Skip to main content

#StayHome: 4 Tokusatsu paling terkenal dari Jepang

Masih ingatkah Anda dengan bebarapa serial Tokusatsu seperti Power Rangers, Kamen Rider, Ultraman ataupun Metal Hero? Ya, Sererial ini memang tokusatsu Paling terkenal di Indonseia bahkan di dunia.

Anak 90'an mungkin sudah tidak aneh lagi 4 serial tokusatsu diatas, bahkan beberapa serial tokusatsu masih cukup populer untuk anak zaman sekarang.

Tokusatsu adalah istilah dalam bahasa Jepang untuk Special Effects, tokusatsu sendiri sebenarnya merupakan kependekan dari istilah Tokushu Satsuei bisa juga diterjemahkan sebagai special photography.

Tidak heran memang jika tokusatsu menjadi sangat terkenal, penggunaan special effects serta penggunaan kostum pada pemerannya yang begitu menarik membuat anak-anak dan remaja betah menontonnya.

Ada banyak sekali serial dari genre tokusatsu terutama dari negara asalnya sendiri yaitu Jepang, namun 4 tokusatsu ini merupakan serial yang paling terkenal dikalangan anak-anak, remaja bahkan dewasa. Anda sendiri pasti pernah menonton atau tahu ke 4 serial tokusatsu ini.

Berikut pembahasan singkat 4 tokusatsu paling terkenal asal Jepang.

1. Super Sentai

Sumber: www.rowsdowr.com

Super Sentai adalah serial tokusatsu yang muncul pada tahun 1975, serial yang diproduksi oleh Toei Company Ltd, TV Ashasi dan Bandai ini memang sangat populer.

Pasukan yang biasa dipimpin oleh sentai warna merah ini sudah menjadi kegemaran anak-anak dari zaman dulu sampai sekarang, meskipun di Indonesia sendiri istilah Super Sentai kurang begitu terkenal. Istilah Power Rangers adalah istilah yang paling dikenal di Indonesia dibandingkan Super Sentai.

Wajar saja karena banyaknya film Power Rangers di TV Indonesia dibandingkan serial aslinya yaitu Super Sentai, meskipun begitu antara Super Sentai dan Power Rangers tidak lah berbeda jauh. Bisa dibilang Power Rangers sama dengan Super Sentai karena kostum dan jalan ceritanya tidak lah berbeda jauh, hanya saja Super Sentai diproduksi di Jepang sedangkan Power Rangers di Amerika Serikat.

2017 lalu juga dunia perindustrian Hollywood sempat membuat film Power Rangers movie versi mereka dengan judul Power Rangers yang diproduksi oleh Saban Entertainment, film ini juga bisa dikatakan sukses didunia perfilman Hollywood serta cukup banyak menuai respon positif dari para kritikus dan penontonnya.

Sebuah hal positif memang ketika film ini dibuat karena bisa mengingatkan kembali kepada kepopuleran Super Sentai didunia.

2. Kamen Rider

Sumber: riderrevo.bn-ent.com

Kamen Rider
atau di Indonesia juga ada yang menyebutnya dengan sebutan Kstaria Baja Hitam, pertama tampil dilayar kaca pada tahun 1971.

Awal kemunculannya Kamen Rider diceritakan tidak sebagai tim, melainkan menjadi satu Rider saja dalam satu cerita. Ini berbanding terbalik dengan Super Sentai. Meskipun dalam film berikutnya banyak ditampilkan para Rider dalam satu buah judul film Kamen Rider, seperti di Kamen Rider Ryuuki dan Kamen Rider Den-O.

Hollywood juga pernah mengadaptasi film Kamen Rider dengan judul Kamen Rider Dragon Knight (Adaptasi dari Kamen Rider Ryuuki), sempat juga ditayangkan disalah satu stasiun TV di Indonesia.

Indonesia juga tidak mau kalah, Satria Garuda Bima menjadi salah satu tokusatsu yang mirip dengan Kamen Rider.

3. Ultraman

Sumber: www.denofgeek.com

Siapa yang tidak tahu dengan salah satu serial tokusatsu yang satu ini, Sosok raksasa yang pembela kebenaran yang berasal dari planet ultra ini diceritakan datang ke bumi untuk melawan para monster raksasa.

Tidak berbeda jauh dengan Super Sentai dan Kamen Rider, sosok ultraman juga memiliki perubahan dari sosok manusia menjadi sosok pahlawan raksasa atau Ultraman.

Ultraman sendiri tayang pertama kali pada tahun 1966 sampai 1967 dengan 39 episode, Pencipta Ultraman sendiri adalah Eiji Tsuburaya dari Tsuburaya Productions.

4. Metal Hero

Sumber: www.collectiondx.com

Metal Hero adalah judul kolektif yang memunculkan berbagai tokusatsu dari Rescue Police dan Space Sherrif. Tokusatsu ini pertama kali muncul dilayar TV Jepang pada tahun 1982.

Film pertama sekaligus film pertama dari Metal Hero paling terkenal adalah trilogi Space Sherrif yaitu Uchuu Keiji Gavan, Uchuu Keiji Sharivan dan Uchuu Keiji Shaider.  Trilogi tokusatsu sendiri ini menceritakan tentang kedatangan Space Sherrif ke Bumi untuk melawan alien-alien jahat yang menyerang Bumi.

Selain 4 tokusatsu diatas Jepang masih banyak memiliki serial tokusatsu lainnya, namun seperti yang sudah diketahui. Tokusatsu saat ini tidak seterkenal pada zaman nya, banyak orang yang menggangap tokusatsu adalah serial untuk anak-anak.

Namun faktanya sendiri banyak jalan cerita dari tokusatsu yang tidak dapat dipahami oleh anak-anak. Meskipun begitu tetap saja serial tokusatsu dapat bertahan dan berkembang sampai sekarang walau tidak seperti pada zamannya.

Terma kasih sudah membaca!


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar