Skip to main content

#StayHome: Urutan Monogatari Series Berdasarkan Alur Cerita

Monogatari series adalah anime Anime dari Novel karangan Nisio Isin, anime ini memiliki alur cerita yang unik dimana setiap judul rilis animenya tidak berhubungan, sehingga membingungkan bagi Anda yang baru pertama kali nonton Anime ini. Mulai dari manakah saya harus menonton Anime ini? Saya sendiri mulai menonton anime ini berdasarkan tanggal rilis, akibatnya pertama kali nonton malah bingung ditambah pembawaan anime monogatari banyak dialog dan monolog serta tampilan slide yang membingungkan.
Cover Bakemonogatari Blu ray
Cover Bakemonogatari Blu ray dari Amazon.com

Namun hal tersebut tidak membuat saya tidak tertarik, malah membuat saya semakin penasaran dan terus menontonnya sampai seri terakhir dan tentunya berdasarkan tanggal rilis. Disini saya menemukan hal menarik, yaitu cara untuk menonton anime ini dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu berdasarkan tanggal rilis dan alur cerita. Ada yang menyebutkan jika menonton anime ini berdasarkan alur atau jalan cerita akan menyebabkan spoiler, benarkah? setelah saya coba "ia sih", dan yang paling terasa itu kesan misterinya agak menghilang.

Bagaimana jika menonton dengan berdasarkan tanggal rilis? Yang saya dapat pertama kali menonton berdasarkan tanggal rilis malah disitu saya menemukan banyak spoiler, terutama setelah nonton seri Hanamonogatari. Namun kedua cara atau metode tersebut tidaklah buruk, semuanya tergantung selera Anda.

Setelah sebelumya saya membuat artikel berjudul Urutan Monogatari Series dan Arc yang ada didalamnya (berdasarkan tanggal rilis), kini saya mencoba membuat versi keduanya, yaitu urutan nonton Anime Monogatari Series berdasarkan jalan cerita. Karena cara pengurutan penulisan kedua artikel berbeda, Anda dapat membaca artikel sebelumnya, yaitu urutan berdasarkan tanggal rilis. Dalam urutan berdasarkan jalan cerita saya tidak memasukan jumlah episode, tanggal rilis dan arc yang ada didalamnya. Hanya judul dan sedikit sinopsis, menurut saya itu cukup.


Oke, berikut urutan anime monogatari series berdasarkan jalan cerita.

#1. Kizumonogatari I: Tekketsu-hen

Kisah Monogatari dimulai dengan pertenuan Araragi Koyomi dengan seorang Vampir bernama Kiss-Shot Acerola-Orion Heart-Under-Blade (Oshino Shinobu), ketika itu Kiss-shot terluka dan Arargi menolongnya. Namun, sebagai akibatnya ia malah berubah menjadi vampir.

#2. Kizumonogatari II: Nekketsu-hen

Arargi mencoba mengambil kembali bagian tubuh Kiss-Shot yang dicuri, tetapi ia harus melawan orang-orang yang mencuri bagian tubuh Kiss-Shot dengan tidak mudah. Namun, dengan kekuatan vampirnya serta bantuan dari Oshino Meme ia mulai mencari cara untuk mengalahkan para pencuri tersebut.

#3. Kizumonogatari III: Reiketsu-hen

Perbedaan pendapat antara Kiss-Shot dan Araragi menyebebabkan mereka harus bertarung satu sama lain, pertarungan antara vampirpun terjadi. Namun tanpa diketahui Araragi, Kiss-shot mempunyai tujuan sendiri mengapa ia mau bertarung dengan penyelamatnya tersebut.

#4. Nekomonogatari: Kuro

Hanekawa Tsubasa telah dirasuki sebuah keganjilan bernama kucing pengusik, akibatnya Hanekawa menjadi liar dan suka menyakiti orang lain. Atas hal inilah Araragi harus menemukan cara untuk menyembuhkan Hanekawa.

#5. Bakemonogatari

Setelah Araragi menjadi manusia setengah vampir, kini ia dipertemukan dengan berbagai macam keganjilan yang sangat komplek disekitarnya, mulai dari teman sekelas, adik kelas, teman adik perempuannya, hantu anak kecil dan Hanekawa.

#6. Nisemonogatari

Setelah keganjilan muncul disekitar temannya, kini berbagi keganjilan mulai muncul kembali. Sekarang keganjilan ini mulai menyasar kepada dua adik perempuannya, yaitu Araragi Karen dan Araragi Tsukihi.

#7. Monogatari Series: Second Season

Dalam series ini dibagi menjadi 5 bagian yaitu:

#7.1. Nekomonogatari: Shiro

Saat dalam perjalanan ke sekolah Hanekawa bertemu dengan harimau putih dan setelah itu rumahnya terbakar, dengan terpaksa ia harus mengungsi dan memutuskan untuk tinggal digedung sekolah kosong bekas markas Oshino Meme. Senjougahara mengetahui keadaan Hanekawa dan berusaha menolongnya, namun saat mencoba memanggil bantuan dari Araragi, tiba-tiba Araragi tidak dapat dihubungi (menghilang). Kini mereka berdua harus dapat menyelesaikan masalah ini dan memecahkan misteri hubungan antara harimau putih dan kejadian aneh (kebakaran) yang terjadi baru-baru ini.

#7.2. Kabukimonogatari

Araragi dan Shinobu kembali ke masa lalu dimana saat itu Hachikuji Mayoi masih hidup, dimasa depan Hachikuji telah mati dan menjadi hantu. Saat itu Araragi mencoba untuk mencegah kematian Hachikuji dan berhasil. Namun setelah kembali ke masa depan dunia telah hancur, tetapi ia bertemu dengan Hachikuji dewasa yang berhasil ia selamatkan dan sekarang Araragi harus menemukan cara untuk menyelamatkan dunia serta mencari tahu mengapa dunia bisa hancur?

#7.3. Otorimonogatari

Senguko Nadeko teman dari Araragi Tsukihi menyukai Araragi Koyomi, sayangnya Araragi Koyomi telah berpacaran dengan Senjougara dan menyebabkan cintanya bertepuk sebelah tangan. Perasaan Nadeko terhadap Araragi tidak berubah, saat itu ia bertemu dengan seekor roh ular putih yang akan mengabulkan segala permintaanya dengan syarat ia mau mencari jasadnya yang hilang.

#7.4. Onimonogatari

Sebuah keganjilan berwujud kegelapan mengejar Hachikuji dan Araragi, namun mereka berhasil lolos, dan tiba-tiba Hachikuji pinsan. Mereka mulai membahas tentang kejadian tersebut bersama Shinobu yang sebelumnya pernah bertemu dengan keganjilan kegelapan dimasa lalunya. Atas saran Yotsugi, akhirnya Araragi mencoba mencari tahu dan meminta bantuan kepada Gaen Izuko.

#7.5. Koimonogatari

Sengoku Nadeko telah menjadi Dewa Ular, kini ia ingin membunuh Araragi. Namun, berkat negosiasi Senjougahara ia akan menunda eksekusi terhadap Araragi sampai hari kelulusan SMA. Untuk mencegah hal tersebut, Senjougahara meminta bantuan Kaiki, yaitu orang yang pernah menipunya dulu. Ia terpaksa meminta bantuannya dan meminta Kaiki menipu sang Dewa Ular, Sengoku Nadeko.

#8. Tsukimonogatari

Bayangan Araragi tiba-tiba menghilang dari cermin, ia bertanya kepada Shinobu tetapi ia tidak tahu terlalu banyak  hingga ia memutuskan untuk bertanya kepada Gaen Izuko. Namun Gaen menyuruh Araragi untuk pergi ke kuil Shirahebi utara untuk bertemu seseorang disana. Disana ada gadis boneka Oonoki Yotsugi, akhirnya setelah itu petualangan mereka dimulai untuk memecahkan misteri keganjilan yang menimpa Araragi.

#9. Owarimonogatari

Oshino Ougi ia adalah perempuan yang mengaku sebagai keponakan dari Oshino Meme, gadis misterius ini bersama dengan Araragi Koyomi mulai menguak masa lalu Araragi Koyomi pada saat masih SMP.

#10. Koyomimonogatari

Ini merupakan anime ONA singkat yang merupakan cerita sampingan dari Bakemonogatari, Nisemonogatari, Nekomonogatari: Kuro, Monogatari Series: Second Season, Tsukimonogatari dan Owarimonogatari. Namun dalam dua Arc terakhir yaitu Koyomi Nothing (episode 11) dan Koyomi Dead (episode 12) merupakan prequel dari cerita selanjutnya dan memiliki keterkaitan cerita yang sangat dekat.

#11. Owarimonogatari 2nd Season

Kini Araragi terbangun dan bertemu dengan Hachikuji yang telah lama tidak terlihat, namun setelah diketahui ternyata ia berada dineraka dan kini ia harus mencari tahu alasan kenapa ia ada disini serta mencari cara untuk keluar dari tempat tersebut.

#12. Zoku Owarimonogatari

Ketika sedang bercermin tiba-tiba ia terserap dan masuk ke dalam cermin. Namun saat ia bangun dan tersadar bahwa ia berada didunia lain dari sisi cermin, dimana terdapat beberapa hal yang terbalik, serta ia tidak dapat memanggil maupun bertemu dengan Shinobou.

#13. Hanamonogatari

Setelah lulusnya Araragi Koyomi dari SMA, Kanbaru Suruga bertemu dengan teman lamanya sekaligus lawan mainnya di tim basket, Numachi Rouka.  Setelah pertemuannya tersebut keganjilan tangan monyet yang ia miliki menghilang. Meskipun ia senang, tetap saja hal itu membuatnya penasaran, hingga akhirnya ia bertemu Kaiki dan Kaiki menjelaskan banyak hal kepada Kanbaru. Namun, ada hal yang sangat penting yang tidak ia ketahui dari teman lamanya tersebut, dan hal tersebut pula yang akan menyebabkan kejadian aneh berikutnya dalam cerita ini.


Urutan diatas merupakan serial utama yang saling berhubungan, namun tentu saja Monogatari Series mempunyai cerita sampingan dan cerita lainnya seperti anime pada umumnya, sebagai bonus karena Anda telah berkunjung ke blog ini, berikut beberapa cerita sampingan dari Monogatari series, selain Koyomimonogatari.

  1. Nekomonogatari: Kuro Recap
  2. Bakemonogatari Recap
  3. Nisekoimonogatari
  4. Mahou Shoujo Madoka★Magica Movie 3: Hangyaku no Monogatari - Magica Quartet x Nisioisin
  5. Naisho no Hanashi
  6. Okitegami Kyouko no Bibouroku x Monogatari
  7. Owarimonogatari 2nd Season Recaps

Oke kebanyakan merupakan Rekap atau Ringkasan Cerita, saya sendiri juga belum nonton cerita sampingan ini. Karena menurut saya, tidak ada kaitannya dengan cerita utama, hanya rekap dan kolaborasi parodi seperti Kolaborasi Nisekoi dan Monogatari yang menjadi Nisekoimonogatari. Sayangnya durasi dari versi kolaborasi ini sangat pendek, namun jika Anda tertarik untuk menontonnya silakan saja.

Sepertinya sudah cukup artikel kali ini, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca!


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar