Cara menjalankan PHP di Android dengan KSWEB

Cara menjalankan PHP di Android dengan KSWEB

Android merupkan salah satu Platform Smartphone terkenal saat ini. Selain Open Source, banyak fitur yang terdapat dalam Android yang membuatnya semakin eksis di dunia digital. Android sangat multi guna, maka tidak jarang kita melihat banyak orang disekitar kita menggunakan Smartphone jenis ini.

Dari sekian banyak fitur yang ada pada Smartphone Android, salah satu fitur yang cukup menarik adalah menjalankan script/file PHP secara langsung dari Smartphone. Tentunya dengan bantuan Aplikasi yang bernama KSWEB.

KSWEB merupakan Aplikasi Android yang mampu membantu kita untuk menjalankan PHP dari Smartphone Android.
 
PHP SMARTPHONE

Salah satu keuntungan menggunakan Aplikasi ini di Smartphone Android adalah:
  • Karena digunakan pada Smartphone, tentu saja kita dapat menjalankan Aplikasi Android dimana saja dan kapan saja, selama smartphone normal.
  • Aplikasi bisa dijalankan secara Online maupun Offline.
  • Mendukung PHP versi terbaru (7++)
  • Sudah satu paket dengan MySQL dan phpMyAdmin.
  • Banyak pilihan server (LIGHTTPD, NGINX, APACHE)
  • Dan, masih banyak lagi.

Di balik fitur yang sempurna untuk kelasnya, sayangnya aplikasi ini berbayar. Tapi tenang, Anda dapat mendapatkan trial sekitar 5 hari sebelum memutuskan membeli aplikasi ini.
 

Memasang Aplikasi KSWEB

Memasang aplikasi KSWEB sangatlah mudah dan sebenarnya tidak perlu membaca tutorialpun pasti bisa. Anda bisa langsung mengunduhnya di Play store.

Setelah selesai diunduh instal aplikasi tersebut, jika proses instalasi berhasil buka Aplikasi KSWEB di Smartphone Anda.

Memulai KSWEB


Saat Anda pertama kali membuka aplikasi ini, proses instalasi akan berjalan secara otomatis. Tunggu prosesnya, jika selesai maka Anda akan disuruh untuk memulai ulang aplikasi. Caranya mudah, cukup keluar dan tutup KSWEB dan buka kembali.

Disini Anda dapat langsung memulai menggunakan dan menjalankan script php, untuk pertama kali server yang terbuka adalah Lighttpd, untuk server lainnya dapat Anda aktifkan dengan cara memilih server yang tersedia di menu atas.
 

Login ke phpMyAdmin

phpMyAdmin merupakan software yang berguna untuk mengatur database MySQL dengan mudah.


Untuk mengaktifkan phpMyAdmin cukup masuk ke menu Tools dan klik bagian phpMyAdmin dan pilih server yang akan Anda pakai. Selanjutnya, aplikasi akan menginformasikan alamat untuk mengakses phpMyAdmin atau bisa di cek di bagian menu Status.


Sejauh ini Proses instalasi telah sukses. Namun, bagaimanakah cara membuat file PHP? Caranya mudah, cukup buat file PHP seperti biasa, namun letakan file PHP tersebut pada folder htdocs di kartu memori internal.

Menghubungkan PHP ke MySQL pada KSWEB

Menghubungkan PHP ke MySQL di KSWEB tidaklah berbeda jauh dengan cara pada umumnya, pertama buat sebuah file PHP (bisa menggunakan Aplikasi QuickEdit atau sejenisnya) masukan script berikut.
  
 <?php 
$db_host = "localhost"; 
$db_user = "root"; 
$db_password = ""; //Biarkan kosong 
$db_name = "mysql";
 
$mysqli = new mysqli($db_host, $db_user, $db_password, $db_name); 
 
if($mysqli->connect_error){ 
die("Koneksi gagal: $mysqli->connect_errno"); 
} 
 
echo "Koneksi berhasil!"; 
?> 
 

Simpan script di atas dalam ekstensi .php, misalnya koneksi.php dan jangan lupa simpannya di dalam folder htdocs pada memori internal. Jalankan file tadi dengan mengunjugi http://localhost:8080/koneksi.php dengan browser, seperti Chrome.

Sekarang semuanya sudah selesai, Anda bisa langsung mulai menikmati aplikasi ini dan menjalankan script Anda.

Terima kasih sudah membaca!
Related Posts

Koreksi Anda sangat berharga bagi perkembengan Blog ini.

Centang "✓ Notify me" untuk mendapatkan pemberitahuan jika ada yang membalas komentar Anda.

Terima kasih telah berkomentar!