Skip to main content

#StayHome: Urutan nonton anime Black Butler (Kuroshitsuji)

Black Butler atau Kuroshitsuji adalah sebuah manga karangan Yana Toboso yang diadaptasi menjadi  anime oleh A-1 Pictures pada 3 Oktober 2008 lalu. Anime ini juga sudah menghasilkan series tersendiri dan mendapatkan bebearapa OVA serta film bioskop yang tayang 2017 lalu.

Selain itu anime genre Demons ini telah mendapatkan film versi live actionya, meskipun dalam versi live action terdapat perbedaan besar antara versi anime dan manganya.

Poster pertama Kuroshitsuji (Black Butler)

Namun untuk kali ini saya tidak akan membahas perbandingan antara manga, anime maupun live actionnya. Saat ini kita fokus saja ke daftar anime Black Butler ini dan bagaimana urutan yang tepat untuk menonton anime ini. Berikut urutan dan cara menonton anime Black Butler sesuai jalan cerita.

#1. Kuroshitsuji

Rilis: Oktober 3, 2008 - Maret 27, 2009
Terkait: Kuroshitsuji Recap, Kuroshitsuji: Sono Shitsuji; Kougyou, Kuroshitsuji Picture Drama
Sinopsis: Ciel Phantomhive muda dikenal sebagai "Anjing Penjaga Ratu", yang menangani banyak kasus yang terjadi di Inggris, Victoria untuk Yang Mulia Ratu. Dibantu oleh Sebastian Michaelis, kepala pelayannya yang setia dengan kemampuan serba bisa. Ciel menggunakan segala cara yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaannya. Tetapi Sebastian bukan sekedar pelayan setia yang berpakaian hitam.

Sebastian adalah iblis yang membuat kontrak dengan Ciel, dia akan membantu membalaskan dendam kedua orang tua Ciel yang dibunuh. Sebagai imbalan Ciel harus memberikan jiwanya kepada iblis yang menyamar sebagai manusia ini jika dendamnya telah terbalaskan.

#2. Kuroshitsuji II

Rilis: Juli 2, 2010 - September 17, 2010
Terkait: Kuroshitsuji II Specials
Sinopsis: Masa lalu Alois Trancy sangatlah menyedihkan dari orang tunya yang meninggal, dibuli warga desa, hingga akhirnya adiknya yang merupkan satu-satunya keluarga juga tewas dalam kebakaran bersama warga desa. Claude Faustus yang merupakan iblis sekaligus rival Sebastian Michaelis menghasut bahwa yang membunuh adiknya adalah Sebastian, pelayan Ciel. Dan sebaliknya Sebastian menjadikan Alois sebagai target balas dendam baru karena Claude telah mencuri jiwa Ceil darinya sehingga Ceil lupa bahawa dendamnya belum terbalaskan.

#3. Kuroshitsuji: Book of Circus

Rilis: Julil 11, 2014 - September 12, 2014
Sinopsis: Anak-anak secara misterius hilang di sekitar London, bersamaan dengan adanya aktivitas misterius dari kelompk aneh. Merasa gelisah atas kasus ini, Ratu Victoria mengirimkan Ciel Phantomhive dan Sebastian Michaelis, dalam misi penyamaran untuk menemukan anak-anak yang hilang ini.

Untuk menyelidiki kasus ini, Ciel dan Sebastian masuk ke gup sirkus Noah's Ark Circus dengan nama panggung Smile untuk Ciel dan Black Untuk Sebastian.


#4. Kuroshitsuji: Book of Murder

Rilis: Januari 28, 2015 - Februari 25, 2015
Sinopsis: Atas perintah Ratu, Ciel Phantomhive mengadakan pesta makan malam mewah yang dihadiri oleh beberapa anggota masyarakat terbaik. Namun, sebuah insiden terjadi. Georg Von Siemens, seorang tamu dari Jerman ditemukan meninggal dalam kamarnya yang tertutup.

Saat badai hebat mengamuk di luar, jumlah kematian terus meningkat. Kediaman  Phantomhive dan para tamu harus bekerja sama untuk menyelesaikan misteri ini sebelum mereka juga menjadi mangsa pembunuh misterius.

#5. Kuroshitsuji Movie: Book of the Atlantic

Rilis: Januari 21, 2017
Sinopsis: Earl Ciel Phantomhive ditugaskan untuk menyelidiki fenomena supernatural aneh yang mulai muncul di Victoria London. Bersama dengan Sebastian Michaelis, kepala pelayan iblisnya, mereka naik kapal pesiar mewah Campania untuk menyelidiki desas-desus Asosiasi Aurora, sebuah organisasi medis yang dicurigai melakukan percobaan pada orang mati.

Saat itu, tiba-tiba sekelompok maskhluk aneh muncul diatas kapal dengan mengatas namakan "Phoenix" dan mulai menyerang mereka.

Ada beberapa hal yang perlu saya jelaskan tentang urutan diatas, ada dua jalur untuk mengikuti alur anime Black Butler ini. Setelah menonton musim pertamanya (Kuroshitsuji) anda bisa lanjut ke sekuel Kuroshitsuji II dan akan berakhir sampai disana. Namun, jika setelah menonton musim pertamanya (Kuroshitsuji) dan dilanjutkan ke sekuel Kuroshitsuji: Book of Circus, maka alurnya akan lanjut ke Kuroshitsuji: Book of Murder sampai Kuroshitsuji Movie: Book of the Atlantic. Berikut penjelasan versi gambarnya.
Jalur untuk menonton Black Butler - Klik gambar untuk memperbesar


Itulah urutan untuk menonton anime Black Butler, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca!


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar