Skip to main content

Kenali 15 Tipe Karakter Dere ini Yang ada di Dunia Anime

Banyak sifat yang dimiliki karakter dalam sebuah anime mulai dari pemalu, penyayang, pendiam bahkan sampai pembunuh sadis seperti psikopat. Istilah untuk menggambarkan sifat tersebut biasa disebut dere yang berasal dari kata deredere yang berarti orang yang tengah dalam keadaan jatuh cinta.
Sumber: aminoapps.com

Ada banyak tipe dere di dunia anime, dan berikut daftar macam-macam tipe dere yang ada di dunia anime.

1. Dandere

Dandere berasal dari kata danmari yang berarti pendiam, dandere terkesan sangat pendiam bahkan mereka hanya bicara bila ada urusan yang benar-benar penting saja. Tipe dandere sangat sulit didekati, karena tipe ini juga pemalu dan jarang sekali terlihat berinteraksi.

Namun jika sudah mulai dekat dan akrab dengan seseorang maka dandere akan bersikap baik dan manis terhadap seseorang tersebut dan secara tidak langsung kebaikan dari dandere akan terasa.

2. Deredere

Deredere memiliki sifat polos, ceria, lugu, jujur dan senang membantu orang lain. Sifat ceria dan semangat inilah yang menjadikan deredere sebagai protagonis yang banyak di sukai karakter lainnya.

Meskipun deredere terlihat hyperakif dan penuh kasih sayang, biasanya tipe ini selalu menyimpan kegelisahan yang cukup mendalam di hatinya.

3. Dorodere

Berasal dari kata dorodoro yang dapat di artikan kacau atau berantakan. Karakter  dengan tipe ini memiliki kisah yang benar-benar kacau dan bahkan permasalahan yang tidak dapat diselesaikan. Namun dibalik hal tersebut dorodere memiliki sifat yang manis dan penuh dengan kasih sayang dan untuk menutupi permasalahan yang dialami nya karakter dengan tipe ini selalu memendam nya lewat senyuman.

4. Goudere

Goudere berasal dari kata gouki yang berarti jantan, pendapat lain juga mengatakan goudere berasal dari kata gougou yang berarti kehingarbingaran. Goudere adalah tipe yang penurut, mereka akan melakukan apapun untuk orang yang dicintai nya atau orang yang mereka anggap master/tuan.

Biasanya karakter dengan tipe ini kadang suka terlihat rapuh dan ekspresinya sulit untuk ditebak serta mereka biasanya memiliki kekuatan yang besar dan penampilan/sifat nya terkesan tomboi.

5. Gundere

Gundere berasal dari kata Gun yang dapat diartikan sebagai senjata api atau pistol. Karakter dengan tipe ini selalu sulit untuk melampiaskan perasaan yang ia punya dan untuk melampiasakan nya biasanya mereka menggunakan senjata atau peperangan sebagai wujud ekspresi pelampiasan. Namun karena hal tersebut lah karakter gundere jadi sangat sulit untuk didekati.

6. Himedere

Berasal dari kata Hime yang berarti putri, selalu menganggap orang lain rendah dan menganggap dirinya seolah putri raja adalah sifat dari karakter himedere.

Gambaran untuk karakter ini biasanya adalah gadis kaya raya. Merasa harus dihormati orang lain dan suka pilih-pilih jika ngobrol dengan orang lain, terkadang jika permintaannya tidak dituruti ia akan marah. Hal ini lah yang membuat himedere sulit untuk mendapatkan teman sejati.

7. Kamidere

Kamidere berasal dari kata kami yang berarti dewa/tuhan. Kamidere memiliki sifat yang sombong, merasa dirinya harus dihormati dan terkadang menganggap dirinya sebagai dewa.

Hal tersebut terjadi karena kamidere mempunyai kekuatan spesial namun ia akan terlihat rapuh ketika ia dekat dengan orang yang disukai nya.

8. Kuudere

Kuudere berasal dari kata cool, oleh orang jepang cool dibaca kuu. Kuudere memili sifat dewasa sehingga sangat tenang dalam mengambil keputusan, selain itu sosoknya juga terlihat pendiam dan memiliki tatapan mata yang tajam.

Oleh sebab itu kuudere jarang sekali terlihat tersenyum namun disisi lain sosok kuudere sangat dapat diandalkan untuk memecahkan suatu masalah. Kararkter dengan tipe ini terkadang selalu menjaga citra dan wibawa nya di depan orang lain dan suka berbicara dengan bahasa yang formal.

9. Mayadere

Tipe Mayadere cukup menakutkan dan berbahaya karena biasanya tipe ini berniat membunuh tokoh utama meskipun pada akhirnya mayadere bergabung dan jatuh cinta terhadap tokoh utama dalam keadaan tertentu. Mayadere dapat melakukan kekerasan demi cinta dan jual mahal karena jatuh cinta.

10. Onidere

Onidere berasal dari kata oni yang berarti iblis. Onidere adalah karakter yang memiliki kekuatan penghancur yang sangat hebat. Tipe ini biasanya memiliki seseorang yang disuka, namun biasanya mereka selalu memendam pesasaan terhadap orang yang mereka suka untuk menjaga image bahwa mereka adalah orang yang hebat.

11.Thugdere

Thugdere adalah mereka yang melukai
pasangannya secara fisik maupun emosional namun disisi lain bisa sangat sayang kepada pasangannya tersebut.

12. Tsundere

Tsundere berasal dari kata tsun tsun yang merujuk pada kelakuan jual mahal. Karakter dengan tipe ini biasanya memiliki sifat galak, jutek, pemarah, atau dingin.

Tsundere digambarkan sebagai karakter yanga jatuh cinta tetapi terlalu malu untuk mengungkapkan nya dan terkadang karena sifatnya tersebut mereka kadang suka melakukan hal yang cukup jahat kepada orang yang dicintainya. Meskipun dalam hati ia berharap sang pujaan hati bisa memahami perasaannya.

13. Undere

Undere berasal dari kata un yang berarti iya, undere akan menuruti segala permintaan dari orang yang disukainya. Ia akan menyetujui permintaan dari orang yang disukainya meskipun itu adalah hal buruk dan mengerikan.

14. Yandere

Yandere berasal dari kata yanderu yang berarti sakit jiwa. Karakter in terkadang terlihat bisa saja dan suka bersosialisasi, ada kalanya mereka juga terlihat lucu dan menggemaskan.

Namun disisi lain yandere terlihat sadis dan menyeramkan. Atas dasar cinta yandere dapat mengeluarkan sifat aslinya yang gila dan brutal, apapun akan mereka lakukan untuk mendapatkan cintanya atau melindungi orang yang dicintainya dari para penggangu bahkan hal ekstrem ataupun kekerasan sekali pun.

15. Yangire

Yangire merupkan gabungan antara yandere dan kieru, Tipe ini akan menyakiti siapa pun tanpa belas kasihan. Biasanya tipe ini menyakiti seseorang karena masalah keluarga atau teman.

Tipe Yangire memiliki perasaan sakit hati secara mental tanpa adanya alasan cinta, namun terkadang tipe yangire dapat muncul dan hilang tanpa alasan yang jelas.

Itu tadi beberapa tipe karakter dere yang ada di dunia anime, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat. Terima kasih sudah membaca!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar