Urutan Nonton Fullmetal Alchemist

Urutan Nonton Fullmetal Alchemist

Fullmetal Alchemist adalah manga karya Hiromu Arakawa yang diadaptasi menjadi anime dengan judul yang sama, “Fullmetal Alchemist ”. Anime ini rilis pertama kali pada tahun 2003 dan dilanjut seri keduanya tahun 2009, anime ini memiliki banyak respon positif dari para penggemarnya maupun penggemar anime musiman. Terbukti dari seri pertamanya saja memiliki rating lebih dari 8 (MAL), hasil ini sangat fantastis bagi anime lawas awal tahun 2000'an. Bahkan di seri keduanya saja mendapat rating 9 lebih (MAL).
Gambar: fma.fandom.com/wiki/Main_Page

Story dari anime ini terbilang cukup umum, bercerita dua saudara yang tinggal berdua akibat ibu mereka meninggal dan ayah mereka sibuk bekerja sebagai Alchemist (ahli kimia). Kedua saudara ini hidup bersama dengan bakat luar biasa yang mereka miliki, yaitu bakat yang sama seperti ayah mereka sebagai Alchemist. Terutama bakat sang kakak yang dijuluki sebagai Fullmetal Alchemist, sedangkan sang adik tidak mempunyai tubuh dan rohnya dimasukan ke dalam baju zirah. Penasaran dengan kelanjutan ceritanya? So! Tonton segera anime-nya. Jika bingung mulai dari mana, berikut saya tuliskan urutan nonton anime Fullmetal Alchemist berdasarkan tanggal rilis.

#1. Fullmetal Alchemist

Tipe: TV Series
Rilis: 4 Oktober 2003 - 2 Oktober 2004
Episode: 51
Sinopsis: Edward Elric dan Alphonse Elric adalah dua saudara yang hidup bahagia dengan orang tua mereka. Ibu mereka meninggal dunia karena sakit, lelah mengurus kedua anaknya sendirian. Sedangkan ayah mereka sering bepergian keluar rumah karena ia adalah seorang ahli kimia (alkemis). Ed dan Al tinggal berdua dirumah, mereka berdua memiliki bakat yang sama seperti ayahnya yaitu sebagai alkemis, mereka berdua mencoba menghidupkan kembali ibunya dengan bakat tersebut. Namun usaha mereka berdua gagal, tubuh Al dan kaki kiri Ed diambil sebagai “biaya masuk” karena transmutasi manusia merupakan hal yang tabu pada saat itu. Karena panik, akhirnya Ed memasukan roh Al kedalam baju zirah dengan resiko tangan kanannya diambil.

Di tengah keputusasaan atas tindakannya, Ed mendapat tawaran untuk menjadi seorang Alkemis Negara. Setelah mempertimbangkan berbagai hal, Ed-pun menerima tawaran tersebut. Akhirnya tangan dan kaki Ed diganti dengan automail, setelah mengikuti tes dan akhirnya lulus sebagai Alkemis Negara termuda dalam sejarah, ia-pun mendapat julukan sebagai Fullmetal Alchemist. Bersama dengan Al, Ed mencari cara bagaimana solusi untuk mengembalikan anggota tubuh mereka.

#2. Fullmetal Alchemist the Movie: Conqueror of Shamballa

Tipe: Film/Movie
Rilis: 23 Juli 2005
Episode: 1
Sinopsis: Munich, Jerman, 1923. Dua tahun telah berlalu sejak Edward Elric diseret dari dunianya sendiri meninggalkan negaranya, teman-temannya dan adiknya sendiri, Alphonse Elric. Stripped sebuah kekuatan alkimia yang selama ini telah ia teliti bersama dengan Alphonse Heiderich, seorang pemuda yang mirip saudaranya sendiri, Alphonse Elric. Ed berharap suatu hari dapat kembali bersama seperti dulu bersama Al.

Usahanya selama ini telah terbukti membuahkan hasil, tapi setelah ia meminjamkan tangan untuk seorang gadis gipsi yang bermasalah, Edward mendapati serangkaian peristiwa yang dapat mendatangkan malapetaka bagi kedua dunia. Sementara itu di dunianya sendiri, Alphonse Elric berusaha mencari misteri dari alkimia dan mencari cara untuk kembali bersama dengan kakaknya, Ed.

#3. Fullmetal Alchemist: Premium Collection

Tipe: OVA
Rilis: 29 Maret 2006
Episode: 3
Sinopsis:

  1. State Alchemists vs Seven Homunculi, Sebuah film berdurasi 10 menit yang menampilkan: Ed, Al, Mustang, dan banyak anggota Negara lainnya melakukan pertempuran dengan Homonculi yang mematikan dalam realitas alternatif Amestris.
  2. Chibi Feast; Enkai-hen, Cerita pendek 6 menit yang digambar dengan gaya Super Deformed di mana setiap karakter dalam seri (termasuk orang jahat) merayakan "After Party" dari film Conqueror of Shambala.
  3. Kodomo-hen, Cerita pendek 3 menit yang menampilkan Edward dan cucunya di masa kini 2005.


#4. Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Tipe: TV Series
Rilis: 5 April 2009 - 4 Juli 2010
Episode: 64
Sinopsis: Tiga tahun mencari, Ed dan Al mencari Batu Bertuah peninggalan mitos yang memungkinkan seorang alkemis untuk mengatasi Hukum Pertukaran Setara. Bahkan dengan sekutu militer Kolonel Roy Mustang, Letnan Riza Hawkeye dan Letnan Kolonel Maes Hughes berada di pihak mereka, mereka mulai menyadari telah terperangkap dalam konspirasi nasional yang mengarahkan mereka ke tidak hanya pada sifat sejati dari Batu Bertuah filsuf yang sulit dipahami, tetapi sejarah kelam negara di masa lalu. Di antara mereka ada yang menemukan seorang pembunuh berantai dan juga berpacu melawan waktu. Edward dan Alphonse harus bertanya kepada diri masing-masing, apakah yang mereka lakukan akan membuat mereka menjadi manusia lagi  atau mengambil kemanusiaan mereka.

#5. Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Tipe: OVA
Rilis: 26 Agustus 2009 - 25 Agustus 2010
Episode: 4
Sinopsis: Disini akan banyak diungkap rahasia-rahasia yang belum pernah ada sebelumnya di seri Fullmetal Alchemist. Ed dan Al, mereka berdua mengejar desas-desus tentang transmutasi manusia yang sukses ke dalam jaringan drama dan kebohongan keluarga yang mengejutkan. Lihat sekilas ke sisi tersembunyi dari kepribadian Winry dan Hawkeye. Selamat dari wilayah utara yang dingin dengan Izumi Curtis muda, saat dia berjuang untuk mendapatkan pemahaman yang lebih tentang alkimia. Jelajahi persahabatan legendaris yang dibagikan oleh Mustang dan Hughes dan saksikan mereka tumbuh dari saingan sekolah militer menjadi kawan sejati yang diubah oleh ketakutan Perang Ishvalan.

#6. Fullmetal Alchemist: The Sacred Star of Milos

Tipe: Film/Movie
Rilis: 2 Mei 2011
Episode: 1
Sinopsis: Edward bertemu dengan seseorang yang bisa menggunakan alkimia es dan listrik, ia bernama Melvin ia juga merupakan Kriminal yang dihukum karena melakukan pencurian di Central City. Kemudian mereka mengejar Melvin ke arah barat untuk mengetahui jenis alkimia baru tersebut, ditengah pengejaran mereka menemukan sebuah negara yang bernama Milos. Milos merupakan sebuah negara yang ditindas selama bertahun-tahun, rakyat milos berusaha untuk mengibarkan bendera mereka menggunakan Bintang merah yang tidak lain adalah batu philosof atau Kenja no Ishi. Ketika di Milos, mereka berdua bertemu dengan seorang gadis bernama Julia Criton yang merupakan anggota organisasi "Black Bat".


Itulah urutan nonton anime Fullmetal Alchemist berdasarkan tanggal rilis, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca!
Inilah Urutan Anime Dragon Ball Dari Dulu Sampai Sekarang

Inilah Urutan Anime Dragon Ball Dari Dulu Sampai Sekarang

Dragon Ball adalah serial anime yang diadaptasi dari manga karya Akira Toriyama sejak 1984 dan kemudian tayang perdana sebagai anime pada tahun 1986 dengan 153 episode. Dragon Ball bercerita mengenai seorang anak bernama Goku yang tinggal bersama kakeknya, dia juga bertualang bersama gadis bernama Bulma yang ingin mengumpulkan sebuah 7 bola naga ajaib yang dapat mengabulkan permohonan apapun. Berdasarkan cerita dari manganya sendiri kisah Dragon Ball pertama di mulai dengan anime yang berjudul “Dragon Ball” dimana saat Goku masih kecil sampai mengalahkan Picolo, Kemudian “Dragon Ball Z” dan “Dragon Ball Super” setelah Goku mengalahkan Buu Saga di Dragon Ball Z.
Gambar: www.imdb.com/title/tt0088509/

Mengenai Dragon Ball GT, sebenarnya anime tersebut bukan karya Akira Toriyama, karena tidak ada manganya sehingga anime Dragon Ball GT dikatakan sebagai Alternative Universe.

Bukan hanya TV Series saja, cerita Dragon Ball juga ditayangkan dalam bentuk Film/Movie versi anime dan juga versi Live Actiaon Hollywood. Di Bandingkan dengan serial TV, judul anime Dragon Ball lebih banyak terdapat pada bagian Film/Movie. Berikut inilah urutan anime Dragon Ball berdasarkan tanggal rilis, jika Anda mau niat maraton nonton Dragon Ball siap-siap dimulai dengan urutan judul dibawah ini.

#1. Dragron Ball

Rilis: 26 Februari 1986 - 19 April 1989
Episode: 153

#2. Dragon Ball: Curse The Bloodes Rubies (Movie)

Rilis: 20 Desember 1986
Episode: 1

#3. Dragon Ball: Sleeping Princess in Devil's Castle (Movie)

Rilis: 18 Juli 1987
Episode: 1

#4. Dragon Ball: Mystical Adventure (Movie)

Rilis: 9 Juli 1988
Episode: 1

#5. Dragon Ball Z

Rilis: 26 April 1989 - 31 Januari 1966
Episode: 291

#6. Dragon Ball Z: Dead Zone (Movie)

Rilis: 15 Juli 1989
Episode: 1

#7. Dragon Ball Z: The World's Strongest (Movie)

Rilis: 10 Maret 1990
Episode: 1

#8. Dragon Ball Z: The Tree of Might (Movie)

Rilis: 7 Juli 1990
Episode: 1

#9. Dragon Ball Z: Lord Slug (Movie)

Rilis: 9 Maret 1991
Episode: 1

#10. Dragon Ball Z: Cooler's Revenge (Movie)

Rilis: 20 Juli 1991
Episode: 1

#11. Dragon Ball Z: The Return of Cooler (Movie)

Rilis: 7 Maret 1992
Episode: 1

#12. Dragon Ball Z: Super Android 13! (Movie)

Rilis: 11 Juli 1992
Episode: 1

#13. Dragon Ball Z: Broly – The Legendary Super Saiyan (Movie)

Rilis: 6 Maret 1992
Episode: 1

#14. Dragon Ball Z: Bojack Unbound (Movie)

Rilis: 10 Juli 1993
Episode: 1

#15. Dragon Ball Z: Broly – Second Coming (Movie)

Rilis: 12 Maret 1994
Episode: 1

#16. Dragon Ball Z: Bio-Broly (Movie)

Rilis: 19 Juli 1994
Episode: 1

#17. Dragon Ball Z: Fusion Reborn (Movie)

Rilis: 4 Maret 1995
Episode: 1

#18. Dragon Ball Z: Wrath of the Dragon (Movie)

Rilis: 15 Juli 1995
Episode: 1

#19. Dragon Ball GT

Rilis: 7 Februari 1996 - 19 November 1997
Episode: 64

#20. Dragon Ball: The Path to Power (Movie)

Rilis: 2 Maret 1996
Episode: 1

#21. Dragon Ball GT: A Hero's Legacy (Movie)

Rilis: 26 Maret 1997
Episode: 1

#22. Dragon Ball Z Kai

Rilis: 5 April 2009 - 27 Maret 2011, dilanjutkan 6 April 2014 - 28 Juni 2015
Episode: 159 di Jepang, 167 di Internasional

#23. Dragon Ball Z: Battle of Gods (Movie)

Rilis: 30 Maret 2013
Episode: 1

#24. Dragon Ball Z: Resurrection 'F' Read in another language (Movie)

Rilis: 18 April 2015
Episode: 1

#25. Dragon Ball Super

Rilis: 5 Juli 2015 - 25 Maret 2018
Episode: 131

#26. Dragon Ball Super: Broly (Movie)

Rilis: 14 November 2018
Episode: 1

#27. Super Dragon Ball Heroes (ONA)

Rilis: 1 Januari 2018 - Sekarang
Episode: 17 (Ongoing)

#Urutan nonton Dragon Ball berdasarkan jalan cerita

Mungkin Anda masih bertanya-tanya, bagaimana sih cara menonton Dragon Ball sesuai jalan cerita? Jika kita tonton berdasarkan tanggal rilis mungkin akan sedikit bingung dengan jalan ceritanya. Pasalnya jika Anda telah menonton anime Dragon Ball (1986), ada dua pilihan sequel (cerita lanjutan), yaitu Dragon Ball Z dan Dragon Ball Kai (Dragon Ball Z Kai). Masing-masing dari dua pilihan tersebut mempunyai dua sequel lagi yang berbeda, jadi intinya kedua series Dragon Ball tersebut mempunyai jalan cerita yang berbeda.

Agar tidak bingung dengan penjelasan saya, berikut saya urutkan cara menonton anime Dragon Ball series.

#Jalur Dragon Ball Z

  1. Dragon Ball (1986)
  2. Dragon Ball Z
  3. Dragon Ball GT
  4. Dragon Ball GT: Gokuu Gaiden! Yuuki no Akashi wa Suushinchuu


#Jalur Dragon Ball Z Kai

  1. Dragon Ball (1986)
  2. Dragon Ball Z Kai (2009)
  3. Dragon Ball Z Kai: Mirai ni Heiwa wo! Goku no Tamashii yo Eien ni
  4. Dragon Ball Z Kai (2014)


Itu adalah dua jalur untuk menonton cerita utama dari Dragon Ball series, lalu bagaimana dengan Dragon Ball Super dan Dragon Ball Heroes? Berikut pejelasannya.

#Dragon Ball Super
Dragon Ball Super adalah side story (cerita sampingan) dari Dragon Ball Z dan Dragon Ball Z Kai (2014), sequel dari Dragon Ball Super adalah Dragon Ball Super Movie: Broly, sedangkan Dragon Ball Heroes adalah spin-off dari Dragon Ball Super.

Itulah urutan anime Dragon Ball. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca!
Urutan Nonton Anime Mushishi Berdasarkan Tanggal Rilis

Urutan Nonton Anime Mushishi Berdasarkan Tanggal Rilis

Mushihi adalah serial animasi TV jepang yang diadaptasi dari manga yang memiliki judul sama serta ditulis dan diilustrasikan oleh Yuki Urushibara. Anime ini ditangani oleh studio Artland dan pertama kali tayang di saluran televisi Fuji TV pada tanggal 23 Oktober 2005 - 19 Juni 2006 dengan jumlah season awal yaitu 26 episode. Serial ini sendiri bercerita mengenai seorang pengembara bernama Ginko sekaligus seorang Mushishi yang berkelana mengelilingi dunia untuk menjaga orang agar terlindung dari makhluk gaib bernama Mushi.
Gambar: vnsharing.site

Sudah ada beberapa season dari serial TV serta beberapa episode spesial dari anime Mushishi ini, berikut urutan untuk menonton anime Mushishi berdasarkan tanggal rilis.

#1. Mushishi

Judul Alternaif: Mushi-shi
Tipe: TV Series
Rilis: 3 Oktober 2005 - 19 Juni 2006
Episode: 26
Sinopsis: Ginko adalah seorang pria mushi-shi, yang ahli menangani Mushi. Ia mengembara mengelilingi dunia untuk meneliti mushi langka yang ada didunia. Mushi merupakan makhluk primitif, khas dan sama sekali tak ramah. Mushi memiliki wujud tidak seperti hewan maupun tumbuhan. Dalam perjalanannya mengembara mengelilingi dunia, ia selalu membantu orang-orang yang memiliki penyakit aneh yang disebabkan oleh Mushi.

#2. Mushishi Special: Hihamukage

Judul Alternatif: Mushishi Special: The Shadow That Devours the Sun
Tipe: Special Episode
Rilis: 4 Januari 2014
Episode: 1
Sinopsis: Dalam cerita ini berkisah mengenai gerhana matahari yang akan datang pada waktu dekat, para Mushi-shi termasuk Ginko diutus ke berbagai daerah untuk mencegah/mengatasi fenomena yang disinyalir akan terjadi dan disebabkan oleh Mushi. Matahari tidak akan tampak lagi, meski sebelumnya matahari selalu hadir setiap harinya.

#3. Mushishi Zoku Shou

Tipe: TV Series
Rilis: 5 April 2014
Episode: 10
Sinopsis: Sequel pertama dari anime Mushishi TV Series yang menceritakan Ginko dalam petualangannya dalam membantu dua hubungan antara manusia dan mushi. Dalam serial ini dia akan kembali bertemu dengan orang-orang yang unik.

#4. Mushishi Zoku Shou: Odoro no Michi

Judul Alternatif: Mushishi Special: Path of Thorns
Tipe: Special Episode
Rilis: 20 Agustus 2014
Episode: 1
Sinopsis: Episode spesial yang kembali menceritakan perjalanan Ginko, yaitu “Jalan Penuh Duri”.

#5. Mushishi Zoku Shou Season 2 

Tipe: TV Series
Rilis: 19 Oktober 2014
Episode: 10
Sinopsis: Sequel pertama dari serial Mushihi Zoku Shou dan sekaligus Sequel ke dua dari serial TV Mushihi yang masih melanjutkan cerita perjalanan Ginko.

#6. Mushishi Zoku Shou: Suzu no Shizuku

Judul Alternatif: Mushishi Film: Bell Droplets
Tipe: Movie
Rilis: 6 Mei 2015
Episode: 1
Sinopsis: Adaptasi dari final arch manga Mushishi.


Itulah urutan untuk menonton anime Mushishi berdasarkan tanggal rilis, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca!
Urutan Nonton Anime Little Busters! Berdasarkan Tanggal Rilis

Urutan Nonton Anime Little Busters! Berdasarkan Tanggal Rilis

Little Busters! Merupakan anime yang ditulis oleh Michiru Shimada dan diproduksi oleh studio J.C.Staff. Tayang perdana pada tahun 2012 dengan jumlah 26 episode. Sebelum memulai debutnya sebagai anime, Little Busters! Mengawalinya dari sebuah game novel visual yang dirilis pada tahun 2007 untuk platform PC dalam bentuk DVD. Kemudian sejumlah manga rilis dan pada akhirnya serial anime-pun resmi dirilis pada tahun 2012.
Gambar: www.4usky.com

Ada beberapa judul anime yang telah dirilis oleh studio J.C.Staff, berikut bagi Anda yang ingin mengikuti anime little busters! ini. Saya tulis urutan untuk menonton anime little busters! berdasarkan tanggal rilis.

#1. Little Busters!

Tipe: TV Series
Rilis: 6 Oktober 2012 - 6 April 2013
Episode: 26
Sinopsis: Naoe Riki adalah seorang pemuda biasa namun kehidupannya begitu diberkahi karena ia memiliki beberapa orang sahabat yang luar biasa disekitarnya. Namun Riki begitu penyendiri, karena saat kecil orang tuanya meninggal dunia, sehingga menenyebabkan ia sedikit menutup diri dari dunia luar. Ia tidak mau bermain atau bertemu orang-orang, sampai suatu hari beberapa anak datang dan menyelamatkannya dari penderitaan tersebut.

#2. Little Busters!

Judul Alternatif: Little Busters!: Sekai no Saitou wa Ore ga Mamoru!
Tipe: OVA
Rilis: 28 Agustus 2013
Episode: 1
Sinopsis: Ini merupakan side story dari anime little busters! season 1, dimana dalam ceritanya sendiri kebanyakan merupakan komedi.

#3. Little Busters!: Refrain

Tipe: TV Series
Rilis: 5 Oktober 2013 - 28 Desember 2013
Episode: 13
Sinopsis: Riki dan teman-temannya membentuk dan mengelola tim bisbol dari little busters, setelah berhasil mengatasi permasalahan internal pada anggota baru, Riki dan Rin perlahan mulai mendekati “Rahasia dari dunia ini”. Akankah mereka sudah siap dengan kebenaran dunia ini? Didunia yang tanpa logika, sesuatu mulai bergerak dan segera datang kehidupan little busters yang akan berubah selamanya.

#4. Little Busters! EX

Judul Alternatif: Little Busters Esctasy
Tipe: Special Episode
Rilis: 29 Januari 2014 - 30 Juli 2014
Episode: 8
Sinopsis: Penambahan cerita utama dalam “Little Busters! Ecstasy” atau “Little Busters!: EX ”, ada 3 rute utama yang melibatkan karakter heroine baru dalam serial ini, yaitu Futaki Kanata, Sasasegawa Sasami dan Tokido Saya.

Rute 3 EX heroines berlangsung sebagai berikut:


  1. Rute Saya - Sebelum peristiwa Refrain.
  2. Rute Sasami - Setelah peristiwa Refrain.
  3. Rute Kanata - Paruh pertama dari ceritanya adalah sebelum peristiwa Refrain dan paruh kedua adalah setelah peristiwa Refrain.



Itulah urutan untuk menonton anime little busters berdasarkan tanggal rilis, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca!