Skip to main content

Urutan nonton anime Sword Art Online berdasarkan tanggal rilis

Sword Art Online atau sering disingkat SAO adalah anime yang diadaptasi dari novel ringan karya Reki Kawahara dan diilustrasikan oleh ABEC. SAO berlatar waktu dimasa depan yang cukup dekat, yaitu tahun 2022. Diceritakan pada masa itu terdapat sebuah mesin yang dapat memainkan permainan berjenis Virtual Reality MMORPG (VRMMORPG). Dengan menggunakan mesin tersebut para pemain game VRMMORPG dapat mengkontrol karakter mereka didunia virtual melalui pikiran. Untuk saat ini anime SAO sudah memiliki beberapa judul anime series dan movie, jika Anda baru didunia per-anime-an dan ingin mencoba nonton anime SAO. Berikut urutan untuk nonton SAO berdasarkan tanggal rilis.



#1. Sword Art Online

Rilis: 8 Juli 2012
Episode: 25
Anime terkait: Sword Art Online: Sword Art Offline
Sinopsis: Pada tahun 2022 sebuah permainan Virtual Reality bernama Sword Art Online (SAO) Rilis, permainan tersebut menggunakan helm bernama NerveGear yang mampu mengontrol karakter permainan didalam SAO melalui pikiran mereka. Pada tanggal 6 November 10.000 pemain login termasuk Kirito, namun mereka menyadari bahwa tidak dapat melakukan Logout atau menghubungi Game Master. Akhirnya mereka dipaksa mengalahkan bos terakhir di lantai 100 dalam permain tersebut agar bisa keluar dari game tersebut. Mereka yang mati, kehabisan HP, atau memaksa melepaskam helm akan mati didunia nyata.

#2. Sword Art Online: Extra

Rilis: 31 Desember 2013
Episode: 1
Anime terkait: Sword Art Online: Sword Art Offline - Extra Edition
Sinopsis: Kirito terpaksa mengambil quest water-challenge demi anaknya Yui yang ingin melihat ikan paus, tetapi ada sedikit masalah mengenai teman satu guid-nya yang juga merupakan sepupunya yaitu Leafa (Suguha) yang lemah terhadap air dan tidak dapat berenang. Akhirnya Asuna menawarkan diri kepada Suguha untuk mengatasi kelemahannya tersebut, dengan cara mengajaknya berenang didunia nyata.

#3. Sword Art Online II (Sword Art Online: Phantom Bullet)

Rilis: 5 Juli 2014
Episode: 24
Anime terkait: Sword Art Online II: Debriefing, Sword Art Online II: Sword Art Offline II, Sword Art Online Fatal Bullet: The Third Episode - Pilot-ban, Sword Art Online Fatal Bullet: The Third Episode
Sinopsis: Satu tahun sesudah kejadian SAO Kirito diperintahkan oleh pemerintah Japang untuk menyelidiki permainan bernama Gun Gale Online (GGO), dalam permainan tersebut ada seorang pemain yang bernama Death Gun. Death Gun mampu membunuh pemain lain secara nyata dengan cara menembakan pistolnya pada avatar yang ada didalam game tersebut.

#4. Sword Art Online: Ordinal Scale

Rilis: 18 Februari 2017
Episode: 1
Anime terkait: Sword Art Online Movie: Ordinal Scale - Sword Art Offline
Sinopsis: Pada tahun 2026, sebuah mesin baru bernama Augma dikembangkan untuk menyaingi NerveGear. Augma dilengkapi dengan sistem Argumented-Reality yang memungkinkan pemainnya dapat masuk kedalam permainan, fitur ini sangat aman karena pemain tidak akan kehilangan kesadaran. Alhasil Augma-pun meledak dipasaran. Game paling populer dalam mesin ini adalah Ordinal Scale (OS), game yang sengaja dikembangkan untuk sistem Augma. Kirito dan Asuna ikut dalam permainan tersebut, tetapi mereka menganggap bahwa OS bukan sekedar permainan semata.

#5. Sword Art Online Alternative: Gun Gale Online

Rilis: 8 April 2018
Episode: 12
Anime terkait: Sword Art Online Fatal Bullet: The Third Episode - Pilot-ban, Sword Art Online Fatal Bullet: The Third Episode, Sword Art Online Alternative: Gun Gale Online - Refrain
Sinopsis: Ini merupakan spin-off dari anime Sword Art Online yang menceritakan Kohiruimaki Karen, Dia merasa di dunia nyata ini tidak ada lagi tempat untuk dirinya karena ia mempunyai tinggi badan di atas rata-rata dibandingkan gadis seumurannya. Sehingga Dia kesulitan untuk berteman dengan gadis-gadis lain yang seumuran dengannya. Tetapi, semuanya mulai berubah ketika dia mulai mengenal sebuah game VR bernama Gun Gale Online (GGO). Di dalam game tersebut, dia dapat sesuka hatinya memainkan avatar yang imut, yang berbeda jauh dengan dirinya di dunia nyata.

#6. Sword Art Online: Alicization

Rilis: 7 Oktober 2018
Episode: 24
Anime terkait: Sword Art Online: Alicization - Recollection
Sinopsis: Kirito dihubungi oleh pihak JSDF untuk melakukan uji coba sistem Rath untuk menggunakan perangkat Full Dive generasi baru bernama Soul Translator (STL) sebagai bagian dari Project Alicization. Dalam uji coba tersebut Kirito hidup didunia Virtual bernama Underworld, namun tiba-tiba salah satu pelaku Death Gun menyerangnya. Kirito berada dalam kondisi kritis dan akhirnya Ia dibawa diam-diam ke fasilitas rahasia milik militer, Kirito-pun disembuhkan menggunakan Soul Translator untuk pemulihan lukanya. Selama tidak sadarkan diri Kirito, kesadaran Kirito masuk ke dalam dunia Underworld. Underworld memiliki alur waktu ribuan kali lebih cepat berkat adanya teknologi bernama Fluct Light Acceleration.

#7. Sword Art Online: Alicization - War of Underworld

Rilis: Oktober 13, 2019 - Desember 29, 2019
Episode: 12
Sinopsis: Part kedua dari anime Sword Art Online: Alicization

#8. Sword Art Online: Alicization - War of Underworld 2

Rilis: Apr, 2020 - ?
Episode: 11
Sinopsis: Part kedua dari anime Sword Art Online: Alicization - War of Underworld


Itulah urutan anime SAO berdasarkan tanggal rilis. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar