Skip to main content

Urutan Nonton Anime .hack Berdasarkan Jalan Cerita

.hack adalah sebuah franchise game, anime, manga dan film terkenal ditahun 2000'an. Dalam artikel ini saya akan membahas urutan dari franchise anime .hack ini, berdasarkan referensi dari myanimelist.net biasa kita kenal MAL. Saya akan coba menjabarkan urutan dari anime .hack series ini berdasarkan jalan cerita (Sequel dan Prequel), berikut urutannya.
.hack adalah sebuah franchise game, anime, manga dan film terkenal ditahun 2000'an. Dalam artikel ini saya akan membahas urutan dari franchise anime .hack ini, berdasarkan referensi dari myanimelist.net biasa kita kenal MAL. Saya akan coba menjabarkan urutan dari anime .hack series ini berdasarkan jalan cerita (Sequel dan Prequel), berikut urutannya.
Image from polygon.com

#1. .hack//Sign

Sequel: .hack//Tasogare no Udewa Densetsu, .hack//Roots, .hack//Intermezzo, .hack//Unison
Pengaturan alternatif: .hack//Liminality
Cerita Sampingan: .hack//Gift
Lainnya: .hack//Quantum, .hack//The Movie: Sekai no Mukou ni
Rilis: April 4, 2002 - September 26, 2002

#1.1. .hack//Quantum

Cerita Sampingan:  .hack//Quantum: Sore ike! Bokura no Chimuchimu-chan!!

#1.2. .hack//The Movie: Sekai no Mukou ni

Cerita Sampingan: .hack//Versus: The Thanatos Report
Sinopsis: Seorang wavemaster muda yang memiliki nama alias Tsukasa terbangun didalam sebuah game MMORPG bernama The World, dengan sedikit kehilangan ingatannya. Tsukasa tidak tahu apa yang ia lakukan sebelumnya sebelum dia terbangun di The World. Disana dia dicurigai sebagai seorang hacker oleh para Crimson Knight, alasanya adalah karena ia terlihat memiliki karakter tweak dalam bentuk kucing. Tsukasa berkeliaran mencari alasan kenapa ia ada disana.

Ketika Tsukasa menjelajahi tempat tersebut, ia menemukan benda ajaib yang berbentuk "wali," benda tersebut  menjanjikan perlindungan dari segala bahaya. Kemudian Subaru sang pemimpin Crimson Knights, bersama dengan beberapa pemain lain yang kenal dengan Tsukasa, mulai menyelidiki mengapa Tsukasa tidak dapat keluar dari game tersebut, sebelum mereka kehabisan waktu.

#2. .hack//Tasogare no Udewa Densetsu

Cerita Sampingan: .hack//Gift, .hack//Tasogare no Udewa Densetsu: Offline de Aimashou
Pengaturan alternatif: .hack//Roots
Lainnya: .hack//Quantum
Rilis: Januari 9, 2003 - Maret 27, 2003
Sinopsis: Untuk memenangkan karakter legendaris Kite dan Black Rose dari sebuah event yang diadakan oleh creator game MMORPG The World, Shugo dan saudara kembarnya Rena mengikuti event tersebut. Disana mereka mendapatkan teman-teman baru yaitu, Ouka, Mirelle, Hotaru dan Sanjuro. Namun tiba-tiba, monster misterius muncul, menyerang mereka dan menyebabkan mereka mengalami koma didunia nyata. Namun, Shugo dan Rena berhasil selamat, terdapat misteri dalam kejadian tersebut, mengapa mereka menjadi sasaran dan rahasia apa yang ada di game tersebut?

#3. .hack//Roots

Sequel: .hack//G.U. Trilogy
Lainnya: .hack//Quantum
Rilis: April 6, 2006 - September 28, 2006
Sinopsis: Setelah kehancuran game MMORPG The World pada tahun 2015, akhirnya perusahaan CC Korporasi dibangun kembali, sebuah game menggunakan data dari game The World dibuat ulang, The World R: 2 yang dirilis pada tahun 2016. Banyak pemain baru bergabung ke game itu, Haseo dihidupkan kembali oleh seorang pria misterius yang dikenal sebagai Ovan. Dengan beberapa masalah, Haseo mendapat bantuan dari Harvest, seorang perempuan yang dikenal sebagai Shino. Di tengah rasa ingin tahu, Haseo bergabung dengan guild yang dikenal sebagai Brigade Twilight. Guild tersebut mempunyai tujuan untuk mencari objek legendaris yang dikenal sebagai “Kunci dari Twilight“.

#4. .hack//G.U. Trilogy

Sequel: .hack//G.U. Returner
Cerita Sampingan: .hack//G.U. Trilogy: Parody Mode
Lainnya: Daitai 3-pun de Wakaru .hack History
Rilis: Maret 25, 2008
Sinopsis: Didalam game MMORPG yang bernamaThe World: R2 terdapat seorang pemain yang disebut Player Killer Killer (PKK), ia bernama Haseo yang dikenal dengan sebutan Terror Of Death. Dalam petualangannya dia membunuh semua anggota guild Player Killer (PK) sendirian untuk balas dendam demi mencari informasi tentang Tri-Edge yang telah membunuh orang disayanginya, Shino.

#5. .hack//G.U. Returner

Versi alternatif: .hack//Sign
Cerita Utama: .hack//Roots
Rilis: Januari 18, 2007
Sinopsis: Karakter dari .hack//G.U dan .hack//Roots menerima email dari Ovan, dia meminta mereka untuk pergi ke Festival Hidden Forbidden. Di mana dalam festival tersebut diatur sebuah misteri festival musim panas yang misterius. Di sana mereka menemukan AIDA Chim Chim yang ingin bekerja sama dengan para pemain game The World lainnya. Kerjasama tersebut kemudian dikenal dengan kata "Returner", mereka menganggap hal itu sebagai pertanda Ovan akan kembali ke The World.

#6. .hack//Intermezzo

Rilis: Maret 28, 2003
Sinopsis: Di The World terdapat sebuah event yang diadakan di Dungeon of Nankoflank, Mimiru seorang karakter dalam game, mengikuti event bersama Bear. Mimiru mengatakan kepada Bear bahwa dia  mengikuti event tersebut bukan karena harta, tetapi sebagai kenangan dan pengalaman ketika dia pertama kali mulai bermain game tersebut. Keduanya kemudian bertemu dengan karakter lain yang bernama Mimika, bersama-sama mereka bertiga melanjutkan pencarian di event tersebut, sembari Mimiru belajar arti dari game tersebut.

#7. .hack//Unison

Rilis: Oktober 24, 2003
Sinopsis: Di suatu tempat di MMORPG yang disebut The World, sebuah kelompok berkumpul di sebuah pub, menunggu dimulainya suatu event. Di sana teman-teman lama dan kenalan bertemu kembali, termasuk mereka yang jarang masuk. Beberapa bahkan menjalin hubungan baru untuk pertama kalinya. Bersama-sama mereka diundang oleh hacker Helba, kelompok itu berangkat ke acara di Net Slums di mana sebuah perayaan menunggu mereka semua.


Itulah urutan dari franchise anime .hack series, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar