Skip to main content

#StayHome: Berbagai Istilah 'Fan' di dunia Anime

Dalam dunia anime kita mengenal istilah Fans, Fans yang dimakud disini adalah penggemar. Banyak istilah yang berkaitan dengan fans, seperti yang sudah kita kenal yaitu Fansub dan Fandub. Selain itu, banyak istilah lainnya yang berkaitan dengan fans di dunia anime selain dari kedua istilah tersebut, berikut istilah-istilah umum yang berkaitan dengan fans di dunia anime.
Contoh gambar anime FanArt


FanArt

FanArt adalah karya buatan fans seperti gambar atau kolase yang merujuk pada gaya anime. Contoh sederhana dari fanart misalnya Anda menggambar tokoh Naruto, maka hal itu dapat dikatakan fanart atau membuat sebuah kolase gambar Naruto maka hal itu juga sama dapat dikatakan fanart. Intinya si pembuat fanart bukanlah author dari karya yang dibuat olehnya.

FanDub

FanDub adalah kependekan dari Fan-Dubbed yang dapat diartikan sebagai alih suara yang dibuat oleh fans, maksudnya adalah suara tokoh anime misalnya diubah menjadi bahasa negara lain. Kebanyakan fandub mengubah suara asli dari anime dialihkan ke suara tempat si fandub tinggal, misalnya anime yang berbahasa jepang dialihkan suaranya menjadi bahasa indonesia oleh fandub dari indonesia.

FanFic

FanFic adalah kependekan dari Fan Fiction, bisa dikatakan fanfic ini adalah sebuah karangan fiksi yang dibuat oleh fans. Biasanya fanfic berkaitan dengan anime ataupun tokoh lainnya yang disukai fan, seperti memodifikasi cerita atau tokoh didalam sebuah anime dan dimasukan kedalam karya yang mereka buat.

FanService

FanService adalah layanan yang dibuat untuk fans, fanservice biasanya tidak memiliki hubungan langsung dengan cerita anime maupun manga. Fanservice cukup populer dikalangan fans, memang tujuan utama fanservice sendiri adalah untuk menyenangkan fans. Fanservice sendiri biasanya mengandung unsur-unsur erotis seperti konten ecchi.

FanSub

FanSub adalah kependekan dari Fan-Subtitled, dapat diartikan fansub sendiri adalah sub judul (subtitle) yang dibuat oleh fans. Subtitle nya sendiri biasanya merupakan terjemahan dari bahasa asli yang ada didalam anime. Fansub lebih familiar dibandingkan fandub, karena pembuatan fansub sepertinya lebih mudah dilakukan dibandingkan pembuatan fandub.




Itulah beberapa istilah yang berkaitan dengan fans didunia anime, semoga bisa bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca!


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar