Skip to main content

#StayHome: Mengenal Gelar Kehormatan di Jepang: -San, -Chan, -Kun dan lainnya

Kita tentu sering mendengar seseorang dengan akhiran -san, -chan maupun -kun di dunia anime atau dibeberapa film jepang, memang terasa aneh mungkin bagi kita yang baru mendengar kata tersebut.


Sebenarnya ini berkaitan dengan budaya jepang untuk memanggil nama seseorang dengan menambahkan gelar diakhir nama untuk membedakan status orang yang dipanggil. Misalnya seorang anak perempuan remaja yang bernama Rikka akan dipanggil Rikka-chan. Namun jika Anda sudah akrab kepada seseorang misalnya sahabat atau teman masa kecil, maka penambahan gelar seperti -chan biasanya dihilangkan dan akan dipanggil menggunakan nama depannya saja seperti Rikka.

Berikut beberapa gelar kehormatan yang umum digunakan.

-San

Kata -San biasanya digunakan kepada siapa saja mau itu laki-laki ataupun perempuan, penggunaan kata -san akan lebih dihormati dibanding menggunakan nama saja (tanpa akhiran -san). 

Penggunaan kata -san bisa merujuk kepada kata Tuan atau Nyonya, jika dalam bahasa Indonesia. Mungkin Anda sering melihat nama pengguna dalam sebuah game berakhiran angka 3, misalnya nama pengguna dengan nama Rikka3. Angka 3 pada nama pengguna Rikka3 ini dapat diartikan sebagai -san, maka Rikka3 dapat juga dibaca Rikka-san.

-san juga dapat digunakan pada sebuah benda atau hewan misalnya memanggil seekor kucing dengan panggilan -san, misalnya Neko-san. Meskipun hal itu agak kekanak-kanakan karena jika diterjemahkan maka akan bermakan Tuan Kucing.

-Kun

Gelar -Kun digunakan kepada seorang anak laki-laki ataupun seorang perempuan yang memiliki sifat Tomboy. -Kun juga sering digunakan oleh anak perempuan kepada anak laki-laki yang berarti bagi hidupnya atau telah ia kenal lama (teman masa kecil).

-Chan

Gelar -Chan sering digunakan seseorang untuk memanggil anak perempuan, secara umum kata "-Chan" sering digunakan untuk sesuatu yang imut seperti bayi, anak kecil, hewan lucu atau gadis remaja.

Jadi jika Anda menggunakan akhiran -Chan untuk orang yang lebih tinggi dari kita khususnya wanita maka hal itu akan dianggap kasar.

-Senpai

Gelar -Senpai biasanya digunakan seseorang untuk memanggil orang yang lebih senior darinya, seperti adik kelas yang memanggil kakak kelasnya dengan akhiran -Senpai. Kata Senpai juga merujuk ke kata "Senior" dalam bahasa Indonesia.

-Kōhai

Gelar -Kōhai digunakan seseorang untuk memanggil seorang junior, meskipun gelar ini sangat jarang digunakan di anime. Kata Kōhai bisa dikatakan kebalikan dari kata Senpai, jadi Senpai dan Kōhai bisa dikatakan sebagai gelar yang digunakan untuk hubungan antara senior dan junior.

-Sensei

Gelar -Sensei sering digunakan untuk memanggil seseorang yang memeliki wewenang, dalam dunia anime sendiri gelar ini sering digunakan kepada seorang Guru ataupun Dokter. Selain itu gelar ini sering digunakan kepada seseorang penulis novel seperti pada anime Eromanga-sensei.

-Sama

Galar -Sama memiliki makna tuan, beda dengan -san makna -sama lebih tinggi dari -san. Seperti Kamisama yang berarti Tuhan, akhiran sama juga sering digunakan kepada pelanggan seperti pelanggan toko untuk menghormatinya ataupun digunakan seseorang untuk menghormati orang yang dikaguminya.

-Dono/Tono

Gelar -Dono/Tono digunakan seseorang kepada orang yang memiliki kekuasaan, kekuatan ataupun kebijaksanaan. Gelar ini juga dapat bermakna "Raja" atau "Master", meskipun dalam dunia anime gelar ini jarang digunakan.

Gelar Keluarga

Layaknya kita yang sering memanggil seorang ayah dengan sebutan " Bapak atau Ayah" di Jepang juga sama ada Gelar khusus yang digunakan untuk memanggil anggota keluarga, seberti berikut ini.

  • Otou-San/Otou-Sama yang berarti Ayah.
  • Oka-San/Okaa-Sama yang berarti Ibu.
  • Onii-San/Oni-Chan/Onii-Sama/Ni-san yang berarti Kakak, untuk memanggil kakak laki-laki.
  • Onee-San/Onee-Chan/Onee-Sama/Nee-San yang berarti Kakak, untuk kakak perempuan.
  • Oji-San/Oji-Sama yang berarti Paman atau Pria paruh baya.
  • Oba-San/Oba-Sama yang berarti Bibi atau Wanita paruh baya.
  • Ojii-San/Ojii-Sama yang berarti Kakek.
  • Obaa-San/Obaa-sama yang berarti Nenek.

Nah bagaimana sudah paham dengan penyebutan gelar-gelar yang sering digunakan pada anime? Meskipun gelar yang Saya posting disini ada yang jarang digunakan atau Anda di dengar di anime, namun Saya berharap informasi yang Saya bagikan bisa bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca!


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar