Skip to main content

#StayHome: Urutan Nonton Anime Jojo's Bizarre Adventure

Jojo no Kimyou na Bouken (Bahasa Inggris: JoJo's Bizarre Adventure) adalah sebuah judul manga yang ditulis oleh Hirohiko Araki sejak 1987. Sudah terdapat 123 volume manga yang dihasilkan oleh Araki, terhitung sampai sekarang dan kemungkinan akan terus bertambah seiring manga ini terus diupdate. Ada beberapa judul anime yang dihasilkan dari manga ini, seperti: Jojo's Bizarre Adventure (OVA), Phantom Blood (Film) dan Jojo's Bizarre Adventure (Seri TV).
Gambar: adp.moe

Dalam anime Jojo's Bizarre Adventure versi seri TV, sudah lebih dari 3 judul telah sukses ditayangkan dan cukup mendapat perhatian dari para fans anime dan para fans Jojo's sendiri. Berikut urutan anime Jojo's Bizarre Adventure series berdasarkan tanggal rilis.

#1. JoJo no Kimyou na Bouken (TV)

Judul Alternatif: JoJo's Bizarre Adventure
Rilis: Oktober 6, 2012 - April 6, 2013
Cerita Alternatif: JoJo no Kimyou na Bouken: Phantom Blood (Movie)
Sinopsis: Pada tahun 1868, Dario Brando menyelamatkan nyawa seorang bangsawan Inggris, George Joestar. Dia merawat putra Dario,yaitu  Dio, setelah ayah Dio meninggal. George berharap dengan tindakannya ini dapat membayar hutangnya terhadap Dario. Sayangnya Dio tidak puas dengan kehidupannya, sehingga dia mempunyai rencana untuk merebut rumah Joestar. Dengan menggunakan kekuatan supranaturalctopeng batu Aztec , ia memulai niat busuknya untuk menghancurkan George dan putranya, Jonathan "JoJo" Joestar.

50 tahun kemudian, di New York City, cucu Jonathan Joseph Joestar menemukan warisan yang ditinggalkan kakeknya. Saat penggalian arkeologis, ia menemukan kebenaran di balik topeng batu tersebut, ia menyadari bahwa ia adalah satu-satunya yang dapat mengalahkan Manusia Pilar, yaitu makhluk mistis dari kekuatan tak terhingga.

#2.  JoJo no Kimyou na Bouken Part 3: Stardust Crusaders

Judul Alternatif: JoJo's Bizarre Adventure: Stardust Crusaders
Rilis: April 5, 2014 -  September 13, 2014
Cerita Alternatif: JoJo no Kimyou na Bouken: Adventure (OVA)
Sinopsis: Di penjara Jepang terdapat seorang pria 17 tahun yaitu Joutarou Kuujou, Dia merupakan seorang Pejuang. Dia memiliki kekuatan yang luar biasa, bahkan sampai diluar kendalinya. Diberbagai belahan dunia, roh-roh jahat bangkit, mereka disebut "Stand" yaitu makhluk tak kasatmata mengerikan yang memberi kekuatan luar biasa. Namun, ketika Stand bangkit di dalam tubuh Holly dan mengancam akan memakannya dalam 50 hari, Joutarou harus menggunakan kekuatan gelapnya dan melakukan perjalanan ke Kairo, Mesir, tempat seorang vampir berusia seratus tahun yang haus akan darah keluarganya. Dalam perjalannya yang panjang, mereka dihadapi berbagai rintangan dan musuh kuat yang siap membunuh mereka.

#3. JoJo no Kimyou na Bouken Part 3: Stardust Crusaders 2nd Season

Judul Alternatif: JoJo's Bizarre Adventure: Stardust Crusaders - Battle in Egypt
Rilis: Januari 10, 2015 - Juni 20, 2015
Cerita Alternatif: JoJo no Kimyou na Bouken (OVA)
Sinopsis: Joutarou Kuujou dan teman-temannya akhirnya berhasil sampai ke Mesir, ditempat Dio sang vampir yang abadi menunggu. Sesampainya disana mereka mendapatkan anggota baru yaitu Iggy, seorang anjing kampung yang mempunyai Stand "The Fool". Tetapi disana merekabertemu dengan pengguna Stand yang melayani Dio, dengan masing-masing memiliki perwakilan Stand dari dewa Mesir kuno.

#4. JoJo no Kimyou na Bouken Part 4: Diamond wa Kudakenai

Judul Alternatif: JoJo's Bizarre Adventure: Diamond is Unbreakable
Rilis: April 2, 2016 - Desember 24, 2016
Cerita Sampingan: Kishibe Rohan wa Ugokanai
Sinopsis: Pada tahun 1999. Morioh, sebuah kota yang biasanya tenang dan damai, tiba-tiba dikejutkan dengan sebuah aktivitas aneh. Joutarou Kuujou, sekarang adalah seorang ahli biologi kelautan yang menuju ke kota misterius untuk bertemu dengan Jousuke Higashikata. Jousuke Joseph Joestar adalah anak haram pertama dari kakek Joutarou. Ketika mereka bertemu, Joutarou menyadari bahwa dia memiliki banyak kesamaan dengan Juke lebih dari hubungan darah.

#5. JoJo no Kimyou na Bouken Part 5: Ougon no Kaze

Judul Alternatif: JoJo's Bizarre Adventure: Golden Wind
Rilis: Oktober 6, 2018 - Juli 28, 2019
Ringkasan Cerita: JoJo no Kimyou na Bouken Part 5: Ougon no Kaze Recaps (Special Episode)
Sinopsis: Naples, 2001. Giorno Giovanna adalah penjahat kecil-kecilan dengan satu impian besar yaitu ntuk menjadi "Gang-Star." Bukan hanya pencuri biasa, Giorno memiliki hubungan dengan garis keturunan Joestar yang luar biasa dan memiliki Stand bernama Gold Experience. Mimpinya mulai menjadi kenyataan ketika dia bertemu Bruno Buccellati yang merupakan seorang mafia dari gang Passione dan sesama pengguna Stand sendiri. Menyadari bahwa mereka memiliki tujuan yang sama, bahkan keduanya juga tidak setuju dengan gang yang berbahaya. Atas dasar tersebutlah keduanya berambisi untuk membuat gang Passione menjadi gang yang terhormat.


Urutan diatas adalah urutan serial utama JoJo's Bizarre Adventure versi TV yang dimulai tahun 2012 lalu, namun jauh sebelum itu, tepatnya tahun 1993 telah rilis OVA JoJo no Kimyou na Bouken yang berjumlah 6 episode. Sekarang lebih dikenal sebagai cerita alternatif dari  JoJo no Kimyou na Bouken Part 3: Stardust Crusaders 2nd Season. Namun jika di urutkan berdasarkan jalan cerita, maka kita dapat mendapatkan susunan cerita dengan judul seperti dibaawah ini.
  1. JoJo no Kimyou na Bouken (TV)
  2. JoJo no Kimyou na Bouken: Adventure (OVA)
  3. JoJo no Kimyou na Bouken (OVA)


Biar tidak pusing saran saya tontonlah urutan yang versi serial TV, karena itu merupakan cerita utamanya. Urutan ini dapat Anda gunakan sebagai referensi untuk menonton Jojo's Bizarre Adventure series, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca!


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar