiba ia terserap dan masuk ke dalam cermin. Namun saat ia bangun dan tersadar bahwa ia berada didunia lain dari sisi cermin, dimana terdapat beberapa hal yang terbalik, serta ia tidak dapat memanggil maupun bertemu dengan Shinobou.

#13. Hanamonogatari

Setelah lulusnya Araragi Koyomi dari SMA, Kanbaru Suruga bertemu dengan teman lamanya sekaligus lawan mainnya di tim basket, Numachi Rouka.  Setelah pertemuannya tersebut keganjilan tangan monyet yang ia miliki menghilang. Meskipun ia senang, tetap saja hal itu membuatnya penasaran, hingga akhirnya ia bertemu Kaiki dan Kaiki menjelaskan banyak hal kepada Kanbaru. Namun, ada hal yang sangat penting yang tidak ia ketahui dari teman lamanya tersebut, dan hal tersebut pula yang akan menyebabkan kejadian aneh berikutnya dalam cerita ini.


Urutan diatas merupakan serial utama yang saling berhubungan, namun tentu saja Monogatari Series mempunyai cerita sampingan dan cerita lainnya seperti anime pada umumnya, sebagai bonus karena Anda telah berkunjung ke blog ini, berikut beberapa cerita sampingan dari Monogatari series, selain Koyomimonogatari.

  1. Nekomonogatari: Kuro Recap
  2. Bakemonogatari Recap
  3. Nisekoimonogatari
  4. Mahou Shoujo Madoka★Magica Movie 3: Hangyaku no Monogatari - Magica Quartet x Nisioisin
  5. Naisho no Hanashi
  6. Okitegami Kyouko no Bibouroku x Monogatari
  7. Owarimonogatari 2nd Season Recaps

Oke kebanyakan merupakan Rekap atau Ringkasan Cerita, saya sendiri juga belum nonton cerita sampingan ini. Karena menurut saya, tidak ada kaitannya dengan cerita utama, hanya rekap dan kolaborasi parodi seperti Kolaborasi Nisekoi dan Monogatari yang menjadi Nisekoimonogatari. Sayangnya durasi dari versi kolaborasi ini sangat pendek, namun jika Anda tertarik untuk menontonnya silakan saja.

Sepertinya sudah cukup artikel kali ini, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca!