15 Anime Tersedih Sepanjang Masa

15 Anime Tersedih Sepanjang Masa

Kita tentunya sering menonton anime yang bikin kita terharu bahkan sampai meneteskan air mata, dari jalan ceritanya yang penuh drama atau bahkan dari awal episode sudah membuat perasaan kita jadi sad. Anime semacam itu tentunya akan menyebabkan efek tahan lama dibandingkan dengan anime lainnya, bahkan dapat membuat galau berhari-hari. Meskipun kembali terhadap ketahan masing-masing penontonnya.

Anime yang membuat hati jadi galau bahkan sampai nyesek berhari-hari, berikut beberapa rekomendasi anime paling sedih dan bikin nangis serta tak pernah terlupakan oleh beberapa fans anime.

#15. Ef: a Tale of Memories/Melodies 

Gambar: www.crunchyroll.com

Dalam cerita dimasa lalu Himura Yuu adalah seorang pemuda rajin dan tekun yang mempertahankan posisi terbaiknya di Otowa Academy. Suatu hari Ia bertemu dengan Amimaya Yuuko, seorang gadis yang misterius. Kenangan masa kecil yang lampau membuat Yuuko memaksa Yuu menghadapai penyesalan dan penderitaannya kembali.

#14. Hotarubi no Mori e

Gambar: www.zerochan. net

Hotaru adalah anak perempuan yang memiliki teman seorang siluman Youkai bernama Gin. Semuanya bermula ketika musim panas, Hotaru tersesat di hutan dan ditemukan oleh Gin yang memakai topeng seperti rubah. Semenjak saat itulah Hotaru mulai berteman dengan Gin, namun ada suatu kelemahan yang dimiliki Gin. Yaitu, jika Ia disentuh manusia maka Gin akan menghilang. Oleh sebab itulah Hotaru tidak dapat menyentuh Gin.

#13. H2O Footprint in the Sand

Gambar: www.qwant.com

Meskipun penyebab kebutaannya belum diketahui, Takuma Hirose dipindahkan ke sebuah desa dan tinggal bersama pamannya. Pada awal cerita Hirose bersama seseorang perempuan yang bernama Otoha, Otoha menyebut Hirose dengan "The Promised One". Selain Otoha, Hirose juga berteman dengan dua gadis lainnya yaitu Kohinata Hayami dan Kangura Hinata.

#12. Guilty Crown

Gambar: www.4usky.com

Tahun 2029, Jepang mengalami keadaan darurat dan kekacauan yang dikenal dengan insiden Lost Christmas akibat menyebarnya virus yang bernama Virus Apocalypse. 10 tahun kemudian seorang anak SMA bernama Ouma Shu bertemu dengan seorang gadis bernama Yuzuriha Inori, seorang vokalis band egoist. Shu merupakan penggemar berat Inori, namun semenjak pertemuan itu kehidupan Shu mulai berubah.

#11. Air

Gambar: www.wibunews.com

Kunisaki Yukito adalah seorang ahli boneka yang mengelilingi Jepang untuk meneruskan ibunnya terhadap "Gadis di angkasa". Karena kehabisan uang Yukito mencari uang dengan cara melakukan pertunjukan boneka, namun hal itu tidak berhasil sehingga membuatnya kelaparan. Saat dalam situasi tersebut tiba-tiba datanglah gadis aneh yang ingin jadi temannya dan mengajak ke rumahnya untuk makan, gadis tersebut bernama Kamio Misuzu. Setelah itu Ia bertemu gadis aneh lainnya yaitu Kirishima Kano dan Tono Minagi, dari situ Ia mulai mengenal gadis-gadis tersebut lebih dalam dan masalahpun mulai bermunculan.

#10. Kimi no Suizou wo Tabetai

Gambar: www.animenyus.com

Shiga Haruki adalah seorang introvert dan kutu buku, secara kebetulan Ia menemukan sebuah buku yang berjudul "Teman Sakit". Ternyata buku tersebut milik Yamauchi Sakura yang mengatakan Ia memiliki penyakit Pankreas dan hidupnya tidak akan lebih lama dari setahun. Setelah itu mereka bertemu dan melakukan segala hal yang ingin Sakura lakukan sebelum Ia meninggal.

#9. Koe no Katachi/A Silent Voice (The Shape of The Voice) 

Gambar: www.redbubble.com

Ishida Shouya adalah anak SD bermasalah dan Nishimiya Shouko adalah anak perempuan baru yang sekelas dengan Shouya. Shouko memiliki sebuah kekuarangan yaitu tidak dapat mendengar sehingga menyebabkan Ia tidak dapat berbicara. Shouya sering membuli Shouko, sampai pada akhirnya Shouko pindah sekolah. Saat menginjak SMA Shouya mencoba untuk bunuh diri dikarenakan tindakan bullying yang Ia lakukan di masa lalu berbalik kepadanya. Namun sebelum bunuh diri, Shouya ingin mengembalikan buku Shouko yang terbawa olehnya. Tetapi setelah pertemuan tersebut kehidupan mereka menjadi berubah.

#8. Shigatsu wa Kimi no Uso (Your Lie in April)

Gambar: nekonoto.net

Arima Kousei adalah seorang anak berbakat dalam bermain piano. Namun setelah ibunya meninggal, Kousei tidak dapat mendengar suara dentingan piano lagi. Akibatnya Ia tidak dapat bermain piano lagi, sehingga membuatnya mengalami penurunan mental. Hanya Sawabe Tsubaki dan Watari Ryota yang menjadi teman Kousei karena semenjak saat itu Ia seakan menutup dengan dunia luar. Hingga suatu saat Ia bertemu dengan Miyazono Kaori seorang pemain biola yang memaksanya bermain piano lagi dan mengubah kehidupannya.

#7. Hanbun no Tsuki ga Noburu Sora

Gambar: tokkoro.com

Ezaki Yuichi seorang pemuda 17 tahun yang menderita penyakit Hepatitis A sehingga menyebabkan Ia harus dirawat dirumah sakit. Suatu hari Ia melihat seorang gadis bernama Akiba Rika seorang gadis berusia 16 tahun yang menderita penyakit gagal jantung. Meskipun awalnya hubungan mereka tidaklah lancar, tetapi lambat laun hubungan mereka mulai membaik. Namun tiba-tiba Rika mengalami keadaan kritis dan harus di operasi yang kemungkinan besar 10% selamat. Rika sangat sedih karena Ia ingin hidup bersama Yuichi, meskipun Yuichi tidak mengetahui keadaan Rika yang sedang kritis.

#6. Tokyo Magnitude 8.0

Gambar: nefariousriviews.com

Onozawa Mirai dan Onozawa Yuuki adalah adik kakak yang saat itu berkunjung ke Jembatan Odaiba. Naas bagi mereka, tiba-tiba terjadi gempa yang menyebabkan mereka terpisah. Namun mereka berhasil kembali bersama berkat Kusukabe Mari, karena khawatir dengan keadaan orang tuanya. Mereka memutuskan untuk melihat kedaan orang tua mereka, saat mereka mencoba melihat kedaan rumah mereka dari Tokyo Tower. Tiba-tiba gempa susulan datang dan membuat Tokyo Tower runtuh, Yuuki yang mencoba menyelamatkan Mirai justru terluka kepalanya terkena reruntuhan sehingga membuatnya harus dirawat.

#5. Hotaru no Haka (Grave of the Fireflies) 

Gambar: myanimelist.net

Kisah dua Kakak beradik Seita dan Setsuko yang berjuang untuk bertahan hidup setelah Amerika menghujani Kobe dengan bom secara besar-besaran pada perang dunia II. Dalam ketidak berdayaan dan ketidak pedulian bahkan lebih menyakitkan dari serangan musuh, tetapi keadaan tersebut tidak membuat mereka menyerah dan terus berusaha untuk bangkit. Meskipun orang tua mereka telah meninggal, kedua kakak beradik itu terus berjuang sehingga menginspirasi warga yang lain.

#4. Angel Beats

Gambar: soranews24.com

Dunia dimana orang-orang hidup sebelum reinkarnasi yaitu afterlife (akhirat), Yuzuru Otonashi adalah salah satu penghuni afterlife. Di tempat tersebut terdapat sekolah yang bertujuan untuk menghilangkan beban dan penyesalan ketika mereka masih hidup sebelum bereinkarnasi, termasuk Otonashi yang bersekolah disana. Namun, sayangnya Otonashi mengalami amnesia sehingga Ia tidak dapat mengingat masa lalunya. Dalam kehidupannya diakhirat Ia bertemu dengan Yuri yang mengajaknya bergabung dengan SSS, sebuah organisasi yang melawan tuhan untuk protes atas kejamnya kehidupan mereka sebelumnya.

#3. AnoHana (Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai)

Gambar: kincir.com

Berkisah tentang persahabatan 6 orang anak. Namun setelah salah satu dari mereka meninggal yaitu Menma, merekapun berpisah. Ketua dari kelompok anak tersebut yaitu Jinta stress dan memutuskan menjadi Hikikimori, karena sebenarnya Ia memiliki perasaan terhadap Menma. 10 tahun kemudian pada saat musim panas Jinta bertemu arwah Menma, Menma meminta Jinta untuk mengabulkan permohonannya. Karena Menma tidak ingat apa permohonannya saat masih hidup dan Jinta ingin mengabulkan permohonan tersebut, akhirnya Jinta berusaha mengumpulkan kelompok lamanya tersebut untuk mengetahui apa sebenarnya permohonan Menma.

#2. Clannad

Gambar: reelrundown.com

Okazaki Tomoya adalah anak bermasalah dan juga dianggap berandalan karena Ia sering bolos, bagi Tomoya kehidupannya sangat membosankan. Tetapi semuanya berubah ketika Ia bertemu dengan seorang gadis yang bernama Furukawa Nagisa, seorang gadis yang kurang percaraya diri karena harus mengulang pelajarannya karena sakit. Setelah itu Tomoya mulai melihat mimpi aneh, dimana Ia melihat seorang gadis yang membuat sebuah boneka dari barang-barang yang Ia kumpulkan.

#1. Plastic Memories

Gambar: sapawarga.com

Berlatar disebuah kota dimasa depan, dimana terdapat robot android bernama Giftia. Giftia adalah android yang memiliki sifat, ingatan dan perasaan seperti manusia. Namun sayangnya usia Giftia hanya 81.920 jam (sekitar 9 tahun 4 bulan). Sehingga saat melewati masa tersebut Giftia akan kehilangan ingatannya dan mengamuk, untuk itulah Terminal Service didirikan yang bertujuan untuk mengambil Giftia sebelum tanggal kadaluarsanya dengan cara menghapus ingatannya. Mizugaki Tsukasa mulai bekerja di Terminal Service sebagai Spotter dan rekannya seorang gadis Giftia bernama Isla sebagai Marksman, meskipun hubungan mereka awalnya tidak begitu baik. Namun lambat laun hubungan mereka mulai membaik sampai mereka memiliki perasaan satu sama lain, meskipun Tsukasa belum mengetahui usia Isla tinggal sekitar 1 bulan.


Itulah beberapa rekomendasi anime yang dapat membuat sedih, hati-hati ya gan soalnya beberapa anime dapat memainkan emosi Anda. Semoga dapat terpuaskan dengan rekomendasi ini, saran dari saya. Segera cari obat mujarab setelah nonton anime yang nyesek, seperti dengan menonton anime dengan genre komedi yang kocak. Untuk rekomendasi anime genre komedi yang kocak bisa dibaca disini.

Terima kasih sudah membaca!

30 Rekomendasi Anime Komedi Romantis (RomCom) Terbaik

30 Rekomendasi Anime Komedi Romantis (RomCom) Terbaik

Cerita dengan genre Komedi Romantis atau RomCom (Romantic Comedy) selalu memiliki banyak penggemar dari berbagai kalangan, termasuk anime sendiri. Genre Komedi Romantis menyajikan kisah asmara yang tidak terlalu menekan penikmatnya karena adanya bumbu komedi didalam ceritanya.

Berikut beberapa anime dengan genre komedi romantis paling populer.

Baca juga: Rekomendasi Anime RomCom Terbaru 2019

#30. Bokura wa Minna Kawaiisou

Sumber: jurnalotaku.com

Usa ingin merasakan tinggal sendirian dengan cara ngekos, disana Ia tinggal satu atap dengan gadis pujaannya yaitu Kawai Ritsu dan seorang Lolicon. Namun karena Ia tegas terhadap prinsipnya, Usa kesulitan untuk mendekati Kawai.

#29. Kaichou wa Maid-sama!

Sumber: sharetv.com

Ayuzawa Misaki merupakan ketua OSIS di SMA Seika, Ayuzawa memiliki watak yang keras terhadap murid laki-laki yang melanggar peraturan sekolah. Tetapi ada satu rahasia yang tidak diketahui teman-temannya di sekolah yaitu Ia bekerja sebagai seorang maid (pelayan). Namun tanpa disengaja,  teman satu sekolahnya yang cukup populer yaitu Usui Takumi mengetahui pekerjaan yang Ia rahasiakan itu.

#28. Wotaku ni Koi wa Muzukashi

Sumber: randomc.net

Kisah asmara antara teman satu kantor yaitu Narumi dan Hirotaka. Namun kisah cinta mereka penuh dengan komedi, karena Narumi menyembunyikan fakta karena Ia adalah seorang Fujoshi dan Hirotaka adalah seorang Otaku Game, meskipun Ia tampan dan handal dalam pekerjaannya. 

#27. Special A

Sumber: www.animenewsnetwork.com

Hanazona Hikari ingin menjadi yang terbaik dalam segala hal. Namun seberapa keras Ia berusaha, Ia selalu kalah dibawah teman sekelasnya yaitu Takishima Kei. Meskipun sebenarnya Kei menaruh hati kepada Hikari, tetapi sayangnya Hikari lebih fokus terhadap persaingannya dari pada peka terhadap persaan Kei.

#26. Skip Beat

Sumber: bubbleblabber.com

Shotaro Fuwa tidak mau meneruskan usaha orang tuanya, sehingga Ia mengajak teman masa kecilnya yaitu Kyoko Mogami untuk kabur ke Tokyo. Kyoko sebenarnya mempunyai rasa terhadap Shotaro. Saat di Tokyo Kyoko menjadi support untuk Shotaro, sehingga akhirnya Shotaro berhasil menjadi artis pria terkenal di Jepang. 

#25. Boku wa Tomodachi ga Sukunai

Sumber: imdb.com

Kodaka Hasegawa kesukitan mencari teman karena Ia dikira berandalan dengan rambut pirang dan mata premannya. Di hari pertama masuk sekolah Ia tidak sengaja melihat Yozora Mizuki sedang berbicara dengan temannya didalam kelas, tetapi setelah diselidiki ternyata Mizuki sedang berbicara sendiri atau berbicara dengan teman khayalannya. Singkatnya mereka membuat grup yang dikhususkan bagi orang yang kesulitan mencari teman, kemudian beberapa orang yang mempunyai kesulitan sama masuk ke grup tersebut yang membuat situasi menjadi harem

#24. Hentai Ōji to Warawanai Neko

Sumber: amazon.co.uk

Saat mendengar informasi tentang patung Stony Cat yang bisa mengabulkan permohonan, Yoto Yokodera meminta permohonan kepada patung tersebut agar Ia dapat menunjukan keinginan dan emosinya. Disaat yang bersamaan Tsukiko Tsutsukakushi meminta permohonan agar Ia dapat menyembunyikan emosinya. Keesokan harinya permohonan mereka terkabul Yokodera menjadi siswa yang mesum karena pikiran mesum yang Ia pikirkan jadi langsung terucap begitu saja. Sedangkan Tsutsukakushi menjadi gadis yang dingin tanpa ekspresi. 

#23. Ouran High School Host Club

Sumber: thecinemaholic.com

Fujioka Haruhi adalah seorang gadis dengan penampilan sederhana dan dari keluarga biasa. Suatu hari Ia salah masuk ruangan, Ia bertemu dengan 6 pemuda tampan diruangan tersebut, ke 6 pemuda tersebut adalah Host di Ouran High School. Karena penampilannya tersebut Haruhi disangka seorang pria, namun tanpa sengaja Ia memecahkan guci seharga 8.000.000 yen di ruangan klub tersebut. Sebagai ganti rugi Ia terpaksa bergabung dengan klub tersebut untuk melunasi hutang-hutangnya dengan cara mendatangkan tamu yang banyak.

#22. Kimi ni Todoke

Sumber: worldwithouthorizons.com

Sawako Kuronuma gadis yang sangat pemalu sering disalah artikan sebagai seseorang yang berbahaya oleh temannya, karena mirip dengan hantu Sadako dari film horror The Ring. Sawako-pun merindukan kehidupan normalnya, namun semuanya berubah ketika Ia bertemu dengan Shouta Kazehaya. Kazehaya adalah laki-laki yang terkenal dan ramah dikelasnya, Sawako mengagumi Kazehaya. Hingga suatu waktu rasa kagum itu mulai tumbuh menjadi rasa cinta.

#21. Wolf Girl and Black Prince (Ookami Shoujo to Kuro Ouji)

Sumber: jurnalotaku.com

Shinohara Erika sering berbohong tentang pacarnya kepada teman-teman SMA-nya, sebagai bukti Ia menunjukan foto seorang cowok SMA. Namun ternyata foto yang Ia tunjukan adalah teman SMA-nya yaitu Sata Kyouya, agar teman wanitanya tidak curiga Ia memohon kepada Kyouya untuk berpura-pura jadi pacarnya. Kyouya setuju dengan syarat Ia mau jadi "Anjing Peliharaan"-nya.

#20. Tonari no kaibutsu-kun

Sumber: syntasium.com

Mizutani Shizuku seorang cewek pintar kutu buku yang kesehariannya hanya belajar, Suatu hari Ia diperintahkan gurunya untuk mengantarkan selebaran surat untuk Yoshida Haru sebagai imbalannya Ia diberi sebuah buku. Yoshida Haru adalah anak bermasalah yang di skor karena menghajar kakak kelas dan tidak mau masuk sekolah lagi, tanpa mengetahui hal tersebut Shizuku berangkat ke rumah Haru. Namun setelah kejadian tersebut Haru mau berangkat lagi ke sekolah dan mulai menyukai Shizuku

#19. Kishuku Gakkō no Juliet

Sumber: goboiano.com

Inuzuka Romio dan Persia Juliet merupakan pemimpin kelas 1 dari dua asrama yang sudah lama menjadi musuh bebuyutan, yaitu asrama Black Dog's dan White Cat's. Namun sejak lama Romio sebenarnya menaruh hati kepada Juliet, meskipun Ia sadar tentang situasi yang mereka sedang hadapi.

#18. Masamune-kun no Revenge

Sumber: kompasanime.com

Setelah sekian lama Makabe Masamune akhirnya berhasil membentuk tubuhnya yang asalnya buncit menjadi sixpack, kini Makabe siap balas dendam kepada gadis yang menolak cintanya dimasa lalu. Dengan penampilan yang baru Makabe mulai masuk ke SMA yang sama dengan si gadis tersebut yaitu Adagaki Aki, tak di sangka berkat penampilannya yang baru Ia menjadi populer disekolah tersebut. 

#17. Toradora!

Sumber: wallhere.com

Ryuji Takasu seorang anak bermasalah yang jatuh hati kepada teman sekelasnya Minori Kushieda, meskipun bermasalah Ryuji sebenarnya berhati mulia. Sedangkan Aisaka Taiga, seorang siswi yang ganas menyukai Kitamura Yuusaku. Karena suatu kejadian Ryuji dan Minori mengetahui orang yang saling mereka sukai dan pada akhirnya mereka saling sepakat untuk membantu satu sama lain. 

#16. ReLife

Sumber: tutugon.com

Lantaran terlalu cepat keluar dari tempat kerjanya, Kaizaki Arata 27 tahun kesulitan mendapatkan pekerjaan baru. Namun nasibnya berubah ketika Ia bertemu dengan Yoake Ryou yang membuatnya kembali menjadi seperti umur 17 tahun. Kaizaki menjadi subjek percobaan dari obat yang dikembangkan oleh ReLife Research Institute, kemudian Ia kembali masuk SMA dan menjalani hari-harinya sebagai siswa SMA.

#15. Yamada-kun to 7-nin no Majo

Sumber: manganetworks.co

Setelah usai diceramahi gurunya, Yamada Ryū tidak sengaja terjatuh dari tangga dan menimpa seorang gadis dibawahnya. Saat tersadar Yamada mendapati dirinya sudah bertukar tubuh dengan gadis tadi yaitu Shiraishi Urara, setelah diselidiki ternyata Yamada mampu bertukar tubuh melalui ciuman. Untuk merahasiakan kemampuannya tersebut, akhirnya Yamada dan Shiraishi bergabung dengan Klub Supernatural.

#14. Bakuman

Sumber: ani4u.org

Bakuman berkisah tentang sepasang pemuda yang menggeluti dunia Manga, Akio Takagi (a.k.a Shuujin) sejak kelas 3 SMP mempunyai cita-cita sebagai Mangaka. Karena tidak bisa menggambar Shuujin mengajak Mashiro Moritaka (a.k.a Saiko)  untuk menuangkan ide-idenya ke dalam bentuk manga, tetapi karena Saiko mempunyai kenangan buruk saat pamannya yang seorang mangaka kawakan meninggal dunia karena bekerja terlalu keras. Sehingga Saiko tidak dapat menerima tawaran Shuujin begitu saja. 

#13. Konobi (Kono Bijutsubu ni wa Mondai ga Aru!) 

Sumber: syntasium.com

Usami Mizuki adalah satu-satunya klub kesenian yang serius dengan klub-nya, Ia menunjukan keseriusan tersebut dengan cara melukis. Namun, entah mengapa Ia sangat suka sekali melukis buah apel dibandingkan yang lainnya. Sedangkan Uchimaki Subaru adalah teman satu klub-nya suka menggambar karakter 2D, sampai-sampai Ia hanya tertarik dengan gadis 2D. Disisi lain Usami sebenarnya menyukai Uchimaki, namun karena ketertarikan Uchimaki terhadap 2D membuat Usami sedikit sulit menyampaikan persaannya tersebut, bahkan tidak mungkin.

#12. OreShura (Ore no Kanojo to Osananajimi ga Shuraba Sugiru)

Sumber: forevergeek.com

Kidou Eita adalah seorang siswa SMA yang ditinggal ke dua orang tuanya, Eita memiliki cita-cita menjadi seorang dokter. Maka dari itu Ia menjadi seseorang yang anti cinta (anti romance/anti love), untuk mewujudkan cita-citanya maka yang ada di otaknya hanyalah belajar, belajar dan belajar. Namun semuanya berubah seketika ketika ada seorang gadis yang menembaknya, awalnya Eita menolak. Namun, Ia terpakasa menerimanya karena gadis tersebut berhasil mengancamnya.

#11. Eromanga Sensei

Sumber: kotakgame.com

Izumi Masamune adalah seorang seorang pengarang light novel, Masamune menulis novel bersama ilustrator ero yang mempunyai nama pena Eromanga-sensei. Izumi tidak mengetahui siapa sebenarnya Eromanga-sensei itu, disisi lain Ia tinggal bersama adik tirinya yaitu Izumi Sagiri seorang Hikikimori yang tidak pernah keluar kamarnya. Suatu hari Izumi dikagetkan dengan adiknya yang mau keluar kamar dan Ia lebih dikagetkan lagi ternyata selama ini Eromanga-sensei adalah adiknya. 


#10. Clannad

Sumber: reelrundown.com

Tomoya Okazaki merupakan siswa bermasalah di sekolahnya tetapi Tomoya sangat loyal terhadap teman-temannya akan tetapi hal tersebut berubah ketika Ia mulai menyukai  Nagisa Furukawa.

#9. Boku no Kanojo ga Majime Sugiru Shojo Bicchi na Ken

Sumber: psgels.net

Setelah masuk ke kelas yang sama dengan gadis yang Ia suka yaitu Kosaka Akiho, akhirnya Shinozaki Haruka menyatakan perasaannya tersebut terhadap Akiho dan mengajaknya berpacaran. Akiho-pun setuju untuk jadi pacar Haruka, namun setelah mereka baru saja resmi berpacaran Haruka mengetahui bahwa Akiho mempunyai sifat yang blak-blakan terhadap berbagai hal. Terutama pada hubungan mereka, Akiho selalu blak-blakan pada hal-hal yang berbau erotis.

#8. Momokuri

Sumber:  animeggroll.com

 Kurihara Yuki berhasil menyatakan cintanya dan mulai berpacaran dengan Momotsuki Shinya. Namun tanpa sepengetahuan Momo, ternyata Kurihara adalah seorang maniak Momo. Kurihara telah lama membuntuti Momo sehingga sebagian besar tentang kehidupan Momo Ia telah mengetahuinya, Kurihara juga mempunyai folder khusus di HP-nya yang Ia gunakan untuk menyimpan ratusan foto Momo.

#7. Ore Monogatari!!

Sumber: thewondercores.com

Gouda Takeyo adalah seorang siswa yang mempunyai tubuh raksasa dan seperti Gorila, oleh sebab itu Ia sering diejek para murid perempuan. Sedangkan teman masa kecilnya yaitu Sunakawa Makoto merupakan murid yang sangat populer dikalangan para gadis. Meskipun menyeramkan ada seorang gadis yang menyukai Takeyo yaitu Yamato Rinko, Yamato menganggap Takeyo laki-laki yang baik karena Ia telah menolongnya pada saat akan dilecehkan.  Namun karena kesalah pahaman, Takeyo beranggapan bahwa Yamato menyukai Suna.

#6. Gamers!

Sumber: crunchyroll.com

Keita Amano adalah seorang gamers penyendiri, suatu ketika Ia berbelanja ke toko game dan bertemu dengan gadis pirang populer yang bernama Tendou Karen yang ternyata juga seorang gamer. Tendou-pun mengajak Amano bergabung ke Klub Game yang ada disekolah mereka. Karena Amano gamer penyendiri, akhirnya Ia memutuskan untuk berkunjung terlebih dahulu ke klub tersebut.

#5. Gekkan Shoujo Nozaki-kun

Sumber: nefariousreviews.com

Sakura Chiyo hendak menyatakan perasaannya kepada Nozaki Umetarou, namun sebelum menyatakan perasaannya tersebut Nozaki malah memberi tanda tangan kepadanya. Saat Sakura mengatakan ingin bersamanya, Nozaki mengajak Sakura ke rumahnya untuk mem-beta manga. Setelah itu Sakura mengetahui bahwa Nozaki adalah seorang mangaka Shoujo dan karena kesalah pahaman, Nozaki menganggap Sakura adalah penngemarnya.

#4. Chuunibyou demo Koi ga Shitai!

Sumber: animekompi.web.id

Karena ingin lepas dari masa SMP-nya sebagai seorang Chuunibyou, Togashi Yuuta pindah ke SMA yang jauh dari rumahnya agar tidak ada teman SMP yang mengenalinya. Namun di sekolah barunya tersebut Yuuta bertemu dengan seorang siswi yang bernama Takanashi Rika dan juga ternyata sedang  mengidap Chuunibyou. Setelah diketahui ternyata Rika satu atap dengan apartmen Yuuta, seiring berjalannya waktu Yuuta jadi makin sering bertemu dengan seorang Chuunibyou. Chuunibyou adalah penyakit dimana si penderitanya berhayal/beranggapan seperti tokoh yang Ia kagumi, seperti beranggapan Ia mempunyai kekuatan super dll. 

#3. Sakurasou no Pet na Kanojo

Sumber: sakurasounopetnakanojo.wikia.com

Karena bersikeras untuk memelihara kucing yang ia pungut, Kanda Sorata dikeluarkan dari asrama regulernya dan dipindahkan ke Sakurasou. Sakurasou adalah asrama yang dikhususkan bagi orang-orang yang bermasalah, semenjak saat itu Kanda hidup dengan orang-orang bermasalah dan juga konyol. Apalagi sejak kehadiran siswi baru yaitu Shiina Mashiro yang tidak dapat mengurus dirinya sendiri, Kanda-pun terpaksa untuk mengurusnya. 

#2. Nisekoi

Sumber: theouterhaven.net

Ichijou Raku adalah seorang anak dari ketua geng Yakuza, Raku mempunyai janji 10 tahun lalu kepada seorang gadis bahwa Ia akan menikahinya dimasa yang akan datang. Sebagai bukti janji, Raku memakai Liontin yang hanya dapat dibuka oleh kunci yang dipegang oleh si gadis tersebut. Namun karena geng Yakuza dan geng Mafia sering berperang Raku di jodohkan dengan anak dari ketua geng Mafia yaitu Kirisaki Chitoge, siswi yang baru pindah ke kelas Raku. Tetapi Raku dan Chitoge menolak untuk di jodohkan, sehingga mereka membuat hubungan cinta palsu demi perdamaian antara dua kubu yang saling berperang.

#1. Oregairu (Yahari Ore no Seishun wa Love Comedy wa Machigatteiru) 

Sumber: oregairu.wikia.com

Akibat pernyataan cintanya yang ditolak pada masa lalu Hikigaya Hachiman mulai menjadi Introvert di sekolah SMA-nya. Namun karena Ia tidak dapat menyelesaikan essay dengan benar, akhirnya Ia dipaksa bergabung dengan klub relawan disekolahnya. Bersama Yukinoshita gadis yang populer disekolahnya dan Yuigahama mereka mulai berkegiatan di klub tersebut, meskipun awalnya Hachiman sedikit anti sosial karena sifat dingin Yukinoshita. Namun, lambat laun hubungan mereka mulai membaik. 


Itulah beberapa rekomendasi anime romcom, semoga bisa bermanfaat. Sekian... 

Terima kasih sudah membaca!