Skip to main content

#StayHome: Urutan Nonton Anime Free! Berdasarkan Tanggal Rilis

Anime Free! adalah anime series yang merupakan hasil adaptasi dari light novel Kouji Ouji dengan judul High Speed. Anime ini menceritakan sekelompok anak muda yang menggeluti dunia renang, berawal dari pertemuan mereka pada masa SD yang berakhir terpisah dan kemudian bertemu kembali saat setelah mereka masuk SMA.
Gambar: nefariousreviews.com

Telah banyak series maupun movie dari anime ini, bila Anda baru akan menonton anime ini, berikut urutan anime Free! series berdasarkan tanggal rilis.

#1. Free! - Iwatobi Swim Club (Season 1)

Rilis: 4 Juli 2013 - 26 September 2013
Cerita Sampingan: Free!: FrFr - Short Movie
Sinopsis: Tepat sebelum kelulusan SD Haruka Nanase bersama ketiga temannya; Rin Matsuoka, Nagisa Hazuki dan Makoto Tachibana memenangkan lomba renang estafet. Setelah itu mereka berpisah dan selang beberapa waktu mereka mulai bersama lagi di SMA Iwatobi. Namun Rin berada disekolah yang berbeda dan dia tidak begitu peduli kepada kenangan masa lalunya, malah Rin ingin jadi perenang terbaik diatas Nanase. Setelah reuni pahit tersebut Nanase, Nagisa dan Makoto membuat klub renang di SMA Iwatobi. Tetapi mereka membutuhkan satu anggota baru, lalu masuklah Rei Ryuugazaki mantan anggota klub trek yang Nagisa rekrut.

#2. Free! - Eternal Summer (Season 2)

Rilis: 2 Juli 2014 - 24 September 2014
Sinopsis: Meskipun sudah setahun sejak Klub Renang SMA Iwatobi telah dibentuk, belum ada anggota baru bergabung dengan klub. Sekarang Haruka dan Tachibana menjadi siswa senior, bersama dengan teman-teman mereka yang lebih muda Nagisa dan Rei. Rei dan Nagisa harus menemukan cara untuk menarik anggota baru. Jika tidak, klub akan terpaksa ditutup tahun berikutnya karena kurangnya anggota.

Sementara itu, dengan kelulusan yang akan datang, sudah saatnya bagi para senior untuk memutuskan rencana mereka untuk masa depan.Rin Matsuoka, kapten baru Samezuka Academy Swim Club yang bertekad untuk memenuhi mimpinya menjadi perenang profesional, Haruka dan Makoto tidak yakin tentang jalur karier apa yang ingin mereka ambil.

Masalah lebih lanjut muncul ketika seorang teman lama Rin, Sousuke Yamazaki, datang ke kota untuk belajar di Akademi Samezuka; kedatangan perenang yang baru-baru ini dibina itu menyebabkan ketegangan dalam hubungan antara dia, Rin, dan Haruka.

#3. High☆Speed!: Free! Starting Days

Rilis: 5 Desember 2015
Sinopsis: Prekuel Kyoto Animation series dari anime Free! yang merupakan adaptasi dari light novel karya Kouji Ouji dengan judul High ☆ Speed!

#4. Free! Movie: Timeless Medley

Rilis:
  1. 22 April 2017 - Kizuna
  2. 1 Juli 2017 - Yakusoku
Sinopsis: Free! Timeless Medley dibagi menjadi dua part, yaitu:
  1. Free! Movie 1: Timeless Medley: Kizuna menceritakan perselisihan antara Rin dan Haruka saat kelas 3 di SMA Iwatobi. Dan,
  2. Free! Movie 2: Timeless Medley: Yakusoku menceritakan janji antara Rin dan sahabat masa kecilnya yaitu Sosuke Yamazaki.

#5. Free!: Take Your Marks

Rilis: 28 Oktober 2017
Cerita Tambahan: Free!: Take Your Marks: Character Butai Aisatsu
Sinopsis: Film ini terdiri dari 4 cerita pendek yang berlangsung pada bulan Maret ketika Haruka akan lulus dari sekolahnya yaitu SMA Iwatobi.

Berikut beberapa judul yang ada dalam anime ini:
  1. Unmei no Choice! (Predestined Choice!)
  2. Hitou no Cooling Down! (Secret Hot Spring Cooling Down!)
  3. Kessoku no Butterfly! (United Butterfly!)
  4. Tabitachi no Eternal Blue! (Departs Eternal Blue)

#6. Free!: Dive to The Future (Season 3)

Rilis: 11 Juli 2018 - 26 September 2018
Prequel: Free!: Dive to the Future Episode 0
Sinopsis: Dalam seri ini, Haruka yang kuliah di Tokyo bertemu Asahi lagi dan membangkitkan kembali ingatannya dari tahun-tahun SMA-nya, termasuk yang dari Ikuya. Makoto sedang bekerja menuju mimpi baru saat dia berada di Tokyo bersama Haruka. Rin memiliki pertemuan tak terduga di Sydney. Ketika mereka menunggu masa depan baru mereka, apakah mereka kedepannya akan melihat masalah baru? Atau akankah mereka menghadapi masa lalu yang mereka tinggalkan?

#7. Free! Movie 3: Road to the World - Yume

Rilis: 5 Juli 2019
Sinopsis: Rekapan dari anime Free!: Dive to The Future, ditambah beberapa scene baru.


Itulah urutan nonton anime Free! berdasarkan tanggal rilis, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca!


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar