Skip to main content

#StayHome: 70+ Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa

Anime genre romantis memiliki penggemarnya tersendiri dari berbagai kalangan, entah itu mulai dari level anak-anak sampai dewasa. Tentu saja, hal ini membuat anime romantis menjadi sajian favorit dan salah satu genre yang paling banyak ditemui. Genre ini juga cocok dicampurkan dengan genre lainnya, terutama komedi, harem, dan tentu saja drama.

Namun, dari seribu lebih anime bergenre romantis, hanya ada beberapa saja yang mendulang kesuksesanya, meskipun itu tidak semerta-merta pure genre romantis dan kisah yang disajikannya tidak terlalu mengusung romantika. Bisa jadi memiliki rating yang bagus karena bantuan dari genre lainnya atau faktor luar seperti adaptasi dari anime tersebut, game misalnya.

Tentu saja itu bukan hal yang terlalu buruk, pasalnya begitulah dunia industri anime berjalan.

Beberapa waktu lalu saya telah membuat banyak rekomendasi anime romantis, tetapi untuk kali ini akan sedikit berbeda. Ada 70 lebih anime romantis terbaik sepanjang masa berdasarkan rating dari MAL, rata-rata rating yang dimiliki anime ini adalah 8 ke atas.

Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum membaca rekomendasi dibawah. Rekomendasi yang tulis dibawah ini diambil dari musim pertamanya (1st season), jadi jangan kaget jika di musim pertama ratingnya rendah atau tidak ditemukan genre romantis. Karena untuk musim-musim selanjutnya memiliki rating yang bagus dan kisah romantika yang tidak kalah seru.

Berikut 70 lebih rekomendasi anime romance terbaik sepanjang masa.

#72. School Rumble


Genre: Comedy, Romance, School, Shounen
Sinopsis: Hanya kata-kata "Aku mencintaimu," dan segalanya berubah. Begitulah sifat cobaan pahit romantika SMA. Tenma Tsukamoto, tahun kedua, sedang dalam keadaan untuk mengakui perasaannya kepada orang yang disukainya. Kenji Harima, seorang anak nakal dengan reputasi yang cukup besar, berada dalam situasi yang sama, karena ia tidak dapat dengan tepat menyampaikan perasaannya kepada orang yang ia cintai. Antara sekolah, teman, persaingan, dan hobi, semuanya akan disatukan menjadi kisah romansa SMA yang mungkin tidak akan berjalan lancar.

#71. Kokoro ga Sakebitagatterunda.


Genre : Drama, Romance, School
Sinopsis: Cerita berlatar di sebuah kota di Jepang bernama Chichibu, di mana cerita berpusat pada seorang gadis muda bernama Jun Naruse.

Dia adalah seorang gadis yang dikenal sebagai tukang celoteh, selalu mengungkapkan apa pun yang ada di benaknya.

Dia juga selalu bermimpi untuk dapat diundang ke sebuah kastil yang ada di atas gunung, yang sebenarnya merupakan hotel dewasa.

Suatu hari, ketika dia datang ke hotel tersebut, dia melihat ayahnya bersama seorang wanita lain baru saja keluar dari hotel tersebut. Dia kemudian menceritakan hal tersebut kepcada ibunya, dan akibatnya kedua orang tuanya bercerai.

Perceraian orang tuanya membuat Jun sedih. Saat dia menangis, sebuah telur peri muncul dan menutup rapat mulutnya, mengunci kemampuan berbicaranya sehingga dia tidak bisa lagi melukai orang lain dengan kata-katanya

#70. Kimi ni Todoke


Genre: Slice of Life, Drama, Romance, School, Shoujo
Sinopsis: Sawako Kuronuma gadis yang sangat pemalu sering disalah artikan sebagai seseorang yang berbahaya oleh temannya, karena mirip dengan hantu Sadako dari film horror The Ring. Sawako-pun merindukan kehidupan normalnya, namun semuanya berubah ketika Ia bertemu dengan Shouta Kazehaya. Kazehaya adalah laki-laki yang terkenal dan ramah dikelasnya, Sawako mengagumi Kazehaya. Hingga suatu waktu rasa kagum itu mulai tumbuh menjadi rasa cinta.

#69. Gekkan Shoujo Nozaki-kun


Genre: Comedy, Romance, School
Sinopsis: Sakura Chiyo hendak menyatakan perasaannya kepada Nozaki Umetarou, namun sebelum menyatakan perasaannya tersebut Nozaki malah memberi tanda tangan kepadanya. Saat Sakura mengatakan ingin bersamanya, Nozaki mengajak Sakura ke rumahnya untuk mem-beta manga. Setelah itu Sakura mengetahui bahwa Nozaki adalah seorang mangaka Shoujo dan karena kesalah pahaman, Nozaki menganggap Sakura adalah penngemarnya.

#68. ef: A Tale of Memories.


Genre: Mystery, Drama, Romance
Sinopsis: Dalam cerita dimasa lalu Himura Yuu adalah seorang pemuda rajin dan tekun yang mempertahankan posisi terbaiknya di Otowa Academy. Suatu hari Ia bertemu dengan Amimaya Yuuko, seorang gadis yang misterius. Kenangan masa kecil yang lampau membuat Yuuko memaksa Yuu menghadapai penyesalan dan penderitaannya kembali.

#67. Akagami no Shirayuki-hime


Genre: Fantasy, Romance, Drama, Shoujo
Sinopsis: Meskipun namanya yang berarti "salju putih," Shirayuki adalah seorang gadis ceria, berambut merah yang tinggal di negara Tanbarun dan bekerja dengan rajin sebagai apoteker di toko herbal-nya. Hidupnya berubah drastis ketika dia diperhatikan oleh pangeran konyol Tanbarun, Pangeran Raji, yang kemudian mencoba memaksanya untuk menjadi istrinya. Tidak mau melepaskan kebebasannya, Shirayuki memotong rambut merah panjangnya dan melarikan diri ke hutan, di mana ia diselamatkan dari Raji oleh Zen Wistalia, pangeran kedua dari negara tetangga, dan dua pembantunya. Berharap untuk membayar utangnya kepada trio suatu hari nanti, Shirayuki menetapkan pandangannya untuk mengejar karir sebagai ahli tanaman obat di negara Zen, Clarines.

#66. Working!!


Genre: Comedy, Romance, Seinen, Slice of Life
Sinopsis: Popura Taneshima merupakan pegawai paruh waktu di salah satu restoran keluarga di Hokaido. Karena tempat kerjanya kekurangan pegawai, akhirnya Popura disuruh mencarikan pegawai baru oleh Manager-nya. Setelah susah payah berusaha akhirnya Ia menemukan seorang cowok yang mau menerima tawaran kerja tersebut. Awalnya Popura dikira cowok itu adalah anak SD, namun setelah menunjukan kartu pelajarnya Ia tahu bahwa Popura adalah senior disekolahnya. Singkatnya cowok yang bernama Souta Takanashi mulai bekerja di restoran tersebut.

#65. Maison Ikkoku


Genre: Slice of Life, Comedy, Drama, Romance, Seinen
Sinopsis: Di kota Clock Hill, ada sebuah rumah kos tua bernama Maison Ikkoku. Tempat tersebut cukup normal, namun sebagian besar penghuninya tidak. Yuusaku Godai, penyewa yang paling pendiam, akhirnya mencapai batasnya dengan gangguan dari tetangganya dan pesta yang riuh. Dia menginginkan tempat yang lebih tenang untuk menelepon ke rumah agar ia dapat belajar dengan tenang, dan selanjutnya ia memutuskan untuk pindah.

Namun, rencananya untuk pergi tiba-tiba terganggu ketika ia bertemu dengan manajer rumah kos baru, Kyoko Otonashi. Jatuh cinta padanya, ia memutuskan bahwa asrama mungkin bukan tempat yang buruk untuk tinggal. Sial baginya, Kyoko memiliki masalah romantis sendiri: dia adalah seorang janda yang suaminya meninggal enam bulan dalam pernikahan mereka. Dan terlepas dari perasaannya yang berkembang untuk Godai, Kyoko masih menghargai suaminya yang telah pergi, dan dia percaya bahwa tidak ada pria lain yang bisa mengisi kekosongan di hatinya. Tetapi dengan kegigihan Godai dan bantuan dari penyewa eksentrik lainnya, dia mungkin mengalami cinta sejati sekali lagi.

#64. Kodomo no Omocha (TV)


Genre: Comedy, Drama, Romance, Shoujo
Sinopsis: Siswa kelas enam Sana Kurata memiliki kehidupan yang sempurna. Ibunya adalah penulis yang cukup sukses, dia memiliki seorang pria muda yang dipekerjakan untuk membuatnya tetap bahagia dan aman, dan yang paling penting, dia adalah bintang dari acara televisi anak-anak Kodomo no Omocha. Hanya ada satu hal yang mengganggunya, dan itu adalah Akito Hayama.

Akito adalah teman sekelas Sana, dan sejak dia mulai berakting di kelas, anak-anak lelaki lainnya telah mengikuti teladannya. Setiap hari, para gadis dan guru melakukan pertempuran untuk menjaga kelas tetap terkendali dan untuk menyelesaikan pembelajaran yang sebenarnya.

Sana yang hiperaktif memutuskan untuk menggali lebih dalam dan mencari tahu apa yang membuat Akito tergerak, sehingga kelas dapat kembali normal dan guru dapat berhenti menghabiskan setiap hari menangis alih-alih mengajar. Tapi semakin dia belajar tentang dia, semakin dia menyadari bahwa mungkin ada banyak hal lebih untuk Akito daripada yang terlihat.

#63. Saiunkoku Monogatari


Genre: Adventure, Fantasy, Comedy, Romance, Historical, Drama
Sinopsis: Kebanyakan orang berharap dilahirkan dikeluarga bangsawan agar dapat memiliki kehidupan yang nyaman dan kaya. Namun berbeda jauh dengan Shuurei Kou. Meskipun keluarga Kou merupakan garis keturunan tua dan penting, mereka telah jatuh dalam masa-masa sulit. Ayah Shuurei bekerja sebagai arsiparis di perpustakaan Kekaisaran, yang merupakan posisi prestisius, tetapi sayangnya tidak banyak yang membayar. Untuk meletakkan makanan di atas meja, Shuurei melakukan pekerjaan sambilan seperti mengajar anak-anak kecil atau bermain musik di restoran dan itupun hampir tidak cukup.

Kemudian, suatu hari, seorang penasehat pengadilan membuat Shuurei tawaran. Jika dia menjadi istri kaisar yang baru dan mengajarinya cara menjadi penguasa yang baik, maka dia akan menerima 500 keping emas. Shuurei menerima tawaran itu. Lagipula, kaisar baru lebih memilih pria sehingga keputusannya aman ... atau begitulah menurutnya.

Semakin banyak waktu yang dihabiskannya di istana, semakin lama impiannya menjadi pejabat pengadilan dikabulkan. Hanya ada satu masalah, dia perempuan dan perempuan tidak dapat menjadi pejabat pemerintah. Shuurei mungkin dapat mengubah kaisar menjadi penguasa yang baik, tetapi apakah itu akan mengorbankan aspirasinya sendiri?

#62. Koukyoushihen Eureka Seven


Genre: Adventure, Drama, Mecha, Romance, Sci-Fi
Sinopsis: Disebuah kota kecil bernama Bellforest, hiduplah seorang anak bernama Renton Thurston. Ia memiliki cita-cita bergabung dengan tentara bayaran bernama GekkoState. Namun keinginannya tersebut bertolak belakang dengan keluarganya. Suatu hari terdapat sebuah Robot yang jatuh ke garasi-nya, Robot tersebut bernama Nirvash TypeZero. Disana terdapat pilot bernama Eurika, anggota GekkoState. Berawal dari memperbaiki Nirvash TypeZero hidupnya berubah bersama Eureka dan GekkoState.

#61. Kono Oto Tomare!


Genre: Drama, Music, Romance, School, Shounen
Sinopsis: Takezou adalah anggota yang tersisa dari Klub Koto, sebuah klub yang didedikasikan untuk instrumen tali tradisional Jepang. Jika ia tidak menemukan anggota baru, maka klub koto akan diberhentikan. Suatu hari, Takezou sendirian di ruang klub ketika seorang siswa menerobos dan menuntut untuk bergabung dengan dia. Siswa tersebut adalah Chika Kudou, seorang pria yang juga merupakan seorang berandal yang terkenal sampai ke sekolah lain.

#60. Baby Steps


Genre: Romance, School, Shounen, Sports
Sinopsis: Eiichirou Maruo sering dipanggil Ei-chan karena selalu mendapat nilai "A" di setiap ujian. Dia tidak tertarik dengan apa pun selain belajar. Untuk mengatasi masalah kemampuan fisiknya yang kurang baik, dia masuk ke sekolah tenis. Eiichirou yang mulai tertarik dengan tenis, berusaha mengembangkan gaya bermainnya agar dapat menjadi salah satu pemain tenis terbaik. (Sumber: otakotaku.com)

#59. Lovely★Complex


Genre: Comedy, Romance, Shoujo
Sinopsis: Bercerita tentang kisah cinta Risa Koizumi dengan Atsushi Otani yang tidak biasa. Sayangnya kisah cinta mereka tidaklah semulus kebanyakan orang karena sebuah masalah yang sama-sama mereka hadapi, yaitu tinggi badan. Risa bertubuh tinggi, sedangkan Otani pendek. karena hal sensitif itulah mereka sering dijodoh-jodohkan oleh teman dan guru sebagai "All Hanshin-Kyojin" (pasangan pelawak di Jepang).

Sifat Otani yang bebal pun membuat Risa sangat sulit mengungkapkan perasaannya, padahal mereka berdua sangat cocok dalam segala hal, baik selera musik (mereka menyukai band bernama Umibozu) bahkan dalam hal-hal kecil. (Sumber: id.wikipedia.org)

#58. Akatsuki no Yona


Genre: Action, Adventure, Comedy, Fantasy, Romance, Shoujo
Sinopsis: Cerita ini mengisahkan Yona, putri tunggal kerajaan Kouka yang memiliki rambut merah. Ia hidup dengan damai di istana bersama ayahnya yang anti senjata, Raja Il, dan pengawalnya yang juga merupakan teman mainnya sejak kecil, Son Hak dari klan angin. Ia menaruh hati pada Su Won, sepupunya yang ramah dan ceria. Namun di malam ulang tahunnya yang keenam belas, kehidupan Yona berubah total setelah ia menyaksikan Su Won membunuh Raja Il dan merebut kekuasaan darinya. Dengan ditemani oleh Hak, Yona kabur dari istana dan mengembara mencari tempat aman. Setelah mendapat petunjuk dari ramalan pendeta bernama Ik Su, Yona mencari keturunan dari empat ksatria naga legendaris yang dahulu bersumpah setia mengabdi dan melindungi raja pertama Kouka, jelmaan dewa naga merah. (Sumber: kaorinusantara.id)

#57. Princess Tutu


Genre: Comedy, Drama, Fantasy, Magic, Mystery, Romance
Sinopsis: Dalam dongeng yang hidup kembali, Ahiru yang canggung, manis, dan lembut tampak seperti protagonis yang tidak mungkin ada. Pada kenyataannya, Ahiru sama ajaibnya dengan kucing dan buaya yang berbicara yang menghuni kotanya, karena Ahiru benar-benar seekor bebek! Diubah oleh Drosselmeyer yang misterius menjadi gadis manusia, Ahiru segera mengetahui alasan keberadaannya. Menggunakan liontin ajaib berbentuk telurnya, Ahiru dapat berubah menjadi Putri Tutu, yaitu seorang penari balet yang cantik dan berbakat yang tariannya membebaskan orang-orang dari kekacauan di dalam hati mereka. Dengan kemampuan yang baru ditemukannya, Ahiru menerima tantangan untuk mengumpulkan pecahan hati pangeran yang hilang, sejak lama ia menghancurkannya untuk menyegel gagak jahat yang pergi selamanya.

#56. Kami nomi zo Shiru Sekai


Genre: Comedy, Harem, Romance, Shounen, Supernatural
Sinopsis: Keima Katsuragi dikenal secara online sebagai "Dewa Penakluk" legendaris, ia dapat menaklukkan hati gadis mana pun. Setidaknya dalam Galge. Pada kenyataannya ia memilih dunia game 2D, daripada kehidupan nyata karena ia adalah otaku yang tidak sehat dari game galge.

Ketika ia dengan bangga menerima tawaran seseorang untuk membuktikan kemampuannya, Keima terjebak untuk membantu iblis naif dan ceroboh dari neraka bernama Elucia "Elsie" de Lute Ima. Yang memiliki misi untuk mengambil roh-roh jahat yang melarikan diri dan telah tersebar di seluruh dunia manusia. Keima menemukan bahwa satu-satunya cara untuk menangkap roh-roh ini adalah dengan menaklukkan apa yang paling ia benci. Yaitu, menaklukan hati dari gadis-gadis 3D. Dibelenggu oleh Elsie dengan alat yang mematikan, Keima sekarang mempunyai gelar  "God of Conquest"  karena ia dipaksa untuk menaklukan hati gadis-gadis kehidupan nyata.

#55. Kaichou wa Maid-sama!


Genre: Comedy, Romance, School, Shoujo
Sinopsis: Ayuzawa Misaki merupakan ketua OSIS di SMA Seika, Ayuzawa memiliki watak yang keras terhadap murid laki-laki yang melanggar peraturan sekolah. Tetapi ada satu rahasia yang tidak diketahui teman-temannya di sekolah yaitu Ia bekerja sebagai seorang maid (pelayan). Namun tanpa disengaja,  teman satu sekolahnya yang cukup populer yaitu Usui Takumi mengetahui pekerjaan yang Ia rahasiakan itu.

#54. Gosick


Genre: Mystery, Historical, Drama, Romance
Sinopsis: Latar GOSICK adalah sebuah negara kecil di Eropa bernama Sauville yang berbahasa Prancis.Sang tokoh utama, Kujo Kazuya, anak ketiga dari pegawai tingkat tinggi Imperial Army Jepang, yang merupakan murid pertukaran di St.Marguerite Academy, yang terkenal dengan cerita horornya. Lalu, ia bertemu dengan Victorique (baca: Victorica), seorang gadis cantik yang misterius dan memiliki otak jenius yang tidak pernah masuk kelas dan selalu menghabiskan waktunya dengan membaca buku di perpustakaan atau memecahkan misteri yang bahkan seorang detektif pun tak bisa memecahkannya. Seiring dengan cerita, Kazuya dan Victorique terus terlibat berbagai kasus, dan seiring waktu, tercipta ikatan yang kuat di antara mereka. (Sumber: id.wikipedia.org)

#53. Kaiba


Genre: Adventure, Mystery, Romance, Sci-Fi
Sinopsis: Di dunia di mana ingatan ada dalam chip memori terpisah dari tubuh, kematian tubuh tidak lagi berarti kematian jiwa. Ingatan dapat dilihat, diubah, dan dipindahkan antar badan. Chip memori ini digunakan oleh orang kaya untuk mendapatkan kehidupan abadi dalam tubuh yang dipilih dengan cermat, sementara bagi orang miskin, menjual tubuh mereka sendiri dan melestarikan jiwa mereka dalam chip sering menjadi satu-satunya cara untuk mencari nafkah. Awan elektrolitik di langit berfungsi sebagai penghalang antara surga yang beruntung dan dunia bawah yang melarat, membuat pembagian sosial ini tak tertembus.

Suatu hari, seorang pria bernama Kaiba bangun di kamar kosong tanpa ingatan, lubang misterius di dadanya, dan sebuah liontin yang terdapat foto seorang wanita tak dikenal. Setelah melarikan diri dari serangan dan menemukan sebuah desa penghuni dunia bawah yang jompo, dia memulai petualangannya di berbagai planet di alam semesta yang aneh ini untuk mencari tahu lebih banyak tentang identitasnya sendiri dan wanita yang pernah dia kenal.

Melalui perjalanan penemuan dan penerimaan diri, Kaiba menjalin kisah-kisah tentang jiwa dan roh bersama-sama dan mengeksplorasi pentingnya kenangan.

#52. Nagi no Asu kara


Genre: Drama, Fantasy, Romance
Sinopsis: Sejak dahulu, manusia tinggal di dasar laut. Meskipun begitu, beberapa manusia ingin hidup di permukaan dan pindah ke daratan sehingga membuat perpecahan antara kedua belah pihak. Setelah sekolah mereka ditutup, empat siswa SMP yang berasal dari sebuah desa laut bernama Shioshishio, pindah ke SMP Mihama di permukaan. Berikut ini adalah perjuangan mereka dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan baru dan hubungan antara orang-orang laut dan daratan, serta tentang perasaan mereka yang mulai tumbuh seiring berakhirnya masa kanak-kanak. (Sumber: id.wikipedia.org)

#51. Kaze Tachinu


Genre: Drama, Historical, Romance
Sinopsis: Meskipun rabun dekat, namun hal tersebut tak mencegah Jirou Horikoshi yang mempunyai cita-cita menjadi pilot. Dia meninggalkan kampung halamannya untuk belajar teknik penerbangan di Tokyo Imperial University untuk satu tujuan sederhana, yaitu merancang dan membangun pesawat seperti pahlawannya, pelopor pesawat Italia Giovanni Battista Caproni. Kedatangannya di ibukota bertepatan dengan Gempa Kanto Besar tahun 1923, di mana ia menyelamatkan seorang pelayan yang melayani keluarga seorang gadis muda bernama Naoko Satomi. Peristiwa ini menandai awal dari lebih dari dua dekade kerusuhan sosial dan rasa tidak enak menjelang penyerahan diri Jepang pada Perang Dunia II.

Bagi Jirou, tahun-tahun menjelang produksi pesawat tempur Mitsubishi A6M Zero yang terkenal akan menguji setiap serat dari keberadaannya. Menyaksikan secara langsung antisemitisme yang berkembang di Jerman hingga bersatu kembali dengan Naoko di sebuah resor musim panas, banyak perjalanan dan pengalaman hidupnya hanya mendorongnya terus maju. Bahkan ketika ia menyadari peran ciptaannya dalam perang dan kenyataan kesehatan yang memudar dari kekasihnya. Seiring berjalannya waktu, ia harus menghadapi pertanyaan yang mustahil, "berapa biayanya mengejar impian indahnya?"

#50. High Score Girl


Genre: Game, Comedy, Romance, School, Seinen
Sinopsis: Pada tahun 1991 ada sebuaj video game arcade terbaru. Menjadi seorang gamer profesional adalah impian yang sangat sulit jika ia tidak di akui. Namun, itulah jalan yang ingin dikejar oleh siswa kelas enam, Haruo Yaguchi. Skill-nya dalam memainkan video game membuatnya dihormati di arcade lokal dan membuatnya percaya diri dan bangga. Namun hal tersebut hancur ketika teman sekelasnya Akira Oono dengan mudah mengalahkannya di Street Fighter 2.

Akira kaya adalah gadis cantik dan pintar, bisa di bilang sempurna. Tapi Haruo tidak pernah peduli tentang hal tersebut. Setelah seseorang muncul dan dapat menyaingi dia, tetap dari Haruo tidak dapat tidak membenci dia. Namun, bagian lain kesal karena ia dapat bersaing dengannya.

#49. Kotonoha no Niwa


Genre: Slice of Life, Psychological, Drama, Romance
Sinopsis: Takao Akizuki merupakan siswa SMA yang suka bolos ketika hujan, Dia lebih suka men- design sepatu di bawah gasebo yang berada di sebuah taman. Di saat itulah ia bertemu dengan seorang wanita misterius, ia suka makan coklat sambil minum bir. Dia pikir wanita tersebut juga suka bolos. Mereka berkenalan dan kemudian menjadi dekat. Setiap hujan tiba, mereka selalu bertemu di gasebo tersebut. Namun musim hujan hampir berakhir, apa mereka akan bertemu kembali?

#48. Skip Beat!


Genre: Comedy, Drama, Romance, Shoujo
Sinopsis: Shotaro Fuwa tidak mau meneruskan usaha orang tuanya, sehingga Ia mengajak teman masa kecilnya yaitu Kyoko Mogami untuk kabur ke Tokyo. Kyoko sebenarnya mempunyai rasa terhadap Shotaro. Saat di Tokyo Kyoko menjadi support untuk Shotaro, sehingga akhirnya Shotaro berhasil menjadi artis pria terkenal di Jepang. 

#47. Given


Genre: Music, Drama, Romance, Shounen Ai
Sinopsis: Ritsuka Uenoyama mulai merasa bahwa bermain gitar dan bermain basket sudah membosankan, meskipun ia sebelumnya menyukai hal tersebut. Kemudian ia bertemu dengan Mafuyu Sato, yang sedang memegang gitar rusak, Uenoyama memutuskan untuk memperbaiki gitar tersebut. Ketika selesai memperbaiki gitar, Mafuyu merasa benar-benar telah terikat padanya. Mafuyu pun bernyanyi, dan hal itu meninggalkan kesan mendalam baginya.

#46. Chuunibyou demo Koi ga Shitai!


Genre: Slice of Life, Comedy, Drama, Romance, School
Sinopsis: Karena ingin lepas dari masa SMP-nya sebagai seorang Chuunibyou, Togashi Yuuta pindah ke SMA yang jauh dari rumahnya agar tidak ada teman SMP yang mengenalinya. Namun di sekolah barunya tersebut Yuuta bertemu dengan seorang siswi yang bernama Takanashi Rika dan juga ternyata sedang mengidap Chuunibyou. Setelah diketahui ternyata Rika satu atap dengan apartmen Yuuta, seiring berjalannya waktu Yuuta jadi makin sering bertemu dengan seorang Chuunibyou. Chuunibyou adalah penyakit dimana si penderitanya berhayal/beranggapan seperti tokoh yang Ia kagumi, seperti beranggapan Ia mempunyai kekuatan super dll.

#45. Mimi wo Sumaseba


Genre: Drama, Romance, Shoujo, Slice of Life
Sinopsis: Anime ini berkisah tentang Shizuku seorang siswi SMP berumur 14 tahun di SMP Mukaihara yang suka sekali membaca, menurut penulis bukan kutu buku karena dia juga mempunya masalah belajar di sekolah.

Dia gemar membaca satu buku yang ternyata sering dipinjam juga oleh salah satu Siswa di Sekolah. Saat melihat catatan lembar pinjaman dia melihat satu nama yaitu Seiji Samasawa. Dan buku inilah yang membuat mereka kontak bicara untuk pertama kalinya, walaupun bukan pengalaman menyenangkan bagi Shizuku.

Kisah berlanjut saat Shizuku menemukan seekor kucing, lalu dia mengikutinya dan akhirnya dia menemukan sebuah toko barang antik yang dijaga oleh Shiro Nishi. Di toko tersebut dia melihat patung kucing yang bernama "Baron", dari sinilah cerita mulai terbuka. (Sumber: monstanima.web.id)

#44. Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru.


Genre: Slice of Life, Comedy, Drama, Romance, School
Sinopsis: Akibat pernyataan cintanya yang ditolak pada masa lalu Hikigaya Hachiman mulai menjadi Introvert di sekolah SMA-nya. Namun karena Ia tidak dapat menyelesaikan essay dengan benar, akhirnya Ia dipaksa bergabung dengan klub relawan disekolahnya. Bersama Yukinoshita gadis yang populer disekolahnya dan Yuigahama mereka mulai berkegiatan di klub tersebut, meskipun awalnya Hachiman sedikit anti sosial karena sifat dingin Yukinoshita. Namun, lambat laun hubungan mereka mulai membaik. 

#43. Tsuki ga Kirei


Genre: Romance, School
Sinopsis: Kotaro Azumi dan Akane Mizuno adalah siswa sekolah menengah pertama kelas tiga dan merupakan teman sekelas. Mereka ditugaskan untuk mengurus peralatan untuk festival olahraga dan perlahan-lahan mulai lebih dekat melalui LINE. Mereka berdua bersama dengan siswa satu sekolah lainnya bernama Chinatsu Nishio dan Takumi Hira, seringkali bertukar pikiran dan perasaan satu sama lainnya. Menjelang tahun terakhir mereka di sekolah menengah pertama, mereka berusaha mengatasi tantangan mereka masing-masing dan menjadi dewasa.

#42. Toki wo Kakeru Shoujo


Genre: Adventure, Drama, Romance, Sci-Fi
Sinopsis: Makoto Konno berada di tahun terakhir sekolah SMA, tetapi mengalami kesulitan memutuskan apa yang harus dilakukan dengan masa depannya. Meskipun terus-terusan ditekan oleh guru-gurunya, namun ia lebih mememilih menghabiaskan waktu dengan teman-teman baiknya. Tetapi kehidupan Makoto tiba-tiba berubah ketika dia secara tidak sengaja menemukan bahwa dia mampu melompati waktu.

#41. Sakura-sou no Pet na Kanojo


Genre: Slice of Life, Comedy, Drama, Romance, School
Sinopsis: Karena bersikeras untuk memelihara kucing yang ia pungut, Kanda Sorata dikeluarkan dari asrama regulernya dan dipindahkan ke Sakurasou. Sakurasou adalah asrama yang dikhususkan bagi orang-orang yang bermasalah, semenjak saat itu Kanda hidup dengan orang-orang bermasalah dan juga konyol. Apalagi sejak kehadiran siswi baru yaitu Shiina Mashiro yang tidak dapat mengurus dirinya sendiri, Kanda-pun terpaksa untuk mengurusnya. 

#40. InuYasha


Genre: Action, Adventure, Comedy, Historical, Demons, Supernatural, Magic, Romance, Fantasy, Shounen
Sinopsis: Kagome Higurashi adalah seorang gadis berusia 15 tahun yang kehidupan normalnya berakhir ketika iblis menyeretnya ke sumur terkutuk di dasar kuil Shinto keluarganya. Alih-alih mengenai dasar sumur, Kagome berakhir hingga 500 tahun di masa lalu selama periode Sengoku yang kejam di Jepang. Disana terdapat iblis dan permata pemberi harapan yang disebut Permata Shikon yang terlahir kembali di dalam dirinya.

Setelah pertempuran dengan iblis yang dihidupkan kembali secara tidak sengaja menyebabkan permata suci hancur, Kagome meminta bantuan seorang anjing-setan muda bernama Inuyasha untuk membantunya mengumpulkan pecahan dan mencegah jatuh ke tangan yang salah. Kagome dan Inuyasha pun melakukan pencarian mereka bersama Shippo rubah-yatim piatu, biksu cerdas Miroku, dan pembunuh setan mematikan Sango. Bersama-sama, mereka harus mengesampingkan perbedaan mereka dan bekerja bersama untuk menemukan kekuatan pemberian pecahan tersebar di seluruh Jepang yang feodal dan harus berurusan dengan berbagai ancaman yang muncul.

#39. Cardcaptor Sakura


Genre: Adventure, Comedy, Drama, Magic, Romance, Fantasy, School, Shoujo
Sinopsis: Sakura Kinomoto adalah siswa kelas empat berumur empat tahun. Suatu hari, dia menemukan sebuah buku misterius yang berisi set kartu. Sayangnya, dia hanya memiliki sedikit waktu untuk memahami apa arti kartu-kartu itu karena dia secara tidak sengaja membangkitkan hembusan angin magis dan secara tidak sengaja menyebarkan kartu-kartu itu ke seluruh dunia. Tiba-tiba sesuatu terbangun dari buku the Beast of the Seal, dia adalah Keroberos (dijuluki Kero-chan). Kero-chan memberi tahu Sakura bahwa dia telah merilis Kartu Clow mistis yang dibuat oleh penyihir Clow Reed. Kartu itu bukan mainan biasa. Masing-masing dari mereka memiliki kekuatan yang luar biasa, dan karena mereka suka bertindak sendiri, Clow menyegel semua Kartu dalam sebuah buku. Sekarang setelah Kartu-kartu dibebaskan, kartu-kartu itu menimbulkan bahaya besar bagi dunia, dan  Sakura mempunyai tanggung jawab untuk mencegah Kartu-kartu itu menyebabkan bencana!

#38. Ballroom e Youkoso


Genre: Comedy, Drama, Romance, School, Shounen, Sports
Sinopsis: Tatara Fujita adalah siswa SMP yang pemalu yang tidak memiliki rencana khusus untuk masa depan. Dia telah menjalani hidup dengan menghindari segala bentuk masalah dan menyatu dengan kerumunan. Tetapi menyatu tidak cukup untuk keluar dari masalah, karena beberapa pengganggu memalak uangnya. Untungnya, dia diselamatkan oleh seorang pria bernama Kaname Sengoku.

Kaname mengundang Tatara ke studio tariannya. Meskipun dia biasanya tidak akan pernah menginjakkan kaki di tempat seperti itu, Tatara terpikat oleh kehadiran Sengoku. Diberi kesempatan untuk menari bersama teman sekelasnya, Shizuku Hanaoka. Tatara menyadari ada sesuatu yang berbeda dari hidupnya selama ini. Dengan niat yang sungguh-sungguh, Tatara memulai perjalanannya ke dunia tarian kompetitif.

#37. Sennen Joyuu


Genre: Action, Adventure, Drama, Fantasy, Historical, Romance
Sinopsis: Pada pergantian milenium, bangunan-bangunan bobrok Studio Ginei akan dihancurkan. Mantan karyawan dan pembuat film Genya Tachibana memutuskan untuk menghormati acara ini dengan sebuah film dokumenter peringatan tentang bintang aktris perusahaan: Chiyoko Fujiwara, kekasih penyendiri dari sinema Shouwa Era. Setelah akhirnya memperoleh izin untuk mewawancarai bintang muda yang sudah pensiun itu, Genya yang terpikat menyeret juru kamera yang sinis Kyouji Ida untuk bertemu dengannya, siap untuk mengembalikan idola seumur hidupnya kembali menjadi sorotan sekali lagi.

Tersembunyi dalam retret gunung terpencil, ini adalah sejarah seribu tahun yang diringkas menjadi satu masa kehidupan, menunggu untuk diriwayatkan. Ingatan Chiyoko membawanya pada perjalanan ilusi melalui sejarah sinematik Jepang yang melampaui batas-batas realitas. Kisah karir aktingnya terkait dengan filmografinya, para aktor dalam hidupnya berbaur dengan karakter-karakter di layar, dan masa kini berbaur dengan masa lalu. Meskipun aktris itu mungkin telah pensiun pada puncak karirnya 30 tahun yang lalu, tirai panggung hidupnya belum jatuh.

#36. ReLIFE


Genre: Slice of Life, Romance, School
Sinopsis: Lantaran terlalu cepat keluar dari tempat kerjanya, Kaizaki Arata 27 tahun kesulitan mendapatkan pekerjaan baru. Namun nasibnya berubah ketika Ia bertemu dengan Yoake Ryou yang membuatnya kembali menjadi seperti umur 17 tahun. Kaizaki menjadi subjek percobaan dari obat yang dikembangkan oleh ReLife Research Institute, kemudian Ia kembali masuk SMA dan menjalani hari-harinya sebagai siswa SMA.

#35. Ouran Koukou Host Club


Genre: Comedy, Harem, Romance, School, Shoujo
Sinopsis: Fujioka Haruhi adalah seorang gadis dengan penampilan sederhana dan dari keluarga biasa. Suatu hari Ia salah masuk ruangan, Ia bertemu dengan 6 pemuda tampan diruangan tersebut, ke 6 pemuda tersebut adalah Host di Ouran High School. Karena penampilannya tersebut Haruhi disangka seorang pria, namun tanpa sengaja Ia memecahkan guci seharga 8.000.000 yen di ruangan klub tersebut. Sebagai ganti rugi Ia terpaksa bergabung dengan klub tersebut untuk melunasi hutang-hutangnya dengan cara mendatangkan tamu yang banyak.

#34. Majo no Takkyuubin


Genre: Adventure, Comedy, Drama, Magic, Romance, Fantasy
Sinopsis: Kiki adalah seorang penyihir berusia 13 tahun yang sedang dalam pelatihan, ia harus menghabiskan satu tahun hidup sendiri di kota yang jauh untuk menjadi penyihir. Meninggalkan keluarga dan teman-temannya, Kiki menjalankan tradisi ini ketika ia terbang ke dunia terbuka dengan sapunya dan kucing hitamnya, Jiji.

Ketika dia menetap di kota pesisir Koriko, Kiki berjuang untuk beradaptasi dan akhirnya berkeliaran di jalanan tanpa tempat tinggal, sampai dia bertemu Osono yang menawarkan asrama, sebagai imbalannya harus mau menjadi kurur untuk toko roti kecilnya. Tak lama, Kiki memutuskan untuk membuka layanan kurirnya sendiri dengan sapu terbangnya. Dalam upaya menemukan tempatnya di tengah-tengah penduduk kota, Kiki membawa pengalaman barunya yang mengasyikkan dan memahami arti sebenarnya dari tanggung jawab.

#33. Little Busters!


Genre: Slice of Life, Comedy, Supernatural, Drama, School
Sinopsis: Naoe Riki adalah seorang pemuda biasa namun kehidupannya begitu diberkahi karena ia memiliki beberapa orang sahabat yang luar biasa disekitarnya. Namun Riki begitu penyendiri, karena saat kecil orang tuanya meninggal dunia, sehingga menenyebabkan ia sedikit menutup diri dari dunia luar. Ia tidak mau bermain atau bertemu orang-orang, sampai suatu hari beberapa anak datang dan menyelamatkannya dari penderitaan tersebut.

#32. Hachimitsu to Clover


Genre: Comedy, Drama, Josei, Romance, Slice of Life
Sinopsis: Yuuta, Takumi, dan Shinobu berbagi apartemen dengan enam kamar tatami tanpa kamar mandi. Biaya sewanya rendah dan cocok untuk mahasiswa miskin seperti mereka. Shinobu adalah orang yang misterius dan unik, yang melakukan banyak hal. Takumi memiliki jiwa semangat dalam pekerjaan dan cinta, dan Yuuta adalah orang yang sederhana dengan impian dan keinginan sederhana. Begitulah, sampai dia bertemu Hagumi, seorang gadis mungil dengan bakat yang sangat besar. Hagumi juga dipanggil Hagu oleh Shuuji bertemu Ayumi, dijuluki jua Ayu, dan mereka menjadi teman dekat. Sementara itu, Ayu jatuh cinta pada salah satu dari anak laki-laki.

#31. Fruits Basket  (2019)


Genre: Comedy, Drama, Romance, Shoujo, Slice of Life, Supernatural
Sinopsis: Tooru Honda kagum dengan kisah Zodiak Cina yang diceritakan ibunya sejak ia kecil. Namun, ada sebuah tragedi yang mengharus tinggal sendiri berpisah dari keluarganya. Kini ia tinggal di sebuah tenda, tetapi dia tidak mengetahui bahwa ia mendirikan tenda diatas tanah milik keluarga Souma. Suatu hari, dia bertemu Shigure, sepupu Souma yang lebih tua dan Yuki orang yang disebut sebagai "pangeran" di sekolahnya. Tooru menjelaskan bahwa dia tinggal di dekatnya, tetapi keluarga Souma akhirnya menemukan rahasianya dan melihat ia berjalan ke tendanya  pada suatu malam.

Setelah mendengar situasinya mereka mengajak Tooru untuk tinggal bersama. Ketika disana Tooru mencoba melerai perkelahian antara Yuki dan sepupunya, Kyou. Namun ia tak sengaja memeluk mereka dan hal menyejutkan terjadi, ternyata mereka berubah menjadi salah satu hewan dari Zodiak Cina. Segera setelah hal tersebut Tooru menjadi akrab dengan mereka dan mulai mengukir cerita komedi dan romatis.

#30. Planetes


Genre: Drama, Romance, Sci-Fi, Seinen, Space
Sinopsis: Pada 2075, perjalanan ruang angkasa bukan lagi sekadar mimpi, tetapi kenyataan sehari-hari bagi umat manusia. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengarah pada kolonisasi bulan, komersialisasi ruang angkasa, dan pembentukan perusahaan ruang angkasa besar. Ai Tanabe, seorang wanita optimis yang minatnya terletak pada kosmos, bergabung dengan Technora Corporation sebagai anggota Bagian Puing-puing mereka, sebuah departemen yang didedikasikan untuk menghilangkan sampah ruang berbahaya antara orbit Bumi dan Bulan.

Namun, Ai segera menemukan betapa tidak dihargainya pekerjaannya. Sebagai bahan tertawaan Technora, Bagian Puing-puing sangat kekurangan staf, dana buruk, dan terpaksa menggunakan pesawat ruang angkasa bobrok dijuluki "Kotak Mainan" untuk pengambilan puing-puing. Tidak terpengaruh, Ai bertahan dan perlahan-lahan mengenal kepribadian aneh yang membentuk staf Bagian Puing-puing, seperti kepala petugas yang kikuk tapi baik hati Philippe Myers; pekerja temporer yang misterius dan berbibir tebal Edelgard Rivera; dan Hachirouta Hoshino yang sangat pemarah dan bersemangat, yang merindukan pesawat ruang angkasa.

#29. Versailles no Bara


Genre: Military, Historical, Drama, Romance, Shoujo
Sinopsis: Pada 1755, Marie Antoinette lahir di keluarga kerajaan Austria dan dibesarkan dalam kemewahan. Namun, nasib calon ratu Perancis telah diatur pada usia muda 15 tahun, ia harus meninggalkan keluarganya dan menikahi putra mahkota Prancis.

Pada saat yang sama di Prancis, seorang gadis dilahirkan di keluarga Komandan Pengawal Kerajaan. Kesal karena tidak memiliki ahli waris laki-laki, ayahnya memutuskan untuk membesarkannya sebagai laki-laki dan menamai gadis itu Oscar. Oscar sejak kecil dilatih untuk menjadi pemimpin Pengawal Kerajaan, tetapi dia belum mengetahui bahwa kehendak sang ratu terkadang tidak sama dengan kebaikan orang-orang.

#28. Toradora!


Genre: Slice of Life, Comedy, Romance, School
Sinopsis: Ryuji Takasu seorang anak bermasalah yang jatuh hati kepada teman sekelasnya Minori Kushieda, meskipun bermasalah Ryuji sebenarnya berhati mulia. Sedangkan Aisaka Taiga, seorang siswi yang ganas menyukai Kitamura Yuusaku. Karena suatu kejadian Ryuji dan Minori mengetahui orang yang saling mereka sukai dan pada akhirnya mereka saling sepakat untuk membantu satu sama lain.

#27. Karakai Jouzu no Takagi-san


Genre: Romance, Comedy, School, Slice of Life, Shounen
Sinopsis: Berkisah tentang seorang lelaki bernama Nishikata yang mempunyai teman sekelas, Takagi, yang suka menggodanya setiap hari, dan ia menggunakan pengetahuannya yang luas tentang perilakunya untuk memprediksi dengan tepat bagaimana ia akan bereaksi terhadap godaannya, sehingga hampir tidak mungkin bagi Nishikata untuk membuat serangan balik. Meskipun demikian, Nishikata bersumpah untuk suatu hari memberi Takagi balasan dengan membuatnya memerah karena malu dari godaannya.

#26. Tsubasa: Tokyo Revelations


Genre: Action, Adventure, Drama, Romance, Fantasy, Shounen
Sinopsis: Melanjutkan perjalanan mereka dari Record Country (tempat yang menyimpan buku kenangan), Syaoran dan company land ke Tokyo Country, sebuah negara yang dipenuhi darah dalam perang dari faksi-faksi yang berseberangan untuk sumber daya alam dan kelangsungan hidup. Sementara dengan enggan terlibat dalam perlombaan untuk hidup, kelompok itu menghadapi masalah mereka sendiri ketika perintah tertentu dibuat, mengubah perjalanan mereka selamanya.

Pengkhianatan yang mengejutkan dan pertempuran yang mempertaruhkan seluruh hidup mereka. Setelah perintah ini, mereka tidak akan pernah sama lagi.

#25. NHK ni Youkoso!


Genre: Comedy, Psychological, Drama, Romance
Sinopsis: Tatsuhiro Satou yang telah  putus sekolah berusia 20 tahun, telah menjadi hikikomori selama hampir empat tahun sekarang. Dalam keterasingannya, ia menjadi percaya pada banyak teori konspirasi yang tidak jelas, tetapi ada satu khususnya yang ia percayai, teori bahwa konspirator jahat berada di balik status NEET (Not in Employment, Education or Training) yang tertutup. Nihon Hikikomori Kyokai (NHK) adalah organisasi jahat dan rahasia yang didedikasikan untuk mendorong penyebaran budaya hikikomori.

#24. Doukyuusei (Movie)


Genre: Slice of Life, Romance, School, Shounen Ai
Sinopsis: Rihito Sajou adalah siswa teladan yang mendapat nilai sempurna di setiap mata pelajaran pada ujian masuk SMA. Hikaru Kusakabe bermain gitar di bandnya yang tampil di acara live dan populer di kalangan gadis-gadis. Anak-anak ini tidak akan pernah melewati jalan setapak. Tetapi suatu hari Hikaru menawarkan untuk membantu Rihito mempersiapkan festival paduan suara mereka yang akan datang dan keduanya mulai berbicara. Ketika keduanya bertemu sepulang sekolah, mereka merasakan suara satu sama lain, mendengarkan suara satu sama lain, dan mulai menyelaraskan ketika hati mereka berdetak bersama.

Itu dimulai lambat tetapi segera perasaan mereka untuk satu sama lain tumbuh dan hanya dalam satu saat mereka berdua menyadari bahwa itu adalah cinta. Emosi Hikaru yang sembrono, murni, dan langsung menyebabkan Rihito ragu pada awalnya, tetapi dia perlahan membuka hatinya. Anak-anak lelaki belajar tentang satu sama lain karena mereka juga belajar tentang diri mereka sendiri dan saling mendukung selama masa sulit yang khas bagi remaja. Ketika mulai memikirkan masa depan mereka semakin dekat, apa yang ditemukan oleh para remaja putra ini ketika mereka berusaha untuk maju.

#23. Nodame Cantabile


Genre: Music, Slice of Life, Comedy, Drama, Romance, Josei
Sinopsis: Shinichi Chiaki adalah musisi kelas satu yang impiannya adalah bermain di antara para elit di Eropa. Berasal dari keluarga terhormat, ia adalah perfeksionis yang terkenal, bukan hanya sangat kritis terhadap dirinya sendiri, tetapi juga terhadap orang lain. Satu-satunya yang menghentikan Shinichi pergi ke Eropa adalah ketakutannya untuk terbang. Akibatnya, dia mendarat di Jepang.

Selama tahun keempatnya di universitas musik top Jepang, Shinichi kebetulan bertemu Megumi Noda (Nodame). Di permukaan, dia tampaknya menjadi gadis yang tidak terurus tanpa arah dalam kehidupan. Namun, ketika Shinichi mendengar Nodame memainkan piano untuk pertama kalinya, ia kagum dengan jenis musik yang ia ciptakan. Namun demikian, Shinichi kecewa ketika mengetahui bahwa Nodame adalah tetangganya, dan lebih buruk lagi, dia akhirnya jatuh cinta padanya.

#22. Tenkuu no Shiro Laputa


Genre: Adventure, Fantasy, Romance, Sci-Fi
Sinopsis: Di dunia yang penuh dengan pesawat dan kapal udara, Sheeta adalah seorang gadis muda yang telah diculik oleh agen pemerintah yang mencari jimat kristal misteriusnya. Ketika terperangkap di dalam sebuah kapal udara, dia mendapati dirinya tanpa harapan. Sampai kapal itu diserbu oleh bajak laut. Mengambil keuntungan dan kebingungan, Sheeta berhasil melarikan diri dari para penculiknya. Setelah melarikan diri, dia bertemu Pazu, seorang bocah lelaki yang bermimpi untuk mencapai kastil terbang dongeng, Laputa. Keduanya memutuskan untuk memulai perjalanan bersama untuk menemukan kastil ini di langit. Namun, mereka segera menemukan agen pemerintah kembali ke jalur mereka, karena mereka juga berusaha mencapai Laputa untuk tujuan serakah mereka sendiri.

#21. Sakamichi no Apollon


Genre: Drama, Josei, Music, Romance, School
Sinopsis: Musim panas tahun 1966 Kaoru Nishimi pindah untuk tinggal bersama keluarganya di Kyuushuu. Ia dikenal sebagai siswa teladan penyendiri. Namun, hidupnya mulai berubah setelah bertemu Sentarou Kawabuchi, seroang yang dikenal memiliki kepribadian buruk. Dari dirinya lah ia mengenal musik jazz dan persahabatan. (Sumber: otakotaku.com)

#20. Ookami to Koushinryou


Genre: Adventure, Fantasy, Historical, Romance
Sinopsis: Kraft Lawrence adalah seorang pedagang yang selalu berpindah tempat untuk menjual dagangannya. Pada malam hari, saat akan memulai perjalanannya ia menemukan seorang gadis tanpa busana dengan telinga dan ekor serigala tertidur di gerobaknya. Gadis itu bernama Holo, dewa panen yang bersembunyi untuk kembali ke rumah yang dirindukannya. Dimulailah kisah perjalanan seorang pedagang sederhana dan gadis serigala ke Utara untuk pulang ke tempat asalnya. (Sumber: otakotaku.com)

#19. Katanagatari


Genre: Action, Adventure, Historical, Martial Arts, Romance
Sinopsis: Bercerita tentang kisah Yasuri Shichika dan Togame dalam mengumpulkan 12 pedang legendaris shikizaki. Shichika adalah anak seorang pahlawan perang yang diasingkan di Pulau Fushou. Setelah kematian ayahnya, Shichika menjadi kepala Kyotouryuu generasi ketujuh dan tinggal di Pulau Fushou bersama kakaknya, Nanami. Atas permintaan Togame, ia memutuskan keluar dari pulau dan mulai melakukan perjalanan untuk mengumpulkan 12 pedang shikizaki. Namun, Togame yang sebelumnya sering dikhianati olah pengikutnya, meminta Shichika untuk membuktikan kesetiaanya dengan cinta. (Sumber: otakotaku.com)

#18. Kaguya-sama wa Kokurasetai: Tensai-tachi no Renai Zunousen


Genre: Comedy, Psychological, Romance, School, Seinen
Sinopsis: Kaguya Shinomiya dan Miyuki Shirogane adalah dua orang jenius terelit diantara orang elit, mereka berdua juga merupakan anggota OSIS dari Akademi bergengsi. Mereka berdua sebenarnya memiliki rasa saling suka satu sama lain, sayangnya ada sedikit masalah yang menghambat mereka untuk saling mengungkapkan perasaan masing-masing. Alasanya karena gengsi untuk menjadi orang pertama yang mengatakan “suka”, sehingga perang cinta antara mereka berdua dimulai.

#17. Kamisama Hajimemashita


Genre: Comedy, Demons, Supernatural, Romance, Fantasy, Shoujo
Sinopsis: Setelah diusir dari apartemennya, Nanami bertemu dengan Mikage, seorang pria aneh yang takut dengan anjing. Nanami pun menyelamatkan pria itu dan sebagai ucapan terima kasih, Mikage menawarkan tempat tinggal untuknya. Karena tidak memiliki tempat tinggal, Nanami menerima tawaran itu. Namun, setelah datang ke lokasi, tempat itu ternyata sebuah kuil tua.  (Sumber: otakotaku.com)

#16. Cross Game


Genre: Comedy, Drama, Romance, School, Shounen, Sports
Sinopsis: Kou Kitamura dan Aoba Tsukishima sering berselisih, meskipun keluarga mereka kebetulan adalah teman dekat dan mitra bisnis. Kou satu-satunya anak dari pemilik toko olahraga, Kou tidak pernah tertarik bermain bisbol. Meskipun demikian, ia memiliki kemampuan memukul yang mengesankan yang diasah dengan sering mengunjungi pusat pemukul bisbol lokal yang dijalankan oleh keluarga Tsukushima. Di sisi lain, Aoba suka bermain bisbol dan merupakan pemain bintang dengan bentuk pitching yang luar biasa.

Namun, dua hal yang tampaknya saling bertentangan ini berbagi sesuatu yang sangat penting bagi mereka. Apakah mereka menyadari bahwa mereka memiliki banyak kesamaan, hanya waktu yang akan mengatakan. Permainan baseball mungkin adalah jalan yang dibutuhkan pasangan ini untuk akhirnya mengatasi perjuangan pribadi mereka sendiri.

#15. Nana


Genre: Music, Slice of Life, Comedy, Drama, Romance, Shoujo
Sinopsis: Nana Komatsu adalah seorang anak berusia 20 tahun yang payah,, naif, mudah jatuh cinta serta suka bergantung dan dekat pada orang-orang di sekitarnya. Dia pergi ke Tokyo dengan alasan sederhana untuk mengejar pacarnya saat ini, Shouji Endo.

Nana Osaki adalah vokalis punk rock yang bangga dan penuh teka-teki dari latar belakang pedesaan yang sama, yang memupuk keinginan untuk menjadi penyanyi profesional. Menempatkan karirnya dengan band yang cukup populer disertai kisah asmaranya dengan salah satu mantan anggotanya, dia naik kereta yang sama ke Tokyo dengan Nana Komatsu.

Melalui pertemuan yang menentukan dalam perjalanan mereka menuju kota metropolis, para wanita muda dengan nama yang sama disatukan, memicu serangkaian acara yang akhirnya menghasilkan mereka berbagi kejadian. Ketika pertemanan mereka semakin dekat, keduanya berusaha untuk saling mendukung melalui hidup yang tebal dan tipis. Kehidupan mereka yang saling terkait penuh dengan romansa, musik, tantangan, dan patah hati yang pada akhirnya akan menguji ikatan mereka yang tidak dapat dihancurkan.

#14. Kenpuu Denki Berserk


Genre: Action, Adventure, Demons, Drama, Fantasy, Horror, Military, Romance, Seinen, Supernatural
Sinopsis: Guts merupakan seorang pria yang menyebut dirinya sebagai “Pendekar Hitam”, Alasannya adalah dari kesehariannya yang menjadi tentara bayaran dari kelompok Band of The Hawk dan juga dijuluki sebagai “Grim Reaper dari medan perang”. Kelompok tersebut dipimpin oleh Griffith, yang juga merupakan seorang pria kejam, ambisius dan juga cerdas.

#13. Hotarubi no Mori e


Genre: Drama, Romance, Shoujo, Supernatural
Sinopsis: Hotaru adalah anak perempuan yang memiliki teman seorang siluman Youkai bernama Gin. Semuanya bermula ketika musim panas, Hotaru tersesat di hutan dan ditemukan oleh Gin yang memakai topeng seperti rubah. Semenjak saat itulah Hotaru mulai berteman dengan Gin, namun ada suatu kelemahan yang dimiliki Gin. Yaitu, jika Ia disentuh manusia maka Gin akan menghilang. Oleh sebab itulah Hotaru tidak dapat menyentuh Gin.

#12. Tenki no Ko


Rilis: Juli 19, 2019
Genre: Drama, Fantasy, Romance, Slice of Life
Sinopsis: Bercerita tentang seorang anak laki-laki dan seorang anak perempuan yang mengalami kejadian yang membingungkan selama era di mana keseimbangan cuaca menjadi berantakan. Hotaka Morisaki yang merupakan seorang siswa SMA berlari keluar dari rumah di sebuah pulau yang jauh dari Jepang, ia bertemu dengan Hina Amano, yang merupakan seorang gadis dengan kekuatan misterius yang mampu membuat cuaca cerah hanya dengan “berdoa”

#11. Kara no Kyoukai series


Genre: Action, Mystery, Supernatural, Romance, Thriller
Sinopsis: September 1998: Kota dimana Shiki tinggal, terdapat serentetan kasus bunuh diri yang dilakukan oleh beberapa siswi. Polisi tidak berhasil menemukan keterkaitan dari para siswi yang telah bunuh diri selain bahwa semuanya mati dengan cara melompat dari Gedung Fujou, sebuah gedung pencakar langit yang dijadwalkan akan dibongkar. (Sumber: otakotaku.com)

#10. Bakuman.


Genre: Comedy, Drama, Romance, Shounen
Sinopsis: Bakuman berkisah tentang sepasang pemuda yang menggeluti dunia Manga, Akio Takagi (a.k.a Shuujin) sejak kelas 3 SMP mempunyai cita-cita sebagai Mangaka. Karena tidak bisa menggambar Shuujin mengajak Mashiro Moritaka (a.k.a Saiko)  untuk menuangkan ide-idenya ke dalam bentuk manga, tetapi karena Saiko mempunyai kenangan buruk saat pamannya yang seorang mangaka kawakan meninggal dunia karena bekerja terlalu keras. Sehingga Saiko tidak dapat menerima tawaran Shuujin begitu saja. 

#9. Yojouhan Shinwa Taikei


Genre: Mystery, Comedy, Psychological, Romance
Sinopsis: Pada suatu malam musim gugur di sebuah kedai ramen misterius tepat di belakang Kuil Shimogamo, seorang mahasiswa tahun ketiga yang kesepian menabrak seorang pria yang mengaku sebagai dewa asmara. Pertemuan itu membuat mahasiswa tersebut merenungkan kembali dua tahun terakhirnya di kampus. Satu-satunya temannya hanyalah pria menyedihkan, Ozu. Agar kehidupan tak lagi sia-sia, ia coba medekati adik angkatannya, Akashi. (Sumber: otakotaku.com)

#8. Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume wo Minai


Genre: Comedy, Romance, School, Supernatural
Sinopsis: Sindrom Pubertas yang langka dan tidak dapat dijelaskan dianggap sebagai mitos. Ini adalah penyakit langka yang hanya menyerang remaja, dan gejalanya supernatural sehingga hampir tidak ada yang mengenalinya sebagai kejadian yang nyata. Namun, siswa SMA Sakuta Azusagawa tahu dari pengalaman pribadi bahwa itu sangat nyata dan cukup lazim di sekolahnya.

Mai Sakurajima adalah siswa sekolah menengah tahun ketiga yang mendapatkan ketenaran di masa mudanya sebagai aktris cilik, tetapi baru-baru ini menghentikan karirnya yang menjanjikan karena alasan yang tidak diketahui publik. Dengan suasana yang tidak dapat didekati, dia dikenal di seluruh sekolahnya, tetapi tidak ada yang berani berinteraksi dengannya. Sampai Sakuta melihatnya berkeliaran di perpustakaan dengan kostum gadis kelinci. Akhirnya dia menyadari bahwa Mai adalah korban lain dari Sindrom Pubertas. Ketika Sakuta mencoba untuk membantu Mai dari kesulitannya, tindakannya membawanya ke sebuah hubungan dengan lebih banyak gadis yang menderita penyakit yang sulit dipahami.

#7. Suzumiya Haruhi no Yuuutsu


Genre: Comedy, Mystery, Parody, School, Sci-Fi, Slice of Life
Sinopsis: Kyon adalah siswa SMA biasa seperti kebanyakan siswa lainnya. Namun, kehidupannya berubah dari kehidupan biasa menjadi kehidupan yang luar biasa setelah bertemu dengan Suzumiya Haruhi. Bersama dengan Nagato Yuki, Asahina Mikuru, Koizumi Itsuki dan dipimpin oleh Haruhi, mereka mulai menjalankan kegiatan klub SOS yang mengkhususkan diri dalam hal yang berhubungan dengan supernatural. (Sumber: otakotaku.com)

#6. Howl no Ugoku Shiro


Genre: Adventure, Drama, Fantasy, Romance
Sinopsis: Sophie adalah seorang pembuat topi yang dikutuk oleh seorang penyihir jahat yang mengubahnya menjadi seorang nenek tua. Dalam tubuhnya dan wajahnya yang baru, Sophie menjelajah untuk mencari istana Howl yang bergerak. Saat ia menemukan istana tersebut, Sophie bertemu dengan para penghuni istana dan diantaranya ada Calcifer, Markl dan Howl sendiri.

#5. Rurouni Kenshin


Genre: Action, Adventure, Comedy, Historical, Romance, Samurai, Shounen
Sinopsis: Ketika kebiadaban umat manusia sudah melampaui ketakutannya dan menyebabkan banyak kematian, hanya ada sedikit harapan bagi mereka yang ingin menjalani kehidupan yang damai. Di bawah bulan purnama, seorang lelaki menyaksikan pembunuhan para bandit yang telah memperbudaknya, dan kemudian dibaptis dengan nama baru oleh pria yang menyelamatkannya. Lelaki itu adalah Shinta, dikenal juga sebagai Kenshin Himura. Dia ditakdirkan untuk menjadi pendekar pedang namun, kelembutan hatinya tidak cocok dengan takdirnya. Tetapi, keinginannya untuk melindungi orang yang tidak bersalah sangat tinggi

#4. Bakemonogatari (Monogatari series)


Genre: Romance, Supernatural, Mystery, Vampire
Sinopsis: Setelah Araragi menjadi manusia setengah vampir, kini ia dipertemukan dengan berbagai macam keganjilan yang sangat komplek disekitarnya, mulai dari teman sekelas, adik kelas, teman adik perempuannya, hantu anak kecil dan Hanekawa.

#3. Shigatsu wa Kimi no Uso


Genre: Drama, Music, Romance, School, Shounen
Sinopsis: Arima Kousei adalah seorang anak berbakat dalam bermain piano. Namun setelah ibunya meninggal, Kousei tidak dapat mendengar suara dentingan piano lagi. Akibatnya Ia tidak dapat bermain piano lagi, sehingga membuatnya mengalami penurunan mental. Hanya Sawabe Tsubaki dan Watari Ryota yang menjadi teman Kousei karena semenjak saat itu Ia seakan menutup dengan dunia luar. Hingga suatu saat Ia bertemu dengan Miyazono Kaori seorang pemain biola yang memaksanya bermain piano lagi dan mengubah kehidupannya.

#2. Clannad


Genre: Comedy, Drama, Romance, School, Slice of Life, Supernatural
Sinopsis: Clannad menceritakan tentang seorang siswa SMA yang bernama Tomoyo Okazaki, memiliki latar belakang keluarga yang kacau balau. Okazaki sangat tidak akur dengan Ayahnya, terutama karena ia sering mabuk-mabukan. Tetapi semuanya berubah ketika Ia bertemu dengan seorang gadis yang bernama Furukawa Nagisa, seorang gadis yang kurang percaraya diri karena harus mengulang pelajarannya ditahun yang sama dengan Okazaki karena pada tahun sebelumnya ia terkena demam misterius. Setelah itu Okazaki mulai melihat mimpi aneh, dimana Ia melihat seorang gadis yang membuat sebuah boneka dari barang-barang yang Ia kumpulkan.

#1. Kimi no Na wa.


Genre: Romance, Supernatural, School, Drama
Sinopsis: Mitsuha mengalami kejadian aneh, tiba-tiba di saat ia bangun tubuhnya berubah menjadi seorang laki-laki. Taki pun juga mengalami hal yang sama ketika bangun tubuhnya berubah menjadi seorang perempuan. Setelah di selidiki ternyata mereka berdua bertukar tubuh ketika bangun tidur dan kembali normal ketika bangun kembali. Lantas apakah yang akan terjadi ketika mereka menggunakan tubuh yang bukan miliki mereka?, apakah mereka bisa hidup dengan menyesuaikan lingkungan sekitar mereka? Di tambah lagi Taki yang hidup di perkotaan sedangkan Mitsuha hidup di sebuah desa yang bernama Itomori.


Bagaimana, apakah cukup memuaskan, apa anime romantis favoritmu? Jika ada anime romantis yang menurutmu bagus tapi tidak masuk, silakan tuliskan dibawah.

Sebelumnya maaf, jika sinopsisnya ada beberapa yang ngaco. Maklum saja, beberapa ada yang saya tulis sendiri, ada yang hasil copas (sumber sudah dicantumkan) dan ada juga dari hasil terjemahan.

Mungkin untuk saat ini, hanya itu yang dapat saya rekomendasikan pada anda. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca!


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar