Skip to main content

Cara Mudah Menulis Artikel Blogger Lewat Ponsel Android dengan WYSIWYG HTML Editor

Blogging (ngeblog) merupakan kegiatan yang menyenangkan, apalagi jika kegiatan tersebut dapat menghasilkan pemasukan untuk kita. Salah satu kegiatan blogging yang sering kita lakukan adalah menulis artikel, tentu saja hal tersebut merupakan kegiatan utama dalam blogging. Di zaman modern ini, kegiatan blogging seperti menulis artikel dapat dilakukan dimana saja dengan mudah dan cepat, tentunya dengan dukungan perangkat yang memadai, smartphone contohnya.

Smartphone sering dijadikan alat untuk menulis artikel untuk blog, terutama smartphone android yang banyak dipakai orang-orang saat ini. Smartphone dengan OS Android lebih banyak digunakan di Indonesia ketimbang jenis smartphone lain, tentu saja alasannya karena banyak produk yang bervariasi dan perusahaan yang memasarkan smartphone jenis ini. Sehingga banyak sobat termasuk saya yang menggunkan smartphone android untuk melakukan kegiatan blogging, seperti menulis artikel.

Banyak cara yang orang lakukan untuk menulis artikel agar lebih mudah dan cepat dengan menggunkan android, tetapi menurut saya menulis lewat PC memang lebih mudah dibanding menggunakan android. Namun, karena saya lebih banyak menggunakan smartphone android dibandingkan PC, maka saya mencoba mencari beberapa cara agar lebih mudah dan cepat saat menulis menggunakan android. Akhirnya, terinfirasi dari "halaman menulis artikel" yang disediakan salah satu platform blog. Saya mencari aplikasi bernama WYSIWYG, dan ternyata aplikasi tersebut tersedia di playstore. Cukup nyaman untuk saya gunakan, dibandingkan dengan menulis langsung di blogger yang memiliki tampilan desktop.

Oke, berikut tips dari saya menggunakan aplikasi WYSIWYG untuk menulis artikel di blogger lewat ponsel/hp android.

Apa itu WYSIWYG?

WYSIWYG adalah singkatan dari What You See Is What You Get, atau "Apa Yang Anda Lihat Adalah Apa Yang Anda Dapatkan." Saya tidak akan terlalu mengenalkan apa itu WYSIWYG ini, kita langsung saja ke inti dari artikel ini.

Tutorial menulis artikel dengan WYSIWYG

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstall aplikasi WYSIWYG di playstore, banyak aplikasi jenis ini, namun aplikasi yang saya gunakan berada di link berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=web.dassem.com.wysiwyghtmleditor.

Bukalah WYSIWYG dan cobalah tulis sebuah artikel. Terdapat banyak tools disana, dan cara yang digunakan kebanyakan sama dengan cara menulis di blogger. Namun untuk saya pribadi lebih user-friendly, menulis dengan cara ini dibanding menulis langsung di blogger.

Salin dan tempel ke blogger. Tekan tombol Code View (</>) dimenu tools dan salin semua kode html-nya dan tempel di blogger.

Sebelum ditempel, pastikan Anda berada dalam mode HTML dan bukan dalam mode Compose. Blok/Tandai semua teks yang ada dan tempelkan kode yang disalin sebelumnya.

Untuk menambahkan gambar, Anda bisa lakukan  di blogger saja. Soalnya jika dilakukan di WYSIWYG sedikit rumit, namun untuk melalukan penambahan teks tebal, miring, garis bawah, h1-h6, dll dapat dilakukan menggunakan aplikasi WYSIWYG ini.

Jangan lupa Anda harus sering melakukan melakukan Save as/Save supaya tulisan Anda tidak hilang jikalau ada masalah. Oke, tidak banyak cara yang saya gunakan ketika menulis dengan metode ini. Saya sendiri sudah lama menggunkan cara ini, namun baru kali ini saya share disini. Mungkin artikel kali ini kurang bermanfaat, namun saya harap dapat menjadi solusi bagi Anda, khususnya user smartphone android.

Terima kasih sudah membaca!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar