Skip to main content

#StayHome: Apa itu perbedaan OVA, OAD, ONA, BD & Special Episode di Anime

Fans anime mungkin sudah tidak aneh dengan istilah OVA, OAD, ONA, Special Episode dan BD. Tapi mungkin masih ada sobat yang disana bertanya-tanya, Apa sih yang dimaksud OVA, OAD, ONA, Special Episode dan BD itu? Mungkin kita paling sering melihat istilah OVA di akhir episode jika season anime tersebut sudah tamat.


Berikut penjelasan dari istilah-istilah diatas.

1. OVA

OVA adalah kependekan dari Original Video Animation. OVA merupakan episode tambahan yang dibuat dan dipublikasikan dengan format video. Ada kalanya OVA dibuat untuk meluruskan cerita anime dalam TV, OVA sendiri tersedia dalam bentuk Home Video seperti Bluray Disk.

Namun tidak selamanya OVA muncul diakhir season , terkadang OVA juga ada yang muncul dipertengan season dan anime OVA bisa dipublikasikan kapan saja tidak perlu menunggu adanya anime series sehingga anime yang dipublikasikan hanya ada dalam bentuk OVA saja.

 Tetapi sebelum lahirnya istilah OVA ada istilah yang disebut OAV atau Original Animation Videos, sebenarnya dua istilah tersebut sama saja. Namun karena banyak orang yang salah kaprah pada istilah OAV dengan kependekan lain seperti Original Adult Video, pada akhirnya istilah OVA lebih familiar digunakan

2. OAD

Original Animation DVD atau OAD adalah anime yang dipublikasikan dalam bentuk kepingan DVD, sebenarnya OAD juga bagian dari OVA namun biasanya OAD di bundel bersama manga edisi khusus.

Istilah OAD muncul ketika anime jarang dipublikasikan lewat format VHS video dan berkembang dalam bentuk Disk seperti DVD. Meskipun begitu istilah OVA lebih populer digunakan dibandingkan dengan OAD.

3. ONA

Original Net Animation atau ONA digunakan untuk menyebut anime yang ditayangkan melalui jaringan internet. ONA biasanya ditampikan di internet melalui streaming di website.

Sehingga ONA tidak ditampilkan di TV, di zaman sekarang ini sudah cukup banyak anime jenis ini hadir di situs streaming. Meskipun video dari ONA tersebut tidak sebaik anime OVA ataupun Anime yang ditayangkan di TV, alasannya karena kebanyakan ONA dibuat secara independen.

4. Special Episode

Special Episode adalah episode spesial yang biasanya dibuat tanpa ada hubungan nya dengan cerita series aslinya dan Special Episode biasa nya hanya berdurasi beberapa menit saja. 

5. BD

Bluray DVD/Bluray Disk atau BD adalah jenis anime yang ditayangkan lewat DVD tetapi berbeda dengan versi TV, versi BD tidak ada sama sekali perubahan adegan seperti video dipotong, disensor ataupun penambahan adegan.

 Nah sekarang sobat sudah mengetahui beberapa istilah-istilah dalam dunia anime, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca!


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar