Skip to main content

#StayHome: Nama-nama makhluk yang ada di dunia isekai anime

Anda penggemar anime bertemakan isekai (dunia lain)? Jika Anda penggemar anime bergenre fantasy ini maka sudah tidak aneh lagi bukan dengan makhluk-makhuk yang ada didalamnya. Meskipun anime isekai itu memiliki latar tempat dan tema cerita yang berbeda-beda, namun akhir-akhir ini dunia per-anime-an disuguhkan dengan banyak anime isekai yang memiliki tema yang sama, seperti.
  • Ada Pahlawan (Eiyū)
  • Ada Raja Iblis (Maō-sama)
  • Ada Guild Petualang (Bōken-ka kumiai)
  • Ada Berbagai makhluk demi-human

Kebanyakan anime isekai sekarang-sekarang ini setidaknya memiliki beberapa atau semua poin diatas. Awal kisah si karakter utamapun umumnya hampir mirip, jika tidak mati dan bereinkarnasi di dunia lain (isekai), maka si karakter utama dipanggil oleh seseorang dari dunia lain (isekai) dan menjadi pahlawan disana.

Kesamaan-kesamaan dalam cerita anime isekai tentu saja berpengaruh dalam beberapa hal, contohnya saja makhluk-makhluk yang ada di dunia isekai anime memiliki wujud dan nama yang sama. Penasaran dengan nama-nama makhluk yang ada di dunia anime isekai? Berikut nama-nama makhluk yang ada di dunia isekai.

Maō-sama

Gambar: i.ntere.st
Maou-sama atau Raja Iblis adalah salah satu makhluk paling kuat didunia isekai. Maou biasanya bersifat jahat dan karena sifatnya itulah dia selalu menjadi raja terakhir dan tujuan para petualang didunia isekai untuk menjadi target dibunuh.

Maō

Gambar: cho-animedia.jp

Maou atau iblis adalah sebuah "ras" yang memiliki wujud seperti iblis dengan tanduk dikepalanya. Umumnya mereka digambarkan menyeramkan, namun beberapa anime juga menggambarkan mereka berwujud seperti manusia dengan tanduk dikepala mereka. Ras iblis biasanya sangat ditakuti karena stigma dari kebanyakan ras lain yang menganggap ras iblis itu kejam.

Undead

Gambar: ameblo.jp

Undead adalah mayat hidup. Berbeda dengan Zombie, undead berwujud kerangka dari makhluk hidup yang telah mati kemudian dihidupkan kembali, wujudnya bisa sepenuhnya kerangka atau berwujud seperti kerangka. Pada umumnya undead itu cenderung lemah, karena tubuhnya hanya terdiri dari tulang. Namun, beberapa undead juga sama seperti makhluk lainnya dapat memiliki kekuatan yang sangat luar biasa.

Succubus

Gambar: ifunny.co

Succubus adalah makhluk bertanduk dan memiliki sayap hitam seperti gagak atau elang. Succubus hampir mirip dengan ras iblis lainnya (ada yang bialng mereka sub ras dari ras iblis), yaitu sama-sama memiliki tanduk.

Ogre

Gambar: otakukart.com

Ogre atau Oger bisa juga disebut Oni dalam bahasa jepang. Oger merupakan monster dengan perawakan seperti manusia, di beberapa anime oger digambarkan mempunyai pemikiran bodoh dan cenderung hanya menyerang tanpa pikir panjang. Karena itulah mereka sering menjadi target buruan para petualang tingkat menengah ke bawah.

Orc

Gambar: tensura.fandom.com

Orc adalah babi yang memiliki wujud seperti manusia. Orc biasanya digambarkan memiliki tinggi dan perawakan lebih tinggi dari manusia, namun ras orc ini bisanya memiliki kebiasaan buruk dalam hal kebersihan layaknya hewan babi.

Lizardman

Gambar; anilist.co

Lizardman adalah manusia kadal, makhluk jenis ini memang memiliki wujud seperti manusia dan seperti kadal. Beberapa juga ada yang berwujud manusia yang memiliki bagian tubuh kadal atau manusia setengah kadal dan sebagian ada juga kadal yang memiliki perawakan seperti manusia, seperti berdiri dengan dua kaki.

Goblin

Gambar: lostinanime.com

Goblin adalah makhluk dengan perawakan seperti manusia, tetapi tubuh mereka agak pendek dari manusia. Selain bertubuh pendek, ciri khas dari goblin yang paling mencolok adalah telinga yang runcing dan kulitnya yang berwarna hijau.

Slime

Gambar: amazon.com

Slime adalah makhluk paling lemah di dunia isekai. Mereka memiliki wujud seperti agar-agar dan lendir, makhluk ini kebanyakan dibenci wanita karena kemampuan mereka yang dapat melelehkan pakaian. Namun, sebuah gebrakan besar diperlihatkan oleh anime Tensei Shitara Slime Datta Ken, dimana sang tokoh utama yaitu Rimuru Tempest yang berwujud slime memiliki kekuatan yang sangat besar.

Wyvern

Gambar: tvtropes.org

Wyvern adalah monster bersayap dengan kepala naga, beberapa orang juga bisa menyebutnya "Naga" saja. Makhluk ini merupakan makhluk legenda yang suka tidur dan juga merupakan biang dari kerusakan kota di dunia isekai. Wyvern juga merupakan makhluk yang menandakan event terbaik bagi para petualang, pasalnya wyvern merupakan salah satu monster paling kuat di dunia isekai.

Elf

Gambar: puzzlefactory.pl

Elf adalah makhluk mirip peri yang memiliki telinga yang panjang. Wanita dari ras elf biasanya memiliki rupa wajah yang cantik, umumnya ras ini mempunyai kemampuan sihir yang hebat. Karena beberapa orang menyebut mereka meupakan sub ras dari peri.

Dwarf

Gambar: reddit.com

Dwarf adalah manusia kerdil, bisa dibilang kurcaci. Namun dwarf memiliki rupa wajah seperti orang tua, laki-laki dari ras dwarf umumnya berjenggot dan berkumis meskipun usia mereka masih muda.

Manusia Hewan lainnya

Gambar: pinterest.com

Manusia hewan memang sudah biasa, namun saya mengelompokan manusia hewan ini dalam tiga kelompok. Pertama manusia yang memiliki bagian tubuh hewan, seperti berekor atau memiliki telinga kelinci. Kedua manusia setengah hewan, seperti berkepala harimau, berekor,  memiliki cakar, gigi runcing, berbulu, insting hewan dan lainnya, namun masih memiliki tubuh manusia. Ketiga hewan yang memiliki perawakan seperti manusia, sedikit memaksakan memang karena saya memasukan kelompok ke tiga ini dalam manusia hewan. Seperti namanya, kelompok ini merupakan hewan yang memiliki wujud seperti manusia, contohnya orc dan manusia kadal.

Majo

Gambar: konosuba.fandom.com

Majo adalah nama lain dari penyihir, dalam anime Overlord mereka menyebutnya juga sebagai magic caster. Majo juga makhluk tetapi bukan ras, ini semacam profesi yang terdapat diberbagai ras isekai, termasuk manusia.

Bagaimana dengan nama-nama makhluk isekai diatas, apakah masih ada yang kurang? Jika ada masih yang kurang dari nama-nama makhluk isekai diatas, silakan anda tambahkan di kolom komentar. Nanti akan saya tambahkan di list diatas atas nama Anda, atau Anda juga bisa nitip salah satu akun media sosial jika Anda sudah menambahkan list diatas.

Oh iya. Jika ada pertanyaan kenapa penjelasan ini beda dengan anime, seperti sosok ogre yang malah mirip ras iblis di bandingkan monster? Jawabannya bisa  itu adalah penrkembangan design karakter anime supaya tidak terlalu mainstream.

Itulah artikel kali ini, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca!


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar