Skip to main content

#StayHome: Urutan nonton Final Fantasy series

Final Fantasy awalnya merupakan sebuah game konsol RPG yang diluncurkan pertama kali pada tahun 1987 dan diproduksi oleh Square Enix yang sebelumnya bernama Square Co., Ltd. Barulah versi anime, dan film CGI dibuat setelah itu.
Poster Final Fantasy VII: Advent Children Complete dari myanimelist.net

Dalam seri anime maupun film CGInya sendiri, banyak seri yang dihasilkan. Namun, beberapa anime dan film CGI Final Fantasy banyak yang tidak memiliki keterkaitan (sequel/prequel) satu sama lain, meskipun dalam segi cerita memliki initi yang sama, yaitu sebuah konflik yang diakibatkan kristal yang memiliki kekuatan.

Dalam daftar urutan dibawah ini, saya telah urutkan berdasarkan tanggal rilis yang 'sesuai jalan cerita', berikut urutannya.

#1. Final Fantasy (Legend of the Crystals: Final Fantasy)

Rilis: Maret 21, 1994 - Juli 21, 1994
Studio: Madhouse
Sinopsis: 200 tahun setelah Bartz dan teman-temannya menyelamatkan dunia dari ancaman ExDeath, muncul ancaman baru yang ingin menguasai Kristal. Linaly, keturunan Bartz, dan teman  sekaligus pelindungnya Prettz melakukan perjalanan ke Kuil Angin untuk mencari sumber bahaya baru ini.

#2. Final Fantasy: The Spirits Within

Rilis: Juli 2, 2001
Studio: Square Enix
Sinopsis: Tahun 2065, makhluk asing mematikan yang dikenal sebagai Phantom telah menginvasi bumi. Untuk menyelamatkan umat manusia yang tersisa, meriam zeus telah dibangun di sekitar kota-kota tertentu untuk mengusir hantu-hantu.

Para ilmuwan Aki Ross dan mentornya, Dr. Sid  mengungkapkan bahwa ada bentuk spiritual, energi Gaia yang dapat membasmi kehadiran Phantom  ini. Aki, Sid dan Gray, serta oang-orang yang membantu mereka bersatu melawan kekuatan Phantom, agar manusia  dapat memiliki kesempatan untuk memulihkan perdamaian di Bumi.

#3. Final Fantasy: Unlimited

Rilis: Oktober 2, 2001 - Maret 26, 2002
Studio: Gonzo
Sinopsis:Setelah membaca penelitian orang tua mereka dan setelah orang tua mereka menghilang, Ai dan Yu memutuskan untuk mencari mereka. Mereka naik kereta aneh ke Dunia Glain untuk mencari orang tua mereka dan bertemu dengan Lisa di kereta, yang pada akhirnya bersama-sama memulai perjalanan ke Dunia Lain.

#4. Final Fantasy VII: Last Order

Rilis: September 14, 2005
Studio: Madhouse
Sinopsis: Setelah hancurnya Nibelheim oleh Sephiroth, Zack dan Cloud melarikan diri dari Shinra Inc. Ketika mereka kembali ke Midgar, mereka mengingat kejadian mengerikan yang saat di Nibelheim, dan berjuang untuk bertahan hidup melawan Shinra.

#5. Final Fantasy VII: Advent Children

Rilis: Sep 14, 2005
Studio: Square Enix
Cerita alternatif: Final Fantasy VII: Advent Children Complete
Cerita sampingan: Final Fantasy VII: On the Way to a Smile - Episode: Denzel
Ringkasan: Final Fantasy VII: Advent Children - Venice Film Festival Footage
Sinopsis: Dua tahun lalu, dunia berubah. Cloud Strife dan teman-temannya mungkin telah mengalahkan Sephiroth dan menggagalkan rencananya untuk menabrakan meteor raksasa ke Bumi, tetapi kemenangan ini bukan tanpa resiko besar. Kota Midgar yang berpenduduk padat nyaris terkoyak dalam konflik. Untungnya, banyak warga kota yang dapat mengungsi ke tempat aman, sehingga pada tahun-tahun sesudahnya telah membentuk tempat baru bernama Edge.

Cloud dan Tifa, mereka mencoba untuk membuat kehidupan baru untuk mereka sendiri, serta untuk orang-orang di sekitar mereka, di kota baru ini. Bersama-sama mereka menjalankan layanan kurir, dan merawat putri bersama mereka, Barret, Marlene dan seorang anak yatim piatu bernama Denzel. Denzel, Cloud, dan banyak anak-anak lain menderita penyakit baru misterius yang disebut "Geostigma."

Akibatbya anak-anak di kota itu memiliki satu ancaman lain yang membayangi mereka, terlebih ada orang-orang yang menculik anak-anak yang terinfeksi. Cloud bertekad untuk menyelamatkan anak-anak ini. Sekali lagi, Cloud harus mengulang perjuangan yang sama seperti dimasa lalunya.

#6. Final Fantasy XV: Episode Ardyn - Prologue

Rilis: Februari 17, 2019
Studio: -
Sinopsis: mengisahkan Ardyn Izunia, musuh utama dalam Final Fantasy XV. Penderitaan, kematian, dan kebangkitan mengarah ke cerita utama di FFXV. Anime ini mengungkapkan cerita dua milenium yang lalu.

#7. Kingsglaive: Final Fantasy XV

Rilis: Juli 9, 2016
Studio: -
Terkait: Kingsglaive: FFXV Fan Kansha Tokubetsu Movie
Sinopsis: Selama bertahun-tahun, Kekaisaran Niflheim dan kerajaan Lucis berperang. Setelah mendominasi sebagian besar dunia Eos, Kekaisaran Niflheim menginginkan kekuatan Crystal yang ada di ibukota Lucis, Insomnia.

Untuk melindungi rakyatnya dari pasukan Niflheim, Raja Regis Lucis Caelum CXIII menggunakan kekuatan Crystal untuk mengelilingi Insomnia dengan dinding ajaib. Seiring dengan penghalang ini, Regis membentuk pasukan militer elit yang dikenal sebagai Kingsglaive. Dengan kekuatan mereka, Kingsglaive melindungi perbatasan Lucis dari serangan pasukan Niflheim.

Salah satu anggota Kingsglaive adalah Nyx, seorang pria yang dijuluki "Pahlawan" oleh rekan-rekan prajuritnya karena kesombongannya dan keinginannya untuk menyelamatkan semua orang. Namun, karena hal tersebut, menyebabkan dia tidak patuh pada perintah kaptennya. Akibat hal tersebut pula ia turun pangkat dan ditugaskan untuk menjaga gerbang kota.

#8. Brotherhood: Final Fantasy XV

Rilis: Maret 31, 2016 - September 18, 2016
Studio: A-1 Pictures
Sinopsis: Putra Mahkota Kerajaan Lucis, Noctis Lucis Caelum, berangkat ke Caem untuk menikah dengan Lunafreya Nox Fleuret, seorang oracle dan teman masa kecil Noctis. Dia adalah orang yang kuat namun pendiam, Noctis ditemani oleh teman-temannya dan Royal Guard Gladiolus, Prompto, dan Ignis. Mereka berempat melakukan perjalanan darat melintasi benua dengan mobil pribadi raja, Regalia. Sepanjang perjalanan, masing-masing dari mereka mengalami berbagai situasi yang membuat  mereka untuk ingat akan masa lalu mereka bersama, dan memperkuat ikatan untuk masa depan.


Berikut beberapa seri Final Fantasy yang memiliki keterkaitan cerita.

#Final Fantasy VII

  1. Final Fantasy VII: Last Order
  2. Final Fantasy VII: Advent Children

#Final Fantasy XV: Episode Ardyn - Prologue

  1. Final Fantasy XV: Episode Ardyn - Prologue
  2. Kingsglaive: Final Fantasy XV
  3. Brotherhood: Final Fantasy XV

Untuk Final Fantasy yang lainnya memiliki jalan cerita tersendiri, bagi yang menonton Final Fantasy VII: Advent Children, jangan lupa tonton cerita alternatifnya Final Fantasy VII: Advent Children Complete yang merupakan OVA.

Oke sekian artikel dari saya, semoga dapat bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca!


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar