Skip to main content

#StayHome: Daftar Anime Karya Makoto Shinkai

The Garden of Words, 5 Centimers per Second dan Kimi no Na Wa hingga Tenki no Ko merupakan anime yang memiliki grafik yang sangat perfect sehingga benar-benar sangat nikmat untuk di tonton. Tahukah kamu siapa yang ada di balik semua film anime itu? Yap, Benar Sekali! Ia adalah Makoto Shinkai, Pria kelahiran 9 Februari 1973 asal Koumi, Nagano, Jepang ini lah yang ada dibalik semua film-film tersebut. Sebelum terkenal sebagai pembuat karya-karya anime dengan grafis yang sangat bagus, Shinkai pertama kali menjadi direktur pada anime Kakomareta Sekai (sebuah film pendek) sekaligus menjadi seorang animator pada tahun  1998.
Gambar “Makoto Shinkai” dari www.awardscircuit.com

Setelah itu ia menghasilkan banyak karya anime dengan bertemakan Romance dan ciri khas dari anime karya Shinkai adalah “Cerita yang menggantung”. What! Apakah itu buruk? Tentu saja tidak, semua orang bebas membuat cerita seperti apa, meskipun itu happy ending ataupun Sad ending. Justru itu sangat realistis, kehidupan yang nyata tidak seperti film yang seolah sudah di setting. Sangat realistis sehingga membuat orang penasaran, “bagaimana kelanjutannya, lah kok?”.

Pernah nonton Kimi no Na Wa? atau yang lebih realistis seperti 5 Centimers per Second? Yap yang sudah nonton pasti sudah tahu bagaimana kualitas dan ciri khas dari anime karya Shinkai ini.

Shinkai menulis banyak karya yang dibuat anime, namun ada juga beberapa anime yang dikerjakan Shinkai diluar dari yang ia tulis sendiri, yaitu.
  1. Kakomareta Sekai, Direktur dan Animator.
  2. Tooi Sekai, Direktur dan Animator.
  3. Minna no Uta "Egao", Direktur.
  4. Dareka no Manazashi, Direktur.

Saat ini ada 11 anime yang telah di kerjakan Shinkai, 4 di atas merupakan di luar karyanya sebagai penulis cerita dan 8 sisanya dibawah ini merupakan hasil karya Makoto Shinkai yang ia tulis langsung. So, penasaran kita langsung saja ke daftarnya. Berikut daftar film anime karya Makoto Shinkai.

#1. Kanojo to Kanojo no Neko (She and Her Cat)

Gambar: aminoapps.com

Rilis: 19 April 2002
Berkisah tentang Dia, yaitu seorang wanita yang namanya tidak pernah diucapkan, dan kucing kesayangannya, Chobi. Pertemuan pertama mereka sangat lah indah. Suatu hari hujan, Dia menemukan Chobi yang ditinggalkan di luar dan memutuskan untuk membawanya pulang. Chobi langsung jatuh hati pada pemiliknya yang baik hati dan lembut. Dia tidak hanya menemukan rumah, tetapi juga cinta dalam hidupnya. Tapi bisakah hubungan mereka menjadi lebih dari sekadar hewan peliharaan dan pemilik?

#2. Hoshi no Koe (Voices of a Distant Star)

Gambar: www.manganetworks.co

Rilis: 2 Februari 2002
Merupakan kisah cinta LDR, yang menggunakan pesan surat antara anak laki-laki dan perempuan. Berlatar waktu pada tahun 2046, pada saat itu ada sebuah penemuan reruntuhan peradaban alien di planet Mars. Manusia telah mampu membuat lompatan besar dalam teknologi dan berencana mengirim ekspedisi ke ruang angkasa untuk tahun berikutnya. Nagamine Mikako dan Terao Noboru adalah siswa SMP. Namun, sementara itu Noboru akan segera memasuki SMA pada musim dingin mendatang, sedangkan Mikako dipilih untuk bergabung dengan ekspedisi ke ruang angkasa.

#3. Kumo no Mukō, Yakusoku no Basho (The Place Promised in Our Early Days)

Gambar: brilio.net

Rilis: 20 November 2004
Kehidupan alternatif tahun 1974 di Jepang, negara terpecah menjadi dua bagian. Pulau-pulau bagian selatan dikontrol oleh Amerika dan utara oleh Uni Soviet. Hokkaido, disebut sebagai Ezo di “Kumo no Mukou Yakusoku no Basho” membangun menara yang dirancang oleh Ekusun Tsukinoe.

Pada tahun 1996, pembangunan Menara Hokkaido selesai dan tiga siswa Aomori mempunyai mimpi besar tentang menara ini. Hiroki Fujisawa dan Takuya Shirakawa dianggap sebagai keajaiban dari anak-anak, dan keduanya memendam perasaan romantis  kepada Sayuri Sawatari, meskipun tidak satu pun dari mereka yang berani mengakuinya.

Ketika sebuah drone jatuh, kedua bocah itu memutuskan untuk memperbaikinya dan terbang ke puncak Menara Hokkaido. Ada seseorang yang membantu mereka, yaitu bos mereka di pabrik militer, Okabe. Mereka menamai drone itu dengan Bella Ciela, tetapi sebelum mimpi mereka untuk terbang itu terwujud, Sayuri menghilang. Tanpa diketahui mereka, kepergiannya berhubungan  dengan menara yang di impikan mereka.

#4. Byōsoku Go Senchimētoru (5 Centimeters per Second)

Gambar: ekokurniady.com

Rilis: 3 Maret 2007
Takaki Tōno dan Akari Shinohara mereka bersekolah di tempat yang sama ketika baru saja mereka pindah ke sekolah dasar, mereka berdua langsung dekat dan menjadi sahabat. Mereka semakin dekat satu sama lain, karena keduanya memiliki 
yang sama seperti mudah sakit sehingga lebih suka bermain di perpustakaan. Mereka, satu sama lain, saling memanggil nama depan tanpa menambahkan nama belakang, yang menurut kultur Jepang menandakan persahabatan dan keakraban yang mendalam.

#5. Hoshi o Ou Kodomo (Children Who Chase Lost Voices)

Gambar: brilio.net

Rilis: 7 Mei 2011
Menjadi siswa yang berbakat dan mengurus rumah sendirian selama ibunya tidak ada, satu-satunya hal menarik bagi Asuna Watase adalah mendengarkan radio kristal di tempat persembunyian rahasianya di gunung. Suatu hari, dia tanpa sengaja menyanyikan melodi yang misterius dan melankolis, sebuah lagu yang berbeda dari apa pun yang pernah dia dengar sebelumnya. Setelah itu, seorang anak laki-laki yang misterius bernama Shun menyelamatkannya dari makhluk yang berbahaya. Hal tersebut menyeret Asuna dalam perjalanan panjang ke tanah yang telah lama hilang yang melampaui imajinasinya, mengubah kehidupannya yang dulu melodis menjadi sebuah petualangan yang rumit.

#6. Kotonoha no Niwa (The Garden of Words)

Gambar: fanpop.com

Rilis: 31 Mei 2013
Takao Akizuki merupakan siswa SMA yang suka bolos ketika hujan, Dia lebih suka men- design sepatu di bawah gasebo yang berada di sebuah taman. Di saat itulah ia bertemu dengan seorang wanita misterius, ia suka makan coklat sambil minum bir. Dia pikir wanita tersebut juga suka bolos. Mereka berkenalan dan kemudian menjadi dekat. Setiap hujan tiba, mereka selalu bertemu di gasebo tersebut. Namun musim hujan hampir berakhir, apa mereka akan bertemu kembali?

#7. Kimi no na wa (Your Name)

Gambar: redbubble.com

Rilis: 3 Juli 2016
Mitsuha mengalamai kejadian aneh, tiba-tiba di saat ia bangun tubuhnya berubah menjadi seorang laki-laki. Taki pun juga sama ketika bangun tubuhnya berubah menjadi seorang perempuan. Setelah di selidiki ternyata mereka berdua bertukar tubuh ketika bangun tidur dan kembali normal ketika bangun kembali. Lantas apakah yang akan terjadi ketika mereka menggunkan tubuh yang bukan mereka miliki, apakah mereka bisa hidup dengan menyesuaikan lingkungan sekitar mereka? Di tambah Taki yang hidup di perkotaan sedangkan Mitsuha hidup di sebuah desa yang bernama Itomori.

#8. Tenki no Ko (Weathering With You)

Gambar: comicsnewsboom.com

Rilis: 19 Juli 2019
Bercerita tentang seorang anak laki-laki dan seorang anak perempuan yang mengalami kejadian yang membingungkan selama era di mana keseimbangan cuaca menjadi berantakan. Hotaka Morisaki yang merupakan seorang siswa SMA berlari keluar dari rumah di sebuah pulau yang jauh dari Jepang, ia bertemu dengan Hina Amano, yang merupakan seorang gadis dengan kekuatan misterius yang mampu membuat cuaca cerah hanya dengan “berdoa.”


Bagaimana sudah adakah yang sudah pernah Anda tonton? So, daftar anime tersebut bisa di katakan sebagai anime dengan grafis terbaik. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca!


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar