Skip to main content

Apa itu Nightcore? Sejarah dan Perkembangannya

Anda mungkin pernah mendengarkan lagu yang bertempo cepat di YouTube, bukan hanya cepat video dari lagu tersebut juga memakai gambar anime sebagai latar dari video nya.

Jika diperhatikan lagi artis dari lagu tersebut memiliki nama Nightcore, lantas Anda bertanya siapakah Nightcore ini, dari manakah asal nya dan kenapa memakai latar anime?
Sumber: wall.alphacoders.com

Oke! Pertanyaan diatas mungkin dapat dijawab dalam pembahasan Nightcore kali ini.

Sejarah Nightcore

Nightcore pada awalnya adalah sebuah band yang berdiri pada tahun 2002, Nightcore sendiri didirikan oleh 2 pemuda  asal Alta, Norway yaitu Thomas S Nilsen & Steffen Ojala Soderholm.

Setelah grup band ini berdiri akhirnya mereka mengeluarkan 5 trek album yang memiliki tempo dan pitch yang sangat tinggi, sayangnya lagu mereka hanya tersebar di kota mereka saja karena album mereka kurang begitu dikenal dan tidak semua lagu mereka mencapai internet.

Lambat laun nama Nightcore pun semakin samar dan pada tahun 2003 grup tersebut menghilang, namun sebelum benar-benar menghilang ada sebuah bio yang memuat grup mereka yaitu fanmade My Space yang menjadi satu-satunya informasi yang tersisa tentang keberadaan grup Nightcore.

Setelah YouTube berdiri kemudian track buatan Nightcore di unggah, meskipun belum diketahui siapakah orang pertama yang mengunggah track tersebut. Lambat laun Nightcore pun mulai mendapatkan popularitas.

Namun sayangnya lagu dari Nightcore ternyata hasil dari editan dari beberapa sampel lagu yang sebelumnya sudah ada dan kemudian dinaikan Speed dan Pitch nya jadi beberapa kali lebih tinggi/cepat.

Mungkin terinspirasi dari grup band Nightcore banyak YouTuber's yang mengunggah video musik nya yang memiliki tempo/pitch tinggi/cepat ke YouTube kemudian memberi nama artis dari lagu tersebut dengan nama Nightcore. Seperti layaknya band Nightcore terdahulu lagu Nightcore sekarang juga merupakan hasil editan dari lagu orsinil.

Nightcore yang sekarang

Seperti yang sudah dijelaskan diatas Nightcore sekarang juga sama mereka hanya mengedit lagu orsinil dengan memberi Speed dan Pitch sekitar 20%-30% lebih cepat/tinggi kemudian di unggah ke YouTube dengan nama artis Nightcore (terinspirasi dari Nightcore terdahulu mungkin) dan memberi latar dengan gambar anime.

Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa, Nightcore adalah remix suatu musik yang mempunyai ritme nada cepat dan dibarengi dengan perubahan nada vokal.
Karena perubahan pada tempo dan pitch nya semakin cepat musik Nightcore lebih mudah dikenali  dengan suara vokal nya seperti suara wanita atau anak kecil serta durasi lagu yang lebih cepat dari versi orsinil nya.

Jika Anda penasaran dengan lagu-lagu dari Nightcore, silakan cari video musik nya di YouTube dengan keyword "Nightcore". Silakan Anda nikmati lagu tersebut.

Perlu diingat Nightcore yang mungkin pernah Anda dengarkan sekarang bukan lah lagu asli dari Nightcore meskipun nama artis tersebut Nightcore, itu hanyalah lagu orsinil yang diedit, diunggah, dan diberi nama artis Nightcore.

Kenapa Nightcore memakai latar/Background anime?

Selain penggunaan nama artis dengan nama " Nightcore " ada satu hal lagi yang membuat saya tertarik dengan musik jenis ini, yaitu penggunaan latar anime pada video nya.

Memang setelah dicari informasi di mesin pencari Google saya belum mendapatkan jawaban pasti kenapa mereka menggunakan latar anime, namun yang pasti untuk sekarang Nightcore dan penggunaan latar anime tidak dapat dipisahkan.

Dan disini saya memiliki opini sendiri mengenai pertanyaan ini, yaitu penggunaan latar anime pada video musik Nightcore mungkin disebabkan beberapa faktor seperti:


  1. Karena musik Nightcore yang terkesan cempreng cocok dengan anime/kartun;
  2. Mungkin terinspirasi dari AMV;


Memang pendapat tersebut hanya sebatas opini sepihak dari saya, jika salah mohon dimaafkan dan maaf juga jika Anda mencari informasi tentang Nightcore di Blog ini dan menemukan jawaban yang kurang puas.

Berhubung artikel kali ini telah selesai saya cukupkan dulu sampai disini. Terima kasih sudah membaca!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar