Hello world! Di berbagai bahasa pemrograman

Hello world! Di berbagai bahasa pemrograman

Hello, World!
Hello world! adalah sapaan atau kalimat pertama yang dibuat dalam bahasa pemrograman saat seseorang baru memulai belajar sebuah bahasa pemrograman.

Hello world! atau dalam bahasa Indonesia artinya adalah `Halo dunia!` pertama kali muncul menurut wikipedia pada bahasa pemrograman C, yang kemudian menyebar keberbagai bahasa pemrograman lain.

Seperti berikut beberapa cara penulisan kalimat `Hello, World!` dalam berbagai bahasa pemrograman.

ActionScript

ActionScript adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk pengembangan situs web. Bahasa ini dikembangkan berdasarkan ECMAScript dan dibuat oleh Macromedia. ActionScript juga digunakan untuk pengembangan perangkat lunak dari platform Adobe Flash Player.
 
ActionScript 2.0 
 
var greet:TextField = new TextField(); 
greet.text = "Hello, World!"; 
this.addChild(greet);  

Ada

Ada adalah bahasa pemrograman prosedural yang awalnya digunakan untuk membuat perangkat lunak milik departemen pertahanan Amerika serikat. Nama Ada sendiri diambil dari nama programmer pertama didunia yaitu Ada Lovelace atau Augusta Ada Byron.
 
 
with Ada.Text_IO; use Ada.Text_IO; 
procedure Hello is 
begin 
 Put_Line ("Hello, world!"); 
end Hello;  

BAIK

BAIK (Bahasa Anak Indonesia untuk Komputer) adalah bahasa pemrograman yang diciptakan oleh Haris Hasanudin saat kuliah di Gunma Univercity, Jepang. Bahasa pemrograman yang berasal dari Indonesia ini ditulis dengan kosa kata Indonesia.
 
 
tulis "Hello, World!"  

Bash

Bash (Bourne again shell) adalah bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan sebagai Shell pada GNU project, Bash diambil dari nama pencipta bahasa ini sendiri yaitu Stephen Bourne.
 
 
echo "Hello, world!";  

BASIC

BASIC adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang diciptakan oleh John G. Kemeny dan Thomas Eugene Kurtz, tujuan dari bahasa ini adalah sebagai bahasa awam agar orang mampu berinteraksi dengan bahasa komputer. Seperti kepanjangannya yaitu Beginners` All-purpose Symbolic Intruction Code.
 
 
10 PRINT 
"Hello, world!"  

C#

C# (C Sharp) adalah bahasa pemrograman berbasis objek yang bertujuan untuk menulis program aplikasi baik sisi client-server atau embedded, bahasa ini dikembangkan oleh perusahaan MicroSoft.
 
 
using System; 
using System.Collections.Generic; 
using System.Linq; 
using System.Text.RegularExpressions; 
 
namespace HelloWorldCSharp 
{ 
 public class Program 
 { 
 public static void Main(string[] args) 
 { 
 Console.WriteLine("Hello, world!"); 
 } 
 } 
}  

C

C adalah bahasa pemrograman komputer yang dibuat oleh Dennis Ritchie untuk Sistem Operasi Unixdi Bell Telephone Laboratories.
 
 
#include 
<stdio.h> 
int 
main(void) 
{ 
printf("Hello, World!\n"); 
return 
0; 
}  

C++

C++ adalah bahasa pemrograman peningkatan dari bahasa C, bahasa ini dibuat oleh Bjarne Stroustrup.
 
 
#include 
<iostream> 
using 
namespace 
std; 
int 
main() 
{ 
cout 
<<"Hello, world!"<<endl; 
return 
0; 
}  

D

D adalah bahasa pemrograman yang ditemukan oleh Walter Bright, D memiliki kemampuan berbasis objek, imperatif dan multi-paradigma.
 
 
import std.stdio; 
 
void main() 
{ 
 writeln("Hello, World!"); 
}  

Elixir

Elixir adalah bahasa pemrograman fungsional dinamis, bahasa ini dibuat oleh Jose valim.
 
 
IO.puts "Hello, world!"  

Erlang

Erlang adalah bahasa pemrograman berparadigma fungsional yang diciptakan oleh Ericsson, tujuan utama pembuatan bahasa ini adalah untuk menciptakan aplikasi-aplikasi yang memiliki peforma tinggi.
 
 
-module(source). 
 -export([entry_point/0]). 
 
 entry_point() -> 
  io:fwrite("Hello, world\n").  

F#

F# (F Sharp) adalah bahasa pemrograman yang mulai muncul pada tahun 2004, F# juga multi-paradigma dan merupakan bagian dari Visual studio.
 
 
open System 
printfn "Hello, World!"  

Fortran

Fortran (Formula Translator/Translation) adalah bahasa pemrograman yang berorientasi pada suatu masalah tertentu, seperti Matematika. Fortran juga menjadi bahasa pemrograman tingkat tinggi tertua.
 
 
program hello 
 print *, "Hello World!" 
end program hello  

Go

Go (Golang) adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan di Google oleh 3 orang yaitu Robert Griesemer, Rob Pike, dan Ken Thompson. Bahasa pemrograman ini dikembangkan berdasarkan basis bahasa pemrograman C.
 
 
package main 
import "fmt" 
 
func main() { 
 fmt.Printf("Hello, world\n") 
}  

Haskell

Haskell adalah nama bahasa pemrograman yang diambil dari nama matematikawan Haskell Curry, Bahasa pemrograman ini merupakan bahasa pemrograman fungsional murni yang diciptakan pada tahun 80-an.
 
 
main = print $ "Hello, world!"  

Java

Java adalah bahasa pemrograman bagian dari Oracle, Java sebelumnya dibuat oleh James Gosling pada proyek The Green Project saat ia masih bergabung di Sun Microsystems.
 
 
import java.util.*; 
import java.lang.*; 
 
class MyProgram 
{ 
 public static void main(String args[]) 
 { 
 System.out.println("Hello, World!"); 
 } 
}  

JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman web dinamis client-side paling populer, hampir seluruh Web didunia menggunakan JavaScript. Awalnya bahasa ini diciptakan oleh Brendan Eich dari Netscape.
 
 
<script type="text/javascript"> 
documment.write("Hello, world!"); 
</script>  

Kotlin

Kotlin adalah bahasa pemrograman yang dibuat JetBrains, Kotlin mengusung pemrograman pragmatis untuk JVM Kotlin juga telah mendapatkan dukungan dari Google untuk mengembangkan Aplikasi Android.
 
 
fun main(args: Array<String>) { 
 println("Hello, world!") 
}  

Lua

Lua adalah bahasa pemrograman dinamis berbasis skrip yang sering digunakan untuk mengembangkan games. Lua memiliki sifat ringan, powerfull dan efisien.
 
 
print ("Hello, World!")  

Ocaml

Ocaml adalah bahasa pemrograman paradigma fungsional yang dikembangkan sejak tahun 1985 di Prancis oleh sebuah lembaga yang bernama INRIA.
 
 
print_string "Hello, world!\n";;  

Objective-C

Objective-C adalah bahasa pemrograman utama untuk membuat Aplikasi mac. Sebelum digantikan Objective-C sering digunakan untuk membuat Aplikasi iOS.
 
 
#import <Foundation/Foundation.h> 
 
int main (int argc, const char * argv[]) 
{ 
 NSAutoreleasePool *pool = [[NSAutoreleasePool alloc] init]; 
 NSLog (@"Hello, World!"); 
 [pool drain]; 
 return 0; 
}  

Pascal

Pascal adalah bahasa pemrograman yang sering digunakan sebagai dasar belajar Algoritama bahasa pemrograman diawal perkuliahan. Pascal dibuat oleh Profesor Niklaus Wirth pada tahun 1971, Nama Pascal sendiri diambil dari nama matematikawan asal prancis yaitu Blaise Pascal.
 
 
Program 
HelloWorld; 
 
begin 
 writeln('Hello, world!'); 
end.  

Perl

Perl adalah bahasa pemrograman serbaguna yang dirilis pada tahun 1987, Perl pertama kali dikembangkan oleh Larry wall.
 
 
print "Hello World\n";  

PHP

PHP (PHP: Hypertext Preprocessor) adalah bahasa pemrograman web dinamis tingkat tinggi yang berjalan di sisi server (server-side). PHP pertama kali dikembangkan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995 sebagai Framework dari bahasa Perl yang kemudian ditulis ulang dalam bahasa C.
 
 
<?php 
echo "Hello, world! "; 
?>  

Prolog

Prolog (Perancis: Programmation en logiquie "Pemrograman Logika") adalah bahasa pemrograman logika atau non-prosedural, Prolog dibuat tahun 1972 oleh Alain Colmerauer dan Robert Kowalski. Tujuan dari bahasa ini adalah untuk memungkinkan bahasa pemrograman dalam pernyataan logika alih-alih rangkaian perintah untuk dijalankan komputer.
 
 
program :- write('Hello, world!'). 
:- program.  

Python

Python adalah bahasa pemrograman interpretatif multiguna yang mendukung multi paradigma pemrograman, utamanya; namun tidak dibatasi; pada pemrograman berorientasi objek, pemrograman imperatif, dan pemrograman fungsional. Python diciptakan pada 1990 tahun oleh Guido van Rossum.
 
 
print "Hello, world!"  

R

R adalah bahasa pemrograman untuk analisis statiska dan grafik. Bahasa pemrograman ini diciptakan oleh Ross Ihaka dan Robert Gentlemen.
 
 
print("Hello, world!")  

Ruby

Ruby adalah bahasa pemrograman skrip berbasis objek yang didirikan tahun 1995 oleh Yukihiro Matsumoto, Ruby bertujuan menggabungkan seluruh bahasa pemrograman script yang ada di dunia.
 
 
puts "Hello, world!"  

Scala

Scala adalah bahasa pemrograman yang memadukan pemrograman fungsional dan pemrograman berbasis objek, diciptakan oleh Martin Odersky pada 2001. Scala juga dapat berjalan di JVM.
 
 
object HelloWorld extends App { 
 println("Hello, World!") 
 }  

Scheme

Scheme adalah bahasa pemrograman fungsional.
 
 
(display "Hello, World!")  

Swift

Swift adalah bahasa pemrograman berbasis objek fungsional yang bertujuan untuk pengembangan iOS dan Mac. Swift mulai diluncurkan pada tahun 2004 oleh perusahaan Apple.
 
 
print("Hello, world!")  

TCL

TCL (dibaca Tikel) atau Tool Command Language adalah bahasa pemrograman yang bertujuan untuk pengembangan Aplikasi desktop. TCL diciptakan oleh John Ousterhout.
 
 
puts "Hello, world!"  

Visual Basic

Visual Basic atau VB adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang bertujuan untuk pengembangan perangkat lunak Komputer berbasis grafik dengan cepat. VB dikembangkan oleh perusahaan Microsoft.
 
 
Imports System 
Imports System.Collections.Generic 
Imports System.Linq 
Imports System.Text.RegularExpressions 
 
Namespace HelloWorld 
 Public Module Program 
 Public Sub Main(args() As string) 
 Console.WriteLine("Hello, world!") 
 End Sub 
 End Module 
End Namespace  

Itulah beberapa cara penulisan Hello world! Di berbagai bahasa pemrograman, sebelumnya maaf bila ada penulisan script atau deskripsi yang salah maupun kurang tepat
Cara menjalankan Java di Android dengan Java Manager

Cara menjalankan Java di Android dengan Java Manager

Bahasa Pemrograman Java memang tidak dapat diragukan lagi kepopulerannya, banyak hal yang dapat dibuat dengan bahasa ini. Mulai dari aplikasi android, game-game populer, software komputer dan banyak hal lainnya.

Untuk mempelajarinya pun tidak lah terlalu sulit, karena sudah banyak disajikan metode pembelajaran diluar sana yang terbilang cukup mudah oleh para ahli programming atau Blogger yang sekedar sharing.

Menjalankan Java pun tidak lah serumit atau sesusah dulu, Jikalau dulu harus menggunakan PC atau sejenisnya untuk menjalankan Bahasa pemrograman Java yang belum tentu semua orang punya.

Tapi untuk sekarang, kita dapat menggunakan perangkat ponsel pintar kita untuk menjalankan Java. Android adalah salah satu platform ponsel pintar yang dapat menjalankan bahasa Java, tentunya dengan bantuan Aplikasi.

Bicara Aplikasi Android untuk menjalakan bahasa Java, lumayan banyak  Aplikasi Android untuk menjalankan Bahasa Java. Namun dari sekian banyak Aplikasi, kali ini Saya akan sedikit mereview Aplikasi yang bernama Java Manager; Emulate Java.

Java Manager adalah Aplikasi Android yang digunakan untuk menjalankan bahasa pemrograman Java agar lebih mudah. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan di Play Store.
Java Manager


Untuk fiturnya sendiri Java Manager memang cukup lumayan lengkap, mulai dari menjalankan file .java, menjalankan class, Compile .java ke .class bahkan bisa menjadi solusi cara bermain game java di Android.

Fitur tersebut dapat dilihat dari halaman utama Aplikasi ini.
Java Manager


Dikalangan gamer aplikasi ini mungkin lebih populer sebagai Emulator untuk bermain game java, untuk menjalankan game java menggunakan aplikasi ini cukup mudah. Pertama unduh game java yang akan dimainkan, buka Java Manager, pilih Run Jar File dan cari dan pilih game java yang akan dimainkan, tunggu proses konversi untuk menjalankan game.

Sedangkan untuk para programmer aplikasi ini dapat juga digunakan sebagai kompilator.



Jika Anda berniat untuk mencoba Aplikasi ini, silakan install Java Manager di Play Store.

Selamat bernostalgia dengan game jadul dan happy coding!!

Cara menjalankan PHP di Android dengan KSWEB

Cara menjalankan PHP di Android dengan KSWEB

Android merupkan salah satu Platform Smartphone terkenal saat ini. Selain Open Source, banyak fitur yang terdapat dalam Android yang membuatnya semakin eksis di dunia digital. Android sangat multi guna, maka tidak jarang kita melihat banyak orang disekitar kita menggunakan Smartphone jenis ini.

Dari sekian banyak fitur yang ada pada Smartphone Android, salah satu fitur yang cukup menarik adalah menjalankan script/file PHP secara langsung dari Smartphone. Tentunya dengan bantuan Aplikasi yang bernama KSWEB.

KSWEB merupakan Aplikasi Android yang mampu membantu kita untuk menjalankan PHP dari Smartphone Android.
 
PHP SMARTPHONE

Salah satu keuntungan menggunakan Aplikasi ini di Smartphone Android adalah:
  • Karena digunakan pada Smartphone, tentu saja kita dapat menjalankan Aplikasi Android dimana saja dan kapan saja, selama smartphone normal.
  • Aplikasi bisa dijalankan secara Online maupun Offline.
  • Mendukung PHP versi terbaru (7++)
  • Sudah satu paket dengan MySQL dan phpMyAdmin.
  • Banyak pilihan server (LIGHTTPD, NGINX, APACHE)
  • Dan, masih banyak lagi.

Di balik fitur yang sempurna untuk kelasnya, sayangnya aplikasi ini berbayar. Tapi tenang, Anda dapat mendapatkan trial sekitar 5 hari sebelum memutuskan membeli aplikasi ini.
 

Memasang Aplikasi KSWEB

Memasang aplikasi KSWEB sangatlah mudah dan sebenarnya tidak perlu membaca tutorialpun pasti bisa. Anda bisa langsung mengunduhnya di Play store.

Setelah selesai diunduh instal aplikasi tersebut, jika proses instalasi berhasil buka Aplikasi KSWEB di Smartphone Anda.

Memulai KSWEB


Saat Anda pertama kali membuka aplikasi ini, proses instalasi akan berjalan secara otomatis. Tunggu prosesnya, jika selesai maka Anda akan disuruh untuk memulai ulang aplikasi. Caranya mudah, cukup keluar dan tutup KSWEB dan buka kembali.

Disini Anda dapat langsung memulai menggunakan dan menjalankan script php, untuk pertama kali server yang terbuka adalah Lighttpd, untuk server lainnya dapat Anda aktifkan dengan cara memilih server yang tersedia di menu atas.
 

Login ke phpMyAdmin

phpMyAdmin merupakan software yang berguna untuk mengatur database MySQL dengan mudah.


Untuk mengaktifkan phpMyAdmin cukup masuk ke menu Tools dan klik bagian phpMyAdmin dan pilih server yang akan Anda pakai. Selanjutnya, aplikasi akan menginformasikan alamat untuk mengakses phpMyAdmin atau bisa di cek di bagian menu Status.


Sejauh ini Proses instalasi telah sukses. Namun, bagaimanakah cara membuat file PHP? Caranya mudah, cukup buat file PHP seperti biasa, namun letakan file PHP tersebut pada folder htdocs di kartu memori internal.

Menghubungkan PHP ke MySQL pada KSWEB

Menghubungkan PHP ke MySQL di KSWEB tidaklah berbeda jauh dengan cara pada umumnya, pertama buat sebuah file PHP (bisa menggunakan Aplikasi QuickEdit atau sejenisnya) masukan script berikut.
  
 <?php 
$db_host = "localhost"; 
$db_user = "root"; 
$db_password = ""; //Biarkan kosong 
$db_name = "mysql";
 
$mysqli = new mysqli($db_host, $db_user, $db_password, $db_name); 
 
if($mysqli->connect_error){ 
die("Koneksi gagal: $mysqli->connect_errno"); 
} 
 
echo "Koneksi berhasil!"; 
?> 
 

Simpan script di atas dalam ekstensi .php, misalnya koneksi.php dan jangan lupa simpannya di dalam folder htdocs pada memori internal. Jalankan file tadi dengan mengunjugi http://localhost:8080/koneksi.php dengan browser, seperti Chrome.

Sekarang semuanya sudah selesai, Anda bisa langsung mulai menikmati aplikasi ini dan menjalankan script Anda.

Terima kasih sudah membaca!