Skip to main content

Mengenal Apa itu Chuunibyou, Sindrom kelas 8

Chuunibyou, mendengar katanya saja kita langsung teringat dengan salah satu judul anime yang sama yaitu Chuunibyou demo koi ga shita. Anime yang menceritakan orang-orang yang memiliki penyakit yang sama yaitu "Chuunibyou", lalu apakah yang dimaksud Chuunibyou itu? Berikut ulasan singkatnya.
Sumber: animekompi.web.id


Chuunibyou secara kasar bisa dikatakan sebagai penyakit/sindrom, orang yang memiliki sindrom ini biasanya berusia sekitar 14 tahunan atau kelas 2 SMP. Orang yang memiliki sindrom ini biasanya akan berperilaku sesuai dengan apa yang ada didalam khayalan mereka.

Tidak jarang banyak chuunibyou yang berperilaku aneh seperti seolah-olah mereka adalah pahlawan super atau mereka memiliki kekuatan supernatural dan sejenisnya. Maka dari itu orang-orang banyak yang menyebut penyakit ini sebagai sindrom kelas 8 atau penyakit alay, dalam bahasa Jepang ditulis byou yang berarti penyakit/gejala/sindrom tetapi bukan berarti benar-benar sakit atau memiliki gangguan jiwa. Ini lebih menyasar ke kata Alay.

Wajar saja, karena orang dengan sindrom ini suka berperilaku diluar akal sehat kita dan orang-orang yang mempunyai sindrom ini rata-rata ada di usia kelas 8 (kelas 2 SMP). Meskipun begitu tidak menutup kemungkinan sindrom ini bisa terjadi pada orang dewasa sekali pun.

Menurut buku petunjuk chuunibyou yaitu Chuunibyou toriatsukai setsumei sho, ada tiga jenis chuunibyou yaitu.

  1. DQN atau dokyun-kei, DQN bermakna "anti-sosial" atau "si anak nakal" dengan begitu chuunibyou jenis ini cenderung berpura-pura sebagai anti-sosial atau anak nakal padahal tidak.
  2. Subkultural/Hipster atau SubCul-kei, chuunibyou jenis ini terkadang cenderung memilih sesuatu yang berbeda dengan orang lain, seperti memilih sesuatu yang non-mainstream atau yang memiliki peminatnya sedikit agar dia merasa berbeda.
  3. Mata Iblis atau Jakigan-kei ini adalah tingkatan yang cukup ekstrim, dimana si penderitanya cenderung merasa memiliki kekuatan supernatural atau berkhayal sebagai orang yang memeiliki kekuatan super.

Penyebab dari penyakit atau sindrom ini biasanya mereka meniru apa yang dilakukan idolanya. Bisa itu artis, tokoh kartun, bintang olah raga dan lainnya.

Meskipun chuunibyou terkesan aneh/alay, namun faktanya ini sering terjadi pada semua orang. Meskipun kadar sindrom ini begitu kecil dan tidak berlangsung lama dan begitu jarang ada chuunibyou dengan jenis Mata Iblis bisa bertahan lama didunia nyata. Walaupun ada, mungkin itu bisa menyasar kepada beberapa orang dengan beberapa penyebab diluar yang saya tulis tadi.

Mungkin saja orang dengan sindrom chuunibyou mencoba menarik perhatian supaya mereka diperhatikan atau mereka mencoba lari dari kehidupan yang menurut mereka menyakiti mereka atau membosankan. Yang jelas orang dengan penyakit ini tidak perlu mendapatkan cemo'ohan ataupun bulian, kita cukup berteman dengan mereka dan ikuti kemauan mereka selama itu dalam batas wajar.

Namun jika dirasa sudah berlebihan, tidak ada salahnya kita menyadarkan mereka untuk bersikap sewajarnya saja. Intinya sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik.

Terima kasih sudah membaca!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar