Skip to main content

#StayHome: Apa itu Nolep dalam Bahasa Gaul?

Nolep adalah sebuah sebuah kata nonstandar bahasa indonesia yang berasal dari bahasa inggris. Kata nolep cukup lumrah digunakan, terutama bagi mereka yang masih remaja, dan mereka yang aktif di media sosial. Saat ini kata nolep cukup lumrah digunakan di berbagai media sosial terutama facebook dan instagram, biasanya anak nolep banyak bertebaran diberbagai grup, seperti grup meme dan wibu.

Apa Arti Kata Nolep?

Nolep adalah sebuah kata plesetan yang berasal dari bahasa inggris, yaitu No Life atau tidak hidup. Maksudnya, seorang nolep mempunyai latar belakang yang membuat mereka "seolah tidak hidup", menutup diri dari dunia luar dan lebih memilih hidup sendiri.

Nolep dalam Bahasa Gaul

Di zaman yang dewasa ini, semua orang dapat berinteraksi dengan mudah menggunakan media sosial. Tidak perlu keluar rumah untuk mengobrol dengan orang lain, bahkan jika berbeda pulau sekali pun.

Salah satu dampak dari hal tersebut adalah munculnya anak-anak Nolep di media sosial yang lebih memilih berinteraksi di medsos dari pada harus repot-repot di dunia nyata. Nolep bagi mereka bukan hanya sekedar bahasa gaul tetapi ini pilihan yang mereka buat untuk menjalani hidup mereka.

Jadi dalam bahasa gaul nolep juga dapat diartikan sebagai seseorang yang menutup diri dari dunia luar dan lebih memilih aktif didunia maya/internet/medsos.

Ciri-ciri Nolep

Bagaimana sih cara untuk mengetahui nolep atau bukan, dari definisi diatas kita dapat mengetahui ciri-ciri nolep dan orang yang (maaf) sok nolep.

Mempunyai sedikit teman bahkan hampir tidak mempunyai teman

Ini pernah saya rasakan, terkadang dimana ada sebuah titik merasa saya tidak mempunyai teman, meskipun alasannya saya menghindari pergaulan yang menyimpang dari teman saya. Namun, saya juga pernah melihat kenyataan dimana ada seseorang yang sangat introvert (menutup diri) disekolah bahkan saya hampir tidak dapat merasakan hawa kehadirannya walupun banyak orang yang mengatakan tidak semua nolep itu introvert tetapi kebanyakan nolep adalah introvert.

Karena tidak mempunyai banyak teman bahkan tidak mempunyai teman, mereka yang nolep lebih baik hidup sendirian dengan kepribadian mereka dari pada harus repot-repot memperdulikan orang yang tidak memperdulikan mereka.

Ketergantungan Gadget

Gadget saat ini sudah menjadi kebutuhan vital bagi kehidupan yang modern ini, pasalnya hampir semua hal dapat dilakukan gadget, khususnya ponsel dan komputer yang dapat menghubungkan orang ke dunia luar. Nah akibat inilah mereka yang kurang dapat bergaul didunia luar lebih memilih berinteraksi secara tidak langsung dimedia sosial, pasalnya mereka dapat menyembunyikan identitas dan dirasa lebih aman dibandingkan harus mengambil resiko untuk berinteraksi secara langsung. Mungkin Anda pernah merasakan menulis lebih mudah dari pada berbicara, karena saat menulis kita dapat memikirkan kalimat apa yang akan kita tulis? Dibanding harus bicara secara spontan, apalagi harus mencari topik yang cocok untuk berbicara.

Selain efek lain dari kecanduan gadget yang menyebabkan seseorang menjadi nolep adalah banyaknya hiburan yang disediakan seperti game, situs streamming dan lainnya.

Malas bahkan tidak suka ikut kegiatan sosial

Tidak punya banyak teman, kecanduan gadget, dua hal ini dapat membuat kita apatis terhadap dunia luar (acuh tak acuh). Rasa simpati, empati dan kurangnya solidaritas inilah yang membuat mereka yang nolep berpikir dunia luar seperti ladang bully bagi mereka. Sulit memang jika kita yang awalnya hidup seperti ini harus bersosial dengan masyarakat, tidak mau jika terpakasa.

Saya sendiri merasa sedih sih, karena waktu dulu saat masih remaja sempat menjadi nolep khususnya saat masuk dunia SMA. Begitu susahnya bergaul dengan orang luar yang tidak kita kenal, efeknya saya lebih memilih hidup menggulung ponsel dan imbasnya saya berpikir "bukan hanya lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat dan keluarga tidak bagus untuk saya. Gadget adalah teman."

Namun sedikit demi sedikit saya berubah, mulai belajar menyukai kegemaran orang lain, ikut nongkrong walau hampir tidak pernah ngobrol. Saya suka anime, tapi saya bukan Wibu, maupun Otaku dan mungkin disebut Animers pun saya tidak tahu.

Intinya lepas dari dunia nolep, karena saya akan dewasa, saya butuh kerja, dan saya butuh bantuan orang lain.

Alasan orang menjadi Nolep

Tidak semua orang tiba-tiba menjadi nolep tanpa alasan, tentu pasti ada alasannya.

  1. Kurang percaya diri
  2. Pergaulan luar yang buruk
  3. Mengalami traumatis
  4. Terlalu di manja
  5. dll


Apa perbedaan Introvert, Nolep, Hikikomori dan NEET?

Introvert adalah sebuah kepribadian dan nolep adalah sebuah penyakit mental. Lalu apa Hikikomori dan NEET? Hikikomori adalah orang yang mengurung diri dikamar dan lebih memilih kehidupannya dikamar, sedangkan NEET kalau diartikan dalam bahasa indonesia dapat memiliki arti seseorang yang tidak memiliki kemampuan khusus, tidak mempunyai pendidikan dan tidak dalam pelatihan, lebih identik dengan pengangguran.

Lebih lengkapnya kalian dapat membaca artikel Perbedaan Hikikomori dan NEET.

Tadinya saya ingin membuat artikel ±300 kata untuk pengertian nolep dalam bahasa gaul, namun karena sepertinya saya menikmati proses menulis ini ya saya ungkapkan semua saja opini saya.

Tidak ada maksud untuk menyudutkan anak nolep atau mengatakan nolep itu adalah pilihan yang baik bagi kalian, intinya hidup itu tidak sederhana dan sangat komplek. Apalagi manusia yang mempunyai akal dan pikiran, serta pilihan. Intinya lakukanlah seseuatu yang baik, dan sadarilah manusia itu makhluk yang terkadang harus bersosialisai dan terkadang harus individual.

Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca!


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar