Urutan Nonton Shingeki No Kyojin Berdasarkan Tanggal Rilis

Urutan Nonton Shingeki No Kyojin Berdasarkan Tanggal Rilis

Shingeki no Kyojin atau Attack on Titan adalah serial anime yang diadaptasi dari manga yang berjudul sama karya Hajime Isayama. Anime Dark Fantasy ini sukses menjadi salah satu anime populer dan terbaik, serta setiap jeda untuk menjelang penanggalan rilisnya selalu menjadi salah satu anime yang paling ditungu-tunggu. Selain itu, Shingeki no Kyojin telah sukses di adaptasi menjadi film Live Action, meskipun dari segi cerita ada beberapa perbedaan antara Shingeki no Kyojin versi LA dan versi Anime. Biasa dikatakan bentuk dari penyesuaian.

Gambar: vinereport.com

Kepopuleran anime ini tidak berhenti disitu saja, beberapa pengembang telah mengadaptasinya menjadi sebuah permainan di berbagai platform, seperti Blu-ray, Web Browser, Mobile Phone dan Nintendo 3DS. Meskipun kebanyakan permainannya bergenre visual novel. Bagi yang sudah mengikuti anime ini dari awal bahkan untuk yang belum pun pasti ada yang kenal dengan judul lagu Shinzou wo Sasageyo! dari Linked Horizon. Ya! Linked Horizon menjadi pengisi original soundtrack terbanyak dalam anime ini, dan hampir semua lagu atau kemungkinan semua lagu dari Linked Horizon dalam anime ini bisa dikatakan enak untuk didengar.

Saat artikel ini dimuat sudah ada 3 season yang dihasilkan anime ini (season 3 dibagi menjadi 2 court/part), namun tahukah kamu, jika banyak judul anime yang dirilis berdasarkan cerita anime ini? Tepatnya lebih dari sepuluh judul, termasuk OVA, Movie, TV Series dll. Bagi yang belum tahu atau yang ingin memulai mengikuti anime ini, berikut saya tuliskan daftar lengkap urutan untuk menonton anime shingeki no kyojin atau attack on titan berdasarkan tanggal rilis.

#1. Shingeki no Kyojin Season 1

Judul Alternatif: Attack on Titan Season 1
Rilis: April 7, 2013 - September 29, 2013
Episode: 25
Sinopsis: Umat manusia hampir dalam kepunahan, mereka hidup disebuah tempat yang dikelilingi benteng yang sangat tinggi untuk melindungi mereka dari Raksasa. Raksasa tersebut bernama Titan, mereka yang memakan manusia dengan wujud demi-human yang tidak memiliki akal. 100 tahun kemudian semenjak manusia berada dalam kedamaian didalam benteng, tiba-tiba muncul makhkuk raksasa yang melebihi tinggi benteng dan menghancurkan benteng tersebut. Alhasil makhluk raksasa lainnya masuk dan memakan manusia, Eren dan Mikasa mencoba untuk menyelamatkan diri. Sayangnya ibu Eren dimakan oleh makhluk tersebut, Dia pun bersumpah akan membunuh raksasa tersebut demi melindungi manusia dan orang-orang yang ia cintai.

#2. Chimi Kyara Gekij┼Ź – Tondeke! Kunren Heidan

Judul Alternatif: Chibi Theater: Fly, Cadets, Fly!
Rilis: Juli 17, 2013 - Maret 19, 2014
Episode: 9
Sinopsis: Animasi Shingeki no Kyojin versi Chibi.

#3. Shingeki no Kyojin Season 1 OVA

Judul Alternatif: Attack on Titan Season 1 OVA
Rilis: Desember 9, 2013 - Agustus 8, 2014
Episode: 3
Sinopsis: OVA dari season pertama.

#4. Attack on Titan – Part 1: Crimson Bow and Arrow

Judul Alternatif: -
Rilis: November 22, 2014
Episode: 1, 120 menit
Sinopsis: Rekap film dari Anime Shingeki no Kyojin season pertama, dari episode 1 - 13. Terdapat juga beberapa adagan baru.

#5. Shingeki no Kyojin Kui Naki Sentaku

Judul Alternatif: Attack on Titan: No Regrets
Rilis: Desember 9, 2014 – April 9, 2015
Episode: 2
Sinopsis: Menceritan masa lalu Levi ketika ia masih berada di distrik bawah tanah dan bagaimana awal mulai levi mulai bergabung dengan pasukan pengintai.

#6. Attack on Titan – Part 2: Wings of Freedom

Judul Alternatif: -
Rilis: Juli 27, 2015
Episode: 1, 120 menit
Sinopsis: Rekapan film Shingeki no Kyojin season 1 dari episode 14 - 25, yang menceritakan Eren yang bergabung dengan squad Levi dan Eren yang belajar tentang kekuatan misteriusnya.

#7. Shingeki no Kyojin Season 2

Judul Alternatif: Attack on Titan Season 2
Rilis: April 1, 2017 - Juni 17, 2017
Episode: 12
Sinopsis: Eren Yaeger bersumpah akan memusnahkan semua Titan yang telah membunuh umat manusia. Namun sesuatu yang mengejutkan terjadi pada dirinya, ia berubah menjadi makhluk yang ia benci, Titan. Tetapi hal tersebut menjadi sebuah keberuntungan juga bagi pihak Eren, karena dengan kondisinya saat ini, ia dapat bertarung melawan Titan dengan seimbang. Hal itu juga yang berhasil membuatnya menang melawan Titan perempuan, namun segerombolan Titan kembali mendekati benteng Rose. Tak ada waktu bagi Eren dan rekannya untuk beristirahat, mereka pun memulai pertempurannya kembali.

#8. Shingeki no Kyojin: Lost Girls

Judul Alternatif: Attack on Titan: Lost Girls
Rilis: Desember 8, 2017 – Agustus 9, 2018
Episode: 3
Sinopsis: Anime Shingeki no Kyojin berdasarkan sudut pandang Mikasa Ackerman dan Annie Leonheart. Cerita di bagi menjadi 3 episode. Lost in the cruel world, mencerikatan hubungan Mikasa dan Eren. Wall Sheena, Goodbye, menceritakan Annie yang mencari seorang gadis di distrik Stohess . Lost Girls, menceritakan Mikasa yang menanyakan kenapa Annie ingin bergabung dengan satuan pelatihan.

#9. Attack on Titan: The Roar of Awakening

Judul Alternatif: -
Rilis: Januari 13, 2018
Episode: 1, 120 menit
Sinopsis: Eren Yeager dan Anggota Survey Corps baru saja mulai menjalani pelatihan ke-104 untuk menjadi anggota resmi dari Survey Corps. Ketika mereka siap untuk menghadapi Titan, persiapan mereka terganggu oleh invasi Wall Rose. Namun semuanya tidak seperti yang mereka ketahui, karena semakin banyak misteri yang terungkap. Ketika Pasukan Survey Corps berjuang untuk menyelamatkan benteng, mereka menemukan banyak Titan yang menyerang dan sebuah rahasia gelap dari pihak mereka sendiri.

#10. Shingeki no Kyojin Season 3 Court/Part 1

Rilis: Juli 23, 2018 - Oktober 15, 2018
Episode: 12
Sinopsis: Eren dan Historia telah berhasil dibawa pulang dari Hange melakukan serangkaian eksperimen pada Eren untuk mencari tahu lebih jauh tentang kemampuan saat berubah menjadi Titan. Sekarang Eren dan teman-temannya berada di bawah perlindunan Levi. Namun sangat di sayangkan satu-satunya orang yang menyimpan rahasia di balik Tembok telah dibunuh. Insiden ini mengharuskan regu Levi pindah berlindung ke tempat yang lebih aman. Namun ada sosok orang dari masa lalu Levi yang tidak membiarkan hal tersebut terjadi.

#11. Shingeki no Kyojin Season 3 Court/Part 2

Rilis: April 29, 2019 - Juli 1, 2019
Episode: 10
Sinopsis: Musuh baru kembali muncul, Eren yang baru saja berhasil diselamatkan oleh pasukan Scout Legion dari genggaman Reiner dan Bertholt, merasa bersalah karena banyak korban hanya demi menyelamatkan dirinya. Namun semangat Eren berhasil di tumbuh kembali setelah teman-temannya mengatakan kekuatan pengendali titan berhasil ia miliki. Musuh yang muncul kali ini adalah dari kelompok manusia yang menolak hak asuh Eren dan Historia. Dan kemudian musuh yang tidak asing lagi baginya tiba-tiba muncul kembali.

#12. Shingeki no Kyojin: Chronicle

Rilis: Juli 17, 2020
Episode: 1
Sinopsis: Rekapan 59 episode dari musim pertama sampai musim ketiga.

#13. Shingeki no Kyojin: The Final Season

Rilis: Desember 7, 2020 - ?
Episode: Belum diketahui
Sinopsis: Musim terakhir Shingeki no Kyojin

Nah, itulah urutan nonton anime shingeki no kyojin atau attack on titan berdasarkan tanggal rilis. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca!
Baca Juga