Skip to main content

15 Anime Tersedih Sepanjang Masa

Kita tentunya sering menonton anime yang bikin kita terharu bahkan sampai meneteskan air mata, dari jalan ceritanya yang penuh drama atau bahkan dari awal episode sudah membuat perasaan kita jadi sad. Anime semacam itu tentunya akan menyebabkan efek tahan lama dibandingkan dengan anime lainnya, bahkan dapat membuat galau berhari-hari. Meskipun kembali terhadap ketahan masing-masing penontonnya.

Anime yang membuat hati jadi galau bahkan sampai nyesek berhari-hari, berikut beberapa rekomendasi anime paling sedih dan bikin nangis serta tak pernah terlupakan oleh beberapa fans anime.

#15. Ef: a Tale of Memories/Melodies 

Gambar: www.crunchyroll.com

Dalam cerita dimasa lalu Himura Yuu adalah seorang pemuda rajin dan tekun yang mempertahankan posisi terbaiknya di Otowa Academy. Suatu hari Ia bertemu dengan Amimaya Yuuko, seorang gadis yang misterius. Kenangan masa kecil yang lampau membuat Yuuko memaksa Yuu menghadapai penyesalan dan penderitaannya kembali.

#14. Hotarubi no Mori e

Gambar: www.zerochan. net

Hotaru adalah anak perempuan yang memiliki teman seorang siluman Youkai bernama Gin. Semuanya bermula ketika musim panas, Hotaru tersesat di hutan dan ditemukan oleh Gin yang memakai topeng seperti rubah. Semenjak saat itulah Hotaru mulai berteman dengan Gin, namun ada suatu kelemahan yang dimiliki Gin. Yaitu, jika Ia disentuh manusia maka Gin akan menghilang. Oleh sebab itulah Hotaru tidak dapat menyentuh Gin.

#13. H2O Footprint in the Sand

Gambar: www.qwant.com

Meskipun penyebab kebutaannya belum diketahui, Takuma Hirose dipindahkan ke sebuah desa dan tinggal bersama pamannya. Pada awal cerita Hirose bersama seseorang perempuan yang bernama Otoha, Otoha menyebut Hirose dengan "The Promised One". Selain Otoha, Hirose juga berteman dengan dua gadis lainnya yaitu Kohinata Hayami dan Kangura Hinata.

#12. Guilty Crown

Gambar: www.4usky.com

Tahun 2029, Jepang mengalami keadaan darurat dan kekacauan yang dikenal dengan insiden Lost Christmas akibat menyebarnya virus yang bernama Virus Apocalypse. 10 tahun kemudian seorang anak SMA bernama Ouma Shu bertemu dengan seorang gadis bernama Yuzuriha Inori, seorang vokalis band egoist. Shu merupakan penggemar berat Inori, namun semenjak pertemuan itu kehidupan Shu mulai berubah.

#11. Air

Gambar: www.wibunews.com

Kunisaki Yukito adalah seorang ahli boneka yang mengelilingi Jepang untuk meneruskan ibunnya terhadap "Gadis di angkasa". Karena kehabisan uang Yukito mencari uang dengan cara melakukan pertunjukan boneka, namun hal itu tidak berhasil sehingga membuatnya kelaparan. Saat dalam situasi tersebut tiba-tiba datanglah gadis aneh yang ingin jadi temannya dan mengajak ke rumahnya untuk makan, gadis tersebut bernama Kamio Misuzu. Setelah itu Ia bertemu gadis aneh lainnya yaitu Kirishima Kano dan Tono Minagi, dari situ Ia mulai mengenal gadis-gadis tersebut lebih dalam dan masalahpun mulai bermunculan.

#10. Kimi no Suizou wo Tabetai

Gambar: www.animenyus.com

Shiga Haruki adalah seorang introvert dan kutu buku, secara kebetulan Ia menemukan sebuah buku yang berjudul "Teman Sakit". Ternyata buku tersebut milik Yamauchi Sakura yang mengatakan Ia memiliki penyakit Pankreas dan hidupnya tidak akan lebih lama dari setahun. Setelah itu mereka bertemu dan melakukan segala hal yang ingin Sakura lakukan sebelum Ia meninggal.

#9. Koe no Katachi/A Silent Voice (The Shape of The Voice) 

Gambar: www.redbubble.com

Ishida Shouya adalah anak SD bermasalah dan Nishimiya Shouko adalah anak perempuan baru yang sekelas dengan Shouya. Shouko memiliki sebuah kekuarangan yaitu tidak dapat mendengar sehingga menyebabkan Ia tidak dapat berbicara. Shouya sering membuli Shouko, sampai pada akhirnya Shouko pindah sekolah. Saat menginjak SMA Shouya mencoba untuk bunuh diri dikarenakan tindakan bullying yang Ia lakukan di masa lalu berbalik kepadanya. Namun sebelum bunuh diri, Shouya ingin mengembalikan buku Shouko yang terbawa olehnya. Tetapi setelah pertemuan tersebut kehidupan mereka menjadi berubah.

#8. Shigatsu wa Kimi no Uso (Your Lie in April)

Gambar: nekonoto.net

Arima Kousei adalah seorang anak berbakat dalam bermain piano. Namun setelah ibunya meninggal, Kousei tidak dapat mendengar suara dentingan piano lagi. Akibatnya Ia tidak dapat bermain piano lagi, sehingga membuatnya mengalami penurunan mental. Hanya Sawabe Tsubaki dan Watari Ryota yang menjadi teman Kousei karena semenjak saat itu Ia seakan menutup dengan dunia luar. Hingga suatu saat Ia bertemu dengan Miyazono Kaori seorang pemain biola yang memaksanya bermain piano lagi dan mengubah kehidupannya.

#7. Hanbun no Tsuki ga Noburu Sora

Gambar: tokkoro.com

Ezaki Yuichi seorang pemuda 17 tahun yang menderita penyakit Hepatitis A sehingga menyebabkan Ia harus dirawat dirumah sakit. Suatu hari Ia melihat seorang gadis bernama Akiba Rika seorang gadis berusia 16 tahun yang menderita penyakit gagal jantung. Meskipun awalnya hubungan mereka tidaklah lancar, tetapi lambat laun hubungan mereka mulai membaik. Namun tiba-tiba Rika mengalami keadaan kritis dan harus di operasi yang kemungkinan besar 10% selamat. Rika sangat sedih karena Ia ingin hidup bersama Yuichi, meskipun Yuichi tidak mengetahui keadaan Rika yang sedang kritis.

#6. Tokyo Magnitude 8.0

Gambar: nefariousriviews.com

Onozawa Mirai dan Onozawa Yuuki adalah adik kakak yang saat itu berkunjung ke Jembatan Odaiba. Naas bagi mereka, tiba-tiba terjadi gempa yang menyebabkan mereka terpisah. Namun mereka berhasil kembali bersama berkat Kusukabe Mari, karena khawatir dengan keadaan orang tuanya. Mereka memutuskan untuk melihat kedaan orang tua mereka, saat mereka mencoba melihat kedaan rumah mereka dari Tokyo Tower. Tiba-tiba gempa susulan datang dan membuat Tokyo Tower runtuh, Yuuki yang mencoba menyelamatkan Mirai justru terluka kepalanya terkena reruntuhan sehingga membuatnya harus dirawat.

#5. Hotaru no Haka (Grave of the Fireflies) 

Gambar: myanimelist.net

Kisah dua Kakak beradik Seita dan Setsuko yang berjuang untuk bertahan hidup setelah Amerika menghujani Kobe dengan bom secara besar-besaran pada perang dunia II. Dalam ketidak berdayaan dan ketidak pedulian bahkan lebih menyakitkan dari serangan musuh, tetapi keadaan tersebut tidak membuat mereka menyerah dan terus berusaha untuk bangkit. Meskipun orang tua mereka telah meninggal, kedua kakak beradik itu terus berjuang sehingga menginspirasi warga yang lain.

#4. Angel Beats

Gambar: soranews24.com

Dunia dimana orang-orang hidup sebelum reinkarnasi yaitu afterlife (akhirat), Yuzuru Otonashi adalah salah satu penghuni afterlife. Di tempat tersebut terdapat sekolah yang bertujuan untuk menghilangkan beban dan penyesalan ketika mereka masih hidup sebelum bereinkarnasi, termasuk Otonashi yang bersekolah disana. Namun, sayangnya Otonashi mengalami amnesia sehingga Ia tidak dapat mengingat masa lalunya. Dalam kehidupannya diakhirat Ia bertemu dengan Yuri yang mengajaknya bergabung dengan SSS, sebuah organisasi yang melawan tuhan untuk protes atas kejamnya kehidupan mereka sebelumnya.

#3. AnoHana (Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai)

Gambar: kincir.com

Berkisah tentang persahabatan 6 orang anak. Namun setelah salah satu dari mereka meninggal yaitu Menma, merekapun berpisah. Ketua dari kelompok anak tersebut yaitu Jinta stress dan memutuskan menjadi Hikikimori, karena sebenarnya Ia memiliki perasaan terhadap Menma. 10 tahun kemudian pada saat musim panas Jinta bertemu arwah Menma, Menma meminta Jinta untuk mengabulkan permohonannya. Karena Menma tidak ingat apa permohonannya saat masih hidup dan Jinta ingin mengabulkan permohonan tersebut, akhirnya Jinta berusaha mengumpulkan kelompok lamanya tersebut untuk mengetahui apa sebenarnya permohonan Menma.

#2. Clannad

Gambar: reelrundown.com

Okazaki Tomoya adalah anak bermasalah dan juga dianggap berandalan karena Ia sering bolos, bagi Tomoya kehidupannya sangat membosankan. Tetapi semuanya berubah ketika Ia bertemu dengan seorang gadis yang bernama Furukawa Nagisa, seorang gadis yang kurang percaraya diri karena harus mengulang pelajarannya karena sakit. Setelah itu Tomoya mulai melihat mimpi aneh, dimana Ia melihat seorang gadis yang membuat sebuah boneka dari barang-barang yang Ia kumpulkan.

#1. Plastic Memories

Gambar: sapawarga.com

Berlatar disebuah kota dimasa depan, dimana terdapat robot android bernama Giftia. Giftia adalah android yang memiliki sifat, ingatan dan perasaan seperti manusia. Namun sayangnya usia Giftia hanya 81.920 jam (sekitar 9 tahun 4 bulan). Sehingga saat melewati masa tersebut Giftia akan kehilangan ingatannya dan mengamuk, untuk itulah Terminal Service didirikan yang bertujuan untuk mengambil Giftia sebelum tanggal kadaluarsanya dengan cara menghapus ingatannya. Mizugaki Tsukasa mulai bekerja di Terminal Service sebagai Spotter dan rekannya seorang gadis Giftia bernama Isla sebagai Marksman, meskipun hubungan mereka awalnya tidak begitu baik. Namun lambat laun hubungan mereka mulai membaik sampai mereka memiliki perasaan satu sama lain, meskipun Tsukasa belum mengetahui usia Isla tinggal sekitar 1 bulan.


Itulah beberapa rekomendasi anime yang dapat membuat sedih, hati-hati ya gan soalnya beberapa anime dapat memainkan emosi Anda. Semoga dapat terpuaskan dengan rekomendasi ini, saran dari saya. Segera cari obat mujarab setelah nonton anime yang nyesek, seperti dengan menonton anime dengan genre komedi yang kocak. Untuk rekomendasi anime genre komedi yang kocak bisa dibaca disini.

Terima kasih sudah membaca!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar